News
Batal
KATEGORI
link has been copied
189
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c25f25ade2cf2b53c8b4570/cerita-dan-inspirasi-bisnis-ini-perlu-di-baca-agar-agan-sista-makin-kaya
Jadi Bos itu Penting Belajar untuk jadi Bos itu Perlu Mulailah Dari Sini Membaca Bersama Saya :ngakak Tidak Repost dari Web manapun. Karena materi tenggelam di dalam Group platform Chatting Quote: INDEX Pengalaman bisnis Popok Kain Think Big Bisnis Melalui Instagram Bisnis Hewan Qurban Jas Hujan Muslimah Kue Mie Akhirat Dasar Digital Marketing Upgrade Bisnis dengan Coaching Brand Iden
Lapor Hansip
28-12-2018 16:52

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Past Hot Thread
icon-verified-thread


JIKA ADA PIHAK YANG TIDAK BERKENAN BISA PM SAYA YA
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya


Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Jadi Bos itu Penting
Belajar untuk jadi Bos itu Perlu
Mulailah Dari Sini
Membaca Bersama Saya
emoticon-Ngakak



Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya


Quote:
INDEX


Pengalaman bisnis Popok Kain
Think Big
Bisnis Melalui Instagram
Bisnis Hewan Qurban
Jas Hujan Muslimah
Kue
Mie Akhirat
Dasar Digital Marketing
Upgrade Bisnis dengan Coaching
Brand Identity
Branding Fast Changing Product
Pentingnya Tim
Strategi Bisnis Turun Temurun
Penyegaran Bisnis
Meningkatkan Daya Saing UKM
Sinergi Bisnis Online & Offline
Menentukan Bisnis dari DNA kita sendiri
Menjual Tanpa Bicara
Branding Wisata Indonesia
Zalfa Kosmetik
Menemukan Pelanggn, BUKAN pembeli
Billboard Jaman Sekarang
FOODTRUCK
Membangun Bisnis tanpa HUTANG
Marketing Plan
cairo food
5 syarat sukses bisnis online
Business Foundation
Pembukuan
Leads
Panen saat Lebaran
Perlakuan Terhadap Konsumen
Good to Read
Ghost Kitchen
Perjuangan NomiNomi dessert
Bisnis KESEHATAN
Warung Kopi
Baso Karawang
10 Modal Mental Entrepreneur
Rempah Indonesia
Bisnis Saat Corona
Flywheel BARU dalam Bisnis



Quote:

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Pada tahun 2015 mb novi (kalian g knal) datang berkunjung ke rumah saya dan melihat setumpuk popok kain yang merupakan sisa stok penjualan saya.


Saat itu saya adalah reseller kecil dari beberapa brand lokal dan brand china. Situasi pasar online di dunia popok sangat terasa dalam red ocean, dimana masing masing pemain saling membenturkan harga satu sama lain sekalipun itu brand lokal yang sebenarnya memiliki standart kualitas produk yang jauh lebih baik daripada brand china.

Nah momentum terjadi saat mb novi mengajak saya menjadi rekan bisnis dalam memasarkan popok dari hasil jahitan ibu mertuanya.

Saat melihat sample popok yang akan dipasarkan, seketika benak saya langsung menembak target menengah kebawah, dikarenakan kualitas bahan baku yang dipersepsikan pasar saat itu masih lebih rendah dibanding bahan baku dari beberapa brand pada umumnya.

Setelah beberapa waktu saya berproses menggali semua data, menentukan kompetitor dan lain lain. Kami mulai memasarkan produk ini (kami memberi nama Free) dengan sistem PO; sistem pemasaran pun ATM murni dari produsen lainnya.


Dan yang terjadi adalah dalam waktu 6 bulan sesudah launcing, produksi Free akhirnya harus off sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan.

Masalahnya hanya satu satu nya tenaga produksi (yang tak lain ibu mertuanya) terkena serangan stroke.

Kami sama sekali tidak mempunyai Plan B karena miskin jaringan penjahit khususnya model halusan

Setelah 8 bulan berjalan akhirnya Free bisa bangkit kembali dengan berbekal evaluasi dari pengalaman sebelumnya, kami merombak semua manajemen yang kami lakukan, baik dr segi pemasaran dan produksinya.

Langkah pertama adalah menjaring data penjahit di sekitar tempat tinggal kami (radius sampai desa tetangga); hasil ternyata WOW, pengalaman kami mendapatkan 10 calon penjahit namun yang bisa dijadikan tim hanya 1-2 orang saja (kami memberikan contoh jahitan dan bahan dalam rupa potongan untuk dikerjakan sendiri dulu).

Di sisi lain saya yang bertanggung jawab dalam mendatangkan buyer, membutuhkan pendekatan yang berbeda untuk merekrut tim marketing.

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Singkatnya dalam kurun waktu 6 bulan (setelah momentum Free dibangkitkan), permintaan dari tim marketing cukup naik significant, namun disinilah akhirnya terkuak masalah masalah operation bisnis yang akhirnya membuat banjir bandang komplainan dari marketing.

Masalah masalah yang kami identifikasikan
:

Quote:1. Miskin jaringan di bidang penjahit hampir membuat kami frustasi.. Di wilayah trdekat kami memang banyak penjahit tp pengalaman menjahit popok kain sama sekali tidak ada.. Bisa dikatakan perjuangan kami dimulai dari nol..

2. Tidak ada standart bahan baku dan kompetensi tim produksi yang tidak seragam sehingga berpengaruh pada hasil jahitan yang bervariasi antar 1 penjahit dengan penjahit lainnya, terbukti dari komplain yang memberikan bukti foto ukuran popok yang tidak seragam.

3. Tidak ada kepercayaan dari supplyer. Kami mengawali biaya produksi mulai dari modal yang sangat minim, sehingga kami hanya mampu membeli bahan baku lewat distributor kain.
Disisi lain masing masing distributor memiliki suplay dari beberapa pabrik yang berbeda sehingga tidak ada standart bahan baku yang jelas.

4. Sistem produksi masih belum menemukan kesesuaian. Sehingga masih sering terjadi proses tumpang tindih akibat proses trial eror setiap saat bisa berganti.


Hasil dari kesalahan kesalahan diatas kami bayar mahal dengan cacian komplain tidak profesional dan ancaman pelaporan penipuan, karena kami mengirimkan popok ke buyer setelah h+3 minggu.

Antrian orderan marketing yang semakin mengular namun produksi tidak bisa mengejar dengan cepat.

Hal tersebut di atas sangat mungkin terjadi dalam dunia bisnis.

Belum bisa menghasilkan kolaborasi yang tepat antara tim marketing dengan tim produksi sehingga keduanya tidak sinkron.

Marketing yg sudah menguasai ilmu pemasaran bisa dengan mudah mendatangkan customer sehingga muncul "banjir order"
Sedangkan tim produksi yg belum matang dan belum siap menghadapi "banjir order" kesulitan dalam memenuhinya, terlebih lagi kendala teknis seperti pemadaman lampu yg kerap membuat tim produksi tidak bekerja, lanjut ketersediaan SDM dalam tim produksi pun belum menguasai teknik jahit "halusan" seperti popok (daerah wilayah kami memang bnyak penjahit tetapi umumnya berpengalaman di kemeja, kaos, jaket, celana jins adalah keunggulannya) sehingga kami harus menemani dalam proses membuka mindsetnya bahwa menjahit popok itu bisa mudah asalkan niat belajar dan praktek tekniknya.

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Berbekal pengalaman yang sangat tidak mengenakan ini. Akhirnya kami melakukan evaluasi dan merombak untuk sekian kalinya.

Langkah langkah perbaikan :

Quote:1. Adanya norm (standart) untuk semua aktivitas pekerjaan yang dilakukan oleh semua anggota tim (baik produksi, staff operasional, maupun marketing), seperti meliputi norm bahan baku, norm hasil potong, norm hasil jahitan, norm adminitrasi (keuangan, gudang, ekspedisi, penjualan, dsb), dll.

2. Dibuatnya sistem yang lebih mudah dikerjakan maupun mudah dievaluasi. Berdasarkan dari alur kerja dari semua anggota tim yang berkesinambungan.

3. Pengembangan kualitas sumber daya manusia. Kegiatannya meliputi workshop untuk tim produksi, praktikum sesuai norm di masing masing aktivitas semua bagian, dll.
Dengan tujuan meningkatkan kompetensi semua anggota tim tanpa terkecuali.

Kami berdua selaku top manajemen, belajar untuk "merangkai" dari kompetensi masing masing tim.

Mengkolaborasikan dengan menanamkan nilai kerjasama tim dalam perumpamaan satu tubuh satu badan.
Bahwa bila ada satu bagian ada kendala/masalah maka bagian lagi juga akan tersendat sehingga berpengaruh pada keseluruhan aktivitas bagi brand Free

Hasilnya perlahan perlahan banyak perbaikan, diantaranya :

Quote:1. Kapasitas produksi bisa naik mencapai target (setiap bulan selalu ada target naik 10-20%)

2. Hasil produksi sesuai standart yang sudah dibuat, komplain sudah hampir jarang terjadi.

3. Marketing semakin semangat memasarkan produk karena adanya perubahan hasil produksi yang memiliki standart jauh lebih baik daripada sebelumnya.

4. Masing masing anggota tim bisa bekerja dengan memaknai konsep tim work, terbukti kesalahan teknis yang sifatnya keteledoran bisa diminimalisir (karena angota satu sama lain saling mengkoreksi/mengevaluasi hasil kerja rekan di tahapan sebelumnya).

5. Masing masing anggota tim juga muncul rasa untuk selalu siap belajar apapun, karena mereka sadar bahwa alur kinerja memang berkesinambungan, sehingga apabila ada satu bagian yang mengalami masalah dalam pekerjaannya maka bagian yg lain dengan segera ikut menghandle pekerjaan tersebut sehingga alur kerja dalam tim tetap terjaga dengan baik




Quote:
Inspirasi Kedua

“THINK BIG TO BECOME BIG”
But, HOW BIG IS YOUR “BIG”?
[visi gede anda seberapa GEDE?]


1. Ada orang yg membesarkan bisnis kuliner nya setelah bisnis pertama yg dia rintis dari awalnya kecil.., menjadi lebih besar, namun karena tempatnya yang sdh nggak mencukupi, maka mulailah buka cabang, karena sukses, maka buka cabang dan buka cabang lagi...

2. Ada orang yg buka usaha kuliner, cukup rame, namun nggak pernah membayangkan bisnis nya bisa buka cabang, dan dikembangkan menjadi berlipat-lipat. Malah orang lain yg bisa ngelihat alias punya “think big” yang menawarkan untuk membesarkan bisnis kuliner yg dimiliki itu. Dan benar aja, setelah ada “orang luar” yg “punya visi” & keberanian, bisnis kuliner nya membesar...

3. Ada orang yang awalnya blom punya bisnis kuliner, tapi sudah “punya think big”, dari awal. Dan sudah merancang untuk membuat bisnis kuliner yg sudah di design untuk bisa dikembangkan menjadi besar dengan jumlah cabang yg berlipat-lipat. Malah sekarang bisa berkembang secara “self running” / auto pilot.

Quote:Termasuk yang mana anda diantara ketiga skenario diatas..?

Apa bedanya owner/founders dari skenario 1 vs 2 vs 3?

Mana yang punya kemungkinan “TERBESAR” untuk jatuh atau bangkrut lebih cepat setelah bisnis kuliner nya membesar?

Berapa lama biasanya suatu bisnis kuliner itu mampu bertahan? Dan gimana cara nya supaya tetap bertahan & berkembang terus?

HOW BIG IS YOUR “BIG”?
[mau sebesar apa bisnis kuliner anda?]
[amankah posisi bisnis anda 5-10thn kedepan?]

Sumber:
koko hadiono - praktisi kuliner global & lokal > 22thn


anu


JIKA ADA PIHAK YANG TIDAK BERKENAN BISA PM SAYA YA
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Diubah oleh ibliss666
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jorgedesinta539 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 10
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
28-12-2018 16:55
Quote:


Mbak Iin merupakan pengusaha di dunia industri kreatif, saat ini mbak Iin merupakan founder sebuah agency creative yang bernama @Elanor

Pengalamannya di industri kreatif sudah dimulai sejak thn.2012 hingga sekarang ini

Saya mulai terjun wirausaha ketika berada di Tingkat IV SMK di STEMBA Semarang (SMK 4 Tahun), Pada tahun 2012.

Namun usaha pertama sy gagal, kemudian sy beralih ke dunia Freelancer di 99Designs sebagai Desainer Grafis,

Melalui network di 99Designs sy menghubungi beberapa Freelancer Senior yang reputasinya sudah tinggi. Sy mengajak mereka kolaborasi membangun Agency Digital, Elanor.

Kemudian pertemuan pertama saya dengan Digital Marketing khususnya Instagram datang dari network 99Designs, ketika mendapatkan tawaran untuk menjadi web designer dari salah satu brand lilin aromaterapi "ILLUME" dari Minnesota, US.

Dari project tersebut saya berkenalan dg seorang sosial media strategic yang banyak mengajarkan saya tentang Digital Marketing, hingga menjadi tim Instagram marketing mereka...

Sayangnya, ketika saya coba terapkan metode tersebut untuk target market indonesia ada beberapa hal yang kurang..

Berlanjutlah saya belajar Digital Marketing dari beberapa Narasumber di Indonesia dan melakukan uji coba di beberapa bisnis, salah satunya Elanor itu sendiri...

Membangun branding melalui Instagram
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
Kenapa instagram?

Quote:Sosial Media Favoritnya Anak Hits. Begini nih kalo temen temen sy pada bilang. atau bahasa gaulnya Kids Jaman Now emoticon-Belo

Instagram semakin hari semakin menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia.

Pengguna Instagram di Indonesia sampai hari ini mencapai angka 45 Juta dan terus bertambah hingga menjadi Sosial Media paling aktif ke-3 setelah Youtube dan Facebook.

1. 700 juta++ total user aktif setiap BULAN
2. 4,2 milyar++ foto yang diakses SETIAP HARI
3. 40 milyar++ foto yang di-share SETIAP HARI

Instagram menjadi POTENSIAL BANGET buat bangun Brand karena konten yang diupload adalah berupa Foto.

Foto dilihat oleh Mata, Mata menjadi indra manusia yang pertama memberikan penilaian dengan cepat.

Sebuah fakta ilmiah menyebutkan bahwa 85% informasi yang diserap oleh otak manusia masuk melalui mata. Bagian terbesar dari otak dibuat khusus untuk memproses informasi yang diperoleh secara visual.

Instagram juga merupakan sosial media yang real time dan PERSONAL TOUCH.

90% terjadi closing di instagram karena visual dan 10% dari teks.

INSTAGRAM yang GURIH BANGET itu bisa jadi Potensial untuk membangun Brand dan Meningkatkan Omzet.
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
Lalu,
Gimana Caranya BRANDING Pake INSTAGRAM ?

#DISCLAIMER
Tentunya teman - teman harus paham dulu Apa itu Brand dan Gimana cara Bikin Brand.. Pengetahuan tentang Brand menjadi dasar sebelum ke langkah Branding melalui Instagram.

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Nah, pointnya ada pada IKATAN yang menciptakan NILAI.

INSTAGRAM yang akan kita bangun menjadi Media yang merealisasikan “IKATAN yang menciptakan NILAI.”

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Pertanyaannya, Gimana Calon buyer akan mendapatkan EXPERIENCE dari BRAND kita kalo BRAND kita TIDAK REFLECT OF TRUST.

Disini, Fungsi ke 2 dari INSTAGRAM tersebut, REFLECT OF TRUST. GIMANA Caranya ?

MEDIA (INSTAGRAM) yang TIDAK TEPAT akan menjadi BRAND HELL, yang TEPAT akan jadi BRAND HEAVEN.

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Untuk menciptakan BRAND HEAVEN Perlu
- Interaksi Positif,
- Percaya/Trust,
- Konsisten,
- Ahlinya dan
-Kredibilitas.

ini adalah metode organik yang paling mendasar yang dapat temen - temen coba lakuin, dan dengan konsisten InsyaAllah pasti bisa.

Quote:1. AKUN YANG TEPAT

tentunya kita perlu akun untuk melakukan metode ini ya.. cara buat akunnya sama dengan kalo kita buat akun sosmed pada umumnya.. bedanya disini nih..

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

dari Name, username, website/link, dan bio

2.TARGET HARUS TEPAT

Setelah kita punya akun, mulailah dengan melakukan targeting di instagram. Ada 2 cara sederhana yang bisa dipakai:

1. Cari akun kompetitor yang sudah besar

kalo ternyata dalam kategori bisnis anda belum ada akun yang besar, maka cari "akun yang target marketnya sama dengan brand anda".

Contoh :

brand hijab, selain targeting ke brand hijab bisa targeting juga di brand mukena, tunik/blouse, gamis, sepatu, atau akun akun yang targetnya sama dengan target brand anda.

Yang ke2, Hampir sama dengan cara 1,

2. Cari akun influencer yang target marketnya sama dengan brand anda.

Influencer disini bisa artis/public figure/selebgram (selebritis instagram) yang biasanya followernya sudah banyak atau ke akun buzzer yang biasanya share informasi untuk target market tertentu.

Contoh :

target anda adalah ibu – ibu, maka bisa cari akun influencer/artis yg ibu – ibu atau yang kemungkinan akan banyak di follow ibu ibu.

Kalo sudah dapat, silahkan di data saja semua,

nantinya follower dari akun - akun tersebut akan jadi target branding kita.

lanjut ke langkah ke 3... Masih semangat ya teman - teman.. 😊

3. KONTEN MENARIK MINAT

Selanjutnya adalah membuat konten.

KONTEN adalah NYAWA dari metode ini.

Kembali ke point BRAND HELL dan BRAND HEAVEN tadi,

Konten yang akan kita tampilkan HARUS MEWAKILI point – point pada BRAND HEAVEN tersebut.

Gimana caranya?

Berikut ini ada tips dan trik yang bisa dipraktekan.

1. Konten HARUS Berkualitas.

konten bukan hanya foto tapi juga video.

Bukan hanya resolusi yang harus bagus,

tapi juga “Harus Ngilerin”,

ingat kembali fakta - fakta Pengguna Instagram..

mereka suka dengan Visual

- Konten dengan resolusi yang bagus akan menjadikan Brand lebih Trusted/Terpercaya

- Konten harus ‘Ngilerin’ ini lebih ke appearance / tampilan produk.

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Point A dan B sama sama Brand gamis dan khimar, tapi dapat dilihat ke2nya “feel”nya sangat berbeda.

Karena tampilan melalui digital, bentuk produk tidak dapat dirasakan langsung, sehingga untuk bangun TRUST perlu banget konten yang BERKUALITAS.

2. EDUKASI bukan PROMOSI, Sharing Not Selling.

Instagram yang menjadi ladang online shop di Indonesia sudah melekat sekali image “jualan”.

Nah kalo kita mau Branding dengan Instagram, Jangan hanya diisi dengan konten jualan.

Tapi juga konten Edukasi dengan proporsi yang lebih banyak.

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Konten Edukasi harus dapat merepresentasikan point “Ahlinya dan Kredibilitas”

Supaya jelas, kita lihat beberapa contoh…

…misalkan saya punya bisnis menjual tiket pesawat:

Maka konten yang akan saya buat adalah sebagai berikut:

• Pengenalan : “ 9 tujuan wisata terpopuler di Asia Tenggara ”
• Pengenalan : “Cerita berlibur ke Singapura dengan biaya kurang dari 1 juta”
• Edukasi : “Persiapan berlibur ke luar negeri”
• Edukasi : “Perencanaan budget berlibur ke Singapura”
• Penjualan : “Panduan menemukan tiket pesawat murah”
• Interaksi : "Dimanakah tempat wisata yang saat ini ingin dikunjungi?" atau "Ingin berwisata kapan ? "

Konten pengenalan bisa dinikmati oleh banyak orang, meskipun saat ini mereka tidak sedang ingin membeli produk kita. Siapapun, kapanpun bisa menikmati.

Sedangkan konten edukasi sudah lebih fokus.

Konten edukasi hanya bisa dinikmati oleh mereka yang ingin berlibur. Tapi dalam tahap ini kita belum juga melakukan penjualan. Fungsinya adalah supaya mereka ingat dengan kita.

Saat mereka butuh, mereka akan cari konten itu, atau biasanya bisa di save, instagram punya fitur untuk save post.

Kemudian dari sana kita arahkan ke konten penjualan yang mengandung penawaran kepada mereka untuk membeli dari kita atau menggunakan layanan kita.

Sedangkan konten interaksi dimaksudkan untuk mengetahui minat audience, juga dapat menjadi media survey kita untuk melakukan campaign / mau buat konten selanjutnya.

FAKTA bahwa kekuatan INSTAGRAM ada pada VISUALnya, membuat kita HARUS mengemas konten tersebut dibeberapa post yang saling berkaitan di Instagram.

Jangan hanya dijadikan di 1 post saja...

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Konten Pengenalan dan Edukasi membuat Audience Merasa "Lebih Percaya bahwa Brand kita Ahli dan mempunyai kredibilitas di bidang tersebut.”

Langkah ke 4 ini masih ada hubungannya dengan konten Interaksi diatas tadi ya 😊

4. BANGUN INTERAKSI ; Say Hi to Your Audience

Interaksi menjadi penting karena akan menjadikan Brand kita lebih humanis di Instagram.

Pengguna Instagram juga lebih senang dengan Brand yang melakukan interaksi dengan mereka.

Interaksi juga dapat membangun Ikatan Emosi dengan audiens.

Gimana caranya?

1. Like / Comment di akun target market anda

(ini fungsi lain dari point awal “Target harus tepat” )

Like / Comment disini bukan spamming.

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Ini tergantung kreativitas kita

yang intinya kita memperlakukan brand kita sebagai human/manusia dan audiens kita layaknya teman kita.

Pola interaksinya seperti itu, tergantung bisnis dan target market kita siapa.

2. Buat konten Jejak Pendapat dan QnA (question & answer) Seputar permasalahan yang dialami oleh target market anda.

3. Re-post audiens yang sudah membuat testimoni tentang brand kita, sebagai bentuk penghargaan ke audience tersebut.

Anda juga bisa mendisplay testimoni melalui fitur Insta Stories pada Instagram.

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Salah satu INDIKATOR Branding melalui Instagram ini berhasil atau tidak adalah dengan MELIHAT RESPON dari konten jejak pendapat / QnA yang kita buat.

Langkah terakhir nih...

5. KONSISTENSI

Media Digital yang perkembangannya begitu cepat membuat penggunanya mudah ter-alihkan dengan brand – brand baru yang bermunculan.

Sehingga kita dituntut untuk konsisten mengingatkan audiens kita.

Dengan cara, "rajin meng-upload konten".

Cara uploadnya pun jangan spam / over

uploadlah di jam – jam prime time

jam dimana audiens anda akan cek Instagramnya.

Bisa di waktu sarapan, makan siang, malam hari…

Biasanya ketika Instagram anda sudah beralih ke Business Profile, anda dapat melihat insight dari audiens anda, bisa juga cek waktu prime time dari insight tersebut.

Ke 5 cara tersebut adalah cara paling mendasar untuk membangun brand melalui instagram.

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

#SPAM Hastag

Hastag itu kalo di Instagram Marketing adalah NYAWAnya.

Jadi jangan sampai kena banned dari Instagram karena spam hastag. Berikut ada sedikit tambahan tipsnya:

#SPAMComment

#Konten dan Gambar yang buruk tadi sudah dibahas di atas

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

#Mendatangkan audience sebelum konten siap

Kenapa kok nggak boleh?

Karena akan sia – sia
kalo audience datang dan melihat akun kita masih kosongan nggak ada isinya,
atau akun kita belum ada informasi yg dapat membentuk “PERSEPSI” mereka tentang Brand yang kita inginkan.

Nah, itu tadi cara paling dasar untuk membangun brand melalui Instagram..

yg saya jelaskan adalah cara dasar.. banyak sekali perkembangannya, tergantung kebutuhan Brand masing - masing..


Diubah oleh ibliss666
profile-picture
aromajav memberi reputasi
2 0
2
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
28-12-2018 16:57
:emoticon-Kiss
Quote:

emoticon-WowcantikBelajar dan Bermain Bersama Anak - yang bisa dilakukan di rumah & sekolah emoticon-Wowcantik
emoticon-MatahariBudaya Hari Raya di Arab Saudi - HTemoticon-Matahari
emoticon-coffeeKecanggihan Peralatan Rumah Tangga Masa Kini - HTemoticon-coffee
emoticon-ricebowlSate di Indonesia ini Patut di Coba - HTemoticon-ricebowl
emoticon-rainbowNGAWI, Kota Kecil Sejuta Wisata - HTemoticon-rainbow
emoticon-FrownFoto yang Menyimpan Cerita Duka- HTemoticon-Frown
emoticon-televisi5 Game yang Menghasilkan Uang - HTemoticon-televisi
emoticon-linux2Kericuhanpun Ada di Piala Dunia - HTemoticon-linux2
emoticon-BeloMenengok Alun-Alun Terbesar di Jawa Timur - nanti HTemoticon-Belo
emoticon-KagetsFoto Kekuatan Alam yang Maha Dahsyatemoticon-Kagets
emoticon-babySuporter Unik di Piala Dunia 2018emoticon-baby
emoticon-BusaTik Tok di Blokir. Bowo pindah Aplikasiemoticon-Busa
emoticon-ConfusedTips & Trik Game Horor SLENDRINA - HTemoticon-Confused
emoticon-Kiss (S):[TOP5] Easter Egg Aneh, Lucu dan Seram Pada Game GTA 5emoticon-Kiss (S)
emoticon-Smilie #ASLINYALO Perawatan Dasar Para Wanita emoticon-Smilie
emoticon-ricebowl #ASLINYALO REVIEW KOMIK WE ARE PHARMACISTS BY IBLISS666 emoticon-ricebowl
emoticon-flower [COCooking]RUJAK CINGUR, MAKANAN NUSANTARA YG MEMILIKI SEJARAH DAN FILOSOFI#AslinyaLo emoticon-flower
emoticon-army[Top5]Game Berbahaya ini Fail Karena Di Cekal Banyak Negaraemoticon-army
emoticon-Embarrassment #Aslinyalo Bidan Desa yang Punya Banyak Bisnis di Rumah emoticon-Embarrassment
emoticon-Smilie [COC DIY] Sulap Botol Bekas Menjadi Celengan & Vas emoticon-Smilie
emoticon-Matahari [Review] Laneige Moisture Care Trial Kit #AslinyaLo emoticon-Matahari
emoticon-rose [COC] Review Supernatural: Nevermore by Keith R.A. DeCandido #AslinyaLo emoticon-rose
emoticon-frog [COC PETS] Perawatan Cupang dengan Metode Simple Banget #AslinyaLo emoticon-Forum Music
emoticon-I Love Kaskus (S) [Kesan Khusus tuk Kaskus dari Ane & Orang Awamemoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-televisi Ada yg tahu MocorDroid? pasti nggak!!!Kenalan dulu sama MocorDroid Gansisemoticon-televisi
emoticon-Forum Music [MUSICOC] #Playlist ini Menemani Ane Selama 10 Tahun #AslinyaLoemoticon-Forum Music
emoticon-televisi Acara Berita Membosankan? Sekarang tidak lagi dengan teknologi ini Gansisemoticon-televisi
emoticon-heart Outfit Simple & Make Up Flawless untuk Pesta Akhir Tahun Cuma 200Kemoticon-heart
emoticon-rainbowCerita & Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca Agar Kaya Rayaemoticon-Add Friend (S)
emoticon-Kiss (S)Review - Laneige Time Freeze ug Membuat Wajah Kembali Remajaemoticon-Kiss (S)
emoticon-medicineMencegah Penyakit Ketika Musim Pancarobaemoticon-medicine
emoticon-coffeeMembuat Teh dr Sekitar Kita. Bisa Nyembuhin Diabetes hingga Kankeremoticon-coffee
emoticon-NgacirReview- LEXY the Baby NMAXemoticon-Ngacir
emoticon-Kiss (S)Review LANEIGE FRESH CALMING YANG MENENANGKAN WAJAHemoticon-Kiss (S)
emoticon-EEK!Hyaluronic Acid pada Hada Labo Lotion ini Ampuh Banget buat Kulit Keringemoticon-EEK!




Quote:
Bisnis Hewan Qurban

mba Mila saat ini adalah CMO di JALU. memulai usaha peternakan sapi di usia 23 tahun, dimulai dari 20 ekor sapi. Saat ini JALU dengan kapasitas 400 ekor sapi dan 200 ekor domba, berhasil menjadikan Brand Jalu sebagai brand premium di industri hewan qurban.

sebelumnya saya akan menjelaskan secara singkat dan padat mengenai bisnis hewan qurban

bisnis hewan qurban adalah bisnis yang memiliki elastisitas harga yang tinggi. jika harga berubah sedikit saja dan lebih mahal, maka konsumen akan dengan mudah pindah ke lain hati. selama ini juga kebanyakan konsumen hewan qurban berpedoman pada prinsip "asal bisa qurban", jadi kurang peka terhadap kualitas hewan qurbannya , asal memenuhi syarat dan murah maka itu yang dikejar oleh konsumen.

selain itu , penjual hewan qurban juga memiliki karakteristik yang hampir sama. dikarenakan bisnis hewan qurban itu setahun sekali, maka pedagang akan sangat agresif dalam mengejar untung sebesar besarnya. walaupun dengan cara yang kurang baik.

jadi bisnis hewan qurban yang sejatinya mempengaruhi nilai ibadah orang lain, justru dijalankan dengan cara yang jauh dari kehati hatian. inilah pertanyaan besar saya ketika memulai bisnis sapi qurban di usia 23 tahun. Kok pedagangnya ga jujur ya? kok konsumennya maunya murah ya???

mulai dari situlah , saya belajar untuk menganalisis dunia persapian, dari aspek bisnisnya sampai ke cara jualannya. karena hampir 90% pedagang sapi itu pa haji pa haji yang pengalaman, dan saya kalah pengalaman dengan mereka.

oke, sambil menunggu teman teman yang lain. saya mau tanya niih. menurut teman teman, seperti Apa sih brand yang "berkelas" itu?

selama 4 tahun pertama menjual sapi qurban, saya berfokus pada bagaimana caranya memiliki produk yang banyak, maklum satu sapi saja modalnya bisa 12 jutaan. maka saya fokus mencari investor, membangun kandang, membeli sapi bakalan, dan menjualnya dengan margin 30%. cara yang sama juga dilakukan oleh hampir semua pedagang. dan dengan cara yang sama itu saya mengalami untung 1 kali, dan rugi 3 kali berturut turut. mantap!

lalu saya mulai mendatangi satu persatu pedagang hewan qurban, dan saya petakan persamaan dan perbedaanya dengan Jalu. ternyata fakta yang saya temukan, memang hanya 5% dari pedagang sapi qurban itu yg untungnya fenomenal banged. sisanya ya biasa biasa aja asalh ada selisihnya. dan pedagang yang untung besar itu ternyata bukan karena keunggulan produk nya, alias hewan qurbannya. tetapi karena iklan jor joran di TV dan personal branding dari pemiliknya, serta jaringan yang dimiliki oleh pemiliknya.

Lalu apa kabar dengan saya?

mulailah dari situ saya belajar sana sini, untuk menemukan solusinya. sampai suatu ketika, saya diberikan nasihat oleh guru saya di kelas fiqh muamalah. begini nasihatnya :

"bisnis sapi qurban itu, bisnis yang banyak curangnya. dan kamu sudah rugi bisnisnya, juga ditambah rugi lagi karena dapet dosa dari bisnis kamu itu. dosanya kamu adalah kamu menjual hewan qurban dengan tebak tebakan alias sistem jogrokan. coba pakai sistem timbangan, berani jujur sama konsumen. biar usaha kamu berkah"

naah mulailah saya dapat pencerahan, dan saya memulai dengan sistem timbangan, sistem yang hampir semua pedagang ga berani melakukannya. dan ternyata modal 12 juta untuk membeli timbangan khusus hewan, itu mah baru permulaan. permulaan "bencana" berikutnya. haha emoticon-Frown

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

tahun 2017, saya memulai sistem timbangan, dan alhamdulillah responnya luar biasa positif. banyak konsumen baru penasaran dan akhirnya trust ke JALU krn sistem tsb. sistem ini berbeda sekali dengan sistem jogrok yang biasa. yang tidak jelas berat sapinya dan pedagang tidak punya dasar yang kuat dalam memberi harga

nah kalau sistem timbangan, konsumen kita persilahkan untuk memilih sapi yang disukainya, lalu sapi di tuntun untuk ditimbang, hasil timbangan itulah yang menjadi dasar harga nya. jika sapinya berat 300 kg, maka harga/kg 50rb. maka harga total sapinya adalah 300 x 50rb = 15 jt. itulah harga yg disepakati

naah selama sistem timbangan berjalan, mulailah muncul bencana demi bencana. yaitu sapi saya semuanya turun berat badannya. alhasil harga jual yang saya prediksikan 20 juta, malah realisasinya hanya 17 jt. kesalahan fatal dari saya sendiri. kenapa?

karena saya lupa akan sifat dari produk saya sendiri. yaitu si sapi itu. ternyata sapi adalah hewan yang fluktuatif berat badannya. dituntun sedikit buat ditimbang, sapi bisa turun belasan kg. bahkan kalau yang umpaninnya ganti orang, dan si sapi ga sreg sama orang barunya, dia bisa mogok makan dan beratnya turuuun lagi puluhan kg. emoticon-Nohope

alhasil omset saya kala itu walaupun ga rugi, tapi tipiiiis sekalee.

nah setelah kejadian itulah, saya berguru lagi ke sana sini. sampai akhirnya ikut kelas BBB pa bi , dan sayapun dibimbing pa bi untuk rebranding si Jalu ini.

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

oke sebelum lanjut lagi, saya mau tanya ya. menurut teman teman, apakah brand harus berkelas?

naah setelah penjelasan di atas. saya akan jelaskan lima langkah awal rebranding si Jalu.

Langkah pertama : menganalisis kompetitor Jalu , ternyata setelah pencarian sana sini, ketemulah satu kesimpulan besar bahwa " kompetitor jalu tidak memiliki keunikan dari segi produk. produknya hanya sapi secara umu, speknya juga asal sehat dan tidak cacat. kalaupun ada yang pakai data timbangan, itu hanya data pedagang saja, bukan karena ditimbang langsung di depan konsumen. kenapa mereka maju? karena mereka mengandalkan jaringan komunitas dan training persapian. dan itulah yang tidak dilakukan jalu.

langkah kedua : menganalisis keinginan dan realita yang didapatkan konsumen. saya bertanya secara random kepada umat muslim yang rutin berqurban. dan ternyata mereka menginginkan hewan qurban terbaik untuk ibadah qurbannya tetapi mereka belum tahu ciri cirinya. karena banyak pedagang tidak berani jujur kepada konsumen , tidak ada penjelasan detail tentang sapi qurbannya. sehingga hewan qurban yang dibeli sering tidak sesuai harapan. sapi yang kata pedagang beratnya 300 kg, ternyata ketika disembelih dagingnya sedikit kurang dari 90 kg. wooooow sekali kan yaaaemoticon-Big Grin

Langkah ketiga : menyadari dan bertaubat dari kesalahan kesalahan . diantaranya adalah saya tidak paham pasar seperti apa yang dituju oleh Jalu, produk tidak memiliki keunikan, tidak ada value yang membuat konsumen terikat secara emosional

oke langkah ke empat : Rebranding Jalu. berkat ilmu dan support Pa Bi akhirnya saya , me Rebranding Jalu dengan DNA Jalu = qurban. core value jalu = PREMIUM. Added valu jalu = berani timbang langsung di kandang dan sapi gagah

langkah kelima : memperbaiki internal Jalu. 1. untuk mengatasi berat badan sapi yg fluktuatif, saya merubah kompisis pakan sapi, dengan hasil uji lab yang dilakukan prof peternakan. contoh: semua sapi dan domba di jalu tidak lagi menggunakan rumput tetapi hijauannya adalah "DAUN JAGUNG", karena lebih tinggi karbo dan vitaminnya

2. membangun kandang yang nyaman untuk sapi hingga sapi betah digemukan di Jaluemoticon-Big Grin

3. memilih bakalan sapi terbaik. di jalu hanya menggemukan sapi jenis limousin dan sapi madura. untuk sapi PO yang putih tidak kami pilih karena hasil dagingnya sedikit dan susah gemuknya, dan juga sapi bali tidak kami pilih karena suka bikin bencana besar haha, kalau ga ngamuk ngamuk, sapi bali itu sensian. gampang sakit dan pembawa penyakit emoticon-Matahari

oke, setelah lima langkah di atas, saya masuk ke cara intinya. teori ini juga saya dapatkan di kelas Brand Disruption nya Pa Bi. teori dari Jean Marry Dru. berikut langkah langkahnya membuat brand anda berkelas:

1. membangun visi baru. oiya sebagai catatan penting, visi bukanlah sekedar kalimat surga yang kita rangkai dengan indahnya. visi bisnis kita harus punya "RUH" dan "VALUE" yang kita perjuangkan untuk konsumen

VISI BARU JALU : "MENYEMPURNAKAN IBADAH QURBAN ANDA"

dan saya menemukan benang merahnya, bahwa jalu bukanlah bisnis jualan hewan qurban. tapi jalu adalah bisnis yang bertujuan untuk menjalankan hadist itu. yaitu membantu umat muslim menyempurnakan ibadah qurban nya emoticon-Wowcantik

2. merusak kesepakatan pasar. setelah visi baru, jalu juga mulai menjadikan bisnis ini "PREMIUM" yang berfokus pada kualitas produk dan value untuk konsumen. premium nya jalu ada di produk yaitu sapi dan domba yang gagah, ganteng karena hasil dari bakalan terbaik dan pakan berkualitas tinggi.

naah dengan ekslusifnya sapi dan domba Jalu, maka kami juga memiliki hpp yang lumayan tinggi. bayangin untuk perharinya makanan sapi itu 10rb/ekor. sama kayak di warteg ya hehe

akhirnya Jalu pun menjual dengan "HARGA PREMIUM", tujuan harga mahalnya jalu adalah untuk memberikan hewan qurban terbaik untuk konsumen, dan alhamdulillah nya dengan value timbang langsung di kandang , sapinya ganteng ganteng, dan kelas premium, konsumen perlahan memahami dan justru penasaran sama JALU

dan strategi PREMIUM ini akhirnya jg menyeleksi konsumen Jalu. bagi konsumen yang prinsip nya "harga murah asal bisa qurban", maka JALU mempersilahkan untuk cari pedagang lain

dan alhamdulillahnya strategi PREMIUM ini mendatangkan konsumen jalu yang potensial dan loyal. jadi ketakutan saya akan harga itu hilang sudah, karena konsumen mau ko beli di Jalu lebih mahal, selisih harga bisa 2 jutaan lebih, tapi mereka merasa puas dan sapi dan domab di jalu itukeren keren

dan akhirnya strategi PREMIUM ini membuat jalu keluar dari pasar qurban pada umum nya, yang harga murah dan sistem tebak tebakan (jogrok). dengan kata lain, kompetitor jalu sudah tidak relevan lagi dengan Jalu. emoticon-Big Grin

3. Membangun Platform Pertumbuhan

jalu juga membangun tim handal yang bisa menyampaikan brand premium jalu ini dengan baik.

kami gencar di sosmed , melalui video, testimoni, dan keunggulan produk.

Diubah oleh ibliss666
1 0
1
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
28-12-2018 17:50
Quote:
www.sheba.id;

Sekitar tahun 2011, ketika awal menikah, waktu itu saya masih semester 5, usia pun baru masuk 20 tahun. Saya memutuskan untuk menikah muda dan bersama suami mempunyai impian, yakni ingin berbagi manfaat kepada 1 juta orang. Impian itu masih teringat jelas dan menjadi penyemangat bagi kami untuk bisa bermanfaat berkarya untuk orang banyak.

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Khairunnas anfa’uhum linnas
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad)

Karya kami waktu itu adalah Jas Hujan Muslimah. Tepatnya 4 April 2012 kami pertama kali menjual online Jas Hujan Muslimah dengan merek JHM. Alhamdulillah sambutannya luar biasa. Order pertama kami peroleh dari sahabat di Sumatra.

Kami melihat ini peluang bisnis yang besar. Mari kita lihat data berikut: Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia. Ada sekitar 85,2% atau sekitar 199.959.285 jiwa dari total 234.693.997 jiwa penduduk.

Menyadari potensi yang besar ini, maka produk dan bisnis tak bisa abai begitu saja dari data ini. “Kami menyadari bahwa banyaknya perempuan muslim merupakan sebuah peluang yang tidak bisa diabaikan,” ujar Alif Kartika, Brand & Produk Manager PT Paragon Technology and Innovation.

“Jika pada tahun 2020 penduduk muslim Indonesia berjumlah 80%, maka kelas menengah muslim mencapai 68 juta. Jika setengahnya adalah perempuan, maka ada 34 juta potensi pasar.

Jika diasumsikan yang memakai hijab mencapai 50%, maka ada 17 juta potensi pasar.” (Sumber: Marketing.co.id)

Data memperlihatkan, potensi bisnis jas hujan muslimah itu luar biasa besarnya. Seiring dengan tumbuhnya segmen target market kelas menengah yang kian hari makin sadar dalam berhijab, maka berbanding lurus dengan potensi bisnis jas hujan muslimah.

1. Lahirnya Sheba mempunyai latar belakang, ada 2 strong why mengapa sheba hadir untuk muslimah:

Strong why yang pertama, Sheba ingin menjawab masalah dan memberi solusi, khususnya muslimah seperti saya. Sebagai muslimah yang berhijab, saya merasa membutuhkan jas hujan yang cocok untuk saya. Terlebih supaya tetap konsekuen tampil syari saat hujan. Bisa dibayangkan kan, bgmn muslimah berhijab memakai jas hujan setelah celana, (ngga banget..) dan memakai jas hujan ponco yang polri saja tidak merekomendasikan karena berbahaya.

Strong why kedua adalah bahwa Sheba ingin membantu para muslimah untuk mewujudkan impiannya memiliki jas hujan yang cocok, cantik, syari untuk aktivitasnya sebagai muslimah militan yang aktif diluaran.

2. Seiring berjalannya waktu, sempat berganti bisnis beberapa kali dan akhirnya tahun 2013 kami fokus ke bisnis jas hujan muslimah dan membuat nama untuk produk kami itu dengan nama Sheba.

Sheba berasal dari kata Sabaeeyya, atau dikenal negeri Saba’, sekarang Yaman, adalah negeri yang makmur dan diberkahi, diperintah oleh Ratu Balqis. Kami terinspirasi atas ketaatan Ratu Balqis saat diperintahkan untuk taat kepada Alloh oleh Nabi Sulaiman as, kemudian sang ratu langsung taat, tanpa tapi, tanpa nanti. Semoga dengan nama ini memberi makna kepada customer Sheba ya.. Seperti yang diajarkan pak Bi: brand = nama + makna. Minimal dengan mengetahui filosofinya terlebih dulu. 😊

Tidak seperti yang diajarkan pak Bi dan bu Dwita, waktu itu kami memulainya asal buat saja. dengan skill corel ala kadarnya, kami pertama membuat logo. secara otodidak dan menggunakan beberapa aplikasi di play store untuk mengedit foto.

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
3. Logo Sheba terbaru ini kami buat sederhana, namun penuh dengan makna. Bentuknya seperti tetesan embun yang suci dan mensucikan seperti kedudukan muslimah yang mulia, warna biru tosca dan pink ini menggambarkan cantik dan keanggunan. Juga seperti tetesan air hujan di daun talas, sebagaimana kelebihan bahan Sheba yang teksturnya seperti daun talas. Personality Sheba in shaa Alloh terwakili dengan logo ini.

Alhamdulillah hadirnya Sheba seperti membawa trend baru. Setelah mengikuti BBB tahun lalu, Alhamdulillah atas bimbingan pak Bi dan juga bu Dwita akhirnya kami menemukan DNA yang tepat untuk Sheba yaitu “Cantik”, kemudian dari DNA tersebut kami mengubah tagline dari “Rainy Day Friend” menjadi “Tetap Cantik Saat Hujan”. Alhamdulillah, efeknya luar biasa.

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

4. Trend baru untuk bisa tampil cantik bahkan disaat hujan. Banyak diantara orang-orang yang tak menyangka sebelumnya kalau produk kami ini adalah produk jas hujan. Karena beberapa anggapan, Sheba ini seperti gamis kekinian.

Dari beberapa survey dan juga dari hasil analisa market category, akhirnya kami mensiarkan bahwa Sheba adalah Pioneer dan Pelopornya Jas Hujan Muslimah Cantik. Dengan differensiasi yang memiliki desain yg cantik dan warna baru tiap minggunya “New Colour Every Week”. Limited edition tiap keluarannya.

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

5. Kemudian Sheba juga meluaskan jangkauan pemasaran dengan memperluas target market, Yang biasanya jas hujan adalah hanya untuk pengguna sepeda motor kemudian kami luaskan dengan cara mengedukasi melalui campaign bahwa Sheba bisa menjadi sahabat cantik traveling, liburan ke LN, dipakai saat shooping ke pasar tradisional bahkan modern, saat berangkat kuliah, saat meeting di luar kantor, saat naik gunung, saat antar jemput anak sekolah, menggunakan mobil sekalipun dan berbagai aktivitas muslimah di luaran. Sheba terus mengkampayekan bahwa hujan tak menjadikan aktivitas penting jadi terpending.

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

6. Tantangan bagi produk jas hujan adalah jika selesainya musim penghujan berganti dengan kemarau. Tantangan ini yang kemudian mengubah positioning Sheba sebagai P3K, Pertolongan Pertama Pada Kehujanan. Ini adalah ide dan gagasan pak Bi. (matur nuwun pak Bi atas idenya yg top markotop.. emoticon-Big Grin) dari positioning P3K inilah Jas Hujan Muslimah Sheba bisa dibeli kapan saja, karena seperti P3K akan selalu ada dan siap siaga. Ini penguat positioning Sheba menjadi bisnis jas hujan yang tak kenal musim. Kami juga mengedukasi customer dengan #RencanakanHariHujanmuBersamaSheba agar terjadi pembelian, dari yang awalnya musiman menjadi harian.

7. Di Ramadhan ini Sheba siapkan startegi untuk ikut meraup berkahnya Ramadhan dengan mengkampanyekan re-positioning Sheba – P3K dengan mengusung ide Mudik #BawaSheba. Alhamdulillah Ramadhan yang sedang kemarau ini tak menjadikan admin Sheba kehabisan chat, tetapi sebaliknya terus kebanjiran pesanan. Biidznillah.

Dari P3K ini kemudian kami berfikir bahwa di setiap aktifitas luaran muslimah adalah peluang besar kami untuk membantu para Muslimah Aktif merencanakan hari hujannya.

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

“Ingat Hujan, Ingat Sheba”, ini brand position yang sangat kuat. Betapa tidak, setiap terjadi kejadian alam berupa hujan, orang akan ingat Sheba. Masya Alloh, sekali lagi kami ucapkan terima kasih banyak atas ide pak Bi juga ini, semoga jadi amal shalih yang terus mengalir ya pak Bi 😊

In syaa Alloh, positioning ini yang menjadikan Sheba terus eksis.
Sedikit kenalan ya, Alhamdulillah ini adalah team produksi Sheba, Sheba Team para admin2 cantik juga penampakan storage Sheba @KatalogSheba. Produk jas hujan yg tiap harinya trus diproduksi dan terus dijual. Semoga Berkah.

Ingat kata pak Bi:
“Banyak yang melakukan Re-Branding dengan hanya mengubah tampilan. Padahal seharusnya lakukan Re-Positioning”

Dan ini efeknya memang benar ruuaarr biasa 😊

8. Alhamdulillah Alloh bantu memperluas @Sheba_ID dengan mendatangkan liputan-liputan dari TV Nasional. Di awal tahun sampai dengan bulan ini Sheba sudah 3 kali gentayangan di Trans 7.

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Bulan Januari Sheba mendapat kesempatan tayang di Redaksi Siang Trans7.

Bulan Maret lalu Sheba mendapat kesempatan untuk tayang di Laptop Si Unyil Trans7.



Alhamdulillah diawal Ramadhan ini Sheba tayang kembali di program Karimah Trans7.

Apresiasi ini menambah semangat Sheba untuk terus melakukan inovasi dan juga pengembangan baik dari sisi produk, SDM (Sheba Team) dan mitra Sheba yaitu lebih dari 62 @HappinessAgentOfSheba (sebutan keagenan daerah Sheba) juga lebih dari 55 reseller Sheba se Nusantara.

9. Sheba terus melakukan sejumlah pengembangan; system kerja, budaya kerja, efisiensi, dan pembelajaran lainnya melalui Sheba learning day khusus Sheba team untuk meningkatkan skill jualan, dll. dan membangun budaya kerja; briefing, dan evaluasi, hingga tahsin juga pembinaan dan pengajian intensif. Alhamdulillah semua tim sudah berhijrah dan berhijab. Semoga istiqomah 😊

Juga terkhusus untuk Happiness Agent of Sheba kami melakukan pendampingan yang praktis melalui kelas online Sheba. Sebagai wadah edukasi, sharing juga wadah untuk tumbuh bersama SUKSES BERJAMAAH. Aamiin

10. Terakhir, bisnis bukan sekedar untung rugi, tetapi surga dan neraka. Oleh karenanya, kami selalu berusaha menjaga muamalah kami sesuai syariah. mohon doanya dari rekan-rekan semua yaaemoticon-Embarrassment

Diubah oleh ibliss666
2 0
2
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
28-12-2018 17:59
inspirasi sekali
1 0
1
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
28-12-2018 18:41
sebagian merasa dream big itu dengan buka cabang dimana mana ..

sebagian lagi merasa dream big itu dengan merambah ke bidang usaha yg lain .. dari hulu ke hilir ..
1 0
1
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
28-12-2018 19:24
Quote:Original Posted By edsixteen
inspirasi sekali


terimakasih agan...apdet berkala biar makin yahudd
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
28-12-2018 20:30
Quote:Original Posted By ghostavic
sebagian merasa dream big itu dengan buka cabang dimana mana ..

sebagian lagi merasa dream big itu dengan merambah ke bidang usaha yg lain .. dari hulu ke hilir ..


beda orang..beda pendapat..
Semua bisa dilakukan Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
28-12-2018 21:13
Bukan kebahagiaan yg menjadikan kita bersyukur tapi.....
Bersyukurlah yg membuat kita bahagia

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya


dan saya bahagia punya dia emoticon-Smilie
1 0
1
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
28-12-2018 21:24
Quote:Original Posted By risky.jahat
Bukan kebahagiaan yg menjadikan kita bersyukur tapi.....
Bersyukurlah yg membuat kita bahagia

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya


dan saya bahagia punya dia emoticon-Smilie


bersyukur itu susah Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

bersyukurlah bisa bermimpi gan:goyang
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
28-12-2018 21:39
buwat apdet
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
29-12-2018 00:15
Manajemennya mantep.

emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller
1 0
1
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
29-12-2018 06:39
Quote:Original Posted By caesaratiensya
Manajemennya mantep.

emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller


itu udah ada cerita selanjutnyaemoticon-Stick Out Tongueencet
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
29-12-2018 08:38
mantul gan, thanks
1 0
1
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
29-12-2018 11:18
Quote:Original Posted By muchs6310
mantul gan, thanks


pasti gan...terimakasih kembaliemoticon-linux2
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
29-12-2018 11:28
Quote:

Perkenalkan, nama saya Rachmah Setyawati, 44thn . Mempunyai satu orang putri. Suami saya adalah karyawan di sebuah perusahan IT .
Saya seorang Ibu Rumah Tangga, yang kebetulan mempunyai passion sangat kuat di dunia memasak dan membuat kue.

Sejak menikah thn 1999, saya memutuskan untuk tidak lagi bekerja di sebuah perusahaan export import marmer. Untuk mengisi waktu senggang, saya mengasah passion saya dengan lebih sering belajar secara otodidak membuat kue untuk keluarga.
Lumayan sering saya melakukannya, paling tidak setiap bulan saya jadikan hari ulang tahun setiap keluarga saya/suami jadi target kelinci percobaan saya hehhee.

Hasil dari belajar otodidak dan ditambah mengikuti beberapa kursus kue di tempat lain. Saya memberanikan diri menerima pesanan kue-kue snack box saat itu. Buta ilmu bisnis, tidak mengerti tentang apa itu branding, dan sebagainya, saya nekat memproklamirkan diri saya sebagai penjual kue snack box emoticon-Big Grin
Hanya bermodal oven tangkring sederhana, 1 buah handmixer dan perlengkapan dapur seadanya dan dibantu 1 tenaga pembantu harian, saya mulai banyak melayani pesanan snack box.

Saking nekatnya...
Satu hari saya beranikan menerima pesanan 1000 box kue . Alhamdulillah dengan segala cara pesanan bisa terselesaikan. Dan setelah selesai serah terima pesanan di lokasi acara, saya pun SUKSES pingsan di halaman parkir mobil emoticon-Malu

Sejak itu saya KAPOK!
Trus ? Berhenti tidak berjualan?
Oh tidak dong...
Saya tak kurang akal sih ..
Saat itu, kebetulan saya mulai mengenal apa itu namanya internet. Sekitar thn.2006. Saya mulai blogging , membuat blog di blogspot dan aktif membangun pertemanan di Multiply (seperti FB jaman itu). Nah, disinilah titik balik semuanya.
Wawasan saya perlahan-lahan bertambah.

Saya memutuskan stop menerima pesanan snack box dan beralih memilih berjualan produk kue tart dan kue-kue hantaran . Serta memutuskan hanya akan memakai jalur pemasaran dan promosi via online saja .
Alhamdulillah respon pasar sangat baik.
Kok bisa ??
Setelah saya mengikuti kelas-kelas Pak Bi, saya baru mengerti bahwa cara saya berjualan selama bbrp tahun ini secara tidak sadar sudah menjalankan bahwa Brand itu sangat penting untuk dibangun , dan harus dilakukan secara terus-menerus agar pada akhirnya kita mampu mempunyai apa itu yg disebut Pelanggan.

Masih ingat pertanyaan Pak Bi :
“Lebih baik mana SELLING dulu atau BRANDING dulu? “

Dan memang, yang saya rasakan akan lebih cepat mendapatkan Pelanggan dgn cara membangun brand dahulu.
Salah cara yang saya lakukan adalah saya tidak pernah melakukan hard selling ke calon pembeli saya. Tetapi, pelan-pelan saya bangunkepercayaan mereka dengan seringnya saya mengupload hasil baking di sosmed saya. Saya berikan tips and trik bagaimana membuat kue yang benar dll. Saat mrk sudah percaya kepada saya , secara otomatis mereka dengan mudah percaya untuk membeli produk yang saya tawarkan begitu saya mengeluarkan sebuah produk . Melihat respon kepercayaan mereka inilah, akhirnya sejak 2010, saya memutuskan fokus berjualan kue via online dengan lewat merk Kedai Rachmah.

4 thn belakangan, saya memilih fokus mempromosikan salah satu produk best seller Kedai Rachmah , kue Klappertaart Manado.
Alhamdulillah , respon pasar terhadap produk kue klappertaart ini sangat bagus di Kedai Rachmah. Dari yg dulu hanya memproduksi berdasarkan pesanan saja. Lalu sdh produksi setiap harinya saat ini. Terlebih saat ramadhan dan lebaran seperti ini , pesanan bisa melonjak hingga 2 -3 kali lipat.

Sekitar 65-70% Customer KR adalah pelanggan setia yang telah membeli produk KR sejak 2010. Jujur saja, saya yg hanya boleh dikata masih menjalankan usaha ini dengan SDM seadanya saja dan masih hanya mengandalkan promosi lewat media sosial saja, alhamdulilah setiap bulannya mampu menghasilkan omzet yang cukup bisa diandalkan untuk menggaji 3 orang karyawan saat ini. Dan semua itu kalau saya amati , lebih banyak karna peran para pelanggan. Karna kepercayaannya terhadap produk KR, jdi setiap kali kami keluarkan produk baru mereka selalu merespon dengan baik.

Quote:Pertanyaan pertama:


Apakah ibu, mmg dari awal sgt tertarik di kuliner, punya talenta atau serius belajar ttg ilmu kuliner dan dan hokki di situ?
Menebalkan ilmu PeDe, dari pendahulu spri nila sari dll. Akan keseriusan ibu menggarap alahan kue, by order online.
Terima kasih jwbnnya.

Doried 39th,pekanbaru

JAWAB:
Bisa jadi ketertarikan saya di bidang kuliner berawal dari seringnya dahulu mengamati Ibu saya yang suka berekplorasi aneka masakan dan kue di dapur saat saya masih kecil☺️. Saya perhatikan Ibu sering menyajikan snack/masakan dengan penyajian yg sedikit berbeda dari umumnya , juga suka sekali mencoba berbagai resepmakanan saat itu

Saat pertama menikah , saya ingat betul . Saya beli 1 bh hand mixer dgn cara mencicil kala itu, hanya karna saya ingin buat sesuatu saja untuk keluarga kecil saya.

Tapi , bisa jadi faktor pemicu kenekatan menerima pesanan adalah karna saya tidak kerasan untuk berdiam diri dirumah tanpa melakukan sesuatu hehehe, mungkin karna sdh terbiasa bekerja dulunya

Tapi untuk kerja kantoran lagi, saya sdh tdk begitu tertarik, karna saya berpikir saat itu saya pasti akan sibuk di kantor dan meninggalkan putrisaya ygmasih kecil.

Jadi saya berusaha putar otak bagaimana saya bisa tetap beraktitifas positif, menghasilkan uangjuga tapi tidak harus keluar rumah

ASK
assalamualikum. tentang Branding dari bu rahma. ada pertanyaan dari kami... yaitu. nama usahanya KEDAI RAHMA. pertanyaannya adalah. kedaikan bahasa melayu. sedangkan bu rahma menjual makananan kue khas manado. bagaimana menciptakan brand itu bisa menyatu dengan produknya? dan rata rata pelanggan setianya sampai 70 persen bertahan dari tahun 2010. adakah hal khusus dlm mempertahankan pelanggan tersebut dalam hal ini produk kue.

JAWAB:
Pertama, tentang Kedai Rachmah , nama ini saya pilih dengan maksud Kedai (tempat berjualan aneka makanan) dan Rachmah (nama si pembuat produk makanannya). Jadi Kedai Rachmah adalah tempat yang menjual aneka makanan/kue yang dibuat oleh Bu Rachmah.

Saat memutuskan ingin mengusung Kue Klappertaart Manado , bukan tidak ada pergolakan hehe. Memang sempat muncul kendala saat memasarkannya

Dgn menggunakan brand Kedai Rachmah

-khusus untuk produk klappertart-

Tapi setelah kami amati, masalah ini muncul hanya pada target calon konsumen offline saja, misal saat kami bazar/pameran. Terasa memang ada sedikit gep bagi calon cust untuk menghubungkan nama KR dgn produk klappertaart yg notebene berasumsi produk Manado/Belanda

Sedang untuk para pelanggan, sama sekali tidak ada masalah .

Bahkan pernah saya melakukan survey via WA , dengan menanyakan kemungkinan KR untuk rebranding khusus buat produkn klappertartnya, 70% mengatakan tdk perlu, karna mrk tahunya ya KR yg enak dan halal klappertartnya. ☺️

Sebagian lainnya ada yg setuju

Tapi sebagian besar lainnya nggak peduli mau ganti nama/cocok apa nggak yg penting masih produksi Kedai Rachmah mereka percaya dan mau beli

Salah satu cara saya mempertahankan brand image ini adalah satu misal, tentang postingan foto produk di sosmed . Baik di sosmed pribadi maupun akun KR . Wajib hukumnya tidak boleh memposting foto makanan dgn angle /tampilan yang jelek

Kalau sampai ada staff admin yg posting foto jelek pasti harus langs dihapus dan tdk boleh lagi diulangi posting foto produk yg jelek

Sehingga dgn kita menjaga image produk kita tetap tampil bagus dan prima, para pelanggan pasti akan merasa bangga karna telah membeli produk kita/ telah memberi produk kita untuk diberikan kepada koleganya

ASK:
Kenapa pilih kue?

JAWAB:
Saya pilih fokus mengusung produk klappertaart karna ini berdasarkan survey . Dari sekian produk yg ditawarkan KR ternyata produk ini menduduki posisi permintaan tertinggi.
Alasan kedua, bersamaan dengan itu saya juga sengaja berpikir mencari satu produk yang bisa saya pasarkan hingga jangka waktu lama. Jadi produk ini haruslah yang demending dan mudah didelegasikan untuk proses produksinya. Jadi saya bisa melakukan smart Up kemudian one day bisa mudah melakukan scaleUp usaha saya.

Dibandingkan kalau saya menawarkan produk kue tart , agak susah untuk mendelegasikan proses produksinya kan

Diubah oleh ibliss666
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
29-12-2018 11:49
sementara ane jadi owner .presdir. gm. sekaligus merangkap jadi buruh di usaha tahu ane. cuma bagian penjualan dan keuangan dipegang istri ane
1 0
1
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
29-12-2018 11:49
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Quote:

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Assalamualaikum guru2 dan teman2 saya semuanya. Sungkem ke para ahli disini dan terimakasih pak bi mas dodi atas ilmu2 yg selama ini saya terima di grup ini. Terus terang banyak banget yg lebih keren bisnisnya daripada saya, salim sungkem dulu. Perkenalkan saya gopalz Aldy sekarang lagi menjalankan bisnis rumah makan dengan brand Majelis Mie dulunya Mie Akhirat.

Alhamdulillah bisnis itu yg bisa menghidupi saya sejak tahun 2012 lalu mengalami kebangkrutan hidup karena bisnis sebelumnya saya lakukan tidak sesuai syariah dan ada ribanya. Akhirnya bangkrut deh.

Modal awal menjalani bisnis 1,5jt. Bisa modal kecil karena tempat usaha masih nebeng ortu, meja kursi sudah ada dari bisnis sebelumnya, dan pembelian bahan baku menggunakan sistem bayar mundur 1 pekan. Alhamdulillah dari situ bisa digunakan memutar uang.

Oia yg kita bahas ini masih dengan brand Mie Akhirat. Kita menggunakan brand Mie Akhirat karena tujuannya adalah mengingatkan manusia tentang kehidupan akhirat melalui makanan. Konsep mie pedas berlevel, ada mie surga (putih) dan hitam (neraka). Setahun berjalan omzet gak terlalu bagus masih ratusan ribu perhari dan hanya cukup untuk membayar operasional perusahaan, masih belum dapat untung. Setelah itu saya mulai belajar ilmu marketing dan manajemen rumah makan.

Dari ilmu yg saya pelajari dari mas jaya setiabudi dan kang dewa eka prayoga, akhirnya kita menemukan formulanya agar langsung ramai.

1. Produk harus bagus, karena sebaik apapun cara marketing kita kalo produknya gak bagus, ya susah untuk dijual.
2. Sistem pelayanan harus cepat, sebaik apapun produk kalo pelayanan lama akan ditinggal oleh pelanggan.
3. Buat promosi yg WOW. Saat ini kita menggunakan promosi #2000porsi gratis selama 10 hari, dengan cara upload di socmed. Logikanya kalo warung rame 10 hari berturut-turut, artinya warung itu enak (persepsi orang lain yg lewat depan warung)
4. Promosi yg WOW harus diinfokan ke pihak yg tepat (buzzer socmed)
5. Siapkan tempat yg cukup untuk menampung orang, jangan sampai kita promo gratisan tapi tempatnya tidak cukup
6. Siapkan stok yg cukup banyak sesuai kebutuhan promo. Jangan sampai produk yg kita promokan kehabisan saat masa promo
7. Hal yg terpenting adalah market yg kita bidik harus sesuai. Market yg suka model promosi lewat socmed adalah anak2 muda, mahasiswa, dan pelajar. Jadi cara ini belum tentu cocok di market selain ini
8. Dan jangan lupa selalu mengalokasikan dana untuk sedekah agar lebih berkah

Ini yg saya bahas tentang mie akhirat untuk tantangan majelis mie adalah peralihan brand dari mie akhirat ke majelis mie dan tentu saja ada perubahan market orang yang datang sekarang lebih banyak pelanggan muslim nya dan menutup aurat bahkan bercadar karena ada peralihan brand Kita pingin beralih brand karena agar lebih sesuai dengan visi perusahaan dan agar sesuai dengan tujuan kita ialah berdakwah melalui bisnis yang kita jalankan

kalau kata Pak Bi, bisnis kuliner itu syarat utamanya HARUS ENAK pada gigitan pertama

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
Promo pertama kami adalah
2000 porsi selama 10 hari. Jadi per hari 200 porsi

Dan 200 porsi itu harus makan di tempat. Tidak boleh bungkus. Anggap aja ada 200 org yg datang, akhirnya warung kita ramai seketika

200 porsi menu tertentu

Tanpa minuman, minumnya tetap beli. subsidi silang gitu

Dari Ranaka Soesanto @PelatihBisnis ;
ada beberapa teman bagikan makan gratis di saat opening, ratusan bahkan ribuan porsi, tapi tidak semua berhasil, kenapa ya?

Aldy Pradika:
Gagalnya karena tidak tepat dalam memilih buzzer

Rata2 gagalnya itu. Dan gratisnya kadang tanpa syarat. Yg namanya gratis harus bersyarat agar kita juga di promokan sama yg makan gratisan kita

Buzzer yg pas utk kuliner adalah akun kuliner

Oia sama pilih org yg ngehits,
Celebgram


- ada juga yg pake cara mengundang media online dan reviewer makanan, apakah dg cara ngundang jg tepat mas?
Mengundang jg tepat mas. Tapi harus tepat siapa yg diundang

Jadi ganti nama krn nama mie akhirat tidak bisa mengakomodasi tujuan utama kita yaitu berdakwah lewat makanan

Selain itu first impression orang mendengar mie akhirat adalah tidak selamanya baik

Kadang ada yg berpersepsi buruk

Dari drg Ratih;
Mohon maaf, kalau berkenan...saya ingin tahu perkiraan berapa persen yang mas Aldy sedekahkan dari penjualan Majelis Mie?

Aldy Pradika:
Per Minggu per outlet +-1jt

Uang itu kita gunakan untuk kemaslahatan karyawan. Ambil suatu hadits, sedekah yg terbaik adalah untuk org terdekat. Nah org terdekat kita adalah karyawan kita

Jadi dana itu kita gunakan untuk kesehatan karyawan utamanya, kalo ada sisa baru kita sedekahkan ke lembaga zakat, panti asuhan, masjid, dll

Dana tsb disimpan di rekening HRD agar aman tidak digunakan di hal yg bertentangan

Jadi kalo karyawan sakit tinggal klaim nota aja ke HRD, dan tiap bulan ada pertanggungjawaban

Oia kita gak pakai asuransi untuk kesehatan karyawan, kita kelola sendiri


Dari Ikez Yudha;
Bagaimana mempertahankan bisnis ini kedepannya? Karena pasti nnti banyak bisnis kuliner mie yg mirip2

Aldy Pradika:
Bisnis yg baik adalah bisnis yg tahan waktu

Untuk itu perlu brand yg tahan waktu,
barrier to entry kalau kata pak Bi...

Aldy Pradika:
Lalu kita harus tetap inovasi di segala hal

Kalo makanan sih biasanya lebih ke produk

Kita ada ranking produk tiap bulan. Yg gak laku akan kita hapus. Seperti McD KFC yg selalu tiap bulan ada produk baru, namun tenggelam sendiri

Intinya brand dan inovasi

Oia sama produk harus dijaga standard nya

Dan produk tersebut produk yg umum, bukan produk musiman.

Dari Abdullah Fauzan;
Punten numpang tanya y pak, tadi diutarakan ada 7 cabang, untuk bahan2 majelis mie apakah didropship dari 1 tempat/bagaimana?
jika dilihat dari lokasinya tidak berdekatan, bagaimana mempertqhankan kualitas dan cita rasa mie agar tetap bertahan lama rasa khas mienya..

Aldy Pradika:
Kalo punya cabang banyak harus wajib punya tempat produksi sendiri agar kualitas tetjaga

Kita produksi mie sendiri

Dan bumbunya​ jg produksi sendiri

Produksi dan outlet terpisah

Tapi ini wajib dilakukan saat mempunyai cabang. Kalo masih 1 outlet jangan dulu krn biayanya banyak utk bikin tempat produksi sendiri

Usahakan tempat produksi ada di tengah kota agar transportasi lebih murah

Utk outlet yg jauh misal luar propinsi, kita kirim pakai kereta krn murah. Jadi saat ini masih berani buka di pulau Jawa. Utk pulau lain nunggu proses ketahanan produk kita selama perjalanan

Selain itu kita ada chef tiap2 outlet yg mengkontrol cara masak

Hanif Zain | Intuity Visual Communication:
Dari Mas Rizqo

Assalamu'alaikum, mas aldy kira2 adakah tips utk memilih buzzer yang tepat utk usaha kita? Apakah hanya dg melihat follower/friend ataukah dg melihat parameter yg lain..

Aldy Pradika:
Buzzer yg tepat adalah sesuai market kita

Taunya adalah bagaimana ciri khas orang yg makan di kita

Kalo suroboyoan pake akun2 yg berbahasa Jawa, dan akun kuliner yg basisnya di Surabaya

Misalnya pelanggan kita biasanya pake hijab, nah kita promo ke akun yg follower nya kebanyakan berhijab

Saran saya sebelum memilih bayar buzzer Kita harus tanya follower dia apa aja

Umur, lokasi, cowok atau cewek dll. Jadi buzzer harus sesuai dgn customer kita

Kembali lagi brand kita ingin dikenal seperti apa di mata konsumen

Kalo orang makan bisa dimana aja, tapi kalo orang makan sambil kumpul bersama orang sholeh bisa ke majelis mie. Contoh nya seperti ini

Closing statement
Kita bertanggung jawab atas pilihan yg kita tentukan. Mau jual mie, jual baju, jual apapun boleh2 aja. Hidup di dunia cuma sementara, kalo kita bisnis cari uang itu hal yg biasa. Kalo kita bisnis dan bisnis kita mendekatkan diri kita kepada Allah dan bermanfaat di jalan Allah itu baru luar biasa. Matur suwun teman2 sudah nyimak, mattur suwun mas Hanif 🙇





Diubah oleh ibliss666
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
2 0
2
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
29-12-2018 12:03

Digital Marketing


Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya


Quote:

Nama saya Rico Huang

lahir di Jakarta, 14 November 1995, saat ini umur 22 tahun.

Bisnis saya dibidang

1. Edukasi Bisnis Online bernama Alona
Produknya ada PasukanAlona.com , AlonaStore.com , Alona.co.id

2.. Suplemen Madu ( untuk nafsu makan & daya tahan tubuh anak ) Produknya ada di LapermaIndonesia.co.id

3.. Supplier Print on Demand ada di dropshipaja.com

ketiga usaha ini saya jalankan online. Kalau boleh bercerita background saya kita mulai dari yang pahit - pahit dulu ya.. hahahaemoticon-Big Grin

4 tahun yang lalu saya drop out dari kampus dengan IP paling memalukan & diremehkan orang. Banyak yang mencibir haha ( umur 18 tahun ) IP saya saat itu 0,5emoticon-Frown

Saya drop out karena saya menyadari bahwa saya tidak punya tujuan yang jelas untuk lanjut ke bangku perkuliahan, saya memilih untuk memakan bangku sendiri alias belajar sendiri.
emoticon-Kagets
Jalan beberapa bulan saya coba usaha buzzer twitter. Saat itu saya mengalami kerugian 50jt-an beserta jutaan followers dari total 8 akun twitter & bisnis mie ayam saya tutup dalam 4 hari rugi 15jt-an. Dulu saya bisa buat trending topic & bantu teman - teman olshop naikin followers & orderannya di twitter. Mie ayam? Rasanya ga enak tapi dipaksa buka.emoticon-Nohope

(Umur sudah 19) 40% karyawan saya pecat karena ketahuan mengambil barang dagang yang cashflownya megap - megap. Saya ga ngerti ilmu pergudangan, sehingga banyak karyawan yang jadi maling ngambil - ngambilin barang.

2 tahun yang lalu saya harus menutup bisnis aksesoris hp online saya yang omsetnya sekitar 9 - 10 milyar pertahun karena tidak bisa ngontrol deadstok & masuk pada bisnis model price war.

Kian hari saya belajar & tidak menyerah. Disaat sebagian pengusaha baru punya masalah dikit sudah nyerah, saya memilih untuk terus berjuang.

Akhirnya saya belajar digital marketing. Ikut pelatihan sana ini dan berguru dengan mentor - mentor terbaik.

Hingga akhirnya saya merubah semua bisnis model saya dan sekarang sistem dalam bisnis sudah mulai rampung.

Awal kebangkitan saya dimulai dari saya menarik reseller saya untuk menjadi partner bisnis.emoticon-Metal

Kita mulai bangun dan yang pertama kali saya bangun adalah tim digital marketing.

Saat ini tim digital saya ada sekitar 14 orang, dan 36 orang lainnya mengurusi bidang lain. Jadi ada total 40 karyawan. Kantor terpisah antara digital dan lain.

Jadi, apa itu digital marketing?

Digital Marketing adalah metode pemasaran berbasis digital. Orang yang sebelumnya tidak mengenal kita. jadi kenal, lalu membeli.

dari Wikipedia kita tahu bahwa, Digital Marketing atau Pemasaran Digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

Non-Internet:
SMS
Banner TV Digital

Internet:
Website
Iklan Internet, seperti Google Adwords, Facebook Ads, Twitter Ads, LinkedIn Ads, dll
Kanal Social Media, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Wordpress.com, dll
Email, seperti email blast, dll

Fase dalam digital marketing
Fase Awareness, yaitu masa untuk memperkenalkan produk / brand dengan menggunakan cara soft selling maupun teaser message
Fase Engagement, yaitu masa untuk mulai menunjukkan diri sebagai produk / brand yang melakukan kampanye pemasaran tersebut
Fase Buying, yaitu masa dimana produk / brand mulai melakukan hard selling untuk merubah engaged leads menjadi buying consumer

Atau gampangnya COLD MARKET, WARM MARKET, dan HOT MARKET

Jadi, Keseluruhan proses pemasaran dari tidak kenal sampai membeli semua menggunakan teknologi & automation ( berjalan secara otomatis ).

Studi Kasus Dalam Digital Marketing

Awalnya saya jual buku, mencari agen & reseller, memasarkan produk saya hanya tebar - tebar iklan aja. Ada yang beli syukur, ga ada juga gapapa. Lama - lama ternyata tidak boleh seperti itu

Saya harus membuat fase awareness, engagement, dan buying dulu. Saya harus buat kolamnya dulu, harus membuat konsumen mengingat - ngingat dengan betul produk saya

Rekor saya saat ini pernah jual 22.000 buku dalam waktu 1 minggu dengan digital marketing.

Secara report ini yang didapatkan
22.000 buku
Biaya iklan 200jt
Profit bersih 500jt

biasanya cuma ga sampai 10.000

Jadi setiap langkah dalam mempromosikan produk saya saat ini semua diukur

Semua tim berkoordinasi. Loh? Ternyata ada tim ya? TENTU

Uji coba pertama ini saya gunakan digital marketing ( komplit bersama tim - tim di dalamnya )

Sebelumnya setiap launching produk saya selalu berdua. Dari mulai buat website, email marketing, konten, trafik, dan lain - lain.

Sekarang sudah lebih enak dari sebelumnya.

Tinggal bilang saja ke tim saya mau jual “ Air Mineral “ tolong diskusikan strategi digital marketingnya mau seperti apa?

Nah mereka sudah bisa gerak. Jadi dari sini kita belajar bahwa memiliki tim digital marketing itu penting ya.

Lalu bagaimana cara membuat tim digital marketing?


Baik saya bahas satu per satu,
Ada 4 divisi dalam digital marketing

Divisi 1 -> Traffic
Divisi 2 -> Automation
Divisi 3 -> Conversion / Sales
Divis 4 -> User Interface / User Experience

Divisi Tambahan : Divisi Konten + Graohic Design

Bedanya apa divisi 1 - 4 dengan divisi tambahan ? Kalau tambahan berarti bisa double job dari 4 divisi itu. Tapi kalau 4 divisi ini harus ada.

- Divisi 1 [ Traffic ]

Divisi ini adalah bagian ngurusin LEADS ( mengajak orang untuk kenal produk kita )

semakin banyak leads yang masuk, semakin banyak pula calon prospek kita.

Tugasnya jelas,

Pada bagian COLD MARKET :harus membuat kolam kita tambah berapa 1 bulan untuk nantinya di prospek. Datang berapa orang ke seminar gratis / webinar. Berapa orang yang download ebook kita. Berapa orang yang jadi calon reseller kita.

Atau bahasa mudahnya, ini orang ngurusin iklan - iklan - iklan.

Tebar jaring sebanyak - banyaknya. Ajak kerjasama orang sebuanyak mungkin.

- Divisi 2 [ Automation ]

Pada divisi ini mereka yang biasanya membuat website agar orderan bisa datang secara otomatis

Pengguna email marketing : Mengatur artikel yang dikirim setiap hari tentunya menggunakan tools di email marketing

Membuat Sales Page atau halaman penjualan

Website : membuat website, mengatur add to cart, mendorong leads ke sales page.

Membuat halaman thank you pages ( sehingga orang membeli )

Inti dari divisi ini adalah mengalirkan orang - orang dari proses leads sampai terjadi konversi

- Divisi 3 : Conversion / Sales

Nah divisi ini yang bisa membuat kopikriting ( copywriting ) agar orang terhipnotis untuk membeli

Divisi ini juga bagian mendesain sales page agar ciamik dan orang buru - buru transfer. Tentu harus kerjasama dengan divisi konten & graphic desain.

Misal launching produk selama 1 minggu, ya dari hari pertama sampai hari terakhir, divisi ini yang menentukkan mau melakukan apa.

- Divisi 4 : User Interface / User Experience

Divisi ini bagian ngurusin UI / UX. Apa itu???

User Experience

User Experience Design atau yang biasa disebut UX Design yaitu adalah:

Proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk.

Bahasa gampangnya, UX Design itu proses membuat sebuah website atau aplikasi yang kamu buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh pengguna.

User Interface

User Interface Design atau yang bahasa Indonesianya itu Desain Antarmuka Pengguna adalah :

Desain antarmuka untuk mesin dan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna.

Pada dasarnya, User Experience adalah tentang “memahami penggunamu”. Tujuan UX adalah mencari tahu siapa mereka, apa yang mereka capai dan apa cara terbaik bagi mereka untuk melakukan “sesuatu”.

UX berkonsentrasi pada bagaimana sebuah produk terasa dan apakah itu memecahkan masalah bagi pengguna.

Sedangkan User Interface adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang kamu buat terlihat dan berbentuk seperti apa. Hal tersebut mencakup Layout (tata letak), Visual Design (desain visual) dan Branding.

Dengan adanya 4 divisi ini, maka proses digital marketing akan semakin mudah.

Jadi kita sudah bisa mulai jalan.

TIPS : untuk awal - awal saya cari orang apa dulu?

Untuk awal carilah orang untuk mengurusi traffic terlebih dahulu.

Sisanya dikerjakan secara outsource atau sendiri dulu saja. Karena bagian traffic paling penting. Awal orang mengenal produk kita adalah pekerjaan teman - teman traffic.

Setelah tim traffic sudah dibangun, baru bangun divisi lainnya.

Sebenarnya kita bisa juga ajak tim terbaik kita untuk belajar ( jadi ga usah rekrutmen awal tim trafik )

Mereka tinggal di sekolahkan ke pelatihan internet marketing saja untuk belajar. Banyak orang - orang yang mengirim timnya untuk belajar di PasukanAlona.com untuk bangun tim trafik.

yang penting kita kan sebagai owner tahu harus bangun tim digital marketing dan konsepnya.

Diubah oleh ibliss666
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
29-12-2018 12:16
Quote:Original Posted By yuswijaya
sementara ane jadi owner .presdir. gm. sekaligus merangkap jadi buruh di usaha tahu ane. cuma bagian penjualan dan keuangan dipegang istri ane


banyak juga gan... ga keteteranemoticon-Hammer2
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
29-12-2018 12:20
Quote:Original Posted By ibliss666
banyak juga gan... ga keteteranemoticon-Hammer2


Ya gak sih la home industry dinegara orang itupun cuma di dapur apartemen yg ukuran 2 m2 doank
1 0
1
Halaman 1 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia