alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
87
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c4970e410d2955a46133142/penyebab-janin-dalam-kandungan-menghilang-bukan-diculik-jin
Ente pernah mendengar kabar burung tentang janin yang hilang trus menurut masyarakat bilangnya janinnya diculik Jin? Kalo dulu ane pernah dnger tuh di daerah ane ada ibu muda yang hamil trus tetiba janinnya ilang katanya diculik sama Jin penunggu pohon di lapangan. Padahal hal kek gitu ada penjelasan ilmiahnya lho gan. Nih ente minyak dah di bawah. :travel Quote: Di balik kisah mistis yang b
Lapor Hansip
24-01-2019 15:01

Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)

Past Hot Thread
 Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
Ente pernah mendengar kabar burung tentang janin yang hilang trus menurut masyarakat bilangnya janinnya diculik Jin?

Kalo dulu ane pernah dnger tuh di daerah ane ada ibu muda yang hamil trus tetiba janinnya ilang katanya diculik sama Jin penunggu pohon di lapangan.

Padahal hal kek gitu ada penjelasan ilmiahnya lho gan. Nih ente minyak dah di bawah. emoticon-Traveller


Quote:
 Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)


Di balik kisah mistis yang biasa kita dengar, ada penjelasan ilmiah soal janin dalam kandungan yang tiba-tiba menghilang.
Di Sumatra Selatan, Devi (26) syok bukan main ketika mendapati perutnya yang sedang hamil sembilan bulan mendadak kempis setelah bangun tidur. Padahal, ia sudah mempersiapkan seluruh perlengkapan bayi yang rencananya lahir akhir Januari 2019. Keluarga dan tetangga dekat pun mengaku heran karena sehari sebelumnya perut Devi masih tampak besar, dan memang ada pergerakan janin ketika perutnya dipegang.

Kejadian serupa Devi juga pernah dialami banyak perempuan Indonesia dan mancanegara di berbagai usia kehamilan. Tak jarang yang mengaitkan janin menghilang dengan fenomena gaib seperti diculik jin, sebagai tumbal, dan sebagainya.

Secara medis, menurut spesialis kandungan dr. Hasto Wardoyo SPOG(K) dan dr. Hari Nugroho SpOG, tak ada istilah janin menghilang tiba-tiba dalam kandungan. Segala sesuatu yang tadinya ada menjadi tidak ada pasti punya alasan ilmiah dan tidak terjadi begitu saja.

Untuk menghindari masalah kehamilan yang menimbulkan salah persepsi, mereka menyarankan melakukan pemeriksaan teratur. Yakni setiap bulan sejak 0 minggu hingga awal trimester kedua, dua minggu sekali saat menginjak 28-36 minggu, dan seminggu sekali ketika usia kehamilan di atas 36 minggu.

“Patokannya untuk memastikan hamil atau tidak di USG. Harus dilihat dari dokumen medisnya, pernah diperiksa dimana, oleh siapa, dan paling penting apakah pernah di USG atau tidak,” ujar dr. Hasto.

Berikut sejumlah kondisi medis yang menyebabkan janin seolah menghilang.

Kehamilan palsu atau hamil semu (pseudocyesis)

Dr. Suci Dwi Putri dan dr. Rico N menjelaskan bahwa kehamilan seperti ini sebetulnya adalah kelainan yang membuat seorang perempuan merasa begitu yakin sedang hamil, tetapi sebenarnya tidak pernah sama sekali.

Pseudocyesis terjadi dalam kurun waktu beragam mulai dari beberapa minggu, selama sembilan bulan, hingga menahun. Pun bisa seketika berhenti ketika seseorang menyadari dan menerima bila ia tidak hamil.

Dalam kasus yang sangat jarang, laki-laki juga bisa mengalami fenomena serupa yang disebut couvade atau kehamilan simpatik.

Menukil WebMD dan Healthline, meski masih terus diteliti, para ahli telah mengaitkan akar penyebab pseudocyesis dengan masalah psikologis yang akhirnya memengaruhi perubahan fisik dengan mengubah struktur kimia di otak.

Selain faktor pemicu seperti kemiskinan, kurangnya pendidikan, pelecehan seksual, atau trauma hubungan, pseudocyesis terutama terjadi pada perempuan yang memiliki keinginan kuat untuk hamil--semisal akibat infertilitas, pernah keguguran, usia menjelang menopause, atau tuntutan keluarga.

Sinyal impuls itu disalahartikan otak dengan melepas hormon seperti dihasilkan dalam kehamilan macam oksitosin, estrogen, progesteron, dan prolaktin.

Alhasil, penderita akan merasakan tanda dan gejala kehamilan umum seperti mual dan muntah, payudara mengeras, juga sensasi gerakan janin dan perut membuncit—yang sebetulnya penumpukan gas, lemak hingga kotoran tubuh.

Bahkan ada pula yang menunjukkan tes kehamilan positif dan air susu keluar, tetapi tidak terbukti hamil ketika diperiksa lebih lanjut.

Hamil anggur (mola hidatidos)

Hamil anggur sebetulnya adalah tumor non kanker yang berkembang dalam rahim lantaran adanya ketidakseimbangan kromosom. Ini terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi tumbuh abnormal dan akan berkembang menjadi gelembung putih berisi cairan dengan bentuk serupa anggur.

Pada hamil anggur yang lengkap, sel telur yang tidak mengandung kromosom tidak akan membentuk janin. Sementara pada hamil anggur parsial, sperma yang terlalu banyak membawa kromosom bisa membuat embrio tetap tumbuh tapi tidak bertahan lama, atau terus tumbuh menyebabkan bayi cacat lahir.

Gejala dan tandanya sangat mirip dengan kehamilan sehingga sulit dideteksi, tetapi bisa dicurigai lebih dini setidaknya di minggu ke 6-12 jika muncul nyeri berlebih, mual dan muntah parah atau keluar darah dan cairan dari vagina.

Kehamilan kosong (blighted ovum)

Kehamilan kosong atau kehamilan anembrionik menunjukkan kondisi ketika kantung ketuban dan plasenta terus berkembang karena terjadi pembuahan di dalam rahim, tetapi di dalamnya tidak ada embrio (janin).

Hamil kosong banyak terjadi saat hamil muda dengan gejala dan tanda kehamilan normal, meski banyak kasus baru diketahui ketika usia kandungan menginjak 6 bulan.

Penyebabnya bisa karena virus TORCH, kelainan kromosom, juga kualitas sperma dan ovum yang rendah.
Keguguran yang tidak diketahui atau terlewat (missed miscarriage)

Kondisi yang juga disebut keguguran diam-diam ini lazim terjadi di tiga bulan pertama kehamilan dan memungkinkan ibu hamil sama sekali tidak menyadari bahwa janin telah mati.

Selain tidak mengalami tanda-tanda keguguran seperti keram perut atau pendarahan, tubuh tetap mengalami gejala kehamilan normal yang baru berhenti ketika hormon kehamilan akhirnya berkurang.

Meski penyebabnya sulit ditentukan secara pasti, Erika Nichelson, D.O, dokter kandungan di Mercy Medical Center Baltimore, mengatakan bahwa masalah kromosom adalah pemicu paling umum.

Kebanyakan perempuan akan mengalami keguguran seperti ini satu kali. Namun, ada kemungkinan terulang jika terpapar infeksi seperti parvovirus atau rubella.


Nah itu penjelasan ilmiah mengenai kandungan janin yang tiba-tiba bisa ilang diperut. Aneh juga sih hari ini perut kita gede banget eh pas udah mau 9 bulan tetiba perut kita kempes, ilang aja gitu kek barang titipan yang diambil lagi emoticon-No Hope

Btw Jin itu ga doyan yang namanya culik janin bayi. Jin doyannya berantem

JIn



Quote:emoticon-Hot NewsBuat liat informasi menarik lainnya seperti artikel di atas bisa liat di sini emoticon-Motret

Jangan lupa rate bintang 5, tinggalin komentar dan bersedekah sedikit cendol buat ane dan ane doain agan makin ganteng dan cantik deh emoticon-Cendol Gan

SUMUR :
Beritagar.id


Jangan lupa kunjungi thread ane yang lain ganemoticon-thumbsupemoticon-thumbsupemoticon-thumbsupemoticon-Big Kiss

Quote:Akhirnya, terungkap berapa lama satu hari di Saturnus
Kenapa warna hitam bisa bikin kita keliatan lebih kurus?
WhatsApp batasi forward hanya 5 kali demi cegah hoaks
Tren gaya rambut laki-laki tahun 2019, agan yang mana?

Dragon Ball Super: Broly tayang di Indonesia pada Februari, saingan Dillan 1991 ?
Tim Sukses Dildo, Edwin: Saya buzzer rakyat
Fakta unik! Ternyata, lumba-lumba senang nonton TV gan~
Wujud Matahari saat mencapai akhir hayat 
5 Fakta tentang tren fashion dan kecantikan Korea Selatan
4 Teknik pernapasan untuk atasi susah tidur


 Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)


9
Halaman 1 dari 5
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
24-01-2019 15:39
Wuah...kudu rajin2 ngenthu lagi suaminya emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
24-01-2019 15:56
bukan sulap bukan sihir
0 0
0
Lihat 1 balasan
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
Lapor Hansip
24-01-2019 17:20
Balasan post Kruingputih4
Quote:Original Posted By Kruingputih4
Wuah...kudu rajin2 ngenthu lagi suaminya emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)


sepertinya sih gitu emoticon-sudahkuduga
0 0
0
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
28-01-2019 09:51
Quote:Original Posted By Kruingputih4
Wuah...kudu rajin2 ngenthu lagi suaminya emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)


atau coba swinger tukeran pasangan sesama pasutri pasti manteppp itu hasilnya josss top markotop...
0 0
0
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
28-01-2019 12:43
Quote:Original Posted By mantanbadjingan


atau coba swinger tukeran pasangan sesama pasutri pasti manteppp itu hasilnya josss top markotop...


jingkrak emoticon-Ngakak
0 0
0
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
28-01-2019 14:22
ngeri juga kalau d ambil djinn emoticon-Takut (S)
0 0
0
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
28-01-2019 15:15
Quote:Original Posted By Kruingputih4
jingkrak emoticon-Ngakak


naon ??? emoticon-Ngakak
0 0
0
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
29-01-2019 04:26
Jin Kazama
0 0
0
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
29-01-2019 08:05
di kampung sebelah minggu ini udah 3 janin hilang gitu aja padahal udah 9 bulan mau lahir

ibu nya malah edan bayinya ilang

ckckckckxk
0 0
0
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
29-01-2019 08:07
semoga istri ane lahiran dengan lancar,..,.., masuk bulan 8
0 0
0
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
29-01-2019 08:08
Yaa percaya ga percaya sebenernya..
Dan menurut ane dokter juga ga mungkin untuk memercayai hal hal mistis atau ghoib..
Karna dokter harus menjelaskan semuanya secara ilmiah emoticon-Big Grin
Ga lucu dong kalo dokter bilang
"Wah iya nih inimah diculik jin pohon mangga kampung C, sini tak bacain mantra biar balek lagi janin nyo"
Jadinya mbah dukun ntar kalo gitu hehe
0 0
0
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
29-01-2019 08:12
iya ane dulu pernah baca2 soal hamil palsu. intinya takhayul itu bisa dipecahkan dg ilmu pengetahuan ya. btw, hamil kok palsu? kek harapan emoticon-Matabelo
0 0
0
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
29-01-2019 08:12
Diubah oleh egag
0 0
0
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
29-01-2019 08:12
pernah denger sih ilmu2 gitu...kalo si bumil d injek jempol kakinya bisa pindah bayinya ke orang yang ngilmu gituan..emoticon-Bingung
Pake jurus cut paste keknya om jin nyaemoticon-Ngakak
1 0
1
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
29-01-2019 08:14


Quote:Original Posted By Kruingputih4
Wuah...kudu rajin2 ngenthu lagi suaminya emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)


Kurang dalem celupinnya bree
emoticon-Hammer2 emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Leh Uga
0 0
0
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
29-01-2019 08:16
yg ini ane percaya gan ma penjelasan ilmiahnya emoticon-Toast
ga semua hal dihubungkan dgn jin, karena beda alam, beda dimensi emoticon-Toast
0 0
0
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
29-01-2019 08:20
belum ada yg komeng skizofrenia emoticon-Ngakak
1 0
1
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
29-01-2019 08:21
ternyata ada penjelasan medisnya
0 0
0
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
29-01-2019 08:22
mudah2an ane bisa hamil secara normal gak ada yg aneh selama kehamilan
0 0
0
Penyebab janin dalam kandungan menghilang (bukan diculik Jin)
29-01-2019 08:22
kemarin bibi ane itu hamil, pas d cek d bidan katanya beneran hamil, tp setelah beberapa minggu kemudia, malahan hilang, ada yang mengatakan bahwa itu adalah hamil anggur.
0 0
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.