alexa-tracking
KATEGORI kategori N icon-buat-post BUAT POST
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3da097d44f9f773a8b4576/begini-cara-ampuh-menyelamatkan-diri-di-perairan
Past Hot Thread

Begini Cara Ampuh Menyelamatkan Diri di Perairan

ALOHA GANSIS
WELCOME TO MY THREAD

emoticon-Selamatemoticon-Ultah

Belakangan ini Indonesia sedang dirundung duka mendalam nih gan. Yaps, apalagi kalau bukan karena banyaknya kasus kecelakaan transportasi air yang memakan banyak korban. Belum selesai duka masyarakat Indonesia akibat KM. Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, eh beberapa hari lalu ada lagi kejadian kalau KM. Lestari Maju juga tenggelam di wilayah perairan laut Sulawesi Selatan.

Dari kedua kecelakaan tersebut setau ane lumayan banyak korban tewas akibat tenggelam dan gagal menyelamatkan diri. Kenapa mereka bisa gagal menyelamatkan diri? Hmm mungkin mereka ini tidak bisa berenang dan tidak mendapatkan alat bantu keselamatan saat kecelakaan tersebut berlangsung. Kalau pun mereka bisa berenang, mungkin saja mereka sudah kelelahan sebelum sampai ke tepi daratan.

Begini Cara Ampuh Menyelamatkan Diri di Perairan
sumber

Dari pernyataan ane diatas, mungkin banyak dari agan yang berpikir “Berarti bisa berenang pun belum tentu bisa menyelamatkan diri kita dari tenggelam?” Yaps bener banget, bisa berenang saja tidak cukup kecuali mereka yang telah terbiasa berenang menempuh jarak berkilo-kilometer sekelas atlet renang. Lalu bagaimana cara menyelamatkan diri paling ampuh di perairan?


Quote:Lakukan Teknik Ini

Teknik Uitemate adalah suatu teknik bertahan hidup dengan cara mengapung yang digagas oleh Profesor Hidetoshi Saito asal Jepang. Konsep teknik ini sebenarnya tidak sulit dimengerti, cukup masuk akal, sederhana dan pastinya sangat efektif. Profesor Hideoshi Saito terinspirasi menciptakan teknik ini saat melihat daun yang mengapung di permukaan air.


Tahukah agan? Teknik yang satu ini bahkan diajarkan di sekolah-sekolah dasar Jepang saat kelas renang sebagai bekal anak untuk tetap tenang dan bisa menyelamatkan diri sendiri jika terjadi kecelakaan di wilayah perairan. Hasilnya, banyak anak yang selamat saat terjadi Tsunami di Jepang pada 2011 lalu loh, hal itu disebabkan anak-anak ini berhasil mempraktekkan teknik Uitemate.

Begini Cara Ampuh Menyelamatkan Diri di Perairan
sumber




Quote:Bagaimana Caranya Melakukan Uitemate?

Begini Cara Ampuh Menyelamatkan Diri di Perairan
sumber

·       Tetap tenang dan jangan panik
Yang paling mendasar dari teknik Uitemate adalah ketenangan gan. Kenapa? Karena semakin minimal gerakan yang kita lakukan akan semakin mudah untuk mengapungkan tubuh. Ternyata banyak bergerak di air malah akan membuat kita semakin tenggelam loh.

·        Rentangkan tangan dan kaki
Hal selanjutnya adalah agan bisa merentangkan tangan dan kaki serta ambil posisi terlentang dengan wajah menghadap ke atas. Berusahalah hingga mengambang sempurna dan atur nafas setenang mungkin untuk mengurangi gerakan.

·       Wajah di atas permukaan air
Usahakan wajahmu tetap ada di permukaan air dan pandangan selalu menatap ke atas. Selain mempermudah tubuh mengapung, hal ini juga dapat memperlancar aliran pernafasan kita gan.

·       Tetap gunakan sepatu
Mungkin sebagian besar agan akan berpikir melepaskan sepatu untuk memperingan tubuh dan memudahkan tubuh mengapung, tapi nyatanya sepatu bisa membantu loh. Sepatu karet fungsinya serupa seperti pelampung, jadi bisa mempermudah kaki agan mengapung di air.

·       Bantuan botol kosong
Jika kebetulan agan menemkan botol kosong, agan bisa menggnakannya sebagai bantuan mengapungkan tubuh. Caranya, agan bisa mendekap botol tersebut di atas dada.


Nah itu dia cara mudah menyelamatkan diri dari tenggelam untuk agan yang kebetulan tidak bisa berenang dan tidak mendapatkan pelampung saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat menggunakan transportasi air.

Semoga bermanfaat ya gan !
 emoticon-Toastemoticon-Kissemoticon-Angel

Thread created by Kaskus ID kaniarf
Sumber gambar via Google Image
reserved

NANTI PAS ANE RENANG ANE MAU COBA PRAKTEKIN INI AH
Saya sering berenang, tapi sampai sekarang belum menguasai teknik tersebut gan. emoticon-Wakaka
kalo berhari2 mengapung belum ketemu susah juga sih om

terkadang emang gitu si klo gk bisa berenang pasti panik semakin panik malah semakin kelelep emoticon-Mewek
emang benar gan , ane juga pernah dengar tips ini sebelumnya , omong omong bikinin thread cara menyelamatkan diri dari godoaan dunia dong gan
owh gtu yah caranya

sudah kuduga emoticon-sudahkuduga
Tapi kalau panik apalagi tidak bisa berenang, pasti kelelep emoticon-Jempol
Kuncinya tenang sih gan .. Kalo gegabah repot.. Betul yang dikatakan, banyak bergerak malah buat tenggelam..
klo pake bangku kayu ato benda sekitar bisa kagak bray
kalo di laut ane bisa, tapi kalo di Kolam renang agak susah
Bisa dicoba & diajarkan...
Quote:Original Posted By 895tuy5yu
kalo berhari2 mengapung belum ketemu susah juga sih om


Begitu sampe darat udh jd ikan asin gan, garem udh meresap ke badan, tinggal jemur biar keringan dikit lg emoticon-Leh Uga
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By Revcrew
Kuncinya tenang sih gan .. Kalo gegabah repot.. Betul yang dikatakan, banyak bergerak malah buat tenggelam..


kalo tenang tp gabisa berenang?
weh ini kalo di air tawar ampuh juga ke?
btw nice info soale ane gk bisa renang
Uuh begitu toh tapi ane tenggelem mulu gan gimana tuh emoticon-Bingung

Tapi ini nice inpoh emoticon-2 Jempol
perlu latihan dulu ni gan
Klo aye nyebut teknik itu pas berenang namanya Gaya punggung..
Yg susah itu bikin badan biar ngga panik dan banyak bergerak.. Klo ga biasa pasti susah, mungkin yg sering berenang agak mudah bikin badan tetap tenang..