alexa-tracking
Kembali ke Versi Lama
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.36 stars - based on 14 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbdfc3edcd770f0518b4569/akhir-akhir-ini-kalau-siang-rasanya-panas-banget-kenapa-ya-gan
10-10-2018 20:18
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
Past Hot Thread
Halo agan-agan semuanyaaaa


emoticon-Ultah


Pada ngerasa ngga, kalo akhir-akhir ini pas siang hari itu rasanya panas buanget?? 


Di daerah ane di Semarang, suhunya bisa sampe 35 derajat Celsius. Gile panasnya bikin ga betah keluar. Keringet ngalir kemana-mana.


Nah ternyata, suhu panas pas siang hari ini tu ngga cuman ada di tempat ane. Di hampir semua tempat di Pulau Jawa, Bali, dan tempat2 yang lokasinya sejajar, suhu udara pas siang hari bisa panas banget akhir-akhir ini.


Kenapa ya gan?


Cekitod, ini dia penjelasannya.



Quote:Sebenernya ada banyak faktor yang mempengaruhi, tapi secara umum ada dua buah penyebab utama dari hal ini.





Quote:
Posisi Matahari


Saat posisi matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa maka intensitas radiasi matahari akan semakin kuat, dan sebaliknya, jika berada jauh dari garis khatulistiwa maka intensitasnya akan semakin berkurang.



Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?


Jika kita tinjau dari keberadaan Matahari… posisi matahari saat ini sedang berada di belahan bumi selatan, di sekitar wilayah Indonesia. Sehingga kita secara langsung menerima paparan dari sinar matahari hampir tegak lurus.


Sebenarnya posisi matahari tepat melewati garis ekuator bumi pada 23 September 2018 lalu, yang disebut dengan equinox.



Namun, lantaran gerak semu matahari bergerak ke belahan bumi selatan, maka saat ini posisi matahari berada di 6 derajat Lintang Selatan (dekat dengan Pulau Jawa) antara tanggal 5 sampai 10 Oktober.










Quote:
Kelembaban Udara Rendah


Pada bulan September-Oktober ini kondisi kelembaban udara sedang rendah yang menyebabkan udara semakin panas.



Kelembaban udara sendiri merupakan tingkat kebasahan udara atau tingkat kandungan uap air di dalam udara.



Kelembaban udara berbanding terbalik dengan suhu udara. Semakin tinggi suhu udara, maka kelembaban udaranya semakin kecil. 



Jika kelembaban udara rendah, maka proses penumbuhan awan hujan pun menjadi lebih kecil. Hal ini dapat menyebabkan potensi hujan juga menjadi relatif lebih kecil dan meningkatkan suhu udara.




Jadi, kesimpulannya adalah....



Quote:

Kondisi panas ini disebabkan oleh dua hal:


1. Posisi matahari yang berada di belahan Bumi selatan dekat Indonesia

2. Kelembaban udara yang rendah









Tapi tenang saja, kondisi panas ini normal kok. Jadi tak ada yang perlu dikhawatirkan.



Begitu gan... cerita dong, seberapa panas siang hari di tempat agan...




Terima kasih agan-agan semua

Jangan lupa kasih bintang 5 dan cendolnya yaa


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star

Diubah oleh fajrulfa
7
Kutip
Balas
Halaman 1 dari 12
10-10-2018 20:21
ane jd hrs sering ngepel lantai, krn debu emoticon-Hammer2
0
Kutip
Balas
10-10-2018 20:26
Quote:Original Posted By 3770372
ane jd hrs sering ngepel lantai, krn debu emoticon-Hammer2


Kaskuser terajin tahun ini emoticon-Ngacir
1
Kutip
Balas
10-10-2018 20:26
Lha...sumatera malah ujan mulu sampe bangir emoticon-Leh Uga
0
Kutip
Balas
10-10-2018 20:26
Balasan Post 3770372
Iya, karena udara kering, jadi banyak debunya ya
1
Kutip
Balas
10-10-2018 20:33
wah sama gan ane juga di semarang. panasnya ampun dahhhhhhhhhhhhh
1
Kutip
Balas
10-10-2018 20:33
Hooh gobyos bray
2
Kutip
Balas
10-10-2018 20:40
Tambahan gan, bumi berputar di porosnya ga tegak lurus, condong ke utara dan selatan, nah kira2 bulan sept sampai feb, bumi condong keselatan, akibatnya bumi bagian selatan mengalami musim panas, karena kena intensitas panas mataharinya lebih banyak, bagian bumi utara mengalami musim dingin.
Ane di bali lumayan kerasa gan klo bumi udah mulai condong ke utara atawa selatan, oktober nih mulai panas ntar rada mending pas desember, mungkin karena bumi udah lebih condong ke selatan, nanti kira2 maret april kerasa lg nih panas kaya sekarang karena bumi lg dalam posisi mau condong ke utara, ntar pas juni ampe agustus dingin dah, bareng sama winter di australia.
Ane klo ke kantor, jalan arah ke kantor arahnya ke timur, jadi bisa keliatan klo sep sampai feb tuh matahari rada di sebelah kanan, klo juni agustus rada di kiri.
Yah itulah kira2 pengamatan ane yg sok tau ini emoticon-Ngakak
Diubah oleh abgtuabangke
7
Kutip
Balas
10-10-2018 20:43
matahari lagi ngambek emoticon-Shakehand2
1
Kutip
Balas
10-10-2018 20:58
Bukannya kalau juli ke desember itu emg lagi panas"nya yak, januari ke juni baru deh dibasahin
1
Kutip
Balas
10-10-2018 21:00
karna manusia layak & pantas mrasakan panas emoticon-Embarrassment
1
Kutip
Balas
10-10-2018 21:03
Sekarang lagi kemarau gan. Kalo di daerah dataran rendah, Pasti panas
1
Kutip
Balas
10-10-2018 21:04
Balasan Post abgtuabangke
Iya, bener banget. Kurang lebih emang gitu gan..
1
Kutip
Balas
10-10-2018 21:06
jadinya gimana nih, bumi itu bulat atau dataremoticon-Bingung (S)
-1
Kutip
Balas
10-10-2018 21:06
Balasan Post kamuhajat21
Quote:Original Posted By kamuhajat21
Sekarang lagi kemarau gan. Kalo di daerah dataran rendah, Pasti panas


Iya, lagi kemarau emang ini. Mulai transisi ke musim hujan.
Ditambahin efek kelembaban udara yang rendah, jadi makin kerasa panas
1
Kutip
Balas
10-10-2018 21:10
Kalo siang nyala nya terang banget.. ampe pedes di mata.. basah di badan.. lengket di selangkangan.
2
Kutip
Balas
10-10-2018 21:23
akhir-akhir ini kalo malem rasanya adem banget,kanapa ya gan? emoticon-Malu
1
Kutip
Balas
10-10-2018 21:47
panas panas bikin item lama lama 😆
1
Kutip
Balas
10-10-2018 21:52
ane tp g yakin kelembaban udara kita rendah, krn ane ngrasa lebih humid, jdny berasa engap
===
edit..beda tempat kali ya..klo lg di rumah, dipikir2 udara berasa kering, tp d tmpt krja lebih humid sedikit
Diubah oleh nubinubi
1
Kutip
Balas
10-10-2018 21:54
iya sich.
malam kadang panas.
1
Kutip
Balas
10-10-2018 23:38
Sama gan. Ditambah angin yg lagi kenceng, debu2 berterbangan.
1
Kutip
Balas
Halaman 1 dari 12
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2018 Kaskus – The Largest Indonesian Community