alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c36da1288b3cb2dfd54204e/paraben-berbahaya-untuk-kulit-benarkah
Lapor Hansip
10-01-2019 12:37
Paraben Berbahaya Untuk Kulit, Benarkah?
Past Hot Thread
Jika melihat review skincare atau kosmetik, Sista sering dengar istilah paraben nggak sih? Sekarang ini banyak banget perempuan yang tertarik dengan produk yang memiliki klaim paraben free demi kesehatan. Banyak juga kabar yang simpangsiur tentang paraben ini. Sebenarnya, apa sih paraben itu?

Paraben Berbahaya Untuk Kulit, Benarkah?

Paraben adalah sebuah zat kimia yang berfungsi sebagai pengawet dalam produk kosmetik dan farmasi. Dalam dunia kesehatan, fungsinya adalah untuk membantu mencegah timbulnya jamur dan bakteri, juga menjaga kualitas produk. Kalau Sista notice, produk-produk yang menggunakan paraben selain kosmetik adalah shampo, gel cukur, lotion, pasta gigi, dan maih banyak lagi. Biasanya, jenis paraben yang paling banyak digunakan dalam produk tersebut adalah methylparaben, propylparaben, dan butylparaben.

 Lalu kenapa sih banyak yang menghindari paraben?


Quote:Pada tahun 90an, tersebar berita jika paraben dianggap sebagai agen xenoestrogentyang mengimitasi esterogen pada tubuh. Efek buruk esterogen ini sering dikaitkan dengan masalah pada dada dan regenerasi. Peneliti pun menyatakan bahwa paraben memiliki efek negatif pada kesehatan. Selanjutnya, pada tahun 2004, seorang peneliti dari Inggris bernama Philippa Dabre, Ph.D menemukan adanya paraben dalam tumor payudara yang berbahaya. Ia pun menyarankan agar kandungan paraben dalam produk kosmetik dibatasi.

Setelah itu, konsumen mulai mendengar kabar simpangsiur ini jika paraben merupakan penyebab reaksi alergi, kanker payudara, aktivitas esterogenik, dan paparan matahari. Akibatnya perusahaan kosmetik pun sempat mengalami kerugian besar-besaran lho Sis karena skandal paraben ini. Mereka kemudian memproduksi kosmetik organik yang memiliki klaim bebas paraben. Padahal, hingga saat ini belum ada penelitian profesional yang membuktikan jika paraben merupakan penyebab kanker payudara dan penyakit lainnya.



Paraben Berbahaya Untuk Kulit, Benarkah?

Jadi, haruskah menghindari paraben?

Quote:Ini nih pasti yang menjadi kebingungan para sista, apakah benar paraben dalam kosmetik sebaiknya  harus dihindari?
Segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik kan, Sis. Sama halnya dengan menghindari paraben dengan jumlah berlebihan, mungkin juga sudah menjadi tips kesehatan yang sangat berguna. Tapi tenang Sis! The good news is, jumlah paraben yang sangat sedikit dalam skincare kalian nggak akan membahayakan kesehatan kok.

Pada tahun 1984 Organisasi Cosmetic Ingridient Review menyatakan jika paraben merupakan kandungan dalam kosmetik yang aman digunakan. Kemudian pada tahun 2005, mereka kembali melakukan penelitian yang sama, pada bayi dan wanita, untuk membuktikan dampak paraben pada kesehatan. Hasilnya, ditemukan bahwa kadar paraben yang sangat kecil pada produk tidak membahayakan kesehatan atau menyebabkan kanker.

Sebenarnya nggak sedikit organisasi yang melakukan penelitian terhadap dampak paraben ini. Hasilnya pun menyatakan jika tidak ditemukan adanya bukti hubungan antara paraben dengan kanker payudara. Jadi Sista nggak perlu khawatir lagi deh dengan produk perawatan wajah, karena paraben tidak terbukti membahayakan seperti yang selama ini dipercaya. 



Hikmah di balik ini semua adalah, jadilah konsumen yang cerdas dalam menerima informasi terhadap produk. Be a smart buyer, ya, Sis!
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.