News
Batal
KATEGORI
link has been copied
19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b88d3ee9252337c7c8b457c/ade-armando-ingatkan-jokowi-bahaya-mulut-ngabalin-di-istana
Dosen Universitas Indonesia yang juga dikenal sebagai pendukung Joko Widodo menyarankan Jokowi mengevaluasi keberadaan Ali Mochtar Ngabalin sebagai corong komunikasi presiden. Ade melihat ada potensi Ngabalin justru bisa membahayakan Jokowi di Pilpres 2019, utamanya terkait citra Jokowi sebagai pemimpin demokratis. Potensi bahaya Ngabalin ada pada pernyataannya. Ade merujuk pada pernyataan Ngabali
Lapor Hansip
31-08-2018 12:36

Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana

Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
Dosen Universitas Indonesia yang juga dikenal sebagai pendukung Joko Widodo menyarankan Jokowi mengevaluasi keberadaan Ali Mochtar Ngabalin sebagai corong komunikasi presiden. Ade melihat ada potensi Ngabalin justru bisa membahayakan Jokowi di Pilpres 2019, utamanya terkait citra Jokowi sebagai pemimpin demokratis.

Potensi bahaya Ngabalin ada pada pernyataannya. Ade merujuk pada pernyataan Ngabalin yang menyamakan gerakan #2019GantiPresiden dengan gerakan makar.
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
"Ngabalin pandangannya berbahaya dilihat dari sisi HAM dan demokrasi. Walaupun tidak secara jelas mengatakan tapi argumen [makar] itu mengarah pada pelarangan #2019GantiPresiden. Itu bertentangan dengan prinsip kebebasan berekspresi," kata Ade saat dihubungi
CNNIndonesia.com , Kamis (30/8).

Kritik Ade terhadap Ngabalin juga disampaikan di akun facebooknya. Ade meminta Jokowi menegur Ngabalin atas label makar terhadap #2019GantiPresiden.

"Ali mungkin ingin menunjukkan kesediannya untuk membela Jokowi secara total, tapi apa yang dilakukannya justru memalukan. Di mana logikanya bahwa sebuah gerakan untuk mengganti Presiden disamakan dengan gerakan makar?" tulis Ade.

Ngabalin adalah Tenaga Ahli Deputi IV Kantor Staf Presiden. Pada Pilpres 2014, dia salah satu anggota tim pemenangan Prabowo Subianto yang kala itu berpasangan dengan Hatta Rajasa.
Di kubu Jokowi saat ini Ngabalin sering mengeluarkan pernyataan untuk menangkis isu yang menyudutkan pemerintah. Yang terbaru, Ngabalin menyamakan gerakan #2019GantiPresiden dengan gerakan makar.

Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
"Ini [#2019GantiPresiden] makar ini. Ini adalah gerombolan pengacau keamanan. Saya yang bilang," kata Ngabalin dalam acara Layar Pemilu Tepercaya di CNN Indonesia TV , Senin (27/8).
Ade sendiri tak membantah nilai strategis Ngabalin dalam tim komunikasi Jokowi.

Ade Armando menyesalkan pernyataan kontroversial Ali Ngabalin sebagai representasi Istana. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)

Menurut Ade, keberadaan Ngabalin diharapkan bisa berhadapan dengan juru bicara kubu Prabowo Subianto yang sama agresif. Namun Ade mengatakan Ngabalin harus bisa menanggalkan gaya lamanya seperti saat bersama Prabowo.

"Sekarang dia di bawah KSP, enggak boleh kalau ada orang di bawah tim kampanye Jokowi justru keluarkan pernyataan merusak, ini justru membahayakan. Sekarang saya belum bisa tentukan, tapi kalau Ngabalin dibiarkan ngomong seperti ini bisa membahayakan Jokowi," kata Ade.

Menurut Ade gerakan #2019GantiPresiden bukan makar, melainkan lazim terjadi di negara demokrasi.

Ade menyebut gerakan #2019GantiPresiden normal dalam kompetisi menuju Pilpres 2019 yang kurang dari satu tahun lagi. Adapun Jokowi, menurut Ade, adalah sosok yang demokratis.
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
Dikatakan Ade bahwa dirinya mendukung Jokowi dan menolak Prabowo sejak 2014 karena tak ingin Indonesia kembali ke zaman seperti Orde Baru yang tidak demokratis dan menindas HAM.

Dengan sosok Jokowi tersebut, Ade menegaskan pernyataan Ngabalin yang melabeli makar terhadap gerakan #2019GantiPresiden justru mencoreng Jokowi karena mencerminkan sikap anti-demokrasi.

"Kecuali kalau dalam kampanye tersebut ada seruan antiras atau SARA, anti-China, Kristen, itu yang harus ditentang. Bukan malah melarang #2019GantiPresiden," kata Ade.

sumur

Nastak cinta ngabalin,
ini Ade armando pasti udah dapet kardus dari si uno ini pasti.

kata nastak.


Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana

ngoahahaha
Diubah oleh tujuh.tahun
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
31-08-2018 12:41
Mungkin die kesel aje auranya ketutupan ngabalin hehe
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
31-08-2018 12:44
Mr. Jok, Kasihlah Armandillo ini jabatan komisaris
0 0
0
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
31-08-2018 12:45
Quote:Sundul gan
Diubah oleh 54m5u4d183
0 0
0
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
31-08-2018 12:48
Sebenernya blunder rekrut orang macem ngadalin, biar di kubu sebelah aja biar malah jeblok harusnya
0 0
0
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
31-08-2018 12:50
gwa juga heran kowi bisa rekrut ngabalin, bukannya nguntungin malah sebaliknya
0 0
0
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
31-08-2018 12:50
mesti ada 1 orang ngabalin buat hajar mulut gerung, suram, botak dll. nyinyir harus di bales nyinyir juga kadang2 emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh jokowidodo.ri1
0 0
0
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
31-08-2018 12:51
Quote:Original Posted By unwell
Mungkin die kesel aje auranya ketutupan ngabalin hehe


aura fadang fasir emang menawan ya gan menjelang 2019


emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
31-08-2018 12:52
Quote:Original Posted By jokowidodo.ri1
mesti ada 1 orang ngabalin buat hajar mulut gerung, suram, botak dll. nyinyir harus di bales nyinyir juga kadang2 emoticon-Ngakak (S)


terus gak pake otak gitu?

ngoahahaha

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
31-08-2018 12:52
Itu udah ngasih tanda tuh ade maradona pengen gantiin si ngabalinemoticon-Malu

betul gak tak
0 0
0
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
31-08-2018 12:53
Quote:Original Posted By tujuh.tahun
terus gak pake otak gitu?

ngoahahaha

emoticon-Leh Uga


emangnya nasbung punya otak emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
31-08-2018 13:06
Gara2 dia nasbung banyak yang kejang kejang karena bacotnya emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
31-08-2018 13:07


NGABALIN DAN PARA PENGIKUT TOLOLNYA SANGAT TAKUD DENGAN HESTEG
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
0 0
0
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
31-08-2018 13:15
Balasan post unwell
Quote:Original Posted By unwell
Mungkin die kesel aje auranya ketutupan ngabalin hehe


emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
31-08-2018 13:31
bang ngabalin ini bisa jadi senjata paling ampuh sekaligus bom bunuh diri paling kuat. :ngakan

kapan meledaknya, ditunggu aja emoticon-Shakehand2
0 0
0
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
31-08-2018 13:35
ngabalin emang asal ngemeng kerjanya
0 0
0
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
31-08-2018 14:00
efek kencing ontak saja udah bikin goblok
malah d oplos pake kobokan kaki memeg
makin goblok itu sudah
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
31-08-2018 14:23
Quote:Original Posted By bebasbaned
efek kencing ontak saja udah bikin goblok
malah d oplos pake kobokan kaki memeg
makin goblok itu sudah
emoticon-Leh Uga


Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana

ilustrasi
0 0
0
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
31-08-2018 14:25
Ngabalin sudah enak duduk dikursinya. Terjamin. Ade blm dpt aja makanya blg ngabalin bahaya.


Ngoahahahaha
0 0
0
Ade Armando Ingatkan Jokowi Bahaya Mulut Ngabalin di Istana
31-08-2018 14:51
untuk ngademin orang menyebalkan di kubu sebelah tentu harus di hadapi oleh orang yg menyebalkan juga...
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia