Sekarang ini, email sudah menjadi perihal wajib dalam segala hal, seperti dari sekedar menyapa kawan lama sampai mencari pekerjaanpun kini melalui email.
Karena saking terbiasanya dengan email, kita terkadang lupa atau memang seenak jidat mengirim email, padahal tata krama dalam mengirim email itu penting apa lagi dalam mencari pekerjaan.
Biar agan terlihat profesional dalam ber email, nih ane kasih tau 3 kesalahan yang perlu agan hindari
Quote:
Ilustrasi email | one photo /Shutterstock
Banyak yang masih tidak peduli dengan tata cara mengirim email yang baik dan benar, terutama untuk pekerjaan. Akhirnya Anda seringkali terlihat jadi tidak profesional karena sebuah email.
Tidak perlu belajar ilmunya jauh-jauh, Anda cukup pahami 3 kesalahan mendasar yang banyak dilakukan orang lain berikut ini.Tentunya sebagai bahan acuan untuk tidak Anda tiru.
1. Lupa menyertakan attachment
Padahal di badan email Anda sudah meminta orang yang dituju untuk membaca attachment yang disertakan. Namun, Anda justru lupa menyertakannya. Itu membuat Anda terlihat kurang fokus dan tidak serius saat mengirimkan email tersebut. Lain kali cek attachment Anda sebelum emailnya dikirim, ya.
2. Mengirim email berkali-kali
Saat mau mengirim email, pastikan apa yang ingin Anda katakan sudah tertulis semuanya. Jika belum yakin, sebaiknya tunda dulu dan selesaikan apa yang ingin disampaikan. Jangan sampai mengirim beberapa email berturut-turut hanya karena ada yang tidak disampaikan di email sebelumnya.
3. Salah menulis nama
Mau dikirim untuk Mia, tetapi Anda malah menulis Nia. Bisa jadi yang dikirimi email bertanya-tanya apakah benar email tersebut untuknya. Yuk, perhatikan cara penulisan Anda, mulai nama, jabatan, sampai ke isi email, supaya jangan ada salah penulisan dan membuat email Anda jadi kurang profesional.
Oh iya, ane ada tambahan nih. Jangan lupa juga memperkenalkan diri di awal, lalu di tutupi salam di akhir atau sekedar terima kasih biar terkesannya agan menghargai orang yang agan kirim emailnya.
Semoga threat ane bermanfaat