others
Batal
link has been copied
3340
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b83adab947868ae1e8b4568/clean-anda-bertanya-sufisalik-menjawab---part-2
Tasawuf Tasawuf atau Sufisme adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memperoleh kebahagian yang abadi. Sufi Sufi adalah istilah untuk mereka yang mendalami ilmu tasawwuf. Istilah sufi akhirnya dipakai oleh dunia secara luas, bukan saja untuk tokoh agama dari agama tertentu, tetapi bagi seseorang yang secara spiritual dan ro
Lapor Hansip
27-08-2018 14:52

[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab

Tasawuf

Tasawuf atau Sufisme adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin, untuk memperoleh kebahagian yang abadi.


Sufi

Sufi adalah istilah untuk mereka yang mendalami ilmu tasawwuf. Istilah sufi [orang suci] akhirnya dipakai oleh dunia secara luas, bukan saja untuk tokoh agama dari agama tertentu, tetapi bagi seseorang yang secara spiritual dan rohaniah telah matang dan yang kehidupannya tidak lagi membutuhkan dan melekat kepada dunia dan segala isinya, kecuali untuk kebutuhan dasarnya saja.

Sufi dalam konteks ini diamalkan sebagai cara sejati untuk memurnikan jiwa dan hati, mendekatkan diri kepada Tuhan dan mendekatkan diri kepada SorgaNya [menjauhi dunia]. Di agama Budha, dikenal sebagai tahap arupadatu [berbeda dengan kamadatu/kamasutra], di agama Nasrani dikenal sebagai biarawan/ biarawati sebagai cara menjalani kehendak Tuhan secara full/penuh dan memerdekakan diri dari budak kesenangan dunia dst.

Salik

Seorang salik adalah seseorang yang menjalani disiplin spiritual dalam menempuh jalan sufisme Islam untuk membersihkan dan memurnikan jiwanya, yang disebut juga dengan jalan suluk. Dengan kata lain, seorang salik adalah seorang penempuh jalan suluk. Seorang salik yang mencapai tahapan makrifat disebut sufi.

Mursyid


Mursyid adalah sebutan untuk seorang guru pembimbing dalam dunia thoriqoh/tarekat, yang telah memperoleh izin dan ijazah dari guru mursyid diatasnya yang terus bersambung sampai kepada guru mursyid Shohibuth Thoriqoh yang musalsal dari Rasulullah SAW untuk mentalqin dzikir/ wirid thoriqoh kepada orang-orang yang datang meminta bimbingannya (murid)

Jiwa yang merdeka dari KHM.Luqman Hakim



Rule
1. Mohon santun dalam berdiskusi
2. Untuk pertanyaan mengenai Fiqih dan kesahihan hadist silahkan ke ABMM
3. Untuk pemahaman lebih lanjut mengenai ayat al-Qur'an silahkan ke ABQM
4. Semua kaskuser baik yang Theist maupun Atheist diterima di sini emoticon-Smilie
5. Mohon maaf jika saya maupun sahabat-sahabat salik/sufi lainnya lama dalam merespon dikarenakan kesibukan di RL
profile-picture
profile-picture
anakjahanam721 dan culajava memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 104 dari 111
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
14-02-2020 21:38
Quote:Original Posted By pippenn2
buah delima buah kedondong

udah dijawab, jangan halu donk emoticon-Ngacir

Buah delima buah kedondong,

Ya uda, ga usah songong.

emoticon-Ngacir
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
15-02-2020 11:08
Mas rimung slalu gitu emoticon-Big Grin
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
15-02-2020 12:47
Quote:Original Posted By exzca
Mas rimung slalu gitu emoticon-Big Grin


emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By pippenn2


gmn mas?


Maaf, kalau saya boleh tahu


Evolusi yang ingin mas pippen bahas


Evolusi genetik (perubahan kode genetik), evolusi morphologi (perubahan bentuk tubuh) atau evolusi lintas spesies (hewan menjadi manusia) emoticon-Smilie ?
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
16-02-2020 17:45
Langsung intinya aja, jadi mas @rimung13percaya manusia itu hasil evolusi dari jenis hewan laut (Evolusi makro)?
Diubah oleh exzca
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
16-02-2020 19:15
Quote:Original Posted By rimung13


Terima kasih untuk informasinya mas emoticon-Smilie


Entah mungkin cuma perasaanku, tapi sepertinya mas rimung sdg bicara ttg sastra jendra hayuningrat pangruwating dinyu?

Konon di cerita pewayangan ada seorang tokoh bernama dewi Arimbi. Dia adalah putri seorang raja raksasa. Suatu hari Arimbi ini jatuh cinta kepada salah seorang pandawa, Bima. Namun karena Arimbi berwujud raksasa, Bima sama sekali nggak tertarik kepadanya.

Akhirnya, karena merasa kasihan kepada Arimbi, dewi Kunti menurunkan sastra jendra tsb sehingga Arimbi berubah wujud dari raksasa menjadi seorang putri yang sangat cantik. Pada akhirnya Bima pun jatuh hati kepada Arimbi.

Maaf saya nggak pandai cerita XD
Tapi kurang lebih ceritanya seperti itu.
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
16-02-2020 21:15
Quote:Original Posted By exzca
Langsung intinya aja, jadi mas @rimung13percaya manusia itu hasil evolusi dari jenis hewan laut (Evolusi makro)?


Tidak mas emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By rojopurwo


Entah mungkin cuma perasaanku, tapi sepertinya mas rimung sdg bicara ttg sastra jendra hayuningrat pangruwating dinyu?

Konon di cerita pewayangan ada seorang tokoh bernama dewi Arimbi. Dia adalah putri seorang raja raksasa. Suatu hari Arimbi ini jatuh cinta kepada salah seorang pandawa, Bima. Namun karena Arimbi berwujud raksasa, Bima sama sekali nggak tertarik kepadanya.

Akhirnya, karena merasa kasihan kepada Arimbi, dewi Kunti menurunkan sastra jendra tsb sehingga Arimbi berubah wujud dari raksasa menjadi seorang putri yang sangat cantik. Pada akhirnya Bima pun jatuh hati kepada Arimbi.

Maaf saya nggak pandai cerita XD
Tapi kurang lebih ceritanya seperti itu.


emoticon-Smilie
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
16-02-2020 22:06
Soal makhluk laut jadi teringat naga.
Kabar yg sy tau naga lebih kuat dari manusia.

Ntar berguna kagakemoticon-Busa

0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
16-02-2020 23:12
kalo dipikir pikir, Saat Allah memisahkan asap menjadi langit dan bumi, kayaknya belum ada hewan dan tumbuhan.

Untuk keaneka ragaman tumbuhan di muka bumi, sepertinya sulit utk menelusuri nenek moyangnya.

Dugaan ane, awalnya bumi ini panas. Seiring menuanya bumi, maka permukaannya mulai mendingin sehingga tersisa hidrogen dan oksigen dalam kadar tertentu yg disebut air.

bagian dalam bumi karena tekanan panas maka ia memuai, dan karena terkena air maka ia mengeras dan membentuk permukaan / daratan / benua / pulau.

Permukaan ini konon yg pertama menyembul dari bumi adalah bakkah / tanah mekah.
Maka para malaikat membuat kakbah utk menyembah Allah disini.

Di bagian lain bumi, permukaan lain mulai ikut menyembul, terpapar sinar mentari.
air menguap, terjadi awan dan hujan.

Entah reaksi kimia apa yg menyebabkan adanya tumbuhan micro hingga macro.

Setiap type tanah, bisa menumbuhkan beraneka ragam tumbuhan.


bagi ane, sangat sulit dijelaskan bagaimana tumbuhan2 tsb berevolusi dari hanya 1 spesies micro.


emoticon-Traveller
Diubah oleh proxymighty
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
16-02-2020 23:54
Nanya dong.
Bisa gak sih kita mengontrol pikiran?
Apa iya kita sebenarnya disetir oleh nafs?
Bagi sufisme, apa itu nafs? Apa ada tingkatan tingkatannya juga?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
17-02-2020 01:06
Quote:Original Posted By redhaonbass
Nanya dong.
Bisa gak sih kita mengontrol pikiran?
Apa iya kita sebenarnya disetir oleh nafs?
Bagi sufisme, apa itu nafs? Apa ada tingkatan tingkatannya juga?


1. bisa
2. bisa ya, bisa tidak.
3. nafs itu pergerakan batin. ada tingkatannya.
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
17-02-2020 01:55
Lanjutan ttg tumbuh-tumbuhan.

Dalam sebuah ayat, dijelaskan bahwa Allah menciptakan segala sesuatu yg hidup dari air ( al anbiyya : 30 ).

Dari ayat ini ada 4 kemungkinan.

1. tahap awal evolusi adalah dari air ( hewan dan manusia )
malaikat dikecualikan krn dah dibahas di ayat 28.
jin dikecualikan krn terbuat dari api, dan api udah dibahas di ayat 29.
tumbuhan dikecualikan krn gunung (tempat tumbuhan) sudah dibahas di ayat 31 serta langit (yg mencurahkan hujan utk tumbuh2an) sudah dibahas di ayat 32.

2. air adalah salah satu bahan baku terciptanya makhluk hidup.

3. air adalah salah satu bahan baku asupan energi utk makhluk hidup.

4. gabungan beberapa atau seluruh point sebelumnya.


1. kaitannya dgn hewan/manusia yg berevolusi dari reaksi kimia air yg diawali dari semacam micro organisme.

1.a. Manusia diciptakan sebagai khalifah di bumi atau pengganti generasi terdahulu di bumi. Jadi, manusia muncul belakangan sebagai pengganti, bukan penerus. artinya, manusia tidak melalui proses evolusi. saat manusia diciptakan, segala kehidupan alam sudah stabil, baik dari keanekaragaman hayati maupun kondisi geografis. sudah tidak ada lagi penambahan alami hewan dan tumbuhan dan tidak ada lagi perubahan permukaan bumi (benua).

2.a. Hewan. ane belum menemukan keterangan samar atau rinci bahwa hewan diciptakan langsung sebagaimana manusia.
Boleh jadi memang hewan itu berevolusi dari proses kimiawi ataupun dari 1 individu micro organisme yg awal2 diciptakan Tuhan.
Mungkin gambaran mudahnya seperti pembuatan kutu air menggunakan kol.


emoticon-Traveller
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Sufi\Salik menjawab - Part 2
17-02-2020 10:21
Quote:Original Posted By redhaonbass
Nanya dong.
Bisa gak sih kita mengontrol pikiran?
Apa iya kita sebenarnya disetir oleh nafs?
Bagi sufisme, apa itu nafs? Apa ada tingkatan tingkatannya juga?


"Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang." (QS. Yusuf : 53)

"Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya." (QS. Asy-Syams : 8-10)

Mengendalikan pikiran termasuk salah satu langkah dalam membersihkan jiwa

Nafs dapat diartikan sebagai kehendak

Manusia bergerak bedasarkan kehendaknya/nafsnya

Nafsu ada tingkatannya, ada nafsu yang mengajak manusia menuju jalan kefasikan dan ada nafs yang mengajak manusia menuju jalan ketakwaan emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By pippenn2


mana bisa nolak or nerima sesuatu yg anda gak tauemoticon-Ngacir


emoticon-Smilie
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Halaman 104 dari 111
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia