alexa-tracking
KATEGORI kategori N icon-buat-post BUAT POST
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b46012056e6afa6018b456b/pemadam-kebakaran-dengan-pasir-mustahil-apa-terbuktikan-ya
Past Hot Thread

Pemadam Kebakaran Dengan Pasir, Mustahil Apa Terbuktikan, ya?

Pemadam Kebakaran Dengan Pasir,
Mustahil Apa Terbuktikan, ya?


Pemadam Kebakaran Dengan Pasir, Mustahil Apa Terbuktikan, ya?

[ HT# 348 ]

Membaca berita beberapa waktu lalu kebakaran kapal laut yang merugikan lebih dari 100an miliar dan tak terhitung lagi kerugian rumah pemukiman yang terbakar yang diakibatkan terbakar oleh si jago merah, saya jadi berfikir petugas pemadam kebakaran yang sudah berusaha bekerja keras saja terkadang kesulitan memadamkan api bagaimana dengan usaha kita?

Namun setelah saya fikir dan amati ternyata air terbukti tidak begitu efektif untuk memadamkan api. Karena sebelum menyentuh api perannya jadi berkurang disebabkan suhu panas api mengurangi efektifitas daya kerja air dan beberapa kekurangan lain, terbukti seperti pada demo sederhana kebakaran kelas rumahan yang ternyata api dapat dipadamkan lebih cepat dengan karung basah, juga bisa dengan pasir daripada dengan air langsung.

Pemadam Kebakaran Dengan Pasir, Mustahil Apa Terbuktikan, ya?


Api Vs Pasir?

Pemadam Kebakaran Dengan Pasir, Mustahil Apa Terbuktikan, ya?

Dari sinilah ide tulisan ini berawal, apakah instansi yang terkait pernah memikirkan cara lain untuk memadamkan api dengan karung basah saja atau dengan pasir? Hm, kamu belum pesimis dengan ide saya ini, kan?

Saya sendiri sangat memahami tantangan dan kesulitan yang akan dilakukan ketika karung basah atau pasir menjadi senjata 'pamungkas' untuk memadamkan api. Ketersediaan karung dan pasir yang sulit dicari, titik kebakaran pun sulit di predikisi waktu dan tempat, dengan kata lain api bisa berada dimana saja dan kapan saja, sedangkan air bisa diperoleh dimana saja inilah mengapa air menjadi senjata andalan untuk memadamkan api hingga sekarang, lebih tepatnya mencegah area kebakaran lebih meluas lagi, bertahan disatu titik, belum memadamkan seratus persen.

Tapi, tantangan itu saya rasa akan bisa dicari solusinya, intinya tinggal bagaimana teknologi bisa menciptakan alat sebagai sarana untuk memudahkan ide saya ini. Yup, mungkin dipersempit dengan pasir saja, semacam alat yang bisa menyemburkan pasir ke titik api? Darimana pasir mudah didapatkan? Dan bagaimana jika titik api ada di gang-gang sempit, dampak pemadaman jika dengan pasir, nah masih ada beberapa tantangan lain yang harus dicari solusi oleh ahlinya. Dan menurut saya harus segera dibicarakan dan dicari solusinya mengingat api besar tak mengenal apapun dan dimanapun berada, dia selalu meninggalkan kerugian bahkan nyawa!

Memang inilah sebabnya kenapa sejak lama air menjadi solusi tercepat untuk memadamkan api, dengan alasan mudah untuk berkolaborasi dengan alat pemadam dan air pun selalu tersedia disetiap pemukiman warga, maka itulah sebabnya kenapa pemadam kebakaran selalu mengandalkan air sebagai senjatanya pamungkasnya. Tapi bagaimana dengan efektifitas dan hasilnya, tentu saja tak terlalu maksimal, api selalu lebih dulu finish di bagian tertentu, saling berkejaran, satu sisi membakar dan sisi lainnya berusaha memadamkan diwaktu dan kesempatan yang sama. Dengan kata lain meski petugas sudah berhasil memadamkan tapi akhirnya tetap menyisakan bagian terbakar yang mengakibatkan kerugian materil dan in-materiil yang tak sedikit.

Kembali ke persoalan pasir menjadi solusi untuk memadamkan api sebagai senjata baru bagi petugas pemadam, saya rasa ide ini tetap bisa diwujudkan, dengan harapan teknologi baru dari pasir akan meminimalisir area kebakaran bahkan mempercepat padamnya api dan otomatis mencegah kerugian lebih besar seperti yang terjadi sekarang ini.


Kenapa harus pasir?

Pemadam Kebakaran Dengan Pasir, Mustahil Apa Terbuktikan, ya?

Sifat pasir memadamkan api menurut laman yang saya temukan di gugel karena pasir merupakan butiran yang berasal dari batu maka memiliki karakter yang tahan panas, mampu menahan suhu panas yang tinggi dan mempunyai konduktivitas thermal lebih rendah hingga memiliki efesiensi energi lebih besar hingga pada akhirnya ada perusahaan tertarik dan memproduksi batuan bangunan dibentuk sedemikian rupa yang tahan api.

Teknologinya bisa saja bukan dengan pasir betulan tapi mungkin nantinya semacam median baru yang bersifat lebih ringan, tapi berkarakter seperti pasir, bisa diperoleh dengan mudah, murah dan setiap pemukiman bisa memilikinya. Bagaimana cara dan teknologinya mungkin bisa dibicarakan dengan pakarnya bahkan mungkin seorang Elon Musk akan tertarik dengan ide ini, mana tahu, kan? emoticon-Big Grin

Sambil menunggu ide ini bisa direalisasi, kembali ke diri kita sendiri untuk selalu peduli lingkungan terutama di dalam rumah sendiri waspada akan bahaya api, sebelum kita akan pergi lama ada baiknya cek kompor, pemanas air, memeriksa kondisi saluran listrik, mematikan sumber api seperti dari lilin dan sisa puntung rokok yang masih menyala. Semoga kejadian kebakaran tidak sampai terjadi pada diri dan lingkungan sekitar kita, aamiin.



Pemadam Kebakaran Dengan Pasir, Mustahil Apa Terbuktikan, ya?

emoticon-Hai

BACAAN KEREN ISKRIM LAINNYA NIH, GAN

[ HT# 346 ]

Pemadam Kebakaran Dengan Pasir, Mustahil Apa Terbuktikan, ya?

Orang Kantor Boleh Berbangga,
Orang Usaha Boleh Berbahagia


Pemadam Kebakaran Dengan Pasir, Mustahil Apa Terbuktikan, ya?

[CENTER]Pemadam Kebakaran Dengan Pasir, Mustahil Apa Terbuktikan, ya?

guk

Pemadam Kebakaran Dengan Pasir, Mustahil Apa Terbuktikan, ya?

MAMPIR GAN, DI STUDIONYA ISKRIM
Web Blog: iskrim.com
Web WP: dulandroid.com
FB: Facebook/iskrim
Instagram: iskrimkaskus
Line: Iskrimkaskus

█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌║││█║▌││█
ISKRIM .com - BERITA JADI CERITA
Copyright © 2016 - 2018 www. iskrim. com | All Rights Reserved
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS


Pemadam Kebakaran Dengan Pasir, Mustahil Apa Terbuktikan, ya?

sumur : iskrim. com | sotoshop : iskrim



Pemadam Kebakaran Dengan Pasir, Mustahil Apa Terbuktikan, ya?

for updated.




KOMENTAR NTAPS KASKUSER



Quote:Original Posted By metalgodfather
Unsur api itu CH4(bahan bakar) + O2 + X(panas)..

Kalo salah satu unsur penyusunnya di buang atau dikurangi, apinya bakal mati sendiri om...

Penemuan yg terbaru itu (masih eksperimen), Gel untuk mematikan api dengan cepat. Konsepnya, O2 divacum dari lingkungan sekitar api menggunakan gel itu sehingga api gak bisa nyala lagi dan padam.

Sma kya yg om bilang. Kalo apinya dimatikan pake pasir, bakal mati jg apinya. Soalnya supply O2 gak ada karena tervacum/terhalang sm pasir tadi...


Quote:Original Posted By keybrott


Nih udah ada Krim produknya buatan Thailand, bentuknya kayak bulet kayak bom.

Yutup ELIDE Fire Super


Quote:Original Posted By ieilegend
bener ntu gan, dah lama juga pasir digunakan sebagai pemadam contohnya di spbu kan disedian pasir di tong2 itu buat antisipasi kebakaran daripada nyediain air yang ternyata masih bisa dimakan api juga


Quote:Original Posted By farhannurfikri
ada om APAR yang pake serbuk gitu, tapi kalau buat skala besar kurang efektif kayaknya deh, lebih efektif pake busa dan lagi kalau pake pasir biayanya bakalan membeludak.
tau sendiri om negara kita tercinta ini banyak sekali orang yang bermain dibelakang.


Quote:Original Posted By Navarin
Boleh juga tuh. Sekalian bangun ulang rumah yang terbakar emoticon-Wakaka


Quote:Original Posted By ammarzanagi
pasti org pemadam juga udh pernah mikirin hal ini. cuma blum terwujud aja


Quote:Original Posted By hapeelek
tinggal tunggu aja para ilmuwan berinovasi.


Quote:Original Posted By MarisolCammy
Nah gini dong hate kaskus
Berkualitas ngaish ide
Minta bantuan lpdp aja gan buat research inshallah bisa dpt bantuan dari pemerintah
Beasiswa g mulu soal kuliah gan riset juga kok
Semangat all the best gan


Quote:Original Posted By edadeand
hmm good idea look like


Quote:Original Posted By gentongb
1. pasir tidak fleksibel
2. pasir berat dan sulit untuk dibawa ketempat tinggi apa lagi dalam keadaan basah.
3. pasir sangat kurang bisa dapat menjangkau titik api, karena api harus dipadamkan di titik apinya.

banyak lagi kekurangan pasir, tapi kalau skalanya kecil mungkin bisa. kalau di lantai 7 aleksis kan susah


Quote:Original Posted By Behel.Udin.
Masih susah sih kemungkinan gan, soalnya pasti tetep yang lebih efektif pke air.


Quote:Original Posted By timowerner
pasir dipakai untuk memadamkan api untuk bahan yang non polar seperti minyak tanah, bensin dll. Misal kalau dipadamkan dengan air yang bersifat polar, air justru akan menyebarkan minyak dan api semakin meluas emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By kucink.gerank
Pasir? Disemprotin jadinya kayaj sanblasting dong om?
Coba deh cari video soal sanblasting.


Quote:Original Posted By Paladin.Blade
Bisa sih bisa, tapi bayangin nozzle man nya

Ane pernah jadi nozzle man, air aja yang densitasnya lebih rendah dari pasir aja udah bikin pegel

Apa lagi pasir

emoticon-Hammer2


Quote:Original Posted By r4n_5k1
Segi tiga api.
Hilangkan salah satu, maka ga ada api.
Pasir menghilangkan fuel dan dalam jumlah banyak juga mengurangi oksigen.


Quote:Original Posted By shinigirei
prinsip pemadaman api itu dengan memutus salah satu aspek segitiga api om krim. bisa bahan bakarnya, panas atau oksigen. yang paling efektif sih kalo saya liat emang mutus oksigennya dengan menyelimuti benda yang terbakar menggunakan berbagai zat misal karung basah, powder, pasir, air dan banyak lagi. tapi inget om beda jenis penyebab kebakaran beda juga zat yang dipakai buat memadamkan apinya. misal karena minyak gak boleh madamin pake air takutnya minyak akan semakin tersebar dan api akan semakin lebar. kalo ada dana lebih ada baiknya di rumah juga kita sediakan apar supaya mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. trus ada baiknya diadakan sosialisasi juga dari dinas damkar ke kelurahan--kelurahan untuk pengatasan dini jika terjadi kebakaran. Api besar itu berawal dari api kecil.


Quote:Original Posted By devilito7
yah smoga aj segera dtemukan formula pasir yg efektif yg bisa cepet madamim api ..

cm klo pake pasir ntr klo apinya da padam brati ada tugas bersihin pasir yg bnyak itu ya gan emoticon-Mewek


Quote:Original Posted By kodhok5
Seperti pemadam api berwarna merah itu juga isinya pasir yang dingin gan , karena pasir lebih efektif untuk memadamkan api dan tentu saja tidak mengalirkan listrik


Quote:Original Posted By bullgonz
Selama 3 unsur penting yg bisa buat kebakaran di take out, Api bisa cepet padam kok... Klo pke pasir kayaknya ngga praktis... Klo pasir madamin BBM yg kebakaran, kayaknya tenggelem deh pasirnya... Apalagi aer buat madamin kebakaran BBM... Bisa tmbh njeblug...


Quote:Original Posted By Bomberman.
Intinya jangan pakai air murni karna Air mengandung H2O, ada Oksigen di dalamnya, api butuh oksigen untuk mudah terbakar. Mungkin bisa dicampur dengan eskrim emoticon-Wkwkwk emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By frans_qu
Wahh ide ini perlu diterapkan dan kalau bisa direalisasikan


Quote:Original Posted By nanairo
Alternatif yang bagus, termasuk ultrasonik dan udaa


Quote:Original Posted By steguh39
Ane udah pernah lihat kasus kebakaran terus di padamin pake pasir. Emang bener-bener josh emoticon-2 Jempol

Waktu itu kejadiannya di rumah tetangga ane.


..

Nice info masghanemoticon-Hai
Quote:Original Posted By iskrim
Pemadam Kebakaran Dengan Pasir, Mustahil Apa Terbuktikan, ya?



for updated.


yoi, iskrim pertamax emoticon-Menang

tapi harus pake pasir biar apinya padam semua emoticon-Leh Uga

Kelimaxxx emoticon-I Love Indonesia

pake kembang pasir gan

Quote:Original Posted By 4ltha
Kelimaxxx emoticon-I Love Indonesia

pake kembang pasir gan


tai kucing dong buoskuh

Pemadam Kebakaran Dengan Pasir, Mustahil Apa Terbuktikan, ya?
1. pasir gk mudah didapat terutama di perkotaan
2. tergantung besarnya api, gk bisa begitu saja ngelempar pasir langsung mati
Quote:Original Posted By Riz2T
1. pasir gk mudah didapat terutama di perkotaan
2. tergantung besarnya api, gk bisa begitu saja ngelempar pasir langsung mati


Sperti yg ane tulis diatas semoga ada bahan atau median terbarukan yg sifatnya seperti pasir... semoga saja akan ada emoticon-Toast
Unsur api itu CH4(bahan bakar) + O2 + X(panas)..

Kalo salah satu unsur penyusunnya di buang atau dikurangi, apinya bakal mati sendiri om...

Penemuan yg terbaru itu (masih eksperimen), Gel untuk mematikan api dengan cepat. Konsepnya, O2 divacum dari lingkungan sekitar api menggunakan gel itu sehingga api gak bisa nyala lagi dan padam.

Sma kya yg om bilang. Kalo apinya dimatikan pake pasir, bakal mati jg apinya. Soalnya supply O2 gak ada karena tervacum/terhalang sm pasir tadi...
ada beberapa yg pake karbon gan, efektif juga kok.
Quote:Original Posted By metalgodfather
Unsur api itu CH4(bahan bakar) + O2 + X(panas)..

Kalo salah satu unsur penyusunnya di buang atau dikurangi, apinya bakal mati sendiri om...

Penemuan yg terbaru itu (masih eksperimen), Gel untuk mematikan api dengan cepat. Konsepnya, O2 divacum dari lingkungan sekitar api menggunakan gel itu sehingga api gak bisa nyala lagi dan padam.

Sma kya yg om bilang. Kalo apinya dimatikan pake pasir, bakal mati jg apinya. Soalnya supply O2 gak ada karena tervacum/terhalang sm pasir tadi...


Nice info gan.. ane pekiwanin post 2 yak emoticon-Wink
Quote:Original Posted By yudhisedit
ada beberapa yg pake karbon gan, efektif juga kok.


Seperti apa ya karakteristiknya.. emoticon-cystg
Masuk diakal karena APAR juga ada yang jenisnya berupa serbuk.
Quote:Original Posted By iskrim


Nice info gan.. ane pekiwanin post 2 yak emoticon-Wink


Monggo Om.. emoticon-Big Grin
klo yg kebakar gedung trs pasirnya berapa truk gan emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By a.r.i.f.
klo yg kebakar gedung trs pasirnya berapa truk gan emoticon-Ngakak


Itulah salah satu tantangannya gan.. mgkn bukan dilihat dari banyaknya pasir tapi efektifitas dan kerja pasir tersbut gan.. dgn perbandingan misalkan satu sendok pasir mampu memadamkan api satu area ukuran 5x5 meter... ini baru ide gan.. kita lihat aja kedepan akankah ada teknologi pasir seperti ini.. baca di paragraph 2 sebelum akhir tulisan gan emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By yudhisedit
ada beberapa yg pake karbon gan, efektif juga kok.


Quote:Original Posted By dreamworldddd
Masuk diakal karena APAR juga ada yang jenisnya berupa serbuk.


Sundul gan emoticon-Sundul
Boleh juga nih gan idenya emoticon-2 Jempol
sekalian mejeng di pejwan
Quote:Original Posted By metalgodfather
Unsur api itu CH4(bahan bakar) + O2 + X(panas)..

Kalo salah satu unsur penyusunnya di buang atau dikurangi, apinya bakal mati sendiri om...

Penemuan yg terbaru itu (masih eksperimen), Gel untuk mematikan api dengan cepat. Konsepnya, O2 divacum dari lingkungan sekitar api menggunakan gel itu sehingga api gak bisa nyala lagi dan padam.

Sma kya yg om bilang. Kalo apinya dimatikan pake pasir, bakal mati jg apinya. Soalnya supply O2 gak ada karena tervacum/terhalang sm pasir tadi...


emoticon-2 Jempol
emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By artdo
tai kucing dong buoskuh

Pemadam Kebakaran Dengan Pasir, Mustahil Apa Terbuktikan, ya?


begitulah emoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By dreamworldddd
Masuk diakal karena APAR juga ada yang jenisnya berupa serbuk.


bentar lagi ada APAR yg sachet gan.. tinggal ditabur