News
Batal
KATEGORI
link has been copied
171
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0944de9a09510d738b4568/temuan-tim-kompas-blangko-e-ktp-asli-dijual-di-pasar-pramuka-hingga-tokopedia
Quote: JAKARTA, KOMPAS.com - Blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) asli dengan spesifikasi resmi milik pemerintah, beredar dan diperjualbelikan di pasaran. Peredarannya ditemukan di Pasar Pramuka Pojok, Jakarta Pusat, dan di toko yang ada dalam platform e-dagang. Padahal sebagai dokumen negara, blangko e-KTP tidak boleh beredar dan diperjualbelikan. Peredaran blanko e-KTP tersebut di
Lapor Hansip
06-12-2018 22:48

Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia

Past Hot Thread
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia

Quote:

JAKARTA, KOMPAS.com - Blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) asli dengan spesifikasi resmi milik pemerintah, beredar dan diperjualbelikan di pasaran.

Peredarannya ditemukan di Pasar Pramuka Pojok, Jakarta Pusat, dan di toko yang ada dalam platform e-dagang.

Padahal sebagai dokumen negara, blangko e-KTP tidak boleh beredar dan diperjualbelikan.

Peredaran blanko e-KTP tersebut diketahui berdasarkan penelusuran Tim Kompas.

Seperti dikutip Harian Kompas, di Pasar Pramuka Pojok, yang berada di pojok tikungan yang mempertemukan Jalan Pramuka dan Jalan Salemba Raya, satu lembar blangko e-KTP dipasarkan seharga Rp 150.000 untuk blangko KTP-el bekas dan Rp 200.000 untuk blangko KTP-el baru.

Baca juga: Kemendagri Temukan Pelaku Penjual Blangko E-KTP

AN, salah satu penjual mengaku mendapat blangko dari perusahaan percetakan. Ia mengaku, tidak bisa sembarang orang bisa beli di percetakan tersebut, harus dasar saling percaya.

"Untuk lokasinya, tidak bisa saya sebutkan, karena ini ‘rahasia negara’,” ujar AN.

Satu lembar blangko KTP-el dipasarkan seharga Rp 150.000 untuk blangko KTP-el bekas dan Rp 200.000 untuk blangko KTP-el baru.

Dari AN, Kompas memperoleh satu keping blangko KTP-el baru yang dia jual seharga Rp 200.000.

Baca juga: Temuan Kompas, Blangko E-KTP yang Dijual Bebas Pakai Chip seperti E-KTP Asli

Secara kasat mata, blangko yang dijual AN sangat mirip dengan blangko asli, termasuk hologram di lembar muka blangko.

AN pun meyakinkan bahwa blangko itu asli dan di dalamnya tertanam chip.

AN juga tak ragu menawarkan blangko KTP-el dalam jumlah besar. Dia mengaku siap menyediakan 200-300 lembar jika dibutuhkan.

Sejumlah kios jasa pengetikan dan penjilidan dokumen di Pasar Pramuka Pojok juga menyediakan jasa pembuatan e-KTP asli tapi palsu, alias aspal.

Jasa pembuatan e-KTP aspal dikenakan ongkos Rp 500.000 per lembar.


OD, salah satu penyedia jasa pembuatan KTP-el aspal menjelaskan, data identitas hanya dapat dicetak di lembar blangko.

Ia mengaku tidak dapat merekam data identitas ke dalam chip yang ada di dalam blangko KTP-el.

KTP yang dia buat juga tidak bisa digunakan di instansi yang memiliki alat scan kartu, karena biodatanya tidak masuk ke dalam chip.

Salah satu penjual yang ada di plaftorm e-dagang Tokopedia, blangko KTP-el juga ditawarkan oleh toko Lotusbdl.

Toko yang mengidetifikasi dirinya berada di Bandar Lampung, Provinsi Lampung, menawarkan selembar blangko KTP-el seharga Rp 50.000.

Untuk memperolehnya pembeli harus membeli 10 kartu sekaligus seharga Rp 500.000.

Direktur Jenderal Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, pihaknya langsung menelusuri temuan tim Kompas tersebut.

Hasilnya, pihaknya sudah menemukan pelaku penjual. Kasus tersebut juga sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya untuk diusut.

Sementara Tokopedia sudah menghapus produk e-KTP dari platform.


https://nasional.kompas.com/read/201...ngga-tokopedia


Pantes barangnya langka emoticon-Imlek
Diubah oleh kaskus.infoforum
7
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 9
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:09
baru tau klo ktp ada chip nya selama ini punya ga pernah di scan atau di tap
malah kebanyakan di fotocopy aja
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:09
kalo beneran asli, kacau banged dah
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:10
Quote:Original Posted By aliefalfath
ya paling karena ada pihak yg takut kalah, makanya ada penggelembungan pemilih & penjualan bebas blanko ktp -_-


walah berarti yg orang gila mau didata buat nyoblos itu gmna breh
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:12
Quote:Original Posted By dedyman19
walah berarti yg orang gila mau didata buat nyoblos itu gmna breh


Mungkin karena udh gada org waras yg mau milih dia.
But gatau sih, segala alesan bisa berlaku :v
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:15
Quote:Original Posted By rizkybond
Buset dah
Apa aja bisa dijual kalo di indonesia
Sampai blanko e ktp pun juga ikutan dijual
Ntar lagi Nastak Laknat juga bisa dijual ke cinak kali ya
Biar dia tau gimana rasanya dijajah oleh si mata sipit
emoticon-Wakaka
emoticon-Leh Uga


emoticon-Cendol Gan
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:17
Quote:Original Posted By aliefalfath
Mungkin karena udh gada org waras yg mau milih dia.
But gatau sih, segala alesan bisa berlaku :v


trus no urutnya sekarang macem no angkutan ada 0 didepannya emoticon-Big Grin
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:21
Ektp cuma pajangan saja emoticon-Smilie
1 0
1
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:27
seru nih bakal jadi alasan dan jadi ladang


nanem dulu ah emoticon-Ngacir
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:30
dijamin gak bakal maju2 nih negara, praktek ginian masih selalu ada. yg beli jg buat apa kalo bukan buat nipu2 emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:33
padahal ada chip tp bisa dijual belikan secara bebas.
berarti chip itu omong kosong belaka.

ada kaskuser disini yg udah membuktikan mengurus sesuatu menggunakan chip e-ktp?
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:34
Itu lah indonesia semua bisa dijadikan bisnis/usaha emoticon-Bukan IGO
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:40
welcome to endonesah
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
Lapor Hansip
07-12-2018 15:45
Balasan post capcayster
Punya ane aja sampai lepas jadi 2 lembar ngk ada itu E didalamnya
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:46
Quote:Original Posted By Joko.Widoddo
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia



Pantes barangnya langka emoticon-Imlek


Ah baikll biji peleeer dah?!!

Alat scan kartu dimana tong?!! Alat scan ktp dmn n buat apa.. Ktp guna komersialnya cuman buat pemilu n pilkada.. Nah selama gw ikutin permainan loe pada (gak ada tuh scan2 ktp) taik kucing nyebar teror ke masyarakat aja.. Taik kucing dah pemerintah indo soal ginian mah.. Dasar emang muka tembok!!

Jangan kan ktp.. E passport aja dibandara dari 10..gagal 7 tiap discan..

Ktp lagi bilang alat scan nakut2in orang ada chip.. Chipnya dimana tong.. Tong.. Hahaha.. Wkwkwk.. Gw ini bisa ngomong karena muak.. Terlalu geli.. Terlalu jijik ama ala sok2 edukasi nyebarin rasa takut n khawatir dimasyarakat.. Kita bongkar barang2 aja yuk tim kompas.. Gw penasaran ktp kita ada chip dimana.. Hahaha.. HOEEEAK CUIIIH!!!

emoticon-Najisemoticon-Entahlahemoticon-Wakakaemoticon-Wkwkwkemoticon-Om Telolet Om!emoticon-Om Telolet Om!
Diubah oleh a1magic
1 0
1
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:47

Omong Kosong Gan Emang?!! Hahaha

Quote:Original Posted By samudra6969
padahal ada chip tp bisa dijual belikan secara bebas.
berarti chip itu omong kosong belaka.

ada kaskuser disini yg udah membuktikan mengurus sesuatu menggunakan chip e-ktp?


Baru uda gw jawab gan..!!! emoticon-Shakehand2
Diubah oleh a1magic
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:51
ini yang jadi dpt palsu.
0 1
-1
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 15:51
bisa saja kasus kayak gini bocornya dari perusahaan yang jadi rekanan gan, kalo bocornya langsung dari pihak pemerintah parah banget tuh emoticon-Smilie
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
Lapor Hansip
07-12-2018 16:01
Balasan post dwiatmaja
Mungkin bukan itu maksudnya sayangqoe....
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 16:01
Mahal banget.....
0 0
0
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
07-12-2018 16:06
buset dah, harus di usut tuh gan..
0 0
0
Halaman 6 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia