alexa-tracking
Kembali ke Versi Lama
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9a079ed44f9f92098b4567/inilah-perbedaan-k-drama-j-drama-tv-series-barat-dan-sinetron-indonesia
13-09-2018 13:45
Inilah Perbedaan K-Drama, J-Drama, TV Series Barat, dan Sinetron Indonesia
Past Hot Thread
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

WELCOME THE THE THREAD


Dunia pertelevisian di Amerika Serikat dari era 1990an hingga kini disebut-sebut sebagai "Golden Era" karena sejak saat itu terus bermunculan acara serial televisi berkualitas semenjak munculnya serial TV The X-Files yang kemudian disusul dengan serial komedi drama situasi Friends. Sekarang ini serial tv barat atau Amerika kualitasnya menyaingi film layar lebar. Judul-judul terkenal seperti Game of Thrones dan The Walking Dead adalah contohnya.


Sedangkan untuk wilayah asia, acara serial televisi yang terkenal adalah dari Korea Selatan atau yang sering disebut K-Drama atau biasa disebut Drakor oleh orang-orang Indonesia. Kemudian juga Drama Jepang atau -J-Drama atau juga yang biasa disebut dengan Dorama yang mempunyai ciri khas tersendiri. Lalu bagaimana dengan dalam negeri? Indonesia sendiri menyebut serial televisi sebagai sinetron dan nampaknya masih mempunyai rating yang cukup tinggi di televisi. Lalu apa perbedaan Drakor, Dorama, Serial TV Barat (W-Series), dengan Sinetron? Berikut adalah ulasan singkatnya.

Inilah Perbedaan K-Drama, J-Drama, TV Series Barat, dan Sinetron Indonesia


Quote:
DARI JUMLAH EPISODE

Inilah Perbedaan K-Drama, J-Drama, TV Series Barat, dan Sinetron Indonesia


Drama Korea


Drakor biasanya berjumlah tidak terlalu banyak dan sudah ditentukan sejak awal dan skenarionya sudah dirancang sedemikian rupa dari awal sampai akhir sehingga alur cerita tidak berantakan kemana-mana. Menurut Wikipedia, jumlah episode Drakor rata-rata mulai dari 16 hingga 100 episode dan tak lebih dari 200 episode. Jika rating cukup tinggi, maka akan berpotensi dibuatkan seaason berikutnya namun tidak semua. 


Dorama Jepang

Drama Jepang atau Dorama mempunyai episode yang lebih sedikit yaitu 8 sampai 12 episode, hal itu demi menjaga kualitas serial drama itu sendiri dan untuk mendapatkan jalan cerita yang padat dan tidak bertele-tele. Biasanya satu konflik akan selesai dalam satu episode dan konflik baru akan dimulai di episode yang selanjutnya dan menedekati akhir episode, konflik atau tujuan utama akan disajikan. Jika rating cukup tinggi, maka akan dibuatkan 1 atau bahkan 2 episode spesial. 


Series Barat

Series Barat biasanya berjumlah 10 sampai 30 episode setiap musimnya dan tayang setiap seminggu sekali. Game of Thrones adalah salah satu series barat yang dibuat HBO dengan hanya 10 episode per musimnya karena budget yang sangat mahal. satu judul Series barat bisa berjumlah banyak season seperti The X- Files yang lebih dari 10 season. Meski demikian, setiap season mempunyai ceritanya tersendiri jadi tidak akan membosankan.


Sinetron Indonesia

Jumlah episode sinetron Indonesia tidak ada aturannya, terserah sang produser. Selama rating masih tinggi dan banyak yang nonton, maka 30000 episode pun disikat, tak peduli jalan cerita, yang penting ada sejumlah manusia yang bergerak-gerak di depan kamera sambil ada dialog yang bisa didengar. Sinetron jaman dulu seperti Si Doel Anak Sekolahan atau Keluarga Cemara adalah segelintir sinetron Indonesia yang memakai sistem permusim dan satu musimnya berjumlah sedikit episode. Lain halnya dengan sinetron zaman sekarang yang satu hari bisa tayang 3 episode, karena aktor dan aktris kita memang hebat. 


Quote:
DARI SEGI GENRE

Inilah Perbedaan K-Drama, J-Drama, TV Series Barat, dan Sinetron Indonesia


Drama Korea

Drama Korea hingga saat ini masih didominasi oleh romance akan tetapi selalu dibalut dan divariasikan dengan genre lain seperti fantasi dan lainnya. Contohnya Goblin yang mempunyai genre fantasy-romance yang beberapa waktu lalu sukses besar. Drama Korea dianggap memiliki spesialisasi membuat cerita romance yang disukai oleh penonton dan khususnya penggemar setianya.


Dorama Jepang

Berbeda dengan Drakor, Dorama memiliki genre yang sangat bervariasi bahkan terkesan nyeleneh dan unik. Seperti genre Kriminal, Medikal atau Kedokteran, School Life, Memasak, Musik, dan yang lainnya. Namun, akhir-akhir ini yang banyak muncul adalah genre crime atau tentang detekitif.


Series Barat

Kalau yang ini jangan ditanya lagi, genre series barat sangat banyak, mulai dari Action hingga fiksi ilmiah bahkan fantasi politik seperti Games of Thrones. Dengan budget yang super besar, series barat bisa membuat genre apapun menjadi menarik. 


Sinetron Indonesia

Apa saja dijual yang penting disukai oleh pemirsa, mulai dari religi, komedi, hingga romansa anak sekolahan sambil main motor-motoran. Genre fantasi seperti "Handsome-handsome Wolf" pun akan terlihat seperti komedi dan kemudian berganti ke era balapan anak motor. Pokoknya TS bingung sinetron Indonesia punya genre apa emoticon-Hammer2.


Quote:
TARGET PENONTON

Inilah Perbedaan K-Drama, J-Drama, TV Series Barat, dan Sinetron Indonesia


Drama Korea

Sudah sangat jelas jika target penonton Drakor adalah para perempuan muda atau para gadis remaja yang sangat menggemari K-Pop dan suka Korea. Meskipun tentu saja ada segelintir pria yang sangat menyukai Drakor. usia rata-rata penggemar drakor adalah remaja dan dewasa muda.


Dorama Jepang

Dorama Jepang disukai oleh perempuan ataupun laki-laki. Ini dikarenakan beberapa judul Dorama merupakan adaptasi manga atau anime terkenal. Jadi, banyak laki-laki yang menyukai dorama. Namun, di Indonesia Dorama tidak begitu populer, akan tetapi terkenal di beberapa kawasan Asia lainnya.


Series Barat

Series Barat terkenal dengan aksi-aksinya yang seru dan keras, target penontonnya adalah pria yang memang sangat menyukai genre yang penuh aksi-aksi seru dan cerita yang tidak membosankan. Bahkan series seperti Vikings, dan Game of Thrones hanya ditujukan untuk pemirsa dewasa karena penuh dengan adegan yang brutal dan kekerasan.


Sinetron Indonesia

Target penonton untuk sinetron biasanya kepada mereka yang jarang atau bahkan belum bisa mengakses internet. Biasanya ibu-ibu muda yang sangat menggemari sinetron karena para pemainnya yang tamvan. emoticon-Betty


Quote:
DARI SEGI ALUR CERITA

Inilah Perbedaan K-Drama, J-Drama, TV Series Barat, dan Sinetron Indonesia


Drama Korea

Memiliki alur cerita yang jelas dan sesuai tema yang diangkat, misalnya Full House yang mengisahkan sepasang suami istri yang terikat kimpoi kontrak karena sesuatu hal. Ceritanya dari awal sampai akhir terus berfokus ke sana dengan konflik yang berliku namun akan selesai pada akhir episode.


Dorama Jepang

Seperti yang disebutkan di atas, biasanya satu konflik kecil dalam Dorama akan selesai dalam satu episode dan kemudian akan dimulai konflik baru di episode berikutnya. Konflik utama akan memuncak dan mencapai klimaks dalam beberapa episode terakhir. Dengan demikian, Dorama memiliki alur cerita yang sangat padat.


Series Barat


Series Barat memiliki alur cerita yang sedikit rumit namun sangat berbobot seperti dunia di masa depan bahkan dunia fantasy, imajinasi tingkat tinggi menjadi ciri khas dari series barat. Satu cerita utama biasanya akan selesai dalam satu musim dan akan dimulai lagi di musim yang selanjutnya. Di setiap musim/season, perkembangan suatu karakter selalu terlihat dengan baik. 


Sinetron

Alur cerita yang dimiliki oleh sinetron seakan tidak ada tujuannya, bahkan seperti tidak punya skenario yang jelas. Yang penting ada dialog dan ada sejumlah manusia yang bisa bergerak di depan kamera dan para manusia itu yang penting sangat cantik dan tamvan. Karena jumlahnya yang puluhan ribuan episode dan tayang setiap hari, penulis skenario seperti asal tulis dan asal jadi. asal jadi uang, maksudnya. emoticon-Ngakak


Quote:
JUDUL-JUDUL TERKENAL


Drama Korea

Full House, Boys Over Flowers, Descendant of The Sun, Goblin, Endless Love, Winter Sonata, dll.


Dorama Jepang

Hana Yori Dango, 1 Litre of Tears, Hana Kimi, Death Note, My Boss-My Hero, Oshin, Great Teacher Onizuka, Tokyo Dogs, dll.


Series Barat

Game of Thrones, The Walking Dead, Prison Break, Band of Brothers, The X-FIles, The Flash, Arrow, Vikings, dll.


Sinetron Indonesia

Anak Jalanan (Street Boys), Ganteng-Ganteng Serigala (Handsome2 Wolf), Anak Langit (Sky Boys), Emak Ijah Pengen Ke Mekah (Mother Ijah Want To Mekah), Tukang Bubur Naik Haji (Pulp Seller Pilgrimage), Jodoh Wasiat Bapak (Father's Will).
Inilah Perbedaan K-Drama, J-Drama, TV Series Barat, dan Sinetron Indonesia



Nah, favorit agan yang mana nih? emoticon-Wakaka


sumber referensi


Diubah oleh cintadine
0
Kutip
Balas
Urutan
Terlama
Halaman 1 dari 8
13-09-2018 13:57
Heroes, Series lama si, ane juga ngga lihat sampe tamat, tapi keren bgt lah,

Supernatural, dianggap remeh bgt, tapi serius, bagus bgt, konsep malaikat dan iblis disajikan dengan sangat fantastis,

game of throne, udah jelas lah ya, pasti orang sini juga nonton, tragedi dan fantasy disajikan dengan sangat epic dan megah,

Ngga begitu ngikuti drakor dan dorama si, kayany banyak bgt ya penggemar nya disini?


Nice trit bre, emoticon-Rate 5 Star
0
Kutip
Balas
13-09-2018 14:06
kualitas lebih bagusan ploduk luar yak emoticon-Ngakak
terakhir nonton drama jepang,death note sama nobunaga concerto
kalo drama korea mah endless love sama jewel in the palace emoticon-Jempol
-1
Kutip
Balas
13-09-2018 14:10
paporit ane thai drama, hormones the series emoticon-Leh Uga

Inilah Perbedaan K-Drama, J-Drama, TV Series Barat, dan Sinetron Indonesia
0
Kutip
Balas
13-09-2018 14:15
Dorama Korea ama Jepang...
emoticon-Recommended Seller
0
Kutip
Balas
13-09-2018 14:30
genteng genteng serigala
0
Kutip
Balas
13-09-2018 14:39
Kalau Drama Korea ane sering nonton sebenarnya bukan fans drama korea yee. Cuman bokap suka nonton yah jadi ikut nonton emoticon-Leh Uga
Kalau dorama ane gak pernah nonton. Entah kenapa kurang gitu suka.
Kalau drama Barat, ane sukanya nonton yang bertemakan Dokter2an atau detektive ane sering nonton tuh kaya CSI Miami, CSI, CSI New York. Kalau yang dokter kaya Grey Anatomy (tp gak sampe semua season), sama The Good Doctor. Kalau drama yang terkenal kaya Game of Throne atau Walking Dead ane gak nonton. emoticon-Hammer (S). Kalau Heroes nonton tapi cuman season 1, season 2 pusing nontonnya
Kalau Indonesia. Nope.... emoticon-Hammer2
0
Kutip
Balas
13-09-2018 14:42
perbandingan yg gak adil emoticon-Big Grin
masa pembanding sinetron adalah serial TV dari negara2 maju
jelas jomplang banget kualitasnya emoticon-Big Grin
mungkin lebih fair jika sinetron sini dibandingin sama drama thailand atau malaysia emoticon-Big Grin
0
Kutip
Balas
13-09-2018 15:36
sinetron indonesia kalo rating bagus, nunggu kiamat dulu baru tamat emoticon-Hammer2
0
Kutip
Balas
13-09-2018 15:46
crazy little thing called love, thailandemoticon-Recommended Seller
0
Kutip
Balas
13-09-2018 15:48
emoticon-Ngakak sinetron indo nggak ada nilai plusnya
0
Kutip
Balas
13-09-2018 16:11
nambahin, drama korea tidak cuma romance tapi ada juga yang detektif contohnya signal,ghost dan criminal minds versi asia.

drama jepang ane nemu satu genre baru, puzzle. Gak sengaja nonton di tv Gem tiap sabtu malam ada serial zero the bravest money game tentang sekelompok orang yang ikut perlombaan maut untuk memecahkan puzzle (kebanyakan soal matematika) dalam ruang-ruang tertutup
-1
Kutip
Balas
13-09-2018 16:30
Quote:Original Posted By punpun48
paporit ane thai drama, hormones the series emoticon-Leh Uga

Inilah Perbedaan K-Drama, J-Drama, TV Series Barat, dan Sinetron Indonesia


pumpun emoticon-Matabelo Bagus ya gan mau nonton di hooq kuota habis buat nonton atventur time sama avatar kora emoticon-Hammer2
0
Kutip
Balas
13-09-2018 19:03
Gak tahu, gak nonton semuanya emoticon-Ngacir
0
Kutip
Balas
13-09-2018 23:53
Anjir baru tau ada death note dorama, ane selama ini cuma nonton yg movie.
Tapi indo hebat lo bre, rilis nya aja per hari, sedangkan korea/jepang/barat aja per minggu.
0
Kutip
Balas
14-09-2018 01:41
gw lebih seneng dorama bre
kek tokyo hot trus juicy honey emoticon-Cool
0
Kutip
Balas
14-09-2018 05:45
Quote:Jumlah episode sinetron Indonesia tidak ada aturannya, terserah sang produser.


gua langsung ngakak emoticon-Big Grin
0
Kutip
Balas
14-09-2018 05:56
Sip gan, dengan informasi ini bisa diketahui perbedaannya. Kalau dalam kehidupan ane memang tidak suka menonton drama, apalagi hanya fiksi yang membuat hidup dalam alam fiksi bre.
0
Kutip
Balas
14-09-2018 06:54
drama paling joss ya carribean .com emoticon-Big Grin
0
Kutip
Balas
14-09-2018 06:56
Semua channel yg nayangin sinetron udah ane hapus dari tv ane emoticon-Cool
0
Kutip
Balas
14-09-2018 07:04
Western Series especially CSI series emoticon-army
0
Kutip
Balas
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2018 Kaskus – The Largest Indonesian Community