alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c3978f48d94d04c945bb2f8/mobil-patwal-ditabrak-truk-asosiasi-pengemudi-salahkan-polisi
Lapor Hansip
12-01-2019 12:19
Mobil Patwal Ditabrak Truk, Asosiasi Pengemudi Salahkan Polisi
Mojokerto - Asosiasi Pengemudi Nasional (APN) menilai kecelakaan antara truk dengan mobil Patwal Sat Sabhara Polresta Mojokerto merupakan kesalahan pihak polisi. Petugas dianggap melakukan pengawalan mobil tahanan tidak sesuai prosedur.

Hal itu dikatakan Pendiri APN Agus Yuda. Menurut Agus, pengawalan mobil tahanan bukan termasuk prioritas yang membuat pengguna jalan lainnya harus mengalah.

Seperti yang diatur dalam Pasal 65 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) No 43 Tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan, terdapat beberapa kendaraan yang diprioritaskan di jalan dan harus disertai dengan pengawalan polisi.

Antara lain kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas, ambulans yang mengangkut orang sakit, kendaraan untuk memberi pertolongan pada kecelakaan lalu lintas, kendaraan Kepala Negara (Presiden dan Wakil Presiden) atau Pemerintah Asing yang menjadi tamu negara, iring-iringan pengantar jenazah, konvoi, pawai atau kendaraan orang cacat, serta kendaraan yang penggunaannya untuk keperluan khusus atau mengangkut barang-barang khusus.

"Setahu saya yang diprioritaskan seperti ambulans pemadam kebakaran dan pengawalan RI 1 (Rombongan Presiden). Kalau menurut saya mobil tahanan itu bukan untuk keperluan khusus," kata Agus saat dihubungi detikcom, Sabtu (12/1/2019).
Selain itu, lanjut Agus, prosedur pengawalan yang dilakukan anggota Satuan Sabhara Polresta Mojokerto kurang tepat. Seharusnya pengawal yang mengendarai roda dua berada paling depan untuk menghentikan kendaraan lain di persimpangan.

Dalam kasus ini, pengawal dengan roda dua berada di belakang. Sehingga truk yang melaju dari arah barat (Jalan Kartini) menabrak sedan polisi yang melaju dari arah utara (dari arah alun-alun Kota Mojokerto). Terlebih lagi saat itu lampu traffic light dari barat ke timur menyala hijau.

"Lha ya itu seharusnya ada di depan yang pakai roda dua. Kalau menurut saya petugas yang mengawal yang salah," terang Agus.

Agus berharap sopir truk tak selalu disalahkan saat terjadi insiden di jalan. Pihaknya juga meminta polisi bersikap adil.

"Ini saya masih konsultasi sama Ketum APN. (Sopir truk) Pasti kami bela," tandasnya.

Baca juga: Pelajaran Penting dari Kejadian Patwal Ditabrak Truk

Mobil patroli dan pengawalan (Patwal) Satuan Sabhara Polresta Mojokerto ditabrak truk saat mengawal mobil tahanan di simpang 4 Kartini, Kamis (10/1) sekitar pukul 10.30 WIB. Detik-detik kecelakaan ini terekam kamera CCTV.

Saat kejadian mobil patwal Sat Sabhara sedang mengawal mobil tahanan Kejaksaan. Mobil Mitsubishi Lancer nopol X 1002-61 itu melaju dari arah alun-alun menuju ke Pengadilan Negeri Mojokerto. Mobil sedan tersebut dikemudikan Briptu GG. Sementara di kursi penumpang adalah Perwira Pengendali (Padal) Ipda HR.
Sampai di simpang 4 Kartini, mobil Patwal tersebut ditabrak truk pengangkut batu atau tensla. Truk yang dikemudikan AA (42), warga Desa/Kecamatan Cerme, Gresik melaju dari barat ke timur, atau dari Jalan Kartini.

Dipastikan tak korban luka maupun jiwa dalam kecelakaan ini. Hanya saja pintu depan sisi kanan mobil patwal ringsek. Polisi pun menyalahkan sopir truk. Si sopir dinilai lalai karena tak mendahulukan pengawalan mobil tahanan. Selain memberikan Sanksi tilang, polisi juga mengancam akan mencabut SIM sopir truk tersebut.

Sumber : https://m.detik.com/news/berita-jawa-timur/d-4381547/mobil-patwal-ditabrak-truk-asosiasi-pengemudi-salahkan-polisi

================================================================

Truk dengan beban berat akan sulit menghentikan lajunya seketika gan....banyak kasus rem mendadak malah blong remnya... emoticon-Takut:

Gimana ya perasaan pak sopir truk pas nabrak mobil patwal...
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
12-01-2019 12:29
Siapa yg salah?
Diubah oleh kepalabawah
0
Lihat 1 balasan
12-01-2019 12:32
prosedur
pengawalan yang dilakukan
anggota Satuan Sabhara
Polresta Mojokerto kurang
tepat. Seharusnya pengawal
yang mengendarai roda dua
berada paling depan untuk
menghentikan kendaraan lain di
persimpangan.

emoticon-Traveller
3
Lihat 1 balasan
12-01-2019 12:33
kalo mobil tahanan menurut ane memang wajib pake patwal , kalo pejabat daerah pake patwal itu baru nggak penting
1
12-01-2019 12:35
klo dari videonya mah sama2 salah di perempatan tanpa lampu merah maen slonong boy aja 22nya emoticon-Big Grin
untung yang nabrak plokis, klo motor bisa langsung almarhum tuh
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
12-01-2019 12:36
Balasan post sukhoivsf22
Quote:Original Posted By sukhoivsf22
prosedur
pengawalan yang dilakukan
anggota Satuan Sabhara
Polresta Mojokerto kurang
tepat. Seharusnya pengawal
yang mengendarai roda dua
berada paling depan untuk
menghentikan kendaraan lain di
persimpangan.

emoticon-Traveller


Yang biasa ane lihat sih patwal beroda 2 ada di paling depan dan paling belakang, komposisinya 2 motor di paling depan diikuti mobil patwal trus 1 motor di paling belakang
0
Lapor Hansip
12-01-2019 12:37
Balasan post kepalabawah
Quote:Original Posted By kepalabawah
Siapa yg salah?


Kayaknya salah semua deh gan... emoticon-Big Grin
0
Lapor Hansip
12-01-2019 12:38
Balasan post danu.bentol
Quote:Original Posted By danu.bentol
klo dari videonya mah sama2 salah di perempatan tanpa lampu merah maen slonong boy aja 22nya emoticon-Big Grin
untung yang nabrak plokis, klo motor bisa langsung almarhum tuh


Belum lama kan ada patwal bermotor yg ditabrak mobil ampe helemnya pecah gan... emoticon-Takut:
0
12-01-2019 12:39
Quote:Original Posted By cengkehijo


Yang biasa ane lihat sih patwal beroda 2 ada di paling depan dan paling belakang, komposisinya 2 motor di paling depan diikuti mobil patwal trus 1 motor di paling belakang


hmm,,,belum nyusul kali itu sebelumnya mungkin ada persimpangan lain di jalur jalan yang dilalui.

yah namanya juga ga ada tanda bakalan ada beginian lewat mesti kena seruduk dah.

untung ga ada korban.

emoticon-Ngacir
1
12-01-2019 12:40
Quote:Original Posted By kepalabawah
Siapa yg salah?


sudah suratan takdir.
emoticon-Sorry
0
12-01-2019 12:46
yang ketemu polisi pasti salah...

udah gitu doang...



gak cuma netijen yang maha benar, polisi pun maha benar... emoticon-Big Grin



emoticon-Leh Uga
0
12-01-2019 12:58
Sudah bisa dipastikan kalau yang salah adalah yang di dalam mobil tahanan.

emoticon-Hammer2
1
12-01-2019 13:00
mantab
0
12-01-2019 13:01
Mobil Patwal Ditabrak Truk, Asosiasi Pengemudi Salahkan Polisi
kalau lihat dari zebra cross

jelas polisi di jalan utama sedangkan truk dari jalan kecil meski lebar jalan hampir sama

meskipun tanpa pengawalan dan sirine JELAS supir truk salah

Quote:
pasal 134, pengguna jalan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan, sesuai dengan urutan. Kendaraan yang dapat prioritas jalan

1. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas.
2. Ambulans yang mengangkut orang sakit.
3. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas.
4. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia.
5. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara.
6. Iring-iringan pengantar jenazah.
7. Konvoi dan atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.


Quote:A. HAK UTAMA PADA PERSIMPANGAN

Persimpangan tanpa lampu lalu lintas

Pada persimpangan sebidang yang tidak dikendalikan dengan lampu lalu lintas, pengemudi wajib memberikan hak utama kepada :

Kendaraan yang datang dari arah depan dan atau dari arah cabang persimpangan yang lain jika hal itu dinyatakan dengan rambu lalu lintas atau marka jalan;
Kendaraan dari jalan utama apabila pengemudi tersebut datang dari cabang persimpangan yang lebih kecil atau dari pekarangan yang berbatasan dengan jalan;
Kendaraan yang datang dari arah cabang persimpangan sebelah kirinya apabila cabang persimpangan 4 (empat) atau lebih dan sama besar;
Kendaraan yang datang dari arah cabang sebelah kirinya di persimpangan 3 (tiga) yang tidak tegak lurus;
Kendaraan yang datang dari arah cabang persimpangan yang lurus pada persimpangan 3 (tiga) tegak lurus.

Mobil Patwal Ditabrak Truk, Asosiasi Pengemudi Salahkan Polisi
Diubah oleh pgcililitan
2
Lihat 5 balasan
12-01-2019 13:04
Quote:Original Posted By pgcililitan
Mobil Patwal Ditabrak Truk, Asosiasi Pengemudi Salahkan Polisi
kalau lihat dari zebra cross

jelas polisi di jalan utama sedangkan truk dari jalan kecil meski lebar jalan hampir sama

meskipun tanpa pengawalan dan sirine JELAS supir truk salah





nyimak gan
0
12-01-2019 13:07
Quote:Original Posted By Yue Ding
yang ketemu polisi pasti salah...

udah gitu doang...



gak cuma netijen yang maha benar, polisi pun maha benar... emoticon-Big Grin



emoticon-Leh Uga


Betul3x...

Walaupun skrg jamannya supremasi sipil, tapi sisa2 arogansi aparat berseragam masih kental brur. Meskipun udh jauh berkurang.

Sy udh lihat rekamannya. Emang apes aja tuh supir truk. Soalnya perempatannya blindspot. Mungkin ngejar sisa2 lampu hijau, jd tancap gas aja. Sedangkan aparat lempeng ae secara udh pake wiuw wiuw.
1
12-01-2019 13:10
Gilak tu sopir truk... ngebut cuy.... berbahaya
0
12-01-2019 13:17
"Setahu saya yang diprioritaskan seperti ambulans pemadam kebakaran dan pengawalan RI 1 (Rombongan Presiden). Kalau menurut saya mobil tahanan itu bukan untuk keperluan khusus," kata Agus saat dihubungi detikcom, Sabtu (12/1/2019).

nama nya jg manusia kurang lengkap itu hal biasaemoticon-Ngakak
lupa gak kepikir dlu waktu ngisi aturan.

dan sekarang udah kepikir bisa masuk aturan, jadi bisa nuntut truk emoticon-Genit
siap, laporken ke teman2 polkep terdekat untuk dilanjutken ! emoticon-Hansip
0
Lihat 7 balasan
Lapor Hansip
12-01-2019 13:27
Balasan post pgcililitan
Quote:Original Posted By pgcililitan
Mobil Patwal Ditabrak Truk, Asosiasi Pengemudi Salahkan Polisi
kalau lihat dari zebra cross

jelas polisi di jalan utama sedangkan truk dari jalan kecil meski lebar jalan hampir sama

meskipun tanpa pengawalan dan sirine JELAS supir truk salah





Ngomong panjang lebar tapi DUNGU...

FAKTA :

1. Itu ada lampu Trafic Light.. Sopir truk posisi lampu HIJAU, Polisi LAMPU MERAH.
2. DI TAYANGAN video jelas tidak terlihat NYALA LAMPU SIRINE
3. Mau pake diskresi polisi jelas tidak tepat. dalam UU lampu HIJAU jalan lampu MERAH berhenti, gak sah pake ngeles bikin bingung.
4. Kecepatan mobil polisi dalam kecepatan lebih tinggi, membahayakan keselamatan pengguna jalan lain.

Ngomong aturan boleh tapi jangan DUNGU dan seenaknya menerjemahkan.
emoticon-Ngakak

2
Lapor Hansip
12-01-2019 13:29
Balasan post mibmobz
Dikota ane kagak pernah ada patwal untuk mobil Tahanan.

Beberapa bulan yg lalu jg ada kasus di mojokerto. Patwal nabrak ampe tewas, gegara ngawal rombongan anjing FORTUNER ..
0
Lapor Hansip
12-01-2019 13:53
Balasan post eltosicu3
Wajib dikawal, sbb itu bawa tahanan dari penjara ke pengadilan bwat disidang. klo gak dikawal polkep bisa kabur.
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.