Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
17
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c1c00de10d2951ede759ca0/fr-japan-trip-2018-9d8n-tokyo---takayama---nagoya---kyoto---hiroshima---nikko
Halo agan2 Kaskusers,,kali ini ane mau share solo trip perdana ane. Untuk solo trip ini yg menjadi tujuan adalah destinasi favorit ane yaitu Jepang yang berlangsung dari tanggal 9-18 Desember 2018.
Lapor Hansip
21-12-2018 03:51

[FR] Japan Trip 2018 9D8N (Tokyo - Takayama - Nagoya - Kyoto - Hiroshima - Nikko)

Past Hot Thread
Halo agan2 Kaskusers,,kali ini ane mau share solo trip perdana ane. Untuk solo trip ini yg menjadi tujuan adalah destinasi favorit ane yaitu Jepang yang berlangsung dari tanggal 9-18 Desember 2018. Trip ini bukan trip perdana ane ke Jepang karena tahun lalu ane juga udah ke Jepang bareng rombongan,,tapi yg membedakan adalah trip ini solo trip jadi lebih seru dan lebih berkesan dibanding trip tahun lalu. Jepang selalu menjadi destinasi menarik bwd ane untuk dijelajahi,,itulah kenapa ane memutuskan untuk solo travelling tahun ini. Untuk foto2 di FR ini merupakan foto2 ane pribadi baik dari kamera digital maupun dari kamera hp. Ane akan mulai FR ini dari persiapan sebelum keberangkatan (pre departure)
.
Diubah oleh kingcarras16
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Inbox.Kosong dan 3 lainnya memberi reputasi
4
[FR] Japan Trip 2018 9D8N (Tokyo - Takayama - Nagoya - Kyoto - Hiroshima - Nikko)
21-12-2018 04:03
PRE DEPARTURE
1. Pesawat
Untuk pesawat ane udah hunting dari awal tahun dan Alhamdulillah dapet tiket Garuda di GOTF dengan harga yg cukup miring untuk rute CGK-HND PP
2. Akomodasi
Untuk trip ini ane pilih akomodasi berupa hotel di 3 kota yaitu 2 di Tokyo, 1 di Takayama, dan 1 di Kyoto.
3. Pakaian
Karena ane berangkat bulan Desember walaupun belum masuk winter,,tapi ane tetep bawa "perlengkapan tempur" mulai dari winter jacket,longjohn,kupluk,gloves,dan terakhir winter boots yg ane beli di Tokyo.
4. JR Pass dan Paket Wisata
Karena trip ane membutuhkan rute PP baik dari Tokyo dan kota lainnya,,ane memutuskan untuk beli JR Pass 7 Days di Jkt supaya lebih praktis. Untuk paket wisata ane reserve Nohi Bus Shirakawago Tour n tiket highway bus Shinjuku-Kawaguchiko PP dari Jkt.
Diubah oleh kingcarras16
profile-picture
profile-picture
mycroft_holmes dan yuzpti2 memberi reputasi
2 0
2
[FR] Japan Trip 2018 9D8N (Tokyo - Takayama - Nagoya - Kyoto - Hiroshima - Nikko)
21-12-2018 06:19
1. Day 1 : Tokyo
Akhirnya setelah 7 jam perjalanan dari CGK,,kurang lebih jam 9 pagi mendaratlah pesawat GA yg ane tumpangi di Haneda International Airport. Suasana bandara masih lumayan sepi dan ane langsung bergegas menuju Imigrasi. Alhamdulillah...semua lancar2 aja di Imigrasi,,ga ngantri dan sama sekali ga ditanya sama petugasnya. Cukup tempelkan jari di mesin fingerprint dan arahkan wajah untuk difoto,,ga lama kemudian dicaplah e-passpor ane.
Step 1 selesai...lanjut nunggu bagasi yg lumayan lama,,kira2 20 menit koper size 28 yg ane bawa baru kelihatan. Lanjut ke Customs,,disini juga ga ditanya apa2...cukup serahkan selembar kertas custom yg udah diisi di pesawat. Ane sendiri ga bawa produk2 hewani,,cuma sebungkus kering kentang di tas punggung. Akhirnya...selesai lah semua proses dan tibalah ane di arrival hall di lantai 2.
Lanjut ke kantor JR East atau Midori no Madoguchi,,ga jauh setelah keluar customs lurus dikit sebelah kiri. Disini juga lancar dan ga ngantri karena masih pagi,,exchange voucher resmi berganti jadi JR Pass 7 Days yg mulai ane gunakan di tanggal 12 Des. Dari kantor JR East ane liat ada atm 7 Bank,,langsung pengen narik 20.000 JPY. Disinilah kecewa pertama terjadi,,ternyata kartu atm ane ga ada logo visa atau mastercard,,jadi ga bisa narik. Yaa...sudah lah,,akhirnya pasrah dengan 90.000 JPY di dompet plus CC. Belum selesai kecewa pertama,,dateng lagi yg kedua. Ternyata SIM Card yg ane beli di Klook ga bisa dipake di hp ane,,walaupun udah dibantu'in setting sama petugas di counter Klook. Pasrah lagi deh...terpaksa bergantung pada free wifi.
Dari counter Klook ane langsung menuju stasiun subway yg pintu masuknya juga ga jauh setelah Custom. Sebelum masuk stasiun ane beli IC Card dulu dan yg ane pilih adalah PASMO. Cukup mudah instruksi untuk beli PASMO dan isi ulangnya. Untuk hari itu PASMO ane isi 7.000 JPY.
2 kartu "sakti" di Jepang

Selesai masuk gate langsung belok kanan turun pakai lift ke peron stasiun. Suasana siang itu ga begitu rame. Naik kereta perdana tujuan ane adalah stasiun Asakusa,,lokasi hotel tempat ane nginep berada yaitu APA Hotel Asakusa Kuramae.
Haneda Airport International Terminal Station

Cuaca pagi itu cukup bersahabat dengan suhu kurang lebih 10°C walaupun udah masuk minggu kedua Desember,,tapi tetap perlu pakaj winter jacket walaupun waktu itu belum pakai longjohn. Setelah kurang lebih 40 menit akhirnya tibalah ane di stasiun Asakusa. Langsung cari exit A2a yg ada liftnya setelah tap out. Ane pilih yg ada liftnya cz ane bawa tas punggung,tas selempang,sama koper size 28. Kira2 7 menit geret2 koper akhirnya sampai juga di hotel. Begitu sampai langsung tunjukkin print out reservasi dari booking.com n paspor. Sama seperti hotel2 di Jepang lainnya,,baru bisa check in jam 3 atau jam 4 sore,,jadi ane titip koper sama tas punggung aja dan lanjut ke stasiun Tokyo bawa tas selempang buat reserve seat shinkansen.
Dari hotel cukup 5 menit jalan kaki udah sampai stasiun Kuramae dan dari situ cukup 20 menit menuju stasiun Tokyo...ganti jalur dari Oedo ke Marunouchi di stasiun Hongo-sanchome. Begitu tap out dan masuk stasiun Tokyo....wuihhh,,bener2 gede stasiunnya dan lagi sibuk banged banyak orang lalu lalang. Sempet bingung juga cari2 kantor JR Tokai Tours,,akhirnya ketemu juga. Hari itu langsung ane reserve 2 rute Shinkansen : Tokyo-Nagoya n Nagoya-Kyoto, sama 1 Limited Express yaitu Nagoya-Takayama. Pengguna JR Pass bisa reserve Shinkansen secara gratis.
Selesai reserve Shinkansen cari makan dulu di stasiun Tokyo dan siang itu ane pilih onigiri. Dari stasiun Tokyo jalan ke stasiun Nijubashi-mae danlanjut agenda selanjutnya yaitu cari winter boots di ABC Mart Harajuku dengan rute : Nijubashi-mae - Harajuku. Dari stasiun Harajuku cukup jalan sebentar ke ABC Mart dan setelah pilih2 akhirnya ane menemukan sepasang winter boots dengan harga yg cukup mahal,,14.000 JPY. Lanjut lagi ke stasiun Shibuya untuk foto2 perdana dengan sang anjing legendaris yang terkenal karena kesetiaannya...Hachiko. Harus sabar ngantre karena sore itu banyak banged yg mau foto di patung Hachiko.
Selesai dari Hachiko langsung mengarah ke Asakusa ketika hari sudah gelap,,tujuan ane mau makan ramen Narittaya di Asakusa. Tapi...akhirnya kecewa lagi,,warungnya tutup...entah lagi libur atau gimana,,akhirnya malam itu ane makan onigiri lagi dari Family Mart di Asakusa. Dari situ langsung jalan ke arah hotel,check inn,,dan langsung masuk kamar. Kamar hotel2 bisnis di Jepang cukup kecil tapi masih nyaman,,apalagi kamar mandi ada bathtubnya n air kerannya bisa diminum. Untuk ratenya sendiri ane pilih yg dibawah 20.000 JPY utk 2 malem.
Diubah oleh kingcarras16
0 0
0
[FR] Japan Trip 2018 9D8N (Tokyo - Takayama - Nagoya - Kyoto - Hiroshima - Nikko)
21-12-2018 07:59
2. Day 2 : Kawaguchiko
Berhubung suhunya rendah terus dibawah 10,selama di Jepang ane selalu mandi tiap pagi aja. Begitu juga pagi itu,,setelah mandi,sholat subuh di kamar,n sarapan kering kentang plus onigiri...berangkatlah ane pada pukul 5.30 ke Shinjuku Expressway Bus Terminal. Disinilah hal konyol terjadi,,di dalem kereta ane baru sadar ga pake winter jacket...langsung buru2 turun di stasiun Hongo-sanchome bwd balik ke hotel. Sampe stasiun lagi udah jam 6 lewat sementara bis ke Kawaguchiko berangkat jam 6.40. Udah pasrah aja deh...akhirnya jam 7 pagi ane baru sampe Shinjuku Expressway Bus Terminal dan akhirnya beli tiket lagi untuk keberangkatan jam 7.40.
Suasana pagi di Terminal

Perjalanan ke Kawaguchiko


Setelah kurang lebih 1,5 jam perjalanan akhirnya sampailah ane dj Stasiun Kawaguchiko dan langsung bisa liat Fujisan dengan jelas.
Kawaguchiko Station


Di stasiun Kawaguchiko sempet tanya ke Tourist Information Center tentang Fujiten Snow Resort yang mau ane kunjungi. Ternyata...belum buka karena belum turun salju di Kawaguchiko. Kecewa juga,,udah beli winter boots tapi ga jadi ketemu salju hari itu. Ya sudah lah...akhirnya ane lanjut menuju destinasi berikutnya...Kawaguchiko Music Forest. Transportasi utama di Kawaguchiko ini adalah Sightseeing Bus yang jalurnya ada 3 yang dibedakan menurut warna (Merah,Hijau,Cokelat). Akhirnya ane beli bus pass seharga 1.500 JPY yang berlaku 2 hari untuk 3 jalur itu, cukup tunjukin pass ke driver ketika turun. Setelah perjalanan kurang lebih 30 menit akhirnya sampailah di Kawaguchiko Music Forest. Bukan tanpa alasan ane pilih Kawaguchiko Music Forest yang tiket masuknya 1.500 JPY, disini kabarnya spot paling jelas buat lihat Fujisan dan akhirnya terbukti ketika masuk dan lebih jelas lagi setelah keluar lewat pintu belakang.
Fujisan di Kawaguchiko Music Forest

Fujisan di halaman belakang Kawaguchiko Music Forest


Puas banged rasanya bisa lihat Fujisan sejelas itu dan bisa ambil foto sebanyak-banyaknya sampai kurang lebih jam 1/2 2. Akhirnya ane naik bis lagi untuk balik ke Stasiun Kawaguchiko untuk makan siang di satu2nya restoran halal di Kawaguchiko...Alladin Indo Restaurant. Untuk menuju restoran ini ane jalan kaki kurang lebih 10 menit dari stasiun Kawaguchiko menuju pinggiran danau Kawaguchiko.
The only Halal restaurant in Kawaguchiko


Restorannya sendiri cukup kecil dan waktu itu masih ada lumayan banyak turis yang makan, akhirnya ane harus nunggu dulu. Setelah masuk langsung pesen Chicken Briyani. Mantabb banged baik rasa dan porsinya. Selesai makan siang ane ga naik bis lagi, cukup hunting foto di pinggiran Danau Kawaguchiko dan di sekitar Kawaguchiko Ropeway atau biasa dikenal Kachi-Kachi Ropeway. Jam 4 sore ane udah sampai di Stasiun Kawaguchiko dan 10 menit kemudian datanglah highway bus menuju Shinjuku. Perjalanan pulang ke Shinjuku lumayan lama kurang lebih 2 jam, karena ada macet ketika mau masuk Tokyo. Sampai di Shinjuku ane langsung melangkah ke Marunouchi Line naik subway ke stasiun Shinjuku Gyoemmae. Tujuan selanjutnya adalah dinner di salah satu restoran ramen halal di Tokyo, Halal Ramen Ouka. Untuk menuju kesitu cukup mudah petunjuk dari maps, jadi waktu itu ane ga nyasar. Sampai di depan restoran ternyata harus masuk waiting list bersama 2 orang turis lain. Begitu dipersilakan masuk langsung ane dijelasin menunya dan kebetulan waiternya orang Indonesia,,langsung ane pilih yang paling murah walaupun mendekati 2.000 JPY. Semua menu di sini adalah set menu,,jadi cukup komplit selain ramen dapet juga Japanese Dumpling.
Dinner Menu di Halal Ramen Ouka

Selesai makan langsung balik ke hotel dengan berpindah jalur dari Marunouchi ke Oedo line di stasiun Hongo-Sanchome. Sebelum masuk hotel ane mampir sebentar di Lawson dekat exit Kuramae Station beli onigiri untuk sarapan besok.
Diubah oleh kingcarras16
0 0
0
[FR] Japan Trip 2018 9D8N (Tokyo - Takayama - Nagoya - Kyoto - Hiroshima - Nikko)
22-12-2018 15:07
3. Day 3 : Takayama

Kalau kemarin ane telat berangkat ke Shinjuku, hari ini kebalikannya ane kepagian. Niatnya mau naik kereta jam 5.10 dari Kuramae jadi langsung check out jam 4.20. Ternyata begitu ane samperin entrance yang ada di dekat Lawson...masih tutup. Sumpah kaget...baru tau ternyata entrance ke subway bisa tutup juga ky toko kalo masih dibawah jam 5 pagi. Akhirnya ane nungguin hampir 1/2 jam di Lawson sambil pakai tas punggung. Jam 4.55 akhirnya entrancenya di buka juga dan jam 5.10 ane langsung naik subway menuju stasiun Tokyo. Jadwal Shinkansen Hikari menuju Nagoya jam 6.25,,jam 5.45 ane udah sampai di stasiun Tokyo dan langsung menuju gate Shinkansen dengan menunjukkan JR Pass dan untuk penggunaan pertama petugas akan memberikan cap. Dampak nunggu setengah jam sambil pakai tas punggung ialah punggung ane nyeri parah. Akhirnya duduk-duduk dulu di platform Shinkansen Hikari menuju Nagoya yang udah standby dari jam 6 pagi.
Peron Shinkansen di stasiun Tokyo

Interior Shinkansen Hikari


Selama perjalanan Tokyo-Nagoya ane nikmati dengan melihat-lihat pemandangan sepanjang perjalanan sambil mijit sendiri punggung ane pakai tripod,,karena ane sama sekali ga bawa balsem. Lumayan sedikit mengurangi, dan akhirnya jam 8.15 sampailah ane di stasiun Nagoya. Stasiun ini sama2 gede dan sibuk mirip stasiun Tokyo, tapi untuk pindah peron dari Shinkansen ke Limited Express ga bingung. Kereta express ini lebih dikenal dengan sebutan "Wide View", karena jendelanya yang jauh lebih besar dibanding kereta biasa.
Limited Express Hida "Wide View

Platform di Stasiun Nagoya


Laju kereta ini lebih lambat dibanding Shinkansen dan di beberapa tempat juga ada penjelasan dalam bahasa Jepang dan Inggris seperti di Gero salah satunya. Setelah kurang lebih 2,5 jam perjalanan akhirnya sampailah ane di kota berikutnya yang akhirnya jadi salah satu kota kecil favorit ane, Takayama.
Takayama Station


Kota Takayama ini cuma punya 1 stasiun kereta dan 1 terminal bis, ga ada subway dan ga ada tram. Kebanyakan tempat wisatanya berjarak kurang lebih 10-15 menit jalan kaki dari stasiun Takayama. Hotel Washington Plaza tempat ane nginep berlokasi persis di depan stasiun Takayama, jadi tinggal nyebrang langsung sampe hotel. Sama seperti di Tokyo, kali ini baru bisa naro koper dan check inn baru bisa jam 3 sore. Selesai naro koper ane langsung ke Family Mart beli onigiri dan makan di bangku kecil yang ada di depan toko. Di Takayama inilah ane mulai ngirit...pagi,siang,malem makannya onigiri terus sambil sesekali ditambah kering kentang.
Selesai makan onigiri langsung menjelajah Takayama tepatnya langsung menuju Old Town Takayama (Sanmachi) yang bener2 terasa nuansa jadul di zaman Edo. Sebenarnya ada spot-spot lain di Takayama yang bisa dijelajahi selain sekitaran Old Town, yaitu Higashiyama Walking Course. Tapi untuk menuju kesana harus melewati ratusan anak tangga dengan ketinggian yang cukup bikin napas megap-megap,,akhirnya ga jadi kesitu tetap di seputaran Old Town aja tepatnya setelah melewati Sungai Miyagawa. Kurang lebih sekitar 3 jam ane menjelajah Old Town dengan dan sekitarnya, kurang lebih jam 4 sore udah sampai di hotel, langsung check inn, dan masuk kamar.
Diubah oleh kingcarras16
0 0
0
[FR] Japan Trip 2018 9D8N (Tokyo - Takayama - Nagoya - Kyoto - Hiroshima - Nikko)
22-12-2018 16:26
4. Day 4: Ainokura and Shirakawago

Hari ini ane bisa bangun aga siang karena jadwal hari ini Nohi Bus Ainokura and Shirakawago Tour baru mulai jam 8.30 dari Nohi Bus Center di seberang hotel. Perjalanan ke Shirakawago adalah salah satu yang ane tunggu dalam trip kali ini, makanya seminggu sebelum keberangkatan ane rutin cek di timeanddate.com cuaca di Shirakawago dan berharap bakal turun salju di tanggal 13 Desember. Tapi sepertinya tipis harapan ane karena ramalan cuaca menyebutkan "Sunny" di tanggal 13 Desember. Untuk menuju Shirakawago dengan Nohi Bus sesuai penelusuran ane bisa dari dua kota, Takayama dan Kanazawa. Tapi menurut ane untuk Takayama ini lebih ramah untuk wisatawan Muslim dibanding Kanazawa, karena lokasi dua restoran halal di Takayama cukup 7 menit jalan kaki dari stasiun Takayama.
10 menit sebelum keberangkatan Nohi Bus berwarna putih hijau sudah tiba di Nohi Bus Center dan ane langsung menunjukkan tiket yang ane dapet dari Information Center dengan menunjukkan print out reservasi yang dikirim ke email. Rombongan kali itu cukup banyak kira2 ada 40 orang dari beberapa negara, tapi cuma ane aja yang solo traveller. Guidenya sendiri ada 2 dan dua2nya cewe Jepang yang kira2 masih mahasiswi yang sangat fasih berbahasa Inggris dan cukup informatif sepanjang perjalanan. Untuk tur ini waktunya benar-benar diatur seperti disiplin waktu orang Jepang, jadi bener2 harus perhatikan waktu biar ga ditinggal sama bis. Setengah jam pertama bis melewati sebuah desa kecil yang udah ada sedikit salju, Suganuma.
Desa Suganuma dari jendela Nohi Bus

Selanjutnya sekitar jam 9.40 tibalah rombongan kami di desa pertama, Ainokura, dan disinilah ane excited banged karena ada SALJU. Wow...seneng banged akhirnya lihat salju alami untuk pertama kali di minggu kedua bulan Desember, puas banged bisa megang salju dan berdiri di atas salju dengan winter boots. Bener2 di luar perkiraan karena desa Ainokura ini letaknya ga terlalu jauh dari Shirakawago, jadi ane kira sama2 ga ada salju,,ternyata masih cukup tebel salju disini.
Meet the snow

Dari Ainokura langsung lanjut ke tujuan utama yaitu salah satu destinasi wisata di Jepang yang belakangan makin ramai dikunjungi turis-turis mancanegara, Shirakawago. Asyiknya ikut tur Nohi Bus yaitu dapet makan siang berupa set menu di Tenshukaku Observatory Point dimana kita bisa melihat seluruh desa Ogimachi di Shirakawago dari sini. Selesai bis parkir di parkiran Observatory, rombongan kami langsung menuju tempat makan siang untuk menikmati set menu.
Lunch at Tenshukaku

Selesai makan siang langsung menuju titik observasi untuk melihat seluruh desa dari ketinggian.
View from observatory

Sesuai yang terlihat di foto, cuaca hari itu cukup "Sunny" di Shirakawago, beda dengan di Ainokura. Setelah foto2 sebentar bus melaju lagi ke Shirakawago Bus Terminal, nantinya bus akan parkir di Seseragi Parking Lot yang ditempuh dengan menyeberang jembatan dari Shirakawago dan rombongan kami diberi waktu sampai pukul 2.10 untuk sampai di bis.Cukup menarik juga liat rumah2 penduduk dengan style Gassho-zukkuri di Shirakawago, tapi karena mataharinya cukup menyilaukan harus pinter2 cari spot foto biar ga backlight. Menurut ane desa ini bakal terlihat lebih cantik dan berdaya magis ketika di puncak musim dingin dan salju lagi tebel-tebelnya, sayang pas ane dateng walaupun ada salju tapi cuma sisa-sisanya.
Shirakawago


Tepat jam 2.10 bus langsung meluncur kembali menuju Takayama, sebagian besar penumpang ga ikut balik karena pindah kota ke Kanazawa naik Nohi Bus juga tanpa dipungut biaya tambahan. Sebelum bis jalan penumpang ditawarin green tea hangat, lumayan buat diminum sepanjang perjalanan pulang ke Takayama. Sampai di Nohi Bus Center kurang lebih jam 3.10 dan langsung balik ke hotel.
Diubah oleh kingcarras16
0 0
0
[FR] Japan Trip 2018 9D8N (Tokyo - Takayama - Nagoya - Kyoto - Hiroshima - Nikko)
23-12-2018 06:25
5. Day 5 : Nagoya

Hari ini ane memulai perjalanan lebih pagi daripada sebelumnya, karena ngejar target jam 8 bisa sampai di Nagoya. Jam 4.15 ane udah check out dari hotel dan berjalan menuju stasiun Takayama ketika suhu menunjukkan angka -2, suhu paling dingin yang pernah ane rasakan selama trip di negara manapun. Sekilas ane liat salju mulai turun walaupun masih tipis dan nyaris ga kelihatan. Beda sama stasiun2 subway di Tokyo, jam 4.30 pagi stasiun Takayama udah buka dan udah ada kereta lokal tujuan Gifu yang lansir. Itulah kereta yang akan membawa ane ke stasiun Gifu yang berangkat jam 4.44 dari stasiun Takayama. Sepanjang perjalanan dari Takayama ke Gifu relatif sepi dan yang bikin nyaman posisi heater di bawah bangku jadi berasa anget banged. Kira2 pukul 7.30 kereta lokal yang ane tumpangi sampai juga di stasiun Gifu, begitu turun langsung liat di peron sebelah ada kereta juga tulisannya "Nagoya", langsung aja ane masuk. Enaknya pakai JR Pass ga perlu tap in n tap out, bahkan pindah jalur dari jalur Shinkansen ke jalur kereta lokal tinggal loncat aja. Beda sama kereta dari Takayama, kereta ini udah lumayan penuh, mungkin banyak anak sekolah n orang2 kantoran yang tinggal di Gifu tapi sekolah atau kerja di Nagoya, jadi lah ane berdiri selama kurang lebih 30 menit. Kurang lebih jam 8 udah sampai di stasiun Nagoya dan setelah keluar dari gerbang tujuan ane langsung cari coin lockers ukuran besar. Setelah sempet nyari akhirnya dapet juga di deket Takashimaya,,sewanya 600 JPY dan bayar pake PASMO.
Selesai naro koper langsung bergerak menuju destinasi pertama, Nagoya Castle, yang ane tempuh dengan naik subway Sakuradori line menuju stasiun Hisayaodori kemudian pindah ke Meijo line turun di stasiun Shiyakusho. Dari stasiun Shiyakusho ane jalan kurang lebih 10 menit untuk mencapai gerbang masuk Nagoya Castle.
Pagi di Nagoya


Masuk kastil htmnya 500 JPY, setelah masuk lebih jauh ane aga kecewa juga ternyata bangunan kastil utama lagi direnovasi hampir di setiap sisinya.
Renovasi Kastil Utama


Akhirnya harus cukup puas untuk foto2 di sekitar kastil aja sama masuk ke Honmaru Palace, masuk kesitu harus copot sepatu dan dipinjemin sendal. Di dalem boleh foto2 tapi ga boleh pakai tripod dan ga boleh foto pakai flash.
Sekitar Nagoya Castle


Setelah puas foto2 di sekitar kastil, ane langsung lanjut untuk menuju lokasi selanjutnya...Mesjid Nagoya. Dari Nagoya Castle perlu waktu kurang lebih 30 menit untuk menuju ke Masjid Nagoya, naik subway Meijo line ganti line ke Higashiyama line di stasiun Sakae kemudian lanjut naik subway n turun di stasiun Kamejima. Dari stasiun Kamejima mesjidnya udah deket kurang lebih 500 m. Waktu sholat Jum'at pada tanggal 14 Desember 2018 jatuh pada pukul 12.30, jam 11.30 ane udah sampai di mesjid n mesjidnya masih kosong. Gpp lah lebih baik dateng duluan daripada dateng telat lebih repot.
Mesjid Nagoya


Sama seperti mesjid2 lainnya di Jepang, khutbah Jum'at di Nagoya juga disampaikan dalam 3 bahasa : Arab, Jepang, dan Inggris. Kurang lebih sekitar pukul 1.30 siang sholat Jum'at udah selesai dan ane langsung bergerak menuju destinasi selanjutnya, Toyota Commemorative Museum of Industry and Technology. Cuaca di Nagoya saat itu sebenernya masih dibilang ga terlalu dingin sekitar 8-9, tapi yang bikin dingin itu anginnya yang lumayan kenceng. Dari mesjid menuju Museum Toyota...ane lanjutkan dengan...yuppz,,jalan kaki lagi sepanjang 1 km. Pantes yaa warga Jepang dari muda sampai dewasa kebanyakan langsing2,,pada sering jalan kaki.

Sebelum masuk museum ane beli onigiri dulu di Lawson, lanjut jalan lagi dan akhirnya sampai juga di Museum Toyota dan sebelum masuk museum makan onigiri dulu di depan.
Bagian depan Museum Toyota


HTM Museum Toyota ini 500 JPY, termasuk museum yang murah menurut ane apalagi di dalamnya banyak banged hal menarik yang bisa dilihat, khususnya sejarah perusahaan Toyota yang dulunya ternyata merupakan perusahaan tekstil sebelum beralih ke otomotif. Sejarah perusahaan yang awalnya merupakan perusahaan tekstil bisa dilihat di Textile Machinery Pavilion dan yang terkait otomotif bisa dilihat di Automobile Pavilion. Di Automobile Pavilion ini banyak banged mobil2 Toyota dari berbagai zaman, mulai dari yang jadul sampai yang paling modern.
Deretan mobil-mobil Toyota


Ga cuma mobil, ga jauh sebelum pintu keluar paviliun ini ada deretan robot2 canggih dan robot di foto kedua bisa main biola seperti manusia. Ane nonton show violin robot ini jam 3.40 sore, keren banged teknologi Toyota yang udah bisa bikin robot yang bisa main biola.
Robot-robot Toyota and Violin Robot


Puas nonton pertunjukan violin robot,sekitar jam 4 sore ane langsung menuju stasiun Sako untuk balik ke stasiun Nagoya. Selama di Nagoya ane pakai PASMO untuk perjalanan naik subway n beli onigiri di konbini. Sampai di stasiun Nagoya suasananya rame banged, ga jauh beda sama stasiun Tokyo yang super sibuk. Setelah ambil koper di coin lockers langsung menuju peron Shinkansen untuk naik Shinkansen Hikari menuju Kyoto. Perjalanan Nagoya-Kyoto naik Shinkansen ga lama kurang lebih 30 menit dan sekitar pukul 6 sore ane udah sampai di stasiun Kyoto. Sampai stasiun langsung menuju JR Tokai Tours bwd reserve tiga rute Shinkansen : Shin-Osaka - Hiroshima PP n Kyoto-Tokyo. Lanjut ke Kyoto Tourist Information Center untuk beli Kyoto Bus Pass yang ane beli 2 untuk hari ini n hari Minggu. Ini merupakan kunjungan kedua ke Kyoto jadi udah ga terlalu bingung sama stasiun Kyoto yang gede banged. Dari stasiun menuju APA Villa Hotel Kyoto Ekimae, cuma butuh 7 menit jalan kaki. Untuk kali ini ane bisa langsung masuk kamar karena udah jam 6 sore, langsung masuk kamar naro barang bawaan n istirahat sebentar. Kira2 jam 6.45 ane langsung jalan lagi ke stasiun Kyoto, tujuan ane mau makan ramen di restoran ramen halal di Gion, Halal Ramen Gion Narittaya. Dari stasiun Kyoto naik bis 206 menuju halte Gion, cukup masukkan bus pass untuk penggunaan pertama dan lanjut jalan kaki kurang lebih 3 menit.
Halal Ramen Gion Narittaya


Disini ane pesen Spicy Miso Ramen plus fried chicken 5 potong untuk sarapan besok n makan siang di Miyajima. Lumayan pedes juga ramennya,,cocok lah untuk menghangatkan badan. Balik ke hotel naik bis 206 lagi tapi haltenya aga jauh tepatnya setelah Yasaka Shrine. Kali ini ane ga turun di stasiun Kyoto tapi di halte Karasuma Nanajo yang lebih deket dari hotel.
Diubah oleh kingcarras16
0 0
0
[FR] Japan Trip 2018 9D8N (Tokyo - Takayama - Nagoya - Kyoto - Hiroshima - Nikko)
23-12-2018 09:19
6. Day 6 : Hiroshima
Hari ini ane memulai trip pagi2 lagi walaupun ga sepagi di Takayama, tepatnya jam 5.50 ane mulai jalan ke stasiun Kyoto untuk naik kereta lokal menuju Shin-Osaka. Sebelum berangkat makan ayam goreng dulu yg tadi malem beli di Narittaya Gion. Tepat pukul 6 kereta lokal mulai berangkat menuju Shin-Osaka dan 30 menit kemudian udah sampe di stasiun Shin-Osaka. Sampe di Shin-Osaka ga perlu keluar gate langsung masuk ke peron Shinkansen dimana Shinkansen kali ini adalah Shinkansen Sakura dengan tujuan akhir Kagoshima yang akan berhenti di Hiroshima. Sepanjang kurang lebih 1,5 jam perjalanan ke Hiroshima banyak lewatin terowongan jadi pemandangannya ga sebagus jalur Nagoya-Takayama. Kira2 pukul 8.45 sampailah ane di stasiun Hiroshima yang juga besar karena ada line kereta lokal juga, tapi stasiun ini layoutnya lebih simpel dibanding Kyoto,Nagoya,n Tokyo...jadi kemungkinan ga bakal nyasar. Keluar gate Shinkansen ane pindah ke gate Sanyo line untuk menuju stasiun tujuan, Miyajimaguchi.
peron Sanyo line stasiun Hiroshima

Stasiun Hiroshima


Kereta JR Sanyo line ini kebanyakan rangkaiannya pendek2 cuma 4 atau 5 gerbong, tapi karena masih jam 9 pagi jadi masih aga sepi dari turis2 yang menuju Miyajimaguchi. Setelah kurang lebih 30 menit perjalanan akhirnya sampailah di stasiun Miyajimaguchi.
Stasiun Miyajimaguchi


Cukup 5 menit jalan kaki lewat underpass udah kelihatan pelabuhan Miyajima yang di depannya ada miniatur floating torii.
Miniatur Floating Torii


Ferry menuju Miyajima ini dicover juga sama JR Pass,jadi cukup tunjukkan pass kepada petugas untuk naik ke atas kapal. Kapal ini ga ada seat numbernya dan mayoritas turis yang muda2 juga lebih milih berdiri di pinggir bwd foto2 pulau Miyajima n floating torii.
Pelabuhan Miyajimaguchi

Pulau Miyajima n Floating Torii


Mendarat di Pulau Miyajima, kendaraan berupa mobil pribadi dan mobil box dipersilakan keluar lebih dahulu baru kemudian penumpang. Pulau Miyajima selain terkenal dengan Floating Torii juga terkenal dengan rusanya yang jinak2, dan ga lama berjalan melangkah menuju Floating Torii langsung ketemu rusa.
Rusa Miyajima

Ga jauh dari lokasi ketemu rusa sampailah ane ke Floating Torii yang tersohor itu, yang dinobatkan sebagai salah satu dari 3 tempat wisata terindah di Jepang di beberapa website pariwisata Jepang. Langit cerah, laut surut, berpadu indah dengan Floating Torii.
The iconic Floating Torii


Dari Atomic Bomb Dome lanjut ke Hiroshima Peace Park yang masih satu lokasi,cukup 5 menit jalan kaki. Sayangnya waktu itu Hiroshima Peace Museum lagi direnovasi jadi cuma bisa foto2 n keliling2 di sekitar taman. Tamannya sendiri seperti taman2 lain di Jepang, enak bwd tempat santai2 sambil menikmati udara segar di jantung kota. Puas keliling2 taman sekitar jam 4 ane langsung menuju halte Fukuro-machi untuk naik tram menuju stasiun Hiroshima.
Sekitar halte tram Fukuro-machi


Sekitar jam 5.20 sore ane udah sampai di peron Shinkansen stasiun Hiroshima dan 10 menit kemudian datanglah Shinkansen Sakura tujuan akhir stasiun Shin-Osaka. Sepanjang perjalanan ane tidur aja karena langit udah gelap dan kurang lebih jam 7 malam sampailah di stasiun Shin-Osaka. Lanjut naik kereta lokal tujuan Kyoto dan pukul 7.30 malam udah sampai di stasiun Kyoto. Dari stasiun mampir sebentar ke Family Mart bwd beli onigiri dan langsung balik ke hotel.
Diubah oleh kingcarras16
0 0
0
[FR] Japan Trip 2018 9D8N (Tokyo - Takayama - Nagoya - Kyoto - Hiroshima - Nikko)
23-12-2018 12:52
7. Day 7 : Kyoto

Ga terasa udah seminggu aja di Jepang, rasanya baru kemarin landing di Haneda. Hari ini ane sarapan onigiri dulu di hotel sebelum jalan2, langsung jam 6.15 check out n titip koper di lobi hotel. Jam 6.30 udah di stasiun Kyoto nunggu bis 206 yang menuju ke Kiyomizudera, salah satu destinasi favorit di Kyoto yg walaupun lagi direnovasi tapi tetap ramai dikunjungi. 5 menit kemudian datanglah bis 206 dan ane langsung masuk bersama beberapa turis. Cuma butuh waktu 15 menit untuk menuju halte bus Gojozaka, salah satu halte terdekat selain Kiyomizu-michi untuk menuju Kiyomizudera. Dari sinilah mulai berjuang lagi, jalannya nanjak ga putus2 sepanjang 1 km. Kiyomizudera ini termasuk tempat wisata berbayar yang bukanya paling pagi di Jepang, jam 6 pagi udah buka. Toko-toko di sepanjang jalan menuju Kiyomizudera juga masih tutup, tapi begitu mendekati gerbang masuk Kiyomizudera udah ada sekitar 20 orang turis Jepang n Eropa yang lagi foto2 di sekitar gerbang masuk. Cukup bagus pemandangan pagi itu, bahkan di kejauhan kelihatan jelas Kyoto Tower yang ada di seberang stasiun Kyoto.
Kyoto Tower dari Kiyomizudera

Pagi hari di Kiyomizudera


Setelah bayar htm 400 JPY, langsung masuk ke bangunan utama Kiyomizudera yang lagi direnovasi. Cukup lama renovasinya, menurut berbagai sumber di media elektronik baru selesai tahun 2020.
Renovasi Main Hall Kiyomizudera


Setelah bayar htm di loket, area Kiyomizudera sendiri cukup menarik dan ga terlalu bikin capek, karena rutenya menurun. Sepanjang perjalanan banyak terdapat kuil2 dan pagoda kecil, termasuk salah satunya Koyasu Pagoda yang letaknya aga jauh dari Main Hall. Jalan sedikit kebawah dari Koyasu Pagoda ada Otowa Waterfall, salah satu tempat favorit juga di Kiyomizudera. Sesuai namanya,,ada kata "mizu" di "Kiyomizudera', Kiyomizudera sendiri artinya "Kuil Air Murni", makanya lokasi ini jadi favorit wisatawan khususnya wisatawan Jepang. Puas berkeliling dan foto2 di Kiyomizudera, jam 9 langsung jalan ke halte Kiyomizu-michi yang arahnya tinggal lurus dari gerbang masuk Kiyomizudera. Jam 9.20 udah datang bus 206 tujuan Stasiun Kyoto dan 15 menit kemudian udah sampai di halte Karasuma Nanajo. Setelah ambil koper di hotel, langsung jalan lagi menuju Stasiun Kyoto menuju peron Shinkansen. Jam 10.30 udah muncul Shinkansen Hikari dengan tujuan akhir stasiun Tokyo.
Perjalanan Kyoto-Tokyo naik Shinkansen ditempuh kurang lebih 2,5 jam dan pemandangan sepanjang jalan cukup bagus. Sekitar jam 1 sampailah ane kembali di Tokyo, langsung keluar dari gate Shinkansen menuju Midori no Madoguchi atau JR East Travel Service Center untuk reserve shinkansen dari Ueno-Utsunomiya PP. Selesai reserve Shinkansen langsung melangkah ke peron Marunouchi line, tapi sebelum masuk peron ane top up PASMO dulu sebesar 2.000 JPY. Selesai top up langsung naik subway Marunouchi, ganti ke Oedo line di Hongo-sanchome dan turun di stasiun Kuramae. Jam masih menunjukkan pukul 2.30 siang ketika ane tiba di hotel berikutnya..Hokke Hotel Club Asakusa. Menurut ane di Hokke ini staf2nya paling ramah, jam 2.30 udah boleh masuk kamar dan bahkan sampe dibukain liftnya sama salah satu petugas hotel yang cantik. Selain itu petugas2 di front office juga murah senyum sambil ngucapin Ohayou,Konnichiwa,Konbanwa tiap ane berangkat atau pulang ke hotel.
Jam 3 ane langsung jalan lagi, kali ini mau liat2 Sungai Meguro sekalian nanti dari situ lanjut ke salah satu mesjid terindah di Jepang yang jadi tempat pernikahan salah satu selebritis tanah air beberapa bulan yang lalu...Tokyo Camii. Untuk menuju Meguro ane naik subway Oedo line dulu sampai stasiun JR Okachimachi, dari situ perjalanan dicover sama JR Pass melalui Yamanote line sampai stasiun JR Meguro. Ga terasa sampai udah lewat waktu Maghrib ketika ane balik lagi ke stasiun Meguro, tapi tetep lanjut ke Tokyo Camii walaupun ga kebagian sholat maghrib berjama'ah. Dari Meguro naik Yamanote line lagi sampe Shinjuku, lalu pindah ke jalur Odakyu dan turun di stasiun Yoyogi Uehara. Dari stasiun mesjidnya sendiri ga jauh cukup 5 menit jalan kaki, langsung kelihatan menaranya yang tinggi menjulang walaupun langit udah gelap.
Di Tokyo Camii ane sempet sholat Maghrib sendiri dan Isya berjama'ah,,Alhamdulillah di negeri Sakura ada mesjid seindah Tokyo Camii. Lumayan juga sempet istirahat selonjoran di jeda waktu Maghrib ke Isya, jadi punya tenaga untuk ke destinasi selanjutnya...makan di restoran halal sekitar stasiun Ueno-okachimachi.
Seperti rute berangkat, ane balik lagi ke stasiun Shinjuku tapi kemudian yang jadi masalah ane keluar ga melalui exit biasa melainkan exit gate yang berfungsi sebagai transfer rute dari Odakyu ke Yamanote,,akhirnya timbul masalahnya ketika pulang nanti. Turun di JR Okachimachi, dari situ ane langsung menuju salah satu restoran ramen halal di Ueno-okachimachi...Ayam Ya.
Ayam Ya Ueno Okachimachi

Ramen disini enak banged dan porsinya juga lumayan, cara pesennya juga Jepang banged, pilih di mesin terus keluar kertas n kembalian, kita kasih kertas yang isinya menu pilihan ke penjualnya. Tinggal duduk dan ga lama kemudian ramen pun diantar.

Selesai makan ramen langsung balik ke stasiun Ueno-Okachimachi untuk balik ke hotel, dan disinilah masalah terjadi. PASMO ane ga bisa dipakai pas tap in di gate, akhirnya ane nanya bapak2 petugas di gate yang untungnya fasih bahasa Inggris. Dia jelasin kalo ane waktu di Shinjuku ga tap out di gate biasa, tapi di gate transfer, makanya di PASMO ane ga ada record tap out. Akhirnya dibantuin lewat komputernya Bapak petugas dan akhirnya PASMO ane bisa lagi. Begitu turun di stasiun Kuramae langsung jalan menuju ke arah hotel.
Diubah oleh kingcarras16
0 0
0
[FR] Japan Trip 2018 9D8N (Tokyo - Takayama - Nagoya - Kyoto - Hiroshima - Nikko)
23-12-2018 21:56
8. Day 8 : Nikko
Hari ini ane mulai jalan2 ketika matahari belum terbit tepatnya pukul 6.30, sebelumnya sarapan kaarage dulu yang dibeli malam sebelumnya di Chicken Man Ueno. Sedikit gerimis di Asakusa tapi visibilitas masih oke dan bahkan Tokyo Skytree masih kelihatan jelas di kejauhan. Hari ini tujuan ane adalah ke salah satu daerah pegunungan yang terkenal di Jepang, Nikko, tapi sebelumnya jalan2 dulu ke salah satu kuil terkenal di Jepang dan gratisan, Sensoji. Dari hotel ga sampai 10 menit udah sampai di depan Kaminarimon. Enaknya jalan pagi2 tempat wisata masih sepi jadi lebih bagus bwd foto2. Puas foto2 di depan Kaminarimon lanjut ke dalam tepatnya ke Nakamise, salah satu tempat jual oleh2 yang terkenal di Tokyo. Dari Nakamise lanjut ke bangunan utama Sensoji dan lanjut lihat bangunan2 kecil di sekeliling Sensoji. Kurang lebih sampai jam 9 ane keliling n foto2 di sekitar Sensoji n Nakamise, jam 9 langsung jalan ke stasiun Asakusa Ginza line untuk menuju stasiun Ueno. Sama seperti stasiun Tokyo, stasiun Ueno ini juga super gede dan jalurnya lumayan panjang untuk pindah dari subway ke Shinkansen. Dan yang membedakan sama stasiun Shinkansen lainnya ialah peron Shinkansen di Ueno berlokasi di bawah tanah.
Shinkansen Yamabiko tujuan akhir Sendai yang berhenti di Utsunomiya udah muncul jam 10 dan 5 menit kemudian langsung berangkat menuju stasiun Utsunomiya. Cukup 45 menit waktu tempuh dari Ueno ke Utsunomiya naik Shinkansen, sampai di Utsunomiya cuacanya ga terlalu dingin, langsung ane lepas kupluk n sarung tangan. Keluar dari peron Shinkansen langsung melangkah menuju peron Nikko line yang kelihatan klasik banged dengan nuansa warna coklat. Kereta JR Nikko line ini mirip sama di Hiroshima, rangkaiannya pendek dan kalau buka pintu harus tekan tombol yang ada di samping pintu. Jadwalnya sendiri cukup minim, kadang dalam satu jam cuma ada 1 pemberangkatan dari dan menuju Nikko. Sekitar jam 12 tibalah kereta JR Nikko line di stasiun akhir, Stasiun Nikko.
Welcome to Nikko

Ane duduk sebentar di bangku sambil menikmati kaarage, sebelum melanjutkan perjalanan ke stasiun Tobu Nikko, tempat terminal bis wisata Nikko. Stasiun Tobu Nikko sendiri ga jauh dari stasiun JR Nikko, cuma 5 menit jalan kaki, dan setelah menunggu kurang lebih 10 menit akhirnya datanglah World Heritage Bus dengan tujuan akhir Kuil Futarasan. Tapi tujuan perdana ane bukan kuil Futarasan melainkan sebuah jembatan, Shinkyo Bridge.
Shinkyo Bridge


Puas foto2 di Shinkyo langsung lanjut ke destinasi berikutnya yaitu kompleks kuil2 terkenal di Nikko dimana ada kuil Toshogu, Rinnoji, dan Futarasan di satu lokasi. Dari Shinkyo sendiri harus nanjak dan kali ini lumayan lebih jauh dibanding Kiyomizudera. Penasaran pengen liat langsung bentuknya kuil Toshogu, begitu lihat htm di loket langsung kaget...htm khusus kuil 1.300 JPY dan kuil+museum 2.100 JPY, bayarnya pun ga cuma cash dan bisa pakai semua jenis IC Card. Akhirnya ane ga jadi masuk, foto2 aja dari luar kemudian lanjut ke kuil berikutnya yang gratisan, kuil Futarasan. Kurang lebih sampai jam 4 selesai muter2 n foto2 di sekitar kuil Futarasan dan 10 menit kemudian muncullah World Heritage Bus di bus stop Kuil Futarasan. Langsung naik bus dengan tujuan akhir stasiun JR Nikko dan pukul 4.30 sore naik kereta balik menuju stasiun Utsunomiya.

Sekitar jam 6.30 sampailah ane di Ueno dan agenda selanjutnya adalah dinner di restoran halal dekat stasiun JR Uguisudani, restoran Halal Sakura. Restoran ini dikelola oleh warga Uyghur yang udah lama tinggal di Jepang, jadi menunya ga cuma ramen ada menu Uyghur juga dan set menu makanan Jepang, ane sendiri pesen set menu di restoran ini.
Restoran Halal Sakura


Selesai makan malam langsung naik kereta JR Yamanote line lagi ke stasiun JR Okachimachi dan tujuan selanjutnya adalah Don Quijote Ueno untuk beli oleh2. Sekitar jam 8.30 malam acara beli oleh2 selesai langsung jalan ke stasiun Ueno-Okachimachi untuk naik subway ke stasiun Kuramae. Besok paginya ane naik kereta jam 6.30 pagi menuju bandara Haneda dan jam 7.10 sampailah ane di bandara Haneda sekaligus mengakhiri solo trip perdana di Jepang selama 9 hari. Sayonara Japan
0 0
0
[FR] Japan Trip 2018 9D8N (Tokyo - Takayama - Nagoya - Kyoto - Hiroshima - Nikko)
23-12-2018 22:08
CLOSING

Jepang selalu menjadi negara yang menarik bwd ane pribadi apalagi setelah dua kali trip kesini tahun 2017 dan 2018. Menurut ane Jepang adalah negara yang maju yang paling menjaga tradisi dan kebudayaannya sehingga tetap punya ciri khas walaupun udah punya teknologi yang super canggih. Jepang menurut ane juga bisa jadi alternatif yang murah dan menarik bagi rekan2 yang punya keinginan untuk trip ke Eropa tapi terkendala visa. Berkunjung ke Jepang bisa pakai e-paspor jadi ga perlu pusing masalah saldo minimal di tabungan, selain itu promo pesawat murah setahun bisa 4 kali dari Garuda dan beberapa kali dari maskapai top Jepang seperti ANA dan JAL. Menurut pengamatan ane hampir semua yang ada di Eropa ada di Jepang : kereta cepat?Ada; pegunungan bersalju?Banyak. Bangunan-bangunan tua yang masih kokoh?Banyak. Setelah sempat trip juga ke UK dan bandingin sama Jepang, ane pribadi lebih sreg berkunjung ke Jepang, salah satunya karena warganya lebih ramah sama turis dan lebih banyak restoran halal yang bahkan juga ada di kota kecil seperti Takayama.
0 0
0
Lihat 1 balasan
[FR] Japan Trip 2018 9D8N (Tokyo - Takayama - Nagoya - Kyoto - Hiroshima - Nikko)
02-01-2019 10:07
mantap trip nya gan
ke kawaguchiko ga pake kereta aja gan?
bukannya ke cover juga sama jr pass
0 0
0
[FR] Japan Trip 2018 9D8N (Tokyo - Takayama - Nagoya - Kyoto - Hiroshima - Nikko)
02-01-2019 11:35
Quote:Original Posted By anekdotaneh
mantap trip nya gan
ke kawaguchiko ga pake kereta aja gan?
bukannya ke cover juga sama jr pass


Thanx gan...betul untuk kereta masih tercover dari Shinjuku ke Otsuki,tapi ribet harus ganti kereta di Otsuki. Lebih praktis naik bis dari Shinjuku,,kalau lancar perjalanan cuma 1,5 jam.
0 0
0
[FR] Japan Trip 2018 9D8N (Tokyo - Takayama - Nagoya - Kyoto - Hiroshima - Nikko)
23-07-2019 21:05
Boleh mintainfo pesan tiket bus shinjuku - kawaguchi dan nohi bus tour dari indonesia pakai website apa? Atau booking via tur agen jkt ? Terimakasih
0 0
0
[FR] Japan Trip 2018 9D8N (Tokyo - Takayama - Nagoya - Kyoto - Hiroshima - Nikko)
24-07-2019 21:23
Quote:Original Posted By Jasminita
Boleh mintainfo pesan tiket bus shinjuku - kawaguchi dan nohi bus tour dari indonesia pakai website apa? Atau booking via tur agen jkt ? Terimakasih


Tiket Bus Shinjuku-Kawaguchiko bisa dibook online dari Jkt di website japanbus. Bukti reservasi sekaligus berlaku sebagai karcis. Tour Nohi Bus Shirakawago juga bisa dibook online via website Nohi Bus. Tapi harus ditukar sama tiket fisiknya di Takayama Nohi Bus Center.
0 0
0
[FR] Japan Trip 2018 9D8N (Tokyo - Takayama - Nagoya - Kyoto - Hiroshima - Nikko)
15-11-2019 16:43
woww mantep
0 0
0
[FR] Japan Trip 2018 9D8N (Tokyo - Takayama - Nagoya - Kyoto - Hiroshima - Nikko)
Lapor Hansip
16-11-2019 12:59
Balasan post kingcarras16
mantab gan
pengen banget solo travel tapi masih maju mundur
0 0
0
[FR] Japan Trip 2018 9D8N (Tokyo - Takayama - Nagoya - Kyoto - Hiroshima - Nikko)
19-11-2019 23:11
waaahh mantap gan informasinya detail banget, bener bener ngebantu nih buat yang mau jalan jalan ke jepang. nice thread gan!
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia