alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c340420349d0f308d254571/marah-kepada-anak-boleh-kah
Lapor Hansip
08-01-2019 09:00
Marah kepada anak boleh kah?
Marah kepada anak boleh kah?

Tentu saja boleh, kita boleh memarahi anak tetapi dalam lingkup memberi pelajaran dan mendidik.

Marah kepada anak boleh kah?


yang tidak diperbolehkan adalah Meluapkan Emosi Negatif Anda kepada Anak, contohnya adalah kekesalan, Memaki, Merendahkan Kepribadian Anak dengan Mengatakan "Bodoh" atau lainya, atau yang lebih Extrem memberikan Label Binatang kepada Anak ssperti kata-kata "Dasar Anak An*****" lah itu anak siape kan anak Anda Juga berarti Anda mungkin lebih dari itu, upss maaf hee

Diwaktu malam seperti ini alangkah baiknya sedikit kita mengingat dan merenungkan Momen kebersamaan dengan anak kita.

Seberapa Seringkah atau berapa kalikah Anda pernah tanpa sadar atau tidak meluapkan kekesalan dan emosi negatif kepada Anak Anda?

Dan setelah Emosi Negatif itu meluap ke Anak Anda, pertanyaan selanjutnya adalah "Menyesalkah Anda sehabis meluapkan emosi negatif itu kepada Anak Anda?

Yang emak-emak coba jawab jujur "Menangiskah setelah itu? "

Marah adalah Hal yang Manusiawi dan juga fitrah yang Allah berikan kepada kita, Hal Sederhana untuk Mengurangi tingkat kemarahan seperti yang di ajarkan Rosul adalah Duduk, jika belum Reda maka Berbaringlah, jika belum maka Berwudhu dan Shalat 2 Rakaat.,

Selain itu saya akan berbagi dua tips sederhana untuk meredakan marah yaitu pertama Tariklah dalam-dalam dan Panjang Nafas Anda lalu Keluarkan dengan perlahan mungkin sehingga nafas itu akan lama habis lakukan minimal 3 Tarikan dan Hembusan panjang Nafas serta beri jeda sekitar 3 detik sebelum menarik nafas selanjutnya. Dalam Dunia Hipnosis ini dinamakan difer ventilasi berguna untuk memberi asupan oksigen ke otak anda sehingga debaran jantung lebih stabil dan emosi perlahan menurun.

Hal Kedua tipsnya adalah Berfikirlah, Berimajinasilah seandainya hal itu anda lakukan apa yang akan terjadi, proyeksikanlah seakan-akan emosi itu Anda Luapkan dan Bayangkanlah apa akibatnya, apa yang akan anak Anda rasakan dan perhatikan emosi dan rasa apa ya g muncul dalam imajinasi Anda, Hal ini berguna untuk mengaktifkan Otak Kreatif kita (Neokorteks) sehingga Emosi itu mengecil karena emosi itu cenderung menggunakan otak yang berafiliasi kepada perasaan. Dengan Berfikir Panjang ini akan melatih juga kontrol dan efek dari emosi kita.

Lalu, Bagaimana Hal yang terbaik Apa yang dilakukan ketika Anak melakukan kesalahan yang membuat Anda emosi ?

Pertama yang palinh utama adalah Kontrol Emosi Anda, jangan Meluapkan Emosi seberapa besarnya kesalahan anak kita.

Ingat, pengalaman yang emosional pada anak kecil atau balita akan begitu sangat membekas dan tersimpan di memori jangka panjang mereka sehingga secara tak langsung ini akan mempengaruhi perkembangan mereka.

Tidak percaya Coba Anda Ingat-ingat Momen waktu kecil .

Sudah...? Momen apa yang Anda Ingat?

Tentu Momen yang Anda ingat memiliki Kaitan Emosi yang kuat baik itu Negatif atau Positif, atukah itu kesenangan, kebahagiaan atau Kesedihan. Dan bagaimana momen biasa lainya? Lupa?

Begitulah otak kita, ketika ada emosi kuat yang terkait akan menjadi memori kuat dalam ingatan.

Selanjutnya Ketika sudah menenangkan diri, Hal kedua adalah mengajak diskusi Anak, memberikan pengarahan yang benar,
Ingat menunjukan yang benar, bukan menyalahkan.

Disinilah banyak orangtua yang tidak sabar mengajak Anaknya diskusi dan memberi arahan apa yang seharusnya yang benar dia lakukan..

Namanya juga anak kecil, belum tau apa-apa, justru karena belum tau itu ya dikasih tau. Hee

Anak kecil walau kadang belum jelas bicaranya, dan terkesan sibuk sendiri, tetapu ketika Anda ajak ngobrol dan diskuai dia perlahan akan mengerti juga apa yang kita maksud, saat khalid usia kurang setahun ketika dilarang dia mengerti walau harus terkadang cukup lelah mengulang-ulangnya, hee

Mulai sekarang cobalah perlakukan anak kita selayaknya dia memilki pilihan dan memilki akal untuk dia putuskan apa yang di inginkanya,, dan tugas kita lah yang mengarahkan kepada yang baik, berlakukalah layaknya seorang partner dan sahabat untuk anak kita sehingga nanti dia tidak akan canggung mengungkapkan dan menceritakan tentang peristiwa dan permasalahan yang ia temui dalam fase kehidupanya.
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
08-01-2019 09:01
gak boleh marah emoticon-Big Grin
0
08-01-2019 13:30
bener sekali mod, harus ada porsinya...
3 anak di rumah bikin uji emosi emoticon-Big Grin
0
Lihat 2 balasan
08-01-2019 13:40
Tergantung kesalahan apa yang diperbuat, layak ga sih buat marah. Tapi akalau aku mendidik ponakan2ku selalu dg cara lembut. Kalau dia nakal cukup dinasehati. Kalau masih nakal bakal aku diemin, dia udah paham auntie lg marah. Siapa sih yg tahan dicuekin?

Tapi kalau anaknya emang bandel, marah ga masalah asal sesuai tempatnya. Dan jangan lupa kasih reward ketika anak nurut dan punya prestasi.
0
Lihat 1 balasan
09-01-2019 08:47
Quote:Original Posted By odedanqyu
bener sekali mod, harus ada porsinya...
3 anak di rumah bikin uji emosi emoticon-Big Grin


padahal kalau bisa sih gak boleh marah
iya kan?
tapi pasti ada saat kita harus marah meskipun dengan kadar kemarahan yang sesuai porsi kesalahannya
gimana itu? orang tuanya yang lebih tau karena mereka yang menemani dari bangun tidur sampai tidur lagi emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By .pita.
Tergantung kesalahan apa yang diperbuat, layak ga sih buat marah. Tapi akalau aku mendidik ponakan2ku selalu dg cara lembut. Kalau dia nakal cukup dinasehati. Kalau masih nakal bakal aku diemin, dia udah paham auntie lg marah. Siapa sih yg tahan dicuekin?

Tapi kalau anaknya emang bandel, marah ga masalah asal sesuai tempatnya. Dan jangan lupa kasih reward ketika anak nurut dan punya prestasi.


poin nya di komentar ini, mendidik anak orang dengan anak sendiri itu ternyata berbeda, jauh banget bedanya meskipun kita asuh mereka dari kecilnya sekalipun, selama ia adalah anak orang lain tetap berbeda ketika itu adalah anak sendiri

selebihnya mendidik dengan lembut atau punishment dan reward memang dibutuhkan untuk kebaikan si anak
0
09-01-2019 14:43
Yup benar sekali tipsnya mod, ane juga kalau pengen marah dengan kelakuan anak ane (umur 4 tahun) ane berusaha untuk mengontrolnya dengan membayangkan kalau sampai amarah ane meledak-ledak ke anak ane bakal berakibat fatal untuk pertumbuhan psikisnya, alhamdulillah perlahan emosi ane bisa menurun dan baru ane kasih tau ke anak ane tentang kesalahan yang telah ia perbuat agar tidak mengulanginya lagi, tapi sedihnya kadang masih juga diulang emoticon-Frown
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
12-01-2019 15:17
Balasan post cheria021
Quote:Original Posted By cheria021
Yup benar sekali tipsnya mod, ane juga kalau pengen marah dengan kelakuan anak ane (umur 4 tahun) ane berusaha untuk mengontrolnya dengan membayangkan kalau sampai amarah ane meledak-ledak ke anak ane bakal berakibat fatal untuk pertumbuhan psikisnya, alhamdulillah perlahan emosi ane bisa menurun dan baru ane kasih tau ke anak ane tentang kesalahan yang telah ia perbuat agar tidak mengulanginya lagi, tapi sedihnya kadang masih juga diulang emoticon-Frown


tidak mudah ternyata ya emoticon-Big Grin
tapi kadang rasanya pengen marah dan begitu tanpa sadar marah malah nyesel abis marahin
0
12-01-2019 15:19
 "Dasar Anak An*****"



Ini hewan apa yaa... Kok panjang sekali bintangnya emoticon-Bingung
0
12-01-2019 15:25
Quote:Original Posted By cluuree.e
 "Dasar Anak An*****"



Ini hewan apa yaa... Kok panjang sekali bintangnya emoticon-Bingung


nikah dulu terus punya anak
nanti tau sendiri biasanya emoticon-Leh Uga
0
12-01-2019 15:59
Quote:Original Posted By heane
nikah dulu terus punya anak
nanti tau sendiri biasanya emoticon-Leh Uga


Udah buat tapi engga jadi jadi.. kayanya salah prosedur nya nih emoticon-Leh Uga
0
13-01-2019 08:20
Quote:Original Posted By cluuree.e
Udah buat tapi engga jadi jadi.. kayanya salah prosedur nya nih emoticon-Leh Uga


no comment kalau itu emoticon-Ngacir
0
21-01-2019 02:15
butuh kesabaran ekstra menghadapi anak-anak
0
Lihat 1 balasan
21-01-2019 06:46
jangan dimarahin kalau bisa
karena anak lebih suka dilembutin
0
21-01-2019 15:12
larangan marah itu umum kan?
jadi sebisa mungkin sebaiknya memang marah itu dihindari
hanya saja, kadang ada saja saat kita sedang tidak stabil dan melihat anak bersalah
jadi bawaan marah itu kadang timbul saat itu
0
22-01-2019 07:34
boleh tapi ada saatnya sendiri
0
23-01-2019 08:40
boleh tapi tidak dianjurkan
0
24-01-2019 08:31
kasih kesempatan anak buat mencoba memperbaiki kesalahannya
0
31-01-2019 07:41
sebaiknya anak dilembuti jangan dimarahi
0
Lapor Hansip
12-02-2019 10:40
Balasan post cenhonam
Quote:Original Posted By cenhonam
butuh kesabaran ekstra menghadapi anak-anak


wajib emoticon-Big Grin
0
22-02-2019 09:06
susah-susah mudah juga sih mendidik anak itu
kadang butuh adanya komunikasi antar kedua pihak yaitu orang tua dan anak
0
Lihat 1 balasan
22-02-2019 15:05
Quote:Original Posted By andes009
susah-susah mudah juga sih mendidik anak itu
kadang butuh adanya komunikasi antar kedua pihak yaitu orang tua dan anak


komunikasi itu penting tapi kasih sayang juga lebih penting
jangan lupa didik anak dengan lembut, karena hati mereka tidak terbentuk dari sesuatu yang keras
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.