alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c36ea0013697052250df835/sebelum-membuat-diy-toner-dengan-cuka-apel-sebaiknya-sista-perhatikan-hal-ini
Lapor Hansip
10-01-2019 13:45
Sebelum Membuat DIY Toner dengan Cuka Apel, Sebaiknya Sista Perhatikan Hal Ini
Past Hot Thread
Membuat sendiri produk perawatan wajah di rumah memang menjadi sebuah agenda yang menarik. Selain bisa sedikit menekan pengeluaran uang, terkadang memakai produk olahan sendiri yang sudah jelas terjamin dengan bahan alami akan memberikan efek yang lebih bagus. Tentunya jika kita cocok dengan kandungan bahannya dan tepat dalam pemakaiannya. 

Salah satu produk yang terkenal holy grail dan mudah ditemukan di mana saja adalah cuka apel. Yup, siapa sih yang nggak kenal sama produk fermentasi apel ini. Nggak hanya bermanfaat untuk kesehatan aja, ternyata cuka apel juga memiliki manfaat untuk kecantikan juga lho Sis.

Sebelum Membuat DIY Toner dengan Cuka Apel, Sebaiknya Sista Perhatikan Hal Ini

Nggak sedikit  beauty enthusiast yang merekomendasikan cuka apel sebagai toner untuk mengatasi komedo dan bekas jerawat. Tapi sebelum memutuskan untuk membuat racikan perawatan wajah sendiri dari cuka apel, ada baiknya jika Sista memperhatikan beberapa hal berikut ini. Cekidot!

Quote:Belum terdapat bukti ilmiah

Sebenarnya belum terdapat penelitian signifikan yang memvalidasi manfaat cuka apel untuk kesehatan kulit dan aman digunakan sehari-hari. Meski begitu, terdapat studi yang menyebutkan jika cuka apel memiliki kemampuan anti bakteri dan antifungal yang kuat dan efektif.  Misalnya untuk mengatasi propionbacterium acnes yang menjadi penyebab jerawat yang berasal dari kandungan acetic acid, lactic acid, citric acid, dan succinic acid yang mampu membunuh bakteri pada wajah. Namun demikian, masih perlu adanya riset mendalam lagi untuk mencari tahu kelebihan dan kekurangan penggunaan cuka apel ini sebagai anti bakteri.
 



Quote:Jangan gunakan terlalu sering

Beberapa beauty enthusiast memang menyebutkan jika cuka apel memiliki efek eksfoliasi yang baik, namun sebaiknya memang tidak untuk digunakan setiap hari dan hanya sekali dalam seminggu saja agar tidak terjadi iritasi dan membunuh bakteri baik.

Meski banyak yang yang merekomendasikan, ternyata nggak sedikit juga lho Sis yang menyatakan kurang cocok dengan toner cuka apel ini. Malah kulitnya menjadi semakin parah. Hmmm. Sebenernya ini juga tergantung dari jenis dan kondisi kulit sista sih. Jika ingin mencoba, sebaiknya pastikan dahulu cara penggunaannya sudah benar ya Sis.



Sebelum Membuat DIY Toner dengan Cuka Apel, Sebaiknya Sista Perhatikan Hal Ini


Quote:Perhatikan jenis cuka apel yang akan sista gunakan

Banyak sekali jenis cuka apel yang dijual bebas di pasaran. Sebelum menentukan pilihan, Sista udah tahu belum sih macam-macam cuka apel dan perbedaannya? Jenis produk cuka apel yang mudah ditemui antara lain adalah unfiltered, filtered, unpasteurized, raw, serta organic. Namun, jika sista berencana membuat toner dari cuka apel, sebaiknya pilih yang berjenis raw, unfiltered, atau jika memungkinkan organic, yang biasanya tertera kata “mother” dalam kemasannya. Cara termudah untuk memastikan adalah biasanya jenis cuka apel tersebut memiliki serat halus berwarna gelap yang bisanya mengendap dalam dasar botol.



Quote:Larutkan terlebih dahulu

Salah satu hal penting dalam menggunakan cuka apel sebagai toner adalah cara penggunaannya. Jika salah bisa menimbulkan masalah lho Sis. Seperti yang sudah disebutkan, cuka apel memiliki kandungan dan sifat asam yang sangat tinggi. Karenanya, jika Sista mengaplikasikan secara langsung pada wajah akan dapat menyebabkan sensasi terbakar bahkan menyebabkan iritasi pada kulit. Jadi sebaiknya Sista melarutkannya terlebih dahulu dengan perbandingan air yang lebih banyak, atau sesuai dengan kondisi dan permasalahan kulit.

0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.