• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Di era Digital Perusahaan Terapkan Data Science, Emang Apa Pentingnya Gan?

whitehatsAvatar border
TS
whitehats
Di era Digital Perusahaan Terapkan Data Science, Emang Apa Pentingnya Gan?
Halo GanSis 

emoticon-Shakehand2

Sebuah perusahaan berjalan dengan punya produk, baik itu dalam bentuk barang atau berupa jasa yang tentu punya konsumen. Seperti yang kita ketahui nih gan, setiap bidang tentunya punya konsumen yang karakteristiknya berbeda-beda. Sehingga perusahaan kudu rela meluangkan waktu dan uang untuk melakukan survey mendapatkan berbagai informasi tentang produknya dimata konsumen, ataupun survey untuk mengerti perilaku konsumennya sendiri. Di era digital kayak sekarang, banyak perusahaan yang mulai merambah dunia digital. Dunia persilatan digital tentu nggak bisa lepas dari data, terbukti data science di era modern lagi booming dan banyak diterapin perusahaan, terutama bagi perusahaan yang suah menjalankan teknologi big data. Ketika sebuah perusahaan membentuk divisi khusus yang mengurusi soal data, pastinya juga butuh peran data scientist atau ilmuwan data yang dalam beberapa tahun terakhir permintaannya pun makin membludak. Jangan heran kalau jaman sekarang data scientist jadi profesi seksi, kemampuan mengolah data saat ini banyak dicari oleh para perusahaan yang berbasis digital, salah satunya dunia perbankan yang sudah migrasi dari konvensional ke perbankan digital. Nah, sekarang gue mau tanya deh gan, perusahaan berbondong-bondong menerapkan data science, tapi kira-kira apa sih perannya? Apa manfaatnya yahh? Lewat kesempatan ini gue mau berbagi tentang betapa pentingnya data science bagi sebuah perusahaan. 

Begini nih gan, secara garis besar data science punya peran penting dalam sebuah perusahaan, dimana berdasarkan data yang diolah maka output(informasi) tersebut bisa dipake perusahaan dalam menimbang dan pedoman untuk membuat keputusan (make decision). Waduhh,.. berat nih gan, masih gagal paham dengan yang ente bahas?!!!. Oke sruput dulu deh kopinya :nyantai, dan gue kasih sedikit contoh nih gan beberapa manfaat tentang data science bagi perusahaan di era data aware kayak sekarang.

Mengenal & Memahami Perilaku Konsumen/Nasabah
Setiap pelanggan/nasabah tentunya punya perilaku masing-masing yah gan, dimana kebutuhan atau intens dalam mengkonsumsi sebuah produk/jasa juga ada datanya tersendiri. Mungkin bisa aja sebuah perusahaan berpikir bahwa mereka udah kenal banget dengan konsumen/nasabahnya. Tapi, ada sesuatu yang lebih nih gan dengan penerapan data science, karena data yang masuk dari segala sumber akan diolah oleh data scientist, dan nantinya menghasilkan informasi berupa perilaku pelanggan/nasabah yang sesungguhnya. Contohnya : Sebuah aplikasi perbankan diluncurkan, dengan data sciencemaka bank bisa mengetahui akan data siapa saja yang meng-install aplikasi, seberapa banyak nasabah menggunakan setiap harinya, transaksi apa saja yang sering dilakukan oleh nasabah, dan sebagainya. Dengan begitu, maka bank bisa mengumpulkan informasi tentang pengalaman dan informasi nasabah dalam menggunakan aplikasi, baik itu yang akses lewat smartphone Android ataupun smartphone yang berbasis iOS. 
Pertimbangan Dalam MenentukanStrategi Marketing 
Strategi marketing yang efektif penting dalam memasarkan sebuah produk/jasa, namun sebelum mengeksekusi sebuah plan tentunya perusahaan butuh berupa data insight konsumen/nasabah. Dengan data science, maka infromasi yang dihasilkan dari pengolahan data konsumen/nasabahbisa membantu perusahaan dalam menentukan strategi marketing yang efektif. Seperti contoh di atas tadi tadi gan, diperoleh data tentang kebiasaan nasabah yang mengakses aplikasi perbankan melalui Android & iOS. Dari hasil pengolahan data tersebut, bisa saja perusahaan/bank akan mengetahui secara tepat kebiasaan bertransaksi nasabah yang lebih sering bertransaksi ketika akhir bulan, jenis transaksi, lokasi nasabah/pelanggan, dan lainnnya. Maka perusahaan/bank bisa melakukan analisa dan menyampaikan pesan yang tepat kepada nasabah/pelanggan yang tepat pula.
Maksimalkan Media Sosial Perusahaan
Sebuah perusahaan pasti akan memiliki merek atau brand, dimana brand merupakan kombinasi lengkap dari asosiasi yang orang bayangin ketika mendengar sebuah nama perusahaan atau produk. Hidup di era digital seperti sekarang, sebuah perusahaan penting untuk memiliki akun media sosial sebagai aset dalam meraih goal dan objective sebuah perusahaan. Nah, data science juga punya peran kece nih kalau untuk urusan media sosial perusahaan loh gan, karena data science bisa mengidentifikasi ada orang (akun) yang menyebut nama produk/jasa sebuah perusahaan. Dengan banyaknya channel (FB, Instagram, Twitter, KASKUS, dan lain-lain), maka berbekal data science perusahaan bisa mengetahui channel mana yang perform, dan mengambil keuntungan dari tiap channel yang tentunya relevan dengan bisnis perusahaan. 
Improvisasi dalam Memprediksi Perusahaan
Siapa sih yang nggak kepingin agar perusahaan di masa mendatang bisa lebih maju? Pasti mau dong, makanya terkadang sebuah perusahaan akan punya prediksi ke depannya. Nah, dengan data science maka mampu memprediksi hasil di masa depan, dan peran ilmuwan data punya skill untuk bisa mengolah data dari berbagai sumber yang dimiliki oleh perusahaan. Contohnya, dalam bisnis perbankan menganalisa kalau jumlah lonjakan transaksi pembelian tiket pesawat terjadi ketika long weekend, maka bank bisa saja akan membuat strategi marketing dengan memberikan promo kepada nasabah apabila menggunakan jenis kartu atau sistem pembayaran tertentu, yang biasanya disiasati dengan menjalin kerjasama dengan berbagai merchant
Itulah beberapa contoh aja gan tentang pentingnya data science bagi sebuah perusahaan, salah satunya bisnis perbankan yang berbasis digital. Bahwa setiap aktivitas pelanggan adalah data, data yang apabila diolah dan dianalisa maka bisa menghasilkan informasi yang berguna. Kalau agan sista tertarik untuk berkecimpung dalam bidang data science, atau memang tiap hari kerjaannya mainin data, ini ada kesempatan kompetisi Finhacks 2018 #DataChallenge. Ini merupakan ajang menarik sebagai bentuk komitmen BCA untuk memajukan dunia pengolahan data di tanah air, khususnya di sektor perbankan, BCA akan menyelenggarakan Finhacks 2018 #DataChallenge yang setiap peserta harus melewati tiga tantangan, yaitu Credit ScoringFraud Detection, dan ATM Cash Optimization. Kompetisi ini nantinya terbagi dalam empat fase, yaitu RegistrationAssessment TestData Challenge, dan Demo Day.


Finhacks 2018 #DataChallenge menjadi ajang bagi agan sista untuk menjajal, bereksplorasi, dan bisa berinovasi dengan data. Dalam ajang ini, para peserta bakalan ditantang untuk mengembangkan solusi perbankan dengan memanfaatkan pengolahan data. Seluruh peserta berkompetisi untuk menghasilkan model terbaik untuk bisa memahami lebih jauh mengenai perilaku data yang diamati (descriptive), dan bisa memperkirakan kondisi yang akan terjadi di masa mendatang (predictive) berdasarkan koleksi data yang berhubungan dengan industri finansial. Calon pesertabisa mendaftarkan diri (1 team terdiri dari 1-3 orang) dengan melengkapi data di website https://finhacks.id, catat nih gan kalau pendaftaran berlangsung dari 8 Agustus sampai dengan 8 Oktober 2018. 
 
Agan Sista ada yang bekerja jadi data scientist, atau tiap hari kerjaannya sebagai data analis? Boleh dong gan  share di mari biar bisa  memberi pencerahan bagi Kaskuser agar bisa lebih tau tentang pentingnya data science bagi perusahaan

 

Silahkan di Komeng & Sampai Jumpa di Thread Selanjutnya.
Sumber Thread : 

 

Baca Juga :Kenalan Dengan Data Science, Bidang Ilmu Yang Kini Cetar Membahana
Data di Era Modern Melebihi Sebongkah Emas, Benarkah???
Data Scientist Jadi Profesi Yang Seksi dan Banyak Dicari
Diubah oleh whitehats 29-08-2018 09:32
1
7.8K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.