News
Batal
KATEGORI
link has been copied
576
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b08c428a09a39781a8b4578/siapa-menang-jika-iran-israel-perang-ini-komparasi-militernya
Perseteruan Iran dan Israel terus memanas dengan Suriah secara tidak langsung telah menjadi medan tempurnya. Kedua negara itu semakin keras mengumbar retorika perang menyusul serangan puluhan roket Teheran di Dataran Tinggi Golan yang direspons serangan ratusan rudal Israel terhadap basis-basis Iran di Suriah.
Lapor Hansip
26-05-2018 09:19

Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya

Past Hot Thread
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya

TEL AVIV - Perseteruan Iran dan Israel terus memanas dengan Suriah secara tidak langsung telah menjadi medan tempurnya. Kedua negara itu semakin keras mengumbar retorika perang menyusul serangan puluhan roket Teheran di Dataran Tinggi Golan yang direspons serangan ratusan rudal Israel terhadap basis-basis Iran di Suriah.

Israel selama ini menikmati dukungan militer Amerika Serikat (AS) sebagai sekutu utamanya. Sedangkan Iran justru "dimusuhi" beberapa negara Arab, terutama Arab Saudi.
Menurut perkiraan GlobalFirepower.com yang bersumber dari data CIA, perbandingan kekuatan secara sekilas antara Teheran dan Tel Aviv sebagai berikut;

Iran

Anggaran pertahanan: USD6,3 miliar.
Personel militer aktif: 534.000 orang.
Pesawat militer: 505 unit.
Tank tempur: 1.650 unit.
Aset angkatan laut: 398 unit.

Israel

Anggaran pertahanan: USD20 miliar.
Personel militer aktif: 147.000 orang.
Pesawat militer: 596 unit.
Tank tempur: 2.760 unit.
Aset angkatan laut: 65 unit.

Data statistik senjata belum jadi jaminan memenangkan peperangan. Dalam kasus konfrontasi militer, kualitas senjata dan peralatan militer menjadi perhitungan utama. Dalam hal itu, Israel kemungkinan lebih unggul, terlebih Iran sudah lama terseok-seok karena terkena embargo negara-negara Barat.

Bahkan, jika terjadi konfrontasi, pasukan Israel tidak mungkin akan melancarkan serangan darat terhadap Republik Islam Iran mengingat rasio populasi antara kedua negara berbeda jauh, yakni Iran sebanyak 82 juta jiwa. Sedangkan Israel 8,3 juta jiwa.

Strategi yang kemungkinan besar diambil Israel adalah menggunakan Angkatan Udara dan mungkin serangan rudal Angkatan Laut-nya.

Bagi Iran sendiri juga akan sulit untuk menyerang Israel melalui darat. Opsi yang kemungkinan diambil Teheran adalah melakukan serangan rudal besar-besaran terhadap Israel dari wilayah Iran dan menggunakan gerakan anti-Israel seperti Hizbullah Lebanon dan Hamas di Gaza sebagai proksi di lapangan.

Angkatan Udara

Pesawat tempur Republik Islam Iran sebagian besar sudah ketinggalan zaman. Di antaranya; jet tempur F-4 dan F-5 yang dirancang pada 1950-an, F-7, pesawat MiG-21 Soviet, F-14, Su-20, Su-24, Su-25 dan MiG-25 yang dikembangkan pada 1970-1980-an. Selain itu, banyak pesawat tempur Iran tidak layak untuk dinas aktif.

Kompleks industri militer Iran memproduksi sejumlah pesawat tempur domestik, termasuk Azarakhsh, Saeqeh, Tazarv. Namun, menurut beberapa pengamat, beberapa pesawat itu dirancang atas dasar model asing yang sudah usang.

"Angkatan Udara (Iran) pada dasarnya terdiri dari pesawat-pesawat AS tua dan (pesawat terbang) yang berhasil diperoleh Iran," kata pensiunan pejabat Angkatan Udara Israel, Jenderal Israel Baharav pada Sputnik, yang dilansir Jumat (25/5/2018).

"Saya percaya bahwa Angkatan Udara Iran dapat diperhitungkan hanya jika (Israel) harus beroperasi di wilayah udara Iran," ujarnya.
Jenderal tersebut ragu bahwa pesawat Iran akan melakukan operasi militer di wilayah Israel.

"Jarak yang sangat jauh dan faktor-faktor lain memainkan peran," katanya. "Mereka (militer Iran), tentu saja, dapat mencoba, tetapi kemampuan pesawat mereka sangat terbatas dalam hal menyelesaikan tugas semacam itu. Misil mereka menimbulkan ancaman yang lebih besar bagi kita (Israel) daripada penerbangan mereka."

Di pihak Israel, militernya memiliki F-15, F-16, dan F-35 buatan Amerika Serikat. Armada udara Israel dibangun dengan partisipasi langsung para ilmuwan dan ahli khusus negara tersebut. Menurut pakar penerbangan, Angkatan Udara Israel adalah salah satu dari lima angkatan udara terkuat di dunia, bersama dengan AS, Rusia, China, dan Inggris.

Angkatan Laut

Iran dilaporkan memiliki 21 kapal selam mini Ghadir-class yang dirancang khusus untuk berlayar di perairan dangkal Teluk Persia. Selain itu, Teheran mengoperasikan tiga kapal selam diesel-listrik Kilo-class yang dibeli dari Rusia pada 1990-an. Data ini berasal dari laporan The National Interest.

Sebagai perbandingan, Angkatan Laut Israel memiliki enam kapal selam diesel-listrik Dolphin-class yang dikembangkan dan dibangun oleh Howaldtswerke-Deutsche Werft AG. Kapal-kapal selama itu dilengkapi dengan rudal jelajah yang mampu membawa hulu ledak nuklir. Ini secara signifikan meningkatkan potensi strategis Israel yang memastikan keunggulannya atas kekuatan angkatan laut dari negara-negara Timur Tengah.

Senjata Nuklir

Bukan hal baru lagi bahwa Israel dicurigai sebagai negara dengan kekuatan nuklir di Timur Tengah. Negara Yahudi ini dilaporkan memiliki 100 hingga 500 hulu ledak nuklir.

Selain itu, Israel juga telah mengembangkan rudal balistik sendiri sejak 1963. Pada tahun 1989 Tel Aviv berhasil menguji rudal balistik Yericho-2 yang mampu menyerang target pada jarak 800-1.500 kilometer.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) juga memiliki sarana udara pengirim senjata nuklir termasuk F-16 dan A-4N Sky Hawk. Israel adalah satu-satunya negara di Timur Tengah yang diyakini mampu melakukan serangan nuklir melalui darat, laut atau udara.

Adapun ancaman yang ditimbulkan oleh rudal Iran, Tel Aviv berpotensi menahan serangan Iran karena memiliki sistem pertahanan Iron Dome. Sistem ini telah berulang kali menunjukkan efisiensinya ketika mencegat roket Hizbullah dan Hamas. Saat diuji coba, Iron Dome berhasil menahan serangan yang lebih kuat.
profile-picture
profile-picture
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
29-05-2018 20:59
Umat muslim harus bersatu.. saling mendukung..
2 0
2
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
29-05-2018 19:58
yang menang jelas yg sumber daya alam (minyak) dan ekonominya kuat.
2 0
2
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
31-05-2018 00:48
Quote:Original Posted By fantasyRED
ya menurut ane kalau ada dua atau tiga negara dengan potensial militer yang kuat berperang, akan ada efek domino yang memungkinkan terjadinya perang dunia ketiga sih


Ahh sotoyy deh kk.. emoticon-Stick Out Tongue
1 0
1
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
29-05-2018 18:44
Quote:Original Posted By sibrorr
Nggak ada sejarahnya israel kalah ama negara islam manapun walau sampai dikeroyok


karena iran syiah jadi ane pegang israel dulu deh
1 0
1
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
29-05-2018 17:59
keduanya negara kuat di timteng itu.
1 0
1
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
28-05-2018 01:08
israel vs iran.
saya pegang israel pur 1,5 dah..emoticon-Ngakak
1 0
1
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
27-05-2018 23:43
Quote:Original Posted By 4l.addict


Yah udah lu muslim jangan nyaru jadi orthodox

Jangan lupa lu nanti bakalan perangin keluarga lu sendiri yang orthodox


Delusi tolol emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakak

kok masih ada yg percaya fiksi gituan di zaman moderen ini yak
1 0
1
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
27-05-2018 19:03
Quote:Original Posted By jaloe46


“Kalian akan perangi jazirah Arab sehingga Allah menangkan kalian atasnya. Kemudian (kalian perangi) Persia sehingga Allah menangkan kalian atasnya. Kemudian kalian perangi Ruum sehingga Allah menangkan kalian atasnya. Kemudian kalian perangi Dajjal sehingga Allah menangkan kalian atasnya.”

Saudi diperangi paling pertama karena paling munafik

Sebelum memerangi saudi,islam akan bergabung dengan
Rum (romawi timur/orthodox) untuk mengalah kan saudi iran kemudian baru perang melawan Rum

kemungkinan islam berkoalisi dengan orthodox,koptik,armenia karena aliran ini aliran paling damai di kristen n mereka ga genosida aborigin n indian



Dongeng apa lagi ini Rum jadi kawan buat nyerang musuh islam habis islam menang lanjut Rum di genocide

Islam koalisi dengan armenia buat nyerang musuh islam terus kemarin2 kenapa armenia di genocide muslim?

Munapig emoticon-Najis emoticon-Najis
1 0
1
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
26-05-2018 21:44
Quote:Original Posted By markjankulovski


beda bung, ini Syiah, yang otaknya gak kalah briliannya sama Israhell. Dan militansinya sangat tinggi.

Perang 6 hari tidak melibatkan Syiah, Israhell baru perang lawan Syiah ya lawan Hizbullah, dan hasilnya Israhell keok 2 kali. Tahun 2000 terusir dari Lebanon Selatan dan tahun 2006, bahkan untuk menguasai Bint Jbeil kubunya Hizbullah saja gagal.

Kalo lawan muridnya aja sudah keok, bagaimana lawan gurunya. hihihihi. keok kuadrat.


hizbullah bisa bertahan karena pake temeng warga sipil.
tanpa temeng sipil, sudah dari kapan itu hizbullah habis dibabat israel.

israel dilema kalo lawan hizbullah dengan hamas. kalo membabi buta yg korban juga sipil, otomatis israel akan kembali dikecam dan ditekan dunia internasional.
1 0
1
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
26-05-2018 20:20
Quote:Original Posted By kaskus.willdie
tidak tau sejarah perang 6 hari kalian emoticon-Big Grin 10 negara islam vs 1 negara israel dan israel menang walau tanpa backup amerika dan cs emoticon-Angkat Beer


beda bung, ini Syiah, yang otaknya gak kalah briliannya sama Israhell. Dan militansinya sangat tinggi.

Perang 6 hari tidak melibatkan Syiah, Israhell baru perang lawan Syiah ya lawan Hizbullah, dan hasilnya Israhell keok 2 kali. Tahun 2000 terusir dari Lebanon Selatan dan tahun 2006, bahkan untuk menguasai Bint Jbeil kubunya Hizbullah saja gagal.

Kalo lawan muridnya aja sudah keok, bagaimana lawan gurunya. hihihihi. keok kuadrat.
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia