alexa-tracking
Kembali ke Versi Lama
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.92 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5be10a3c620881be2e8b4568/yang-jauh-jadi-dekat-ini-enaknya-infrastruktur-jaman-now
06-11-2018 10:27
Yang Jauh Jadi Dekat, Ini Enaknya Infrastruktur Jaman Now
Past Hot Thread
Yang Jauh Jadi Dekat, Ini Enaknya Infrastruktur Jaman Now

Terisolir itu emang gak enak, rasanya kesepian, sulit mau ngapa-ngapain. Itulah yang dirasakan sama warga-warga yang tinggalnya jauh dari kota dan gak tersentuh pembangunan infrastruktur, Gan. Bayangin deh betapa beratnya perjuangan anak-anak di daerah yang mau ke sekolah aja susah karena gak ada akses jalan yang memadai atau jembatan yang aman. Boro-boro naik jembatan yang aman, masih ada kan kita lihat di berita ada anak SD yang sehari-harinya ke sekolah mesti menyeberangi sungai. Selain bahaya, itu juga bikin mereka jadi berbasah-basahan ke sekolah. Mereka menuntut ilmu dalam keadaan kedinginan dan kelelahan di jalan.

Mungkin buat masyarakat perkotaan, kemajuan infrastruktur sepertinya sudah biasa. Malahan kita suka take it for granted, dengan ngeluh macet padahal kita-kita juga yang bikin macet. Syukurnya, untuk orang Jakarta misalnya, udah berasa tuh nikmatnya transportasi umum dengan banyaknya armada Transjakarta dan dibukanya banyak koridor Transjakarta sehingga warga pinggiran kota Jakarta juga kebagian enaknya naik moda transportasi yang nyaman ini.

Apalagi, tahun 2019 nanti Pemerintah akan meresmikan MRT dan LRT. Tentunya dengan adanya MRT & LRT, harapannya banyak yang beralih naik transportasi umum, baik itu MRT, LRT, atau kereta api dan Transjakarta yang sudah semakin terintergrasi alias terhubung satu sama lain.

Adanya pembangunan infrastruktur tuh bermanfaat banget buat bikin hidup lebih praktis, efektif, efisien, demi memajukan ekonomi, sosial, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Nah, beberapa tahun belakangan ini, udah mulai banyak pembangunan infrastruktur di negeri kita tercinta ini, Gan. Penasaran gak apa aja? Cekidot, GanSist:

1. Pembangunan infrastruktur Jalan dan Jembatan

Semakin baiknya infrastruktur jalan bisa ngurangin biaya logistik. Ini berguna banget buat bisnis dan ekonomi, di mana kita bisa meningkatkan daya saing produk Indonesia.

Kalau ngeliat data dari Kementerian PUPR, setiap tahunnya ada pemeliharaan rutin dan rehabilitasi jalan nasional sepanjang 40.000 km. Ini penting biar jalan yang udah dibangun tetep terawat dan panjang umurnya serta mulia (lha jadi nyanyi).

Yang gak kalah pentingnya, dari 2015-2017 ini udah ada pembangunan jalan baru sepanjang 2.621 km! Padahal katanya target 2019 jalan yang dibangun itu 2.650 km. Udah lebih target, ntap!

Nah, kalau bahas soal jembatan sebagai akses penting di desa, sejak 2015 sampai sekarang, jembatan yang dibangun total panjangnya udah lebih dari 1 juta meter, Gan! Dengan terus dibangunnya jembatan ini, masyarakat desa bisa lebih mudah mobile kemana-mana dan penting juga untuk memperbaiki kualitas hidup di sana. Daerah yang terisolir pun jadi semakin terbuka.

2. Kereta Api

Sebagai salah satu moda transportasi yang digunakan sehari-sehari, kereta api memang favorit nih menghubungkan yang jauh jadi dekat. Warga dari Bogor, Bekasi, Cikarang, Tangerang bisa kerja di pusat kota berterima kasih banget sama kemajuan layanan commuter line. Ditambah sekarang udah ada beberapa kereta penghubung ke bandara.

Sampai 2018 ini, jalur KA termasuk Jalur Ganda & Reaktivasi udah terbangun sebanyak 754,59 km. Terus, sebanyak 413,6 km jalur KA ditingkatkan dan direhabilitasi. LRT Sumatera Selatan dan DKI Jakarta aja udah selesai dibangun tahun ini. Untuk LRT antar jabodebek dan MRT bakal rampung 2019 mendatang. Duh udah gak sabar!

3. Bandar Udara

Setuju kan kalau beberapa bandara di Indonesia makin kece badai, misalnya aja renovasi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dan juga beberapa bandara lainnya. Dari 2015 sampe 2018 ini, ternyata udah ada 10 bandara baru yang dibangun, Gan! Nih, listnya:

1. Bandara Letung, Kep. Anambas, Kep. Riau
2. Bandara Namniwel, Maluku.
3. Bandara Miangas, Sulawesi Utara
4. Bandara Morowali, Sulawesi Tengah
5. Bandara Werur di Tambrauw, Papua Barat
6. Bandara Maratua, Kalimantan Utara
7. Bandara Koroway Batu, Tanah Merah, Papua
8. Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat
9. Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur
10. Bandara Tebelian, Sintang, Kalimantan Barat.

Agan Sista ada yang dari daerah yang ane sebutin di atas gak?

Tapi enggak cuma bandara baru aja yang diurusin, bandara-bandara lainnya yang udah ada duluan juga direvitalisasi dan dikembangin. Total ada 408 bandara di daerah rawan bencana, terisolasi, dan wilayah perbatasan yang saat ini jadi perhatian.

Masih ngomongin soal lalu lintas udara, pemerintah ternyata juga udah ngebangun jembatan udara untuk Angkutan Udara Perintis Kargo. Jembatan udara ini penting banget untuk nurunin disparitas harga 5 bahan kebutuhan pokok sebesar 57,21% untuk masyarakat daerah terpencil dan daerah tertinggal atau daerah yang belum terlayani moda transportasi lain. Dengan begitu harga kebutuhan pokok bisa lebih terjangkau masyarakat di sana.

4. Pelabuhan

Antar darat udah, antar udara juga udah. Yang gak ketinggalan tentunya infrastruktur yang menghubungkan antar pulau-pulau di Indonesia yaitu, pelabuhan dong Gan.

Hingga 2018, ane baca datanya dari Kementerian PUPR yang bekerjasama dengan Kemenhub, Kementerian BUMN, ada 19 pelabuhan yang dibangun! Waa! GanSist pada tahu enggak ada pelabuhan baru apa aja? Beberapa di antaranya, yaitu Pelabuhan Malahayati, Batam, Jambi, Palembang, Panjang, Teluk Bayur,Tanjung Emas, dan Pontianak. Dengan adanya pembangunan pelabuhan ini, kapasitas pengangkutan barang jadi meningkat. Ini bermanfaat banget buat kita dan masyarakat di pulau-pulau lain, dimana harga barang bisa bersaing karena biaya distribusi bisa ditekan dan orang-orang di luar Pulau Jawa bisa merasakan membeli barang dengan selisih harga yang tidak terlampau jauh.

Terus, Pemerintah juga telah menambahkan 5 unit kapal penyeberangan penumpang, 3 unit kapal motor penyeberangan, dan 10 pelabuhan penyeberangan. Transportasi laut yang semakin meningkat bakal mendukung kegiatan masyarakat. Kalau kayak gini, Indonesia jadi makin optimis deh segala hal jadi serba efektif dan efisien. Buat yang kemarin ngeluh jumlah pelabuhan di Indonesia masih dikit, harus udah mulai bersyukur yah sama kerja pemerintah empat tahun terakhir emoticon-Smilie

5. Internet

Yang gak kalah menariknya, soal infrastruktur telekomunikasi nih. Ini penting banget Gan Sis demi kelangsungan hubungan Gan Sis ke pasangan masing-masing. Kementerian Komunikasi dan Informatika punya yang namanya program Palapa Ring yang adalah pembangunan serat optik untuk seluruh Indonesia sepanjang 30.000 km yang menjangkau seluruh ibukota kabupaten dan kota.

Palapa Ring membuat Agan dan Sista bisa internetan dan lancar berkomunkasi dari Sabang sampai Merauke, lho! Tujuannya supaya teknologi dan informasi semakin merata secara negara kita ini kan negara kepulauan ya, kalau mau halo-halo gak bisa asal teriak gitu aja. Kudu ada alat komunikasi yang bisa menjangkau dari ujung sini sampe ujung sana. Buat anak rantau atau yang LDR-an antar provinsi, ini guna banget yah jadi gampang terhubung, yang jauh jadi terasa dekat (ciye~).

Sejak ada pembangunan infrastruktur yang makin kece badai, yang jauh jadi dekat, yang renggang jadi erat. Mimin doain, yang masih jomblo jodohnya juga ikutan makin dekat ya~

emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir



6
Kutip
Balas
Urutan
Terlama
Halaman 1 dari 9
06-11-2018 12:02
yuk ldr an ama aku
1
Kutip
Balas
09-11-2018 00:05
#2019gantipepsodent
5
Kutip
Balas
09-11-2018 00:11
semoga makin dekat min hehehemoticon-Ngakak
0
Kutip
Balas
09-11-2018 00:14
Yang penting banyak kuota.. emoticon-Leh Uga
2
Kutip
Balas
09-11-2018 00:15
nyimak min
0
Kutip
Balas
09-11-2018 00:20
Suasana yang ga bisa ditemukan di kota-kota besar
0
Kutip
Balas
09-11-2018 00:20
walau infrastruktur bisa mendekatkan
hubungan dengan si doi tetap serasa jauh.

Yang Jauh Jadi Dekat, Ini Enaknya Infrastruktur Jaman Now
1
Kutip
Balas
09-11-2018 00:21
trus gw harus bilang apaemoticon-Ngakak
0
Kutip
Balas
09-11-2018 00:26
udah makin maju, tapi yang jomblo masih aja jombloemoticon-Turut Berduka
3
Kutip
Balas
09-11-2018 00:30
ane juga gan masih jomblo
0
Kutip
Balas
09-11-2018 00:37
Yang jauh emang jadi dekat ..
Tapi yang dekat jadi berasa jauh emoticon-norose

3
Kutip
Balas
09-11-2018 00:45
10 tahun yang sia2 emoticon-Ngacir
2
Kutip
Balas
09-11-2018 00:45
Quote:Original Posted By wenoobs
udah makin maju, tapi yang jomblo masih aja jombloemoticon-Turut Berduka


Sabar gan emoticon-Ngakak
0
Kutip
Balas
09-11-2018 00:47
terus wow gitu?emoticon-Bingung
0
Kutip
Balas
09-11-2018 00:50
Yang Jauh Jadi Dekat, Ini Enaknya Infrastruktur Jaman Now
0
Kutip
Balas
09-11-2018 01:06
Amin semoga min emoticon-Nyepi
Yang penting di zaman now ini sih Infrastruktur Internet ya, bisa merealisasikan istilah "Jauh di mata dekat di layar " jadi kenyataan emoticon-Jempol
0
Kutip
Balas
09-11-2018 01:12
nyimak ajalah
1
Kutip
Balas
09-11-2018 01:18
Yang Jauh Jadi Dekat, Ini Enaknya Infrastruktur Jaman Now
4
Kutip
Balas
09-11-2018 01:19
Quote:Original Posted By akdamian
Amin semoga min emoticon-Nyepi
Yang penting di zaman now ini sih Infrastruktur Internet ya, bisa merealisasikan istilah "Jauh di mata dekat di layar " jadi kenyataan emoticon-Jempol


jauh pap, dekat skidipapap...........
0
Kutip
Balas
09-11-2018 01:38
pak pemerintah udah bagus sih, usahanya.. tapi boleh request g pak pemerintah???

bikinin jalur rel kereta api dr lampung sampai aceh dong.. biar sama spt jawa.. yg ad kereta apinya yg menghubungkan dr jabar - jatim.., jangan cuma jakarta lagi jakarta lagi, jawa lagi jawa lagi yg dikasih perhatian.. kalo perlu skalian kalimantan, sulawesi, bahkan papua juga dibikinin kereta api yg menghubungkan seluruh provinsi dipulau2 tsb.. emoticon-Cendol Gan
0
Kutip
Balas
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2018 Kaskus – The Largest Indonesian Community