alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c18959988b3cb194e5b5221/ilmuwan-inggris-bantah-tsunami-palu-akibat-saluran-bawah-laut
Lapor Hansip
18-12-2018 13:37
Ilmuwan Inggris Bantah Tsunami Palu Akibat Saluran Bawah Laut
Quote:Jakarta, CNN Indonesia -- Studi anyar dari Universitas Brunnel London, Inggris, menunjukkan tsunami setelah gempa bumi di Palu, Sulawesi, kemungkinan terjadi akibat adanya longsor bawah laut yang cukup besar. Studi ini dipublikasikan di jurnal Pure and Applied Geophysics.

Studi ini membantah hipotesa sebelumnya yang menyebut kalau penyebab tsunami akibat adanya saluran air di bawah laut Palu yang menyebabkan air naik ke atas teluk atau osilasi teluk.

"Analisis kami sepenuhnya mengesampingkan spekulasi itu," kata Mohammad Heidarzadeh, Asisten Profesor Teknik Sipil di Brunel yang memimpin studi ini, seperti tertulis pada situs Universitas Brunnel London. "Kami membuktikan bahwa osilasi teluk tidak dapat membuat ombak setinggi 11 meter."

Analisis permukaan laut menunjukkan bahwa tsunami Sulawesi memiliki periode gelombang yang pendek. Ini sejalan dengan gelombang yang dihasilkan oleh longsoran. Tsunami akibat longsoran biasnya memiliki periode antara 3 sampai 4 menit. Sementara tsunami akibat gempa memiliki periode gelombang antara 15 hingga 60 menit.

Selain itu, studi ini juga menemukan bahwa gelombang terbesar tsunami terkonsentrasi di sebagian kecil pesisir. Ini konsisten dengan ciri-ciri tsunami akibat longsor.

Sebelumnya, sejumlah ahli memperkirakan tsunami yang terjadi di Palu kemungkinan terjadi karena 3 hal; adanya saluran bawah laut, adanya gelombang yang pecah dekat pantai sehingga menimbulkan tsunami, dan longsor bawah laut. Hal ini diungkap oleh peneliti di Fakultas Sains dan Teknik Curtin di Universitas Bentley, di Australia Barat.

LIPI pun sebelumnya menduga kalau tsunami di Palu bisa jadi dipicu oleh dua faktor, akibat morfologi teluk Palu yang memperbesar gelombang tsunami atau akibat longsor tebing laut. Penelitian Inggris ini menegaskan bahwa penyebab gempa adalah akibat longsor bawah laut.

"Analisis kami berdasarkan data permukaan laut dari gelombang sebenarnya yang dihasilkan oleh tsunami Sulawesi, analisis pecahan dan deformasi dasar laut akibat gempa, dan simulasi komputer dari rambatan tsunami," jelas Dr. Heidarzadeh.

Para ilmuwan kebingungan dengan teka-teki tsunami yang menimpa Palu-Donggala. Pasalnya, gempa dengan magnitude 7,5 SR dianggap kurang kuat untuk menimbulkan kerusakan separah itu. Gempa ini bahkan tak cukup besar untuk menyalakan peringatan dini tsunami milik pemerintah.

Peneliti LIPI sendiri tak menyangka gempa tersebut bisa berdampak tsunami setinggi 3 meter. Sebab gempa dengan sesar mendatar tidak efektif mengakibatkan tsunami. Tercatat gempa sesar mendatar di Wharton, Penssylvania, AS, hanya menghasilkan tsunami 30 cm.

"Kejadian ini sangat membingungkan karena dua hal," tutur Heidarzadeh. "Pertama, besar gempa berkekuatan sedang. Biasanya butuh gempa dengan kekuatan 8,4 atau 8,5 untuk memicu tsunami besar dengan tinggi hingga 11 meter. Kedua, mekanisme guncangan gempa bersifat luncuran horizontal (strike-slip) yang tiba-tiba.

"Ini membingungkan karena kami memperkirakan gelombang laut hanya 1 atau 2 meter dari gempa di Sulawesi.


SUMBER

kafir sibuk mencari data dan fakta suatu masalah
kaum yang males make otak cukup sebut azab tanpa perlu mikir lebih lanjut

Ilmuwan Inggris Bantah Tsunami Palu Akibat Saluran Bawah Laut


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
18-12-2018 13:39
yg benar karna ajab krna ada yg di kriminalisasi katanya emoticon-Traveller sok tau lu ngilmuwan kapir emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh ferina.
1
18-12-2018 13:39
gegara si pig gay??
-1
Lihat 1 balasan
18-12-2018 13:41
cocoklogi dulu di buku sumber ilmu pengetahuan alam semesta
-1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
18-12-2018 13:45
Balasan post ba4567qa
Quote:Original Posted By ba4567qa
cocoklogi dulu di buku sumber ilmu pengetahuan alam semesta


"fenomena ini ada tercatat di manual book fiksi kami dan sudah ditemukan ribuan tahun lalu oleh sesama ajaran kami"
1
18-12-2018 13:48
Ini adalah sebuah pertanda ya akhi
1
18-12-2018 14:13
Tapi TS paham kan sumber iptek itu dari manual book?
wkwkwkwkwkwkwk...
emoticon-Ngakak
2
Lapor Hansip
18-12-2018 14:18
Balasan post cipokan.yuk
Quote:Original Posted By cipokan.yuk
gegara si pig gay??


pig emank warga sulawesi bray? emoticon-Traveller
2
18-12-2018 14:27
itu akibat leluhur marah. kan dulunya benua ini semua daratan lalu tenggelam satu2 krn lapisan es mencair. jd di bawah laut itu ada daratan 1400 sebelum masehi
0
18-12-2018 14:45
TS bego ngapain percaya ilmuan kafir bule penjajah
0
18-12-2018 14:51
saluran bawah laut yg longsor krn efek lumpur lapindo.
prinsipnya kan ada yg naik d ada yg turun, keseimbangan alam.
0
18-12-2018 14:55
Postingannya pinter pinter, padahal goblok.

Sains kan hanya mencari fakta, hubungan alam dan sebab akibat.
Nggak lebih dari itu.

Coba mikir pake otak, kenapa terjadi longsor di bawah laut atau apalah ?

Seluruh alam semesta ini dalam genggamanNYA.

dalam segkejap mata, DIA bisa membuat sebab musabab elu elu pada jadi monyet.

Nanti tinggal ilmuan cari fakta alamnya, kenapa elu elu pada semua jadi monyet.
Apakah karena perubahan DNA yang dipicu oleh liur monyet yang jatuh ke tanah,
mencemari udara, udaranya terhirup oleh elu elu pada, dan akhirnya elu elu pada jadi monyet.
-1
Lihat 1 balasan
18-12-2018 14:57
hmmmmm...
mereka yg ilmuwan yg lebih kompeten mengomentarinya
klo saiya mah gag mudheng mekanismenya cem gimana
taunya klo gempa di laut tar bisa sunami
gitu duang
0
18-12-2018 15:08
Ada pengagum ilmu sim salabim komen emoticon-Wagelaseh

Maha pengasih lagi maha penyayang they said..

Maha perusak lagi maha kejam they never said..

emoticon-Wagelaseh
Diubah oleh rickreckt
0
18-12-2018 15:20
Quote:Original Posted By antonyus578
Postingannya pinter pinter, padahal goblok.

Sains kan hanya mencari fakta, hubungan alam dan sebab akibat.
Nggak lebih dari itu.

Coba mikir pake otak, kenapa terjadi longsor di bawah laut atau apalah ?

Seluruh alam semesta ini dalam genggamanNYA.

dalam segkejap mata, DIA bisa membuat sebab musabab elu elu pada jadi monyet.

Nanti tinggal ilmuan cari fakta alamnya, kenapa elu elu pada semua jadi monyet.
Apakah karena perubahan DNA yang dipicu oleh liur monyet yang jatuh ke tanah,
mencemari udara, udaranya terhirup oleh elu elu pada, dan akhirnya elu elu pada jadi monyet.


yang ente bilang ya sama aja dengan maksud TS
manusia cuma bisa ngitung proses secara sains
kalo urusan Tuhan emang ada yang bisa tanyain alasannya? emoticon-Takut
0
Lapor Hansip
18-12-2018 15:23
Balasan post antonyus578
Quote:Original Posted By antonyus578
Postingannya pinter pinter, padahal goblok.

Sains kan hanya mencari fakta, hubungan alam dan sebab akibat.
Nggak lebih dari itu.

Coba mikir pake otak, kenapa terjadi longsor di bawah laut atau apalah ?

Seluruh alam semesta ini dalam genggamanNYA.

dalam segkejap mata, DIA bisa membuat sebab musabab elu elu pada jadi monyet.

Nanti tinggal ilmuan cari fakta alamnya, kenapa elu elu pada semua jadi monyet.
Apakah karena perubahan DNA yang dipicu oleh liur monyet yang jatuh ke tanah,
mencemari udara, udaranya terhirup oleh elu elu pada, dan akhirnya elu elu pada jadi monyet.

Pendapat saya mengenai sains dari hasil kreasi otak manusia adalah untuk mengurangi dampak dari sebuah akibat yang ditimbulkannya, bencana alam adalah siklus alam, tidak ada yang dapat dengan tepat memprediksi, ..apakah kalau ada tsunami harus lari ke tmpt lebih tinggi atau ke pantai?...atau kalau ada badai hurricane kita diam saja atau mencari perlindungan di bunker? Hal2 tsb karena sains...intinya alam semesta memang sudah ada yg mengatur, tapi manusia diberi akal untuk berfikir, dan yg pasti batas antara kehidupan dan kematian Manusia itu cuma setipis koin logam, ..
0
18-12-2018 15:32
Ada yang nambah pinternya setelah baca postingan gua, ada yang tetep goblok.


Air nguap ke udara, berkumpul menjadi awan, mungkin setelah mengalami kelebihan masa dan suhu, maka berubah menjadi hujan.
Bisa hujan lebat berhari hari akhirnya banjir, bia juga hujan rintik rintik.

Sebuah siklus alam yang diketahui oleh banyak orang.

Para ilmuan hanya bisa membaca alam, tidak lebih, tapi tak akan mampu melawan proses alam.

DIA, dengan kekuasaannya, dengan sekejap mata, menciptakan sebab musabab terjadinya banjir besar, sebagaimana halnya banjir nabi Nuh.

Mudah mudahan yang goblok sadar dari kegoblokannya, jangan merasa pintar hanya sekedar mengetahui siklus alam.

-1
18-12-2018 16:03
Ilmuwan inggri pun ketipu gempa g memicu alarm
Padahal emang alarmnyabpada rusak l. Yg ngasih laporan kerjaan siapa tuh? emoticon-Leh Uga
0
18-12-2018 16:06
bentar gue teliti dulu emoticon-cystg
0
18-12-2018 16:22
kl bisa kena azab gara2 gay.g kirim satu ke sengkuni ama tim nyaemoticon-Ngakak
0
18-12-2018 16:25
Quote:Original Posted By ba4567qa
cocoklogi dulu di buku sumber ilmu pengetahuan alam semesta


emoticon-Ngakak Sarkas nih
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.