alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c2f0d1928c9915726734510/sebelum-ada-tol-laut-bagaimana-cara-angkut-sapi-ke-jakarta
Lapor Hansip
04-01-2019 14:36
Sebelum Ada Tol Laut, Bagaimana Cara Angkut Sapi ke Jakarta?
Past Hot Thread
Sebelum Ada Tol Laut, Bagaimana Cara Angkut Sapi ke Jakarta?


Program tol laut baru digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tahun 2015 untuk mempermudah pengiriman komoditas termasuk ternak. Sebelum ada program ini bagaimana caranya mengangkut sapi ke Jakarta?

Menurut Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni, Ridwan Mandaliko dahulu pengiriman sapi dilakukan dengan menggunakna kapal kargo. Sehingga tidak ada fasilitas khusus untuk mengangkut sapi ke dalam kapal.

Bahkan, kata Ridwan, pengangkutan sapi menggunakan jaring. Kemudian untuk tempatnya hanya disekat menggunakan bambu dan tali.

"Kalau dulu, muatannya pakai kargo umum. Itu disekat-sekat pakai bambu, dan tali. Untuk menaikkan (sapi ke dalam kapal) pakai jaring," jelas dia.


Lebih lanjut, akibat fasilitas yang kurang akhirnya banyak ternak sapi yang stres. Alhasil, berat sapi ikut berkurang dan merugikan peternak.


"Sehingga sapi jadi stres dan bobotnya susut 22%. Itu kan merugikan peternak karena nanti hitungan jual berdasarkan berat," sambung dia.


Saat ini, kata Ridwan, pengiriman sapi menggunakan tol laut sudah lebih baik. Pasalnya, Pelni sendiri menggunakan kapal khusus ternak sehingga sapi tidak mengalami stres.


"Kalau sekarang itu kapal ada fasilitasnya. Jadi mereka parkir dekat pelabuhan dan sapi tinggal digiring masuk lewat lorong. Jadinya sapi hanya susut 5%, peternak dan petani pun tidak rugi," tutup dia.(zlf/zlf)



Sumur

Semoga next time agar lebih cepat bisa dinaikan ke pesawat saja. Semoga.
emoticon-Ngacir2
2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
04-01-2019 14:38
jalan juga nih tol laut.
0
04-01-2019 14:41
nunggu ada yang counter, kalau bijitu kenafa harga daging safi mahal? emoticon-Big Grin

harga daging safi mahal karena sapinya udah dibeli semua ama par emoticon-Tai sapi
0
04-01-2019 14:42
Oh kirain....teryata tetap sama naik kapal juga emoticon-Cool
0
04-01-2019 14:42
Sabar yak, bentar lg wowo jd presiden, udh ada kode alam nih emoticon-Angpau
Quote:Sebelum Ada Tol Laut, Bagaimana Cara Angkut Sapi ke Jakarta?
Sebelum Ada Tol Laut, Bagaimana Cara Angkut Sapi ke Jakarta?
1
Lihat 4 balasan
04-01-2019 14:42
DIANGKUT SAMA FRAKSI PKS LAH BRO
MEREKA KAN AHLI PERSAPIAN
0
04-01-2019 14:42
tapi harganya kok jadi mahal
0
04-01-2019 14:43
Naik kapal juga lah... Mang naik apa lagi emoticon-Bingung (S)
-1
Lapor Hansip
04-01-2019 14:59
Balasan post dekomandos
Quote:Original Posted By dekomandos
Sabar yak, bentar lg wowo jd presiden, udh ada kode alam nih emoticon-Angpau


Imajinasi tanpa batas emoticon-Matabelo
Ane malah ngeliatnya kayak 2biji 1batang emoticon-Hammer (S)
























































emoticon-Ngacir Tubrukan
0
04-01-2019 15:00
sapi jadi kurus ya emoticon-Big Grin
0
04-01-2019 15:01
Quote:Original Posted By rp.1000000
Imajinasi tanpa batas emoticon-Matabelo
Ane malah ngeliatnya kayak 2biji 1batang emoticon-Hammer (S)
























































emoticon-Ngacir Tubrukan


Ya bgitulah realita kampret bre, kita berhadapan dgn manusia yg evolusinya blm sempurna bener emoticon-Angpau
0
04-01-2019 15:03
Dulu ga ada kapal, diangkut pake rakit dari Merauke ke Jakartaemoticon-Marah

Owh.. Tol Laut itu = Kapal pengangkut sapi??emoticon-Leh Uga


Tol Udara kapan nih
0
Lihat 1 balasan
04-01-2019 15:05
mantap 2 periode emoticon-Angel
0
04-01-2019 15:17
Sapinya makan apa selama di kapal?
0
Lihat 1 balasan
04-01-2019 15:21
sapinya biar gak stres kasih musik emoticon-Leh Uga
0
04-01-2019 15:28
Quote:Original Posted By sunkistparadise
nunggu ada yang counter, kalau bijitu kenafa harga daging safi mahal? emoticon-Big Grin

harga daging safi mahal karena sapinya udah dibeli semua ama par emoticon-Tai sapi


Padahal biasa makan tempe orek emoticon-Turut Berduka
Diubah oleh PinggiranBakwan
0
Lapor Hansip
04-01-2019 15:32
Balasan post l4d13put
Lo kapan lari2 pake sempak ??? emoticon-Smilie
0
04-01-2019 15:40
Kampret mana ngerti

Ngoahaha

emoticon-Ngakak
0
04-01-2019 15:54
Quote:Original Posted By sunkistparadise
nunggu ada yang counter, kalau bijitu kenafa harga daging safi mahal? emoticon-Big Grin

harga daging safi mahal karena sapinya udah dibeli semua ama par emoticon-Tai sapi


tinggal dimana si lu? kasian banget cuman makan daging sapi aja kagak bisa.. sini gua sumbang.. Sebelum Ada Tol Laut, Bagaimana Cara Angkut Sapi ke Jakarta?
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Lapor Hansip
04-01-2019 15:56
Balasan post dekomandos
itu bukan prabowo. itu sudjiwo tedjo.
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.