alexa-tracking
Kembali ke Versi Lama
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5b7516d2a09a399d5e8b4572/10-makanan-super-biar-mata-kamu-nggak-gampang-minus-nggak-cuma-wortel
16-08-2018 13:16
10 Makanan Super Biar Mata Kamu Nggak Gampang Minus, Nggak Cuma Wortel!
Past Hot Thread
10 Makanan Super Biar Mata Kamu Nggak Gampang Minus, Nggak Cuma Wortel!

Nutrisi-nutrisi penting buat menjaga kesehatan indera penglihatan yang bisa didapat dari bahan pangan lokal, jadi lebih ramah di kantong pula.

Mata itu asset penting. Aktivitas yang dilakukan indera penglihatan kita merupakan bagian penting dari kehidupan sehari-hari, sampai melibatkan setengah bagian otak. 

Dari semua otot yang ada di tubuh kita, otot mata merupakan yang paling aktif.

Kalau kamu mendadak ditaruh di dalam ruangan gelap total pasti bingung, kan? 

Nggak bisa melihat objek dari jarak jauh karena minus juga nggak enak, kan? 

Karena itulah kita tidak boleh meremehkan kesehatan mata. Kalau dibilangin orangtua jangan suka mantengin layar gadget kelewat dekat kayaknya harus didengerin mulai sekarang. 

Lebih bagus lagi kalau kita menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi nutrisi yang sesuai. Soalnya 80% kasus gangguan penglihatan itu sebenarnya bisa dicegah atau disembuhkan.

Nutrisi yang dibutuhkan mata bukan cuma vitamin A yang berasal dari wortel. Ada vitamin C, vitamin E, asam lemak Omega-3, lutein, dan zeaxanthin yang juga penting.

1. Bayam buat melindungi mata dari paparan blue light

Sayuran hijau seperti bayam mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan secara umum. Dan ternyata makanan super Popeye ini juga mengandung lutein dan zeaxanthin. 

Lutein dan zeaxanthin merupakan antioksidan karotenoid yang juga dikenal sebagai pigmen makula. Keduanya berperan sebagai tabir surya alami bagi mata. Dengan begitu mata akan terlindung dari paparan blue light yang bisa membahayakan kesehatan penglihatan.


2. Ikan kembung punya asam lemak Omega-3 yang lebih tinggi daripada salmon


Eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang termasuk asam lemak Omega-3 sangat penting buat kesehatan mata. Asam lemak yang sangat sehat ini diperlukan untuk perkembangan mata dan perbaikan dalam penglihatan, terutama buat anak-anak.

Asam lemak Omega-3 bisa ditemukan pada ikan-ikanan yang berminyak. Bukan cuma salmon, lho. Soalnya di Indonesia ada ikan yang kandungan asam lemaknya terbukti secara ilmiah lebih tinggi, yaitu ikan kembung.

Selain ikan kembung, lele, sarden, tuna, tenggiri, dan teri juga termasuk sumber asam lemak Omega-3 yang baik.


3. Vitamin E dalam alpukat bisa menurunkan risiko penurunan daya penglihatan

Rajin-rajin makan alpukat, karena buah bertekstur creamy ini kaya akan vitamin E. Vitamin E merupakan antioksidan larut dalam lemak yang bisa melindungi asam lemak dari oksidasi. Studi membuktikan kekurangan vitamin ini bisa berakibat pada penurunan daya penglihatan dan kebutaan.

Selain alpukat, alternatif sumber vitamin E yang juga terjangkau antara lain pepaya, ubi jalar, brokoli, jagung, dan labu. 


4. Konsumsi daging ayam demi kesehatan retina

Mata kita secara alami menyimpan kandungan zinc (seng) dalam jumlah besar. Mikronutrien yang satu ini merupakan bagian penting dari sejumlah enzim esensial yang berfungsi sebagai antioksidan. Zinc juga diperlukan untuk pembentukan pigmen penglihatan di retina.

Untuk memenuhi kebutuhan zinc, konsumsi seporsi daging ayam. Selain ayam, kita bisa mendapatkan zinc dari hati sapi, daging merah, kacang tanah, dan susu. Susu yang diolah jadi keju cheddar dan yogurt juga bisa, kok.


5. Ubi kuning bisa bikin mata jernih bahkan di malam hari

Buah dan sayur-sayuran berwarna kuning seperti wortel, blewah, mangga, dan ubi kuning punya kandungan beta-karoten yang tinggi. Beta-karoten ini merupakan salah satu bentuk vitamin A yang bisa membantu meningkatkan daya penglihatan di malam hari.

Khusus ubi kuning, umbi manis ini juga kaya akan vitamin E dan punya kandungan vitamin C yang bisa memenuhi lebih dari separuh kebutuhan tubuh dalam sehari. Pokoknya bener-bener makanan super. Murah meriah lagi.

6. Labu bisa memberikan asupan 5 nutrisi mata sekaligus

Tubuh kita memang nggak bisa memproduksi lutein dan zeaxanthin sendiri. Tetapi kita bisa mendapatkannya dari bahan makanan. Salah satunya dari labu kuning. Buah yang satu ini juga diperkaya dengan dua nutrisi mata yang juga esensial, yaitu vitamin C dan zinc. Ada kandungan asam lemak Omega-3 juga, lho.

7. Brokoli merupakan sumber dari tiga vitamin penting buat mata, ACE

Vitamin A, C, dan E merupakan triplet nutrisi mata yang penting buat menjaga daya penglihatan hingga usia senja. Brokoli, si hijau yang enak dibikin tumisan itu memiliki ketiganya. Brokoli mengandung lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten yang termasuk vitamin A, vitamin C, dan vitamin E sekaligus. Ketiganya berfungsi sebagai antioksidan yang akan menjaga mata dari radikal bebas dan kerusakan.

8. Konsumsi kuning telur bisa membantu meningkatkan jumlah pigem pelindung makula

Kuning telur yang sering dituding jahat buat penderita kolesterol ternyata punya banyak gizi. Salah satunya adalah bahan makanan ini bisa memberikan asupan lutein dan zeaxanthin. Keduanya akan menjaga kesehatan retina dan meningkatkan jumlah pigmen pelindung di makula.


9. Buah jeruk setiap hari agar mata bisa berfungsi secara optimal

Para peneliti menemukan bukti bahwa mata membutuhkan vitamin C dosis tinggi agar bisa berfungsi dengan baik. Vitamin ini bisa didapatkan dari buah-buahan sitrus seperti lemon, jeruk nipis, jeruk keprok, atau jeruk gula. Tomat merah juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi.


10. Kacang tanah bisa melindungi penglihatan sampai usia senja

Kacang-kacangan seperti mede, almond, kenari, dan kacang tanah bisa memberikan asupan asam lemak Omega-3, nutrisi mata yang sangat penting. Kacang tanah juga punya vitamin E yang bisa melindungi mata dari kerusakan akibat faktor usia.

Nah, kira-kira itulah nutrisi mata yang perlu kita konsumsi secara teratur agar daya penglihatan kita senantiasa optimal. Jadi mata nggak gampang minus, plus, rabun senja, atau katarak.

Alternatifnya jika mata Anda minus, bisa gunakan softlens khusus mata minus. Dan penyebab mata minus bisa di cek disini.


Sumber: VSP, Detik Health, Healthline, WebMD, American Academy of Ophthalmology, MedicalNewsToday

https://www.medicalnewstoday.com/art...les/321226.php

https://www.webmd.com/eye-health/ss/...es-sight-foods

https://health.detik.com/berita-deti...uma-salmon-lho

https://www.vsp.com/eyes.html

https://www.healthline.com/nutrition...-eyes#section8

10 Makanan Super Biar Mata Kamu Nggak Gampang Minus, Nggak Cuma Wortel!
Diubah oleh desperatefrog
0
Kutip
Balas
Urutan
Terlama
21-08-2018 16:50
10 Makanan Super Biar Mata Kamu Nggak Gampang Minus, Nggak Cuma Wortel!
0
Kutip
Balas
10-11-2018 06:04
Bnyakin vit A itu yg saya tau emoticon-Big Grin
0
Kutip
Balas
12-11-2018 17:34
buat anak kos, biasanya ke warteg dan mesen sayur sop. itu kayaknya udah lengkap bahan2nya kayak di atas.
emoticon-Toast
0
Kutip
Balas
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2018 Kaskus – The Largest Indonesian Community