alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c36feff8d9b176bf605380c/suami-egois-dalam-keuangan
Lapor Hansip
10-01-2019 15:14
suami egois dalam keuangan
apakah sya harus berpisah?

Sisa 93 hari  - 3 Suara

ya
66.67%
tidak
33.33%
untuk agan2 dan sista2 semua, sy mau tanya nih..

Saya menikah kurang lebih 3 tahun, sudah memiliki 1 org anak dan skrg sedang hamil anak ke2.
Saya sekarang tinggal dengan kakek sy yang memiiki kos-kosan di daerah kota.
kos-kosan ini yang bangun papa sy kurang lebih 8tahun yang lalu, sebelum saya disini, yang nempatin kos-kosan ini kaka sepupu saya dan ibunya (kakanya papa saya) krn kakek sy sy tidak bisa melihat jd harus ada yg jagain atau bantu ngurusin, selama mereka disini rumah ini ngga pernah dianggap rmh sendiri. maksudnya kalau ada yang rusak mereka diem ngga mau betulin, dll kalau bukan pp sy yg bayarin atau ngasih tukang dr kantornya. alhasil ketika saya nempatin ini rumah udh bobrok bgt.
Papa sy memiliki perusahaan kontraktor swasta, jadi sy bisa diblg dr keluarga yang bekecukupan. saya tinggal dikos-kosan ini baru 1 tahun. Sebelumnya saya ngontrak didekat rmh org tua saya selama 1 tahun setengah . sebelumnya lagi saya tinggal di rmh ortu saya krn suami sy belum bekerja. Suami saya kerja di perusahaan papa saya stlh 7bln nganggur, dan sy hamil dia kerja dgn gaji yang bisa diblg di bawah umr. tapi dia dpt uang sampingan yg sy tau 250/w. bpjs kami ditanggung kantor pp sy.
Semuanya berubah setelah suami sy bekerja, sblm menikah dgn sy, dia baik kpd sy, ngga pernah hitung2an dll.
setelah menikah, sy hidup dgn uang yang diksh dr org tua, org tua sy ksh sy uang kurleb 20jt, sy pakai untuk keb sehari2 krn suami tidak bekerja, untuk beli brg2 rmh dll hingga uangnya habis. sy fikir, uang sy uang suami, sy terbiasa jujur dgn uang makanya sy terbuka dg suami sy.
Suami sy setelah bekerja mulai tertutup, dgn gajinya yg dibawah umr, sy haru bayar uang kontrakan kurang lbh 1jt setiap bln belum dgn listrik. sy tidak ngeluh, kecuali ketika suami minta uang yg udh diksh ke sy untuk ibunya. menurut sy, uangnya itu kurang dan sy sudah berusaha untuk mencukupi kebutuhan rmh. knp dia ngga ngasih pakai uang mingguannya aja? sy selalu berfikir spt itu. akhirnya krn sy hamil, sy kerja dgn mama sy ketika ngontrak, dgn penghasilan minim tp cukup untuk tambah2an sy.
ketika kami pindah ke kos-kosan, suami saya mulai semakin bertingkah.
ditambah kantor papa saya sedang mengalami masalah. Suami saya selalu cerita kantor pp sy begini begitu, tp ketika dia mau cari kerjaan dia ngga kunjung dpt.
sy blg sy sudah cukup dgn gajinya yg saat ini (sama aja kaya dulu, tp krn skrg sy tinggal di rmh kakek sy, sy ngga harus bayar kontrakan). kakek sy ngasih uang tiap bln dr tiap kamar, tp ngga nentu. uangnya sy pakai untuk bayar listrik, krn listriknya besar dan kakek sy ngga mau bayar. jd uang bulanan dr suami sy, sy gunakan untuk makan sehari, keb rmh, pempers anak2, susu, dan arisan sy 500rb/bln. sbnrnya msh ada sisa 500rb itu saya niatin untuk nabung lahiran anak ke2 sy. kalaupun engga sy simpen untuk tabungan sy pribadi. (entah jalan2 sm keluarga, beli mainan anak, keb anak, dll) sy ngga pernah beli baju anak kecuali lebaran, ataupun beliin anak sy mainan.
kalau dihitung2 gaji suami sy sptnya besar, tp percayalah dibawah umr bahkan ngga sampai 3. tp sy bisa ngaturnya.

suami sy sering mukulin sy, dr awal kita berumah tangga.
sy tahan krn anak. hingga skrg. sy sudah tidak kuat, dan minta pisah.
suami sy terakhir kali ngasih gaji ngga full. sy cuma dikasih 1.5 untuk 1 bln. sedangkan sy harus bayar arisan 500, dan 500nya lagi untuk sy bikin akta anak. anak sy sudah mau 3 thn dan msh blm punya akta. jd sy hanya megang 500 untuk 1 bln. sy blg suami sy ini gila.
suami sy minta maaf ke sy, dan sy terima dgn kondisi sy mantau perubahan dia slm 3 bulan atau hingga sy lahiran baru sy mau kembali dgn dia.
yang sy masih berat, sy baru tau jika mingguan suami sy sudah lama naik jd 350/w dia tidak pernah blg ke sy.
uang tabungan yg sy tabung blm diganti2 sebesar 1.2jt.
dan dia blg, bahwa dia ngurangin uang yg dia ksh ke sy. jd uang yg harusnya sy jadiin tabungan, dia blg di tabungnya di atm dia aja.
sy sangat kecewa.
alasannya dia blg krn selama nikah kita ngga punya tabungan.
jika saya blg uang yg dia ksh ke sy aja udh kurang dan sy msh bisa nabung krn sy usaha. giliran sy bisa nabung uangnya dia jadiin tabungan dia. sy sgt kecewa.
apakah boleh suami berlaku spt itu?
bagaimana dalam islam? dalam hukum?
bukankah jika memang kurang dia harusnya nyari tambahan, bukannya malah ngambil hak saya?
saya nyesel berusaha cukup2in agar bisa nabung jika ujung2nya uangnya dia yang pegang, sy nyesel ngga pernah blg kurang ke suami sy krn sy berusaha jd istri yang mengerti suami.
apa yang harus sy lakukan?


0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Lapor Hansip
10-01-2019 15:58
rumit ya mbak. Sepertinya klo sprti ini harus terbuka dengan orangtua. kita cerita masalah yg ada biar ga jd beban. Nnti si suami biar dinasehatin ortunya, siapa tau dia bs brubah. menurut sy gt.
0
Lapor Hansip
10-01-2019 16:09
parah, padahal 7 juta anak 1 saja sudah kurang untuk zaman sekarang.
ingat, umr itu biaya hidup minimum untuk singel.
untuk berkeluarga tanpa anak minimal penghasilan 3 kali umr, 1 anak 4 kali umr, 2 anak 5 kali umr begitu seterusnya.
katanya.
1
Lapor Hansip
10-01-2019 17:36
Klo dah kdrt itu jgn berat anak makanya ga pisah....justru utk melindungi anak harus berani pisah. Kdrt'nya gmn btw?

Klo masalah keuangan...ya sista sudah menyadari klo kesalahannya terlalu menahan diri minta ke suami. Ya utk saat ini coba ajak komunikasi lagi si suami. Bicarakan keuangan scr blak2an. Bilang klo dia ga seharusnya gtu...ambil duit dijadiin tabungan dia...ya klo itu duit ntar buat anak sih gpp....tapi klo duit banyak yg ilang ga jelas juntrungnya ya mending minta full bunda yg urus saja. Dia dpt jatah mingguan.
0
Lapor Hansip
10-01-2019 17:44
kenapa suaminya begitu banget sih TS
mending enak single, hidup seneng
daripada ada suami yg gak bisa diharepin dan diandalin sama sekali
yg ada malah bikin merana dan sengsara
emoticon-Sorry
0
Lapor Hansip
10-01-2019 18:10
hiks ketika keuangan lg morat marit begini kenapa ga KB mbak emoticon-Frown skrng langsung pake KB ya.. jangan sampe ada anak ke 3 dulu. tp ya sudahlah nasi dah jd bubur saatnya mikir gimana biar jd bubur ayam.

arisannya ga bs d stop kah mbak? nabung jangan di arisan. iya kalo arisannya bener, banyak kejadian arisan trus pemegang duitnya kabur. lagian orang cenderung ketika dapat duit arisan malah jd konsumtif dan beli hal2 yg sebenarnya ga diperlukan. nabung d bank dan jangan ada atm nya jd lebih sulit utk diambil. jd ga tergoda utk ambil.

catat pengeluaran.. berikan catatan itu ke suami, bahwa memang penghasilan dari dia itu kurang, dan apa pengeluaran yg mau dikurangi seandainya dia ga mampu utk nambah gaji. rundingkan bersama pengeluaran apa yg harus dikurangi.

masalah gaji dia dipegang siapa, klo dipegang suami tp pengeluaran yg besar dr suami jg gpp. bikin perjanjian uang yg ada di suami utk bayar apa saja dan uang yg ada di kamu utk bayar apa saja.

kadang laki2 itu ga tau bahwa kebutuhan rumah tangga ternyata menghabiskan uang yang ga mereka duga jumlahnya. kadang perlu dibuktikan dengan pencatatan uang yg detil.

kdrt nya masih terjadi sampe skrng? klo iya sebenarnya ini alasan yg lebih kuat utk cerai drpd "nafkah yg kurang".

cerai atau tidak pasti ada pro kontra nya. pikirkan mana yg terbaik utk mbak dan anak2.

good luck.



2
Lapor Hansip
10-01-2019 18:16
Quote:Original Posted By nadgper
untuk agan2 dan sista2 semua, sy mau tanya nih..

Saya menikah kurang lebih 3 tahun, sudah memiliki 1 org anak dan skrg sedang hamil anak ke2.
Saya sekarang tinggal dengan kakek sy yang memiiki kos-kosan di daerah kota.
kos-kosan ini yang bangun papa sy kurang lebih 8tahun yang lalu, sebelum saya disini, yang nempatin kos-kosan ini kaka sepupu saya dan ibunya (kakanya papa saya) krn kakek sy sy tidak bisa melihat jd harus ada yg jagain atau bantu ngurusin, selama mereka disini rumah ini ngga pernah dianggap rmh sendiri. maksudnya kalau ada yang rusak mereka diem ngga mau betulin, dll kalau bukan pp sy yg bayarin atau ngasih tukang dr kantornya. alhasil ketika saya nempatin ini rumah udh bobrok bgt.
Papa sy memiliki perusahaan kontraktor swasta, jadi sy bisa diblg dr keluarga yang bekecukupan. saya tinggal dikos-kosan ini baru 1 tahun. Sebelumnya saya ngontrak didekat rmh org tua saya selama 1 tahun setengah . sebelumnya lagi saya tinggal di rmh ortu saya krn suami sy belum bekerja. Suami saya kerja di perusahaan papa saya stlh 7bln nganggur, dan sy hamil dia kerja dgn gaji yang bisa diblg di bawah umr. tapi dia dpt uang sampingan yg sy tau 250/w. bpjs kami ditanggung kantor pp sy.
Semuanya berubah setelah suami sy bekerja, sblm menikah dgn sy, dia baik kpd sy, ngga pernah hitung2an dll.
setelah menikah, sy hidup dgn uang yang diksh dr org tua, org tua sy ksh sy uang kurleb 20jt, sy pakai untuk keb sehari2 krn suami tidak bekerja, untuk beli brg2 rmh dll hingga uangnya habis. sy fikir, uang sy uang suami, sy terbiasa jujur dgn uang makanya sy terbuka dg suami sy.
Suami sy setelah bekerja mulai tertutup, dgn gajinya yg dibawah umr, sy haru bayar uang kontrakan kurang lbh 1jt setiap bln belum dgn listrik. sy tidak ngeluh, kecuali ketika suami minta uang yg udh diksh ke sy untuk ibunya. menurut sy, uangnya itu kurang dan sy sudah berusaha untuk mencukupi kebutuhan rmh. knp dia ngga ngasih pakai uang mingguannya aja? sy selalu berfikir spt itu. akhirnya krn sy hamil, sy kerja dgn mama sy ketika ngontrak, dgn penghasilan minim tp cukup untuk tambah2an sy.
ketika kami pindah ke kos-kosan, suami saya mulai semakin bertingkah.
ditambah kantor papa saya sedang mengalami masalah. Suami saya selalu cerita kantor pp sy begini begitu, tp ketika dia mau cari kerjaan dia ngga kunjung dpt.
sy blg sy sudah cukup dgn gajinya yg saat ini (sama aja kaya dulu, tp krn skrg sy tinggal di rmh kakek sy, sy ngga harus bayar kontrakan). kakek sy ngasih uang tiap bln dr tiap kamar, tp ngga nentu. uangnya sy pakai untuk bayar listrik, krn listriknya besar dan kakek sy ngga mau bayar. jd uang bulanan dr suami sy, sy gunakan untuk makan sehari, keb rmh, pempers anak2, susu, dan arisan sy 500rb/bln. sbnrnya msh ada sisa 500rb itu saya niatin untuk nabung lahiran anak ke2 sy. kalaupun engga sy simpen untuk tabungan sy pribadi. (entah jalan2 sm keluarga, beli mainan anak, keb anak, dll) sy ngga pernah beli baju anak kecuali lebaran, ataupun beliin anak sy mainan.
kalau dihitung2 gaji suami sy sptnya besar, tp percayalah dibawah umr bahkan ngga sampai 3. tp sy bisa ngaturnya.

suami sy sering mukulin sy, dr awal kita berumah tangga.
sy tahan krn anak. hingga skrg. sy sudah tidak kuat, dan minta pisah.
suami sy terakhir kali ngasih gaji ngga full. sy cuma dikasih 1.5 untuk 1 bln. sedangkan sy harus bayar arisan 500, dan 500nya lagi untuk sy bikin akta anak. anak sy sudah mau 3 thn dan msh blm punya akta. jd sy hanya megang 500 untuk 1 bln. sy blg suami sy ini gila.
suami sy minta maaf ke sy, dan sy terima dgn kondisi sy mantau perubahan dia slm 3 bulan atau hingga sy lahiran baru sy mau kembali dgn dia.
yang sy masih berat, sy baru tau jika mingguan suami sy sudah lama naik jd 350/w dia tidak pernah blg ke sy.
uang tabungan yg sy tabung blm diganti2 sebesar 1.2jt.
dan dia blg, bahwa dia ngurangin uang yg dia ksh ke sy. jd uang yg harusnya sy jadiin tabungan, dia blg di tabungnya di atm dia aja.
sy sangat kecewa.
alasannya dia blg krn selama nikah kita ngga punya tabungan.
jika saya blg uang yg dia ksh ke sy aja udh kurang dan sy msh bisa nabung krn sy usaha. giliran sy bisa nabung uangnya dia jadiin tabungan dia. sy sgt kecewa.
apakah boleh suami berlaku spt itu?
bagaimana dalam islam? dalam hukum?
bukankah jika memang kurang dia harusnya nyari tambahan, bukannya malah ngambil hak saya?
saya nyesel berusaha cukup2in agar bisa nabung jika ujung2nya uangnya dia yang pegang, sy nyesel ngga pernah blg kurang ke suami sy krn sy berusaha jd istri yang mengerti suami.
apa yang harus sy lakukan?




Kamu bilang suami suka mukulin kamu sejak awal berumah tangga ?
Jelas suami gak boleh berperilaku seperti itu.
Kalian menikah krn apa ya ?

Salah pilih suami.

Cheers emoticon-kiss
0
Lapor Hansip
10-01-2019 18:52
Arisannya kegedean 500 klo nafkah dr suami aj ga sampe umr dan anak 2.
Kapan tuh stop arisannya? emoticon-Thinking
Mending jg nabung biasa walau ga sampe 500/bulan, abis itu tiap tercapai sekian di depositoin.
Lebih ada untungnya, bisa diambil walau blm tempo dg denda relatif kecil.
Drpd main arisan imo bukan invest cenderung rugi krn hrs ngeluarin dana ini itu misal buat konsumsi pas kebagian tempat arisan, blom lg kiri kanan klo tau dpt arisan ada aj yg minjem /minta emoticon-Stick Out Tongue
0
Lapor Hansip
10-01-2019 18:54
Balasan post sweetwhite
tuntunan ayah kandung sy yg udh kritis, sy anak perempuan ke2, kaka sy perempuan udh nikah krn mba, adik sy laki2. beliau takut sy begitu jg, jd beliau minta sy nikah sblm beliau meninggal. sy nikah sm pacar sy yg baru sebulan sy pacarin..

iya kalau sy tau sy jg ngga mau.. tp awalnya dia baik :')
0
Lapor Hansip
10-01-2019 19:29
Sista bisa ga agak tegas ngomong ke suami klo mulai skrg seluruh gaji suami dipegang sista biar sista yang ngatur n tunjukin princian pengeluarannya..
Padahal banyak RT yg justru suaminya meminta istrinya yg pgang seluruh gajinya n dia yg atur lho,apalagi klo terbukti istrinya lbh pintar atur uang..Terus utk pendapatan sista n suami minta ditabungkan ke rekening suami,sista berhak nolak kok,,bilang aja sista yg atur,nanti tunjukkan transparansi pengeluaran n pemasukannya..

Ahhh gemess ane sama suami Kaya gitu,seandainya sista ga sedang hamil,ane saranin sista nyari kerja di luar di kantoran gitu,anak sementara titipin ortu,

sblm menikah apa sista kerja n apa alasannya kok ga kerja pas udah nikah?apa ga blh suami atau gmn?
0
Lapor Hansip
10-01-2019 19:59
Quote:Original Posted By nowyoudont
parah, padahal 7 juta anak 1 saja sudah kurang untuk zaman sekarang.
ingat, umr itu biaya hidup minimum untuk singel.
untuk berkeluarga tanpa anak minimal penghasilan 3 kali umr, 1 anak 4 kali umr, 2 anak 5 kali umr begitu seterusnya.
katanya.

oo trnyata gini rumusnya. makin pny alesan buat ngejomblo emoticon-Big Grin
0
Lapor Hansip
10-01-2019 20:19
Balasan post sella91
sy arisan berdua mama sy, jd masing2 500rb, krn atas nama mm sy jd kalau giliran dirumah mm sy, sy ngga ikut ngasih konsumsi. iya sy jg mikirnya gitu, awalnya ikut arisan sm mertua sebulan 200 dpt 1.6 tp yg 800nya diambil mertua. trs sy nabung, ya gitu suami sy makein tabungan sy terus. jd sy ikut arisan sm mm sy yg ini sy dpt 11jt, selesainya masih lama awal 2020. sy jg nabung dr gaji suami. bisa kok sy nabung 500rb lagi. krn sy dikasih uang sm kakek sy dr hasil sy bebenah 1 rmh, dikasihnya ngga nentu, tp bisa buat bantu bayar listrik rmh. sy orgnya sm uang emg rinci bgt makanya sy bisa cukup2in, tp sy kesel suami sy selalu make uang yg sy tabung dr gaji, pdhl menurut sy kalau sy nabung berarti itu hak sy
0
Lapor Hansip
10-01-2019 20:31
Balasan post uliemoetz
barusan sy nlfn suami sy ngomongin masalah ini, kata suami sy, sy masih egois mikirin diri sy sendiri. krn sy minta tabungannya sy yg pegang, krn itu kan sy yang mau nabung buat anak dan sy atau kep lain yg dadakan dr nyisihin uang makan/keb rmh (dr gaji yg diksh ke sy). sy jg blg ke dia apabila dia mau nabung buat keluarga, dia bisa nabung dr uang mingguannya atau cari kerjaan sampinan lain.

iya sy habis lahiran mau kerja.. sy udh mikirin mateng2 sih nunggu anak ke 2 sy 6bln.
alasan pertama krn sy hamil hanya selepas 1 bln setelah nikah, jd sy ngga bisa kerja, hamilnya lemes payah pingsan terus, ini anak kedua jg sm hamilnya begitu. alasan kedua, krn suami sy takut sy nyantol ke cowo lain, tipe sy termasuk menarik krn wajah sy ke arab2an, jd suka cepet akrab sm lawan jenis. sy sih setia, tp suami sy emg cemburuan. dia nyuruh sy kerjanya jualan aja ngga boleh yang keluar, dandan aja sy ngga boleh, makanya sy selama nikah ngga pernah beli apa, baju ngga pernah, make up apalagi, anak sy jg ngga pernah kecuali lebaran. semua barangnya di ksh dr org. makanya sy sedih bgt jd org tua, jd istri ngerasa gagal itu yg bikin sy mau nabung pakai gaji ngga minta nambah ke suami. tp suami sy begitu, mikirnya beda sm sy.

suami sy mikirnya, dia kerja masa dia ngga megang apa2. pdhl dia udh dpt uang mingguan termasuk besar 350/w. makanya dia mikirnya gaji itu uang dia, jd kalau dia mau ngasih ke sy 2jt ya itu urusan dia, 500 itu tabungan dia buat keluarga. jd tabrakan sm apa yg sy pahami. sy ngga tau mesti ngalah apa gmn, kesel aja hati rasanya emoticon-Frown
0
Lapor Hansip
10-01-2019 20:34
Balasan post amatir91
buat s umr udh cukup bgt sebenarnya, sy tipe yg bisa ngatur uang kok. cuma sy ngga suka dicolek2 kalau udh uang yg sy pegang. krn ngatur uang itu gampang2 susah. sy berharap laki2 tuh ngerti perjuangan istri, gmn ngatur uang agar semua terpenuhi kadang bahkan sampai keinginan istri ngga kesampaian.
0
Lapor Hansip
10-01-2019 21:01
Balasan post PuspitaHassei
iya mbak, sy ini kebobolan setelah kb suntik 3 bulan, sy ngga mens 9bln trs mens lagi bln ke 10 sy mau ganti ke kb spiral tp ditunda trs dr pihak puskesnya selang 1 bln setelah mens pertama sy, sy hamil. iya ini sy udh mikirin mateng2 buat kedepannya. sy mau cerai, sy udh blg tp suami yg berat cerai sm sy. kalaupun cerai dia ngga mau ngurusin. rencanya kalau cerai setelah anak sy kedua sy lahir, bikin akte, dan sy udh mulai kerja.
0
Lapor Hansip
10-01-2019 21:03
Balasan post sky.roses
udh dr dulu mbak dinasehatin mm sy, pp sy, mm sy udh kesel sm suami sy. sy cerita ke ibunya suami sy jg udh, ibunya bener nyuruh suami sy fokus kerja buat anak. tp memang suami anaklaki2 pertama dan udh ngga punya ayah, jd ibunya msh suka minjem uang ke dia. sy ngga masalah kalau itu mbak krn udh sepatutnya anak laki2 msh berbakti ke org tuanya selama tidak merugikan keluarganya (istri dan anak2nya), sy jg udh cerita ke saudara2 suami sy yg lbh tua, tp suami sy ngga mau dibantu, blgnya mau nyelesein sendiri.
0
Lapor Hansip
10-01-2019 21:04
Balasan post sintaaak
iya sy berat di anak, anak sy sayang bg sm bgt bapaknya krn perempuan emoticon-Frown
0
Lapor Hansip
10-01-2019 21:08
Balasan post cewieClown
dia udh dpt mingguan sendiri dr kantor, gaji beda lagi. bedanya gaji sm mingguan dia kalau di totalin, gaji lbh banyak 1jt dr mingguan dia.

kdrtnya, dia suka niban sy sambil nyekek, sy juga ngelawan kok, kayanya beringsan sy kalau dia udh mulai nyerang. iya sy jg lbh mikir ke situ, sy terlalu syg apa gmn sy jg bingung, selalu luluh setiap ketemu dia
0
Lapor Hansip
10-01-2019 21:50
YaAllah sis miris banget sih ceritanya..
Istri udah sebaik gini,mengerti posisinya sbg istri,cantik pula sepertinya tapi disia2kan..
Kok dia udah nyanggupin mau cerai sih sis?bukannya itu udah talak yah kalau di agama Islam?(eh sista Muslim bukan?)CMIIW..

Jangan berhenti doa sis,smoga suami dibukakan hatinya..Tipe suami udah kliatan Dr awal sih klo agak g punya tanggung jwab,Masa berani nikahin anak orang tapi ga punya kerjaan?malah dikasih kerja sama ortu sis pula..Selain kurang tanggung jawab,sepertinya kaku juga yah?krn dinasehatin n dikasih Tau orang lainpun ga mempan..

Kalau saran ane jangan cerai sis,mungkin ini cobaan pernikahan sista,kalau sayah liatnya sih walaupun dia sempet main tangan tapi sista bisa melawan berarti dia masih ada kalahnya sama sista,masih bisa diarahkan sih menurut ane kalau lelaki seperti ini..Coba sista ngobrol berdua sambil sista nangis2 ngungkapin prasaan sista,apa dia masih Ada luluhnya?apa dia masih punya rasa minta maaf ke sista?
0
Lapor Hansip
10-01-2019 23:08
sist tau nggak pengeluaran suami terbesar buat apa aja ?
kalau suami udah KDRT. ente mikirnya jangan pake perasaan sist, ntar ujung2nya kasihan.
0
Lapor Hansip
11-01-2019 04:39
Quote:Original Posted By nadgper
iya mbak, sy ini kebobolan setelah kb suntik 3 bulan, sy ngga mens 9bln trs mens lagi bln ke 10 sy mau ganti ke kb spiral tp ditunda trs dr pihak puskesnya selang 1 bln setelah mens pertama sy, sy hamil. iya ini sy udh mikirin mateng2 buat kedepannya. sy mau cerai, sy udh blg tp suami yg berat cerai sm sy. kalaupun cerai dia ngga mau ngurusin. rencanya kalau cerai setelah anak sy kedua sy lahir, bikin akte, dan sy udh mulai kerja.


brrt nanti kalau anak dah lahir segera pasang kb spiral y. brrt kamu ga cocok kb hormonal. jangan sampe kebobolan anak ketiga makin ribet.

brrt gaji suami itu 2,4 jt y? dikasi ke kamu 2 jt? tabungannya bikin yg baru atas nama kamu dan jangan dikasi kartu atm. jd cm kamu yg berhak ngambil ke bank dan suami kamu ga bs.

suami jelas tipe yg ga mikir masa depan, uang yg ada saat ini dihabisin saat ini. kebutuhan masa depan nanti aja mikirnya. dan ini jelas salah.

ya gimana ga berat, punya istri cantik, punya penghasilan tambahan dr kakek mertua.. apalagi maaf2 klo nanti dapat warisan.. kurang enak apa dia? ga ada alasan dr dia utk harus cerai sama kamu.

tp cara cerai paling efektif adalah ketika KDRT. apalagi sampe cekek begitu. mungkin saat ini kamu bs ngelawan. tp klo dia suatu hari kelepasan? harus nunggu kamu meninggal dulu tercekik baru mau lepas sama dia?

once again menurutku alasan cerai yg utama adalah tindakan KDRT nya bukan krn nafkah yg kurang. krn masalah nafkah kan kamu sudah sadari sendiri diri bahwa awal2 nikahpun dia malah ga kerja 7 bulan dan skrng kondisi malah sudah lebih baik krn brrr ditotal pendapatan dia itu 2,4+1,4 = 3,8jt. dan ttap memberikan kamu nafkah meski kecil. alasan ini kurang kuat klo dijadikan alasan cerai (bisa tp mungkin akan sulit).

kalau ada kdrt lagi, foto bekas lukanya, datang ke puskesmas minta dibuatkan surat bukti bahwa ada bekas luka akibat KDRT. bukti ini yg kamu bawa di pengadilan. jangan sampe nunggu kamu meninggal dulu y mbak. kecuali dia memang mau berubah dan ga kdrt lg.

good luck.

0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.