alexa-tracking
Kembali ke Versi Lama
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5b63a9c3c0d7704a1f8b4567/sumber-daya-alam-bumi-habis-mungkin-ini-saatnya-menambang-asteroid-luar-angkasa
03-08-2018 08:02
Sumber Daya Alam Bumi Habis, Mungkin ini Saatnya Menambang Asteroid Luar Angkasa
Past Hot Thread
Sumber Daya Alam Bumi Habis, Mungkin ini Saatnya Menambang Asteroid Luar Angkasa

Populasi manusia terus meningkat bahkan seolah2 meledak.

Jumlah populasi berbanding lurus dengan kebutuhan, untuk memenuhi kebutuhan itu di perlukan pula sumber daya alam.

Perlahan-lahan manusia mulai menyadari bahwa sumber daya alam sudah mulai menipis dan memunculkan kekhawatiran tentang sumber daya untuk masa depan.


Sumber daya alam yang di tambang saat ini bukanlah sumber daya yang bisa di perbaharui, artinya butuh waktu yang sangat lama untuk membentuk sumber daya baru, mungkin ribuan tahun atau bahkan jutaan tahun.


Sumber Daya Alam Bumi Habis, Mungkin ini Saatnya Menambang Asteroid Luar Angkasa

Untuk mengatasi kekhawatiran itulah banyak ilmuwan yang meneliti sumber daya alternatif yang bisa di gunakan untuk keperluan di bumi.

Salah satu ide yang cemerlang adalah Pertambangan Luar angkasa.

Sesuai dengan namanya, manusia akan menambang sumber daya yang tersedia asteroid luar angkasa lalu hasilnya digunakan di bumi. Awalnya ide ini dianggap sebagai fiksi-ilmiah, tapi mengingat kebutuhan sumber daya alam yang tinggi inilah Ilmuwan lebih serius mendalaminya.

Ide ini adalah salah satu solusi yang wajib di pertimbangkan untuk mengatasi keterbatasan sumber daya alam.


Walaupun ini ide cemerlang, pelaksanaan ide ini bukanlah sesuatu yang mudah seperti membalik telapak tangan.

Dimana-mana yang namanya wilayah tambang pasti saling klaim antar satu negara dengan yang lain. Negara2 tidak akan segan-segan untuk berperang demi sumber daya alam, untuk itulah perlu di buat regulasi dan aturan main.


Sumber Daya Alam Bumi Habis, Mungkin ini Saatnya Menambang Asteroid Luar Angkasa

Banyak orang yang percaya bahwa logam dan mineral berlimpah yang ada di bumi berasal dari sebuah asteroid yang menabrak bumi di masa lalu.

Daripada nungguin asteroid nabrak bumi mendingan kita yang datang ke asteroid dan menambang disana.

Salah satu masalah yang muncul dalam hal pertambangan adalah teknologi manusia. Saat ini penerbangan keluar angkasa adalah sesuatu yang super mahal dan tidak efisien.

Selain itu di perlukan juga sebuah teknologi yang bisa melakukan penambangan di asteroid dan membuat mekanisme pengiriman hasil tambang ke bumi.

Wah, ini adalah masalah yang panjang dan ilmuwan gak bakalan kuat kayak dilan.


Sumber Daya Alam Bumi Habis, Mungkin ini Saatnya Menambang Asteroid Luar Angkasa

Di sekitar bumi ada 16.000 asteroid yang mungkin bisa di tambang jika manusia serius untuk menggarapnya.

Bahkan bulan juga bisa di manfaatkan menjadi salah satu sumber energi listrik di masa depan.

Listrik menjadi salah satu energi yang paling banyak digunakan. Hampir semua peralatan yang ada saat ini di dominasi listrik.

Untuk menghasilkan listrik, kita membutuhkan pembangkit listrik. Saat ini pembangkit listrik yang mulai di kembangkan adalah Tenaga surya.

Walaupun mulai populer, efisiensi solar panel masih menjadi suatu masalah. Misalnya, untuk mendapatkan 20 Terrawatt listrik kita harus membangun solar panel seluas 4,4 juta kilometer. Belakangan mulai muncul ide untuk membangun solar panel di bulan, ilmuwan memperkirakan bahwa hanya dengan luas 64.400 kilometer panel, kita sudah bisa mendapatkan 20 Terrawatt listrik. Perbandingan yang sangat jauh.


Sumber Daya Alam Bumi Habis, Mungkin ini Saatnya Menambang Asteroid Luar Angkasa

Deep Space Industries adalah salah satu perusahaan yang mulai serius melihat prospek pertambangan luar angkasa.

Mereka merancang mesin yang tidak hanya untuk menambang, tapi juga menghitung hasil tambang.

Prospector X adalah pesawat luar angkasa mereka yang akan meluncur dalam waktu dekat untuk memetakan kandungan material di asteroid yang bisa di tambang.


Sumber Daya Alam Bumi Habis, Mungkin ini Saatnya Menambang Asteroid Luar Angkasa

Salah satu masalah utama dalam pertambangan luar angkasa adalah mahalnya biaya peluncuran ke luar angkasa, yang memakan biaya sampai puluhan juta dollar hanya dalam 1x peluncuran.

Tapi, jika mineral di luar angkasa bisa menjadi bahan bakar untuk alat penambangan maka kemungkinan besar hal ini masih sangat menguntungkan.

NASA memperkirakan mineral dan sumber daya di sabuk asteroid saja bernilai sekurang-kurangnya 700 triliun dollar, sangat menggoda kan?

Prospek inilah yang membuat NASA dan SpaceX berlomba untuk menciptakan peluncuran keluar angkasa yang lebih efisien dan lebih murah.





Sumber : sumber



0
Kutip
Balas
Halaman 1 dari 5
03-08-2018 08:06
halah ngapain emoticon-Bata (S)
semua udah digariskan sama yg diatasemoticon-Bata (S)
kalo sumber daya bumi habis itu udah takdir yg ga bisa diubahemoticon-Bata (S)
lebih baik perbanyak amal ibadah dan bertobat daripada mengkhayal kayak gini emoticon-Bata (S)

















emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Wakaka
-1
Kutip
Balas
03-08-2018 08:16
lbh mudah program video challange viral gan
pengurangan populasi..
0
Kutip
Balas
03-08-2018 08:29
yo kono
0
Kutip
Balas
03-08-2018 08:49
Balasan Post 3770372
Quote:Original Posted By 3770372
lbh mudah program video challange viral gan
pengurangan populasi..


iya gan surah buat celeng bunuh diri masal emoticon-Hammer2
0
Kutip
Balas
03-08-2018 08:50
Bulan aja masih banyak yang bisa dieksplorasi ngapain nunggu jatoh asteroid

Paling salah satu harapan lain tuh meteor, selama ini bumi seakan gak kehabisan energi salah satunya ya karena meteor garden eh meteor jatoh, kalau jatuh dekat offshore apalagi jatuh di pertambangan, wah gila sih, resource baru buat logam dan energi
Diubah oleh twisctre
0
Kutip
Balas
03-08-2018 08:57
Quote:Original Posted By dedyman19


iya gan surah buat celeng bunuh diri masal emoticon-Hammer2

ga boleh gan itu ilegal,
klo tersirat mungkin lain~
0
Kutip
Balas
03-08-2018 08:59
Energi alternatif masih memadai kok di Bumi kalau menurut ane, dan kalaupun SDA bumi udah berkurang pasti para ilmuwan dapat solusi lain yang sebanding tanpa meyertakan opini space exploration

IMHO
emoticon-rose
0
Kutip
Balas
03-08-2018 09:00
0
Kutip
Balas
03-08-2018 20:17
Ditunggu kelanjutannya emoticon-Jempol
1
Kutip
Balas
04-08-2018 08:00
Wah.. Pemikiran yg sangat revolusioner emoticon-Belo
0
Kutip
Balas
04-08-2018 15:43
sepertinya bgtu gan

mungkin jga tdk emoticon-Leh Uga

idk ...
0
Kutip
Balas
07-08-2018 18:57
Daur ulang aja
0
Kutip
Balas
07-08-2018 19:00
Bumi datar: "Bohong itu, bualan baru elit global untuk membodohi rakyat!"
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh ora.w4r45
0
Kutip
Balas
10-08-2018 13:48
terus nuklir buat apa emoticon-Cape d...
0
Kutip
Balas
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 15
10-08-2018 13:49
Balasan Post zureegh
Quote:Original Posted By zureegh
Wah.. Pemikiran yg sangat revolusioner emoticon-Belo


apa yang revolusioner emoticon-Cape d...
tambah banyak sampah luar angkasa emoticon-Cape d...
0
Kutip
Balas
10-08-2018 13:50
habis dah ntar planet emoticon-Cape d...
0
Kutip
Balas
10-08-2018 13:50
mahal ongkirnyaemoticon-Ngacir
Diubah oleh juman
0
Kutip
Balas
10-08-2018 13:50
setojaaaaemoticon-Bola
0
Kutip
Balas
Halaman 1 dari 5
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2018 Kaskus – The Largest Indonesian Community