alexa-tracking
Kembali ke Versi Lama
Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5b45858f5c779843308b4568/review--oppo-f7-youth-harga-lebih-terjangkau-dengan-fitur-mirip-f7
11-07-2018 11:20
[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7
Past Hot Thread
Oppo kembali memakai strategi yang sama ketika meluncurkan F5 di Indonesia beberapa waktu yang lalu, yakni menghadirkan versi Youth dari F7. Dengan banderol harga yang lebih terjangkau, F7 Youth tetap menawarkan banyak fitur yang mirip dengan saudaranya. Meski begitu, tentunya agar bisa dijual lebih murah Oppo tetap harus membuat perbedaan spesifikasi.

Penasaran seperti apa keunggulan produk yang dijual 400 ribu rupiah lebih murah dari F7 ini? Simak ulasan lengkap kami:


Quote:Desain tetap menawan
Oppo meracik F7 Youth agar terlihat serupa dengan F7 versi standar. Hasilnya, smartphone ini mampu tampil menawan dengan dua varian warna yang sedap dipandang, yakni Solar Red dan Diamond Black.

[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7

Walaupun demikian, Anda masih bisa membedakan F7 Youth dengan F7 versi standar hanya dengan melihatnya dari luar. Di bagian depan, Oppo tidak membekali F7 Youth dengan layar berponi, melainkan layar Super FullScreen dengan aspect ratio 18:9. Karena tidak ada poni, otomatis bezel atas dan bawah juga sedikit lebih lebar.

Dengan dimensi dan bobot yang kurang lebih sama dengan F7, Anda akan merasakan sensasi serupa ketika menggenggam F7 Youth. Kesan premium akan tetap terlihat walaupun material yang digunakan belum metal. Ini karena lapisan kaca pada bagian belakang F7 Youth menghasilkan refleksi cahaya yang membuat warnanya terlihat berubah-ubah, tergantung sudut pandang, khususnya pada varian yang kami review yakni Diamond Black. Varian warna yang spesial ini terlihat berkilau dan desainnya unik seperti potongan berlian.

[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7

Nilai minusnya, bodi bagian belakang dari smartphone ini mudah kotor oleh sidik jari. Anda harus sering-sering membersihkannya jika ingin F7 Youth selalu tampak memukau. Solusi mudahnya, gunakan casing bening. Oh iya, satu hal lainnya yang menjadi perbedaan paling mencolok adalah F7 Youth tidak memiliki sensor sidik jari.

[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7

Untungnya, Oppo F7 Youth tetap memiliki tiga buah slot yang terdiri dari dua slot untuk SIM-card dan satu untuk microSD. Artinya, Anda tidak perlu mengorbankan microSD jika ingin memasang dua SIM-card dan begitu juga sebaliknya. Meski terkesan standar, kami tergolong tipe pengguna yang amat membutuhkan tiga slot. Perlu dicatat, saat ini masih banyak smartphone yang mengusung konsep slot hybrid.


Quote:Layar sedap dipandang
Seperti kami sebutkan di atas, Oppo F7 Youth tidak mengadopsi desain layar poni yang menjadi nilai jual dari F7. Di versi ini, Oppo lebih memilih layar Super FullScreen 6 inci 18:9 dengan resolusi Full HD+. Sedikit lebih kecil dari F7 yang memiliki layar 6,23 inci, tapi bukan termasuk perbedaan yang kentara.

Dengan layar yang kualitasnya kurang lebih sama, Anda tetap akan mendapatkan pengalaman menikmati konten yang juga sama maksimalnya. Tidak hanya itu, layar lebar tersebut juga membuat F7 Youth amat cocok untuk multitasking, misalnya saat Anda membuka dua aplikasi sekaligus di satu layar.

[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7

Jika Anda merasa temperature warnanya kurang sesuai dengan selera, Anda juga bisa mengaturnya sendiri sesuai keinginan. Ukuran font atau hurufnya pun bisa disesuaikan agar lebih nyaman dilihat.

Walaupun secara ukuran tergolong besar, dengan bezel yang tipis (hingga 1,98mm) Oppo sanggup menyajikan ratio screen-to-body yang mencapai 84,8 persen! Ini membuat dimensi smartphone secara keseluruhan menjadi tetap nyaman dioperasikan dengan satu tangan.

Sedikit membahas sektor audio, tidak ada fitur khusus yang dibenamkan oleh Oppo untuk mendongkrak performanya. Yang pasti, kualitas yang suara dari speaker cukup jernih dan lantang. Sayang, posisinya masih di kiri bawah, sehingga mudah tertutup jari sendiri saat bermain game atau menonton video secara landscape.


Quote:ColorOS 5.0 berbasis Android 8.1 Oreo

Oppo F7 Youth mengadopsi sistem operasi ColorOS 5.0 berbasis Android 8.1 Oreo, versi Android terbaru saat ulasan ini ditulis, yang artinya juga sama dengan F7. Dari segi antarmuka, ColorOS 5.0 tampil sederhana dan praktis dengan icon-icon warna-warni.

[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7
[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7

Tidak ada app-drawer. Semua aplikasi bisa Anda akses langsung dengan menggeser layar ke kanan. Ketika Anda geser ke kiri, Anda akan menemukan halaman penuh widget yang merupakan shortcut ke berbagai fungsi.

ColorOS 5.0 memiliki banyak fitur menarik. Oppo menanamkan dukungan AI pada berbagai fungsi, misalnya untuk manajemen sistem yang lebih baik, sehingga kinerja terasa lebih mulus, serta AI Board untuk menempatkan shortcut dari aplikasi favorit, menyusun jadwal penting, jadwal perjalanan, tiket yang sudah dipesan, dan sebagainya.

Ada pula A.I. Recognition yang akan membantu Anda mengelompokan foto-foto di Gallery berdasarkan wajah (orang dalam foto), lokasi pemotretan, dan sebagainya. Selain itu, A.I. Recognition juga mampu mengidentifikasi 128 titik pada wajah untuk mendukung fitur Face Unlock agar lebih cepat, akurat, dan aman.

[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7
[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7


Selama kami mencobanya, Face Unlock ini memang bisa diandalkan. Walaupun Anda tidak ditawarkan sensor sidik jari, kinerja Face Unlock yang ngebut saat membuka kunci cukup mampu menjadi alternatif. Dengan catatan, Anda tidak berada di lokasi yang terlalu gelap. Tapi biar bagaimanapun, sensor sidik jari tetap amat penting dan sejatinya merupakan fitur standar masa kini. Apalagi untuk smartphone dengan harga di atas 3,5 juta rupiah.

Untuk fitur-fitur lainnya, Anda tetap akan menemukan Screen Recording untuk merekam aktivitas yang terjadi di layar, serta Game Acceleration untuk mendukung gaming yang lebih lancar minim gangguan.


Quote:Kamera tetap oke di kelasnya

[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7

Perbedaan lain antara Oppo F7 dengan F7 Youth ada di sektor kamera. F7 Youth mengusung kamera depan dengan sensor HDR 8 megapixel dan lensa f/2.2. Walaupun resolusinya jauh lebih rendah, varian Youth tetap dibekali fitur-fitur khas Oppo seperti AI Beauty 2.0 untuk membantu Anda menciptakan foto selfie yang bagus.

Untuk kamera belakang F7 Youth didukung sensor 13 megapixel dengan lensa f/2.2 dengan tetap menyediakan fitur-fitur pendukung seperti Super Vivid Mode, Portrait Mode (bokeh), Panorama, hingga mode Expert.

Hasil fotonya? Masih cukup bagus untuk pemotretan di kondisi cahaya yang memadai. Kinerjanya juga cepat, tidak terasa shutter lag. Namun ketika mengambil gambar di lokasi yang agak gelap, Anda masih akan menemukan noise dalam taraf yang untungnya tidak terlalu berlebihan.

[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7IMG20180601194135 by yangcanggih.com, on Flickr
[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7IMG20180529103843 by yangcanggih.com, on Flickr

Mode Portrait-nya juga cukup bagus menghasilkan foto bokeh menggunakan kamera belakang di tempat yang terang. Untuk kamera depan, mode portrait-nya tidak sebaik kamera belakang. Meski begitu, menurut kami hasilnya masih lumayan mengingat F7 Youth tidak mengusung konfigurasi dual-camera.

[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7IMG20180602111648 by yangcanggih.com, on Flickr
[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7IMG20180601122916 by yangcanggih.com, on Flickr
[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7IMG20180601201954 by yangcanggih.com, on Flickr

Sedikit membahas A.I Beauty 2.0, fitur ini mampu mendeteksi 296 titik wajah (meningkat 20 persen dibanding generasi sebelumnya). Bahkan, A.I. Beauty 2.0 dapat mengenali subjek dan memperhalus wajah secara terpisah, baik itu pria maupun wanita, dalam sebuah group selfie. Wajah akan tampak lebih cerah dan halus dengan fitur A.I. Beauty 2.0. Walaupun terlihat agak alami, efek penghalusan wajahnya kadang terlihat terlalu agresif pada kondisi cahaya tertentu.

Masih penasaran dengan hasil fotonya? Langsung saja menuju akun Flickr resmi YangCanggih.com di tautan berikut ini.


Quote:Performa mantap, gaming lancar
Sama seperti saudaranya, F7 Youth dipersenjatai SoC MediaTek Helio P60 dengan CPU octa-core yang terdiri dari 4-core Cortex-A73 2 GHz dan 4-core Cortex-A53 2 GHz, serta disandingkan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7
[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7
[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7


Ini membuat F7 Youth tidak hanya bisa disebut sebagai smartphone selfie, tetapi juga cocok untuk mendukung kebutuhan sehari-hari, termasuk untuk bermain game dengan lebih lancar dan menyenangkan.

Kami sempat mencoba judul-judul populer seperti DragonBall Legends, Arena of Valor, Mobile Legends, Tekken Mobile, dan PUBG Mobile. Hasilnya, semua game bisa ditangani dengan baik tanpa ada kendala lag berarti selama permainan. Ditambah dengan fitur Game Acceleration, Anda tidak akan terganggu oleh berbagai notifikasi yang masuk.

[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7

Untuk lebih menjelaskan seperti apa performa dari smartphone ini, simak hasil pengujian Oppo F7 Youth menggunakan beberapa aplikasi benchmark di bawah ini:

[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7
[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7
[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7
[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7
[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7
[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7


Quote:Manajemen baterai cukup baik
Oppo F7 Youth didukung baterai 3410 mAh yang di atas kertas termasuk standar untuk penawaran smartphone masa kini. Meski bukan yang terbesar di kelasnya, terbukti baterai ini mampu membuat F7 Youth menyala seharian penuh untuk pemakaian normal.

Yang menarik, kemampuan AI kembali akan Anda temukan di sini. Melalui fitur bernama A.I. Battery Management, F7 Youth bisa menyesuaikan daya pemrosesan sesuai dengan kebutuhan, sehingga konsumsi daya lebih efisien.

[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7
[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7


Sayangnya Oppo belum membenamkan fitur VOOC flash charging pada F7 Youth. Tentunya akan lebih menarik jika baterai 3410 mAh ini dapat diisi dengan lebih cepat. Charger bawaan dari F7 Youth sendiri memiliki output 5V/2A.


Quote:Kesimpulan
Sebagai opsi yang lebih terjangkau, F7 Youth cukup mampu merepresentasikan berbagai keunggulan yang sebelumnya ditawarkan F7 versi standar. Walaupun ada beberapa perbedaan, Anda tetap bisa merasakan pengalaman penggunaan yang kurang lebih mirip.

[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7

Untuk sebuah perangkat di bawah 4 juta, F7 Youth adalah paket yang cukup komplit. Smartphone ini punya desain menawan, layar besar dan tajam, kamera mumpuni, performa kencang, serta baterai yang tahan lama. Meski begitu, hilangnya sensor sidik jari menurut kami amat disayangkan.

Dibanderol Rp3.799.000, Oppo F7 Youth cocok bagi Anda penggemar selfie yang juga suka bermain game.


Quote:Yang Canggih:
+ Desain menawan dengan varian warna yang menarik
+ Layar lega dengan tampilan yang memanjakan mata
+ Kamera belakang cukup bagus di kelasnya
+ Hasil kamera selfie juga tergolong baik
+ Performa kencang, cocok untuk gaming
+ Baterai awet
+ Triple Slot (2 SIM + microSD)

Yang Kurang:
- Bodi bagian belakang mudah kotor
- Tidak ada sensor sidik jari
- Efek A.I. Beauty kadang berlebihan
- Belum didukung fast charging


[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7
YANGCANGGIH.COM juga menerbitkan majalah gadget digital bulanan, Y Magazine yang dapat diunduh secara gratis melalui Magzter dan Pressreader. Untuk versi PDF, bisa diunduh gratis di yangcanggih.com/y-magazine

FB:YANGCANGGIH
Twitter:@YANGCANGGIHCOM
Instagram:@YANGCANGGIH
0
Kutip
Balas
Urutan
Terlama
Halaman 1 dari 7
14-07-2018 10:07
pertamax emoticon-Pertamax

ane udah punya 1 yg F7, tapi baru tau kalo F7 Youth fiturnya mirip" emoticon-Tepar
Diubah oleh cokelut
0
Kutip
Balas
14-07-2018 10:08
Ane nunggu gaji 13 dolo yak... Seperti halnya pepatah Mongolia yang mengatakan:

Khünd kharaatai nüd, khünd mörön: khünd kharaakhan üzeegüi khünd kharaakhan khünderdeggüi khünd ulam khünderdeg...

emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
0
Kutip
Balas
14-07-2018 10:10
kasian iklan g ada yg komen
0
Kutip
Balas
14-07-2018 10:13
Baca aja gan, hp yg sekarang belum rusak mungkin nanti ganti ini emoticon-Big Grin
0
Kutip
Balas
14-07-2018 10:13
O...Oooo.Ooo.....Ooooooooooo

syalala...lala...lalalalala....
emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
0
Kutip
Balas
14-07-2018 10:18
Quote:Original Posted By o.best
O...Oooo.Ooo.....Ooooooooooo

syalala...lala...lalalalala....
emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang


Ayo Kroasia...
emoticon-Kroasiaemoticon-Kroasiaemoticon-Kroasiaemoticon-Kroasia
emoticon-Kroasiaemoticon-Kroasiaemoticon-Kroasiaemoticon-Kroasia
emoticon-Kroasiaemoticon-Kroasiaemoticon-Kroasiaemoticon-Kroasia
0
Kutip
Balas
14-07-2018 10:19
Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Ayo Kroasia...
emoticon-Kroasiaemoticon-Kroasiaemoticon-Kroasiaemoticon-Kroasia
emoticon-Kroasiaemoticon-Kroasiaemoticon-Kroasiaemoticon-Kroasia
emoticon-Kroasiaemoticon-Kroasiaemoticon-Kroasiaemoticon-Kroasia


dari segi harga mending F7 pro ya
0
Kutip
Balas
14-07-2018 10:20
Quote:Original Posted By o.best
dari segi harga mending F7 pro ya


Kebetulan Ane bukan pengguna Gan... Jd gak tauk apa2 Gan... emoticon-Frown
0
Kutip
Balas
14-07-2018 10:21
Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Kebetulan Ane bukan pengguna Gan... Jd gak tauk apa2 Gan... emoticon-Frown


Walah, ane ttp setia sma si baterai 5000 mAh emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
0
Kutip
Balas
14-07-2018 10:22
Quote:Original Posted By o.best
Walah, ane ttp setia sma si baterai 5000 mAh emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang


Hp apa entuh Gan???
emoticon-Bingung
0
Kutip
Balas
14-07-2018 10:23
mahal ahk , ane masih pake asia hidayah :goyang
0
Kutip
Balas
14-07-2018 10:24
Quote:Original Posted By o.best


dari segi harga mending F7 pro ya


Harga Oppo F7 Pro memang menarik, karena masih jadi ponsel Android 6GB/128GB yang paling terjangkau di Indonesia.
0
Kutip
Balas
14-07-2018 10:25
Saya maunya harga tidak terjangkau dengan spesifikasi rendah emoticon-Cool
Diubah oleh Pazonda95
0
Kutip
Balas
14-07-2018 10:25
Emmm gmna yahh emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0
Kutip
Balas
14-07-2018 10:25
ya opo sih
0
Kutip
Balas
14-07-2018 10:26
T29 gw masih bagus emoticon-Cool


[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7
Diubah oleh GayusTambunan.
0
Kutip
Balas
14-07-2018 10:27
hp sekarang layarnya gede2 ya
ane pengennya max 5inch aja yang nyaman digenggam
0
Kutip
Balas
14-07-2018 10:27
beliin bray
0
Kutip
Balas
14-07-2018 10:27
Quote:Original Posted By GayusTambunan.
T29 gw masih bagus emoticon-Cool


[ Review ] Oppo F7 Youth: Harga Lebih Terjangkau dengan Fitur Mirip F7


astajim bray
0
Kutip
Balas
14-07-2018 10:28
mahal juga yaaemoticon-Leh Uga
Diubah oleh junleon
0
Kutip
Balas
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2018 Kaskus – The Largest Indonesian Community