News
Batal
KATEGORI
link has been copied
576
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b08c428a09a39781a8b4578/siapa-menang-jika-iran-israel-perang-ini-komparasi-militernya
Perseteruan Iran dan Israel terus memanas dengan Suriah secara tidak langsung telah menjadi medan tempurnya. Kedua negara itu semakin keras mengumbar retorika perang menyusul serangan puluhan roket Teheran di Dataran Tinggi Golan yang direspons serangan ratusan rudal Israel terhadap basis-basis Iran di Suriah.
Lapor Hansip
26-05-2018 09:19

Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya

Past Hot Thread
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya

TEL AVIV - Perseteruan Iran dan Israel terus memanas dengan Suriah secara tidak langsung telah menjadi medan tempurnya. Kedua negara itu semakin keras mengumbar retorika perang menyusul serangan puluhan roket Teheran di Dataran Tinggi Golan yang direspons serangan ratusan rudal Israel terhadap basis-basis Iran di Suriah.

Israel selama ini menikmati dukungan militer Amerika Serikat (AS) sebagai sekutu utamanya. Sedangkan Iran justru "dimusuhi" beberapa negara Arab, terutama Arab Saudi.
Menurut perkiraan GlobalFirepower.com yang bersumber dari data CIA, perbandingan kekuatan secara sekilas antara Teheran dan Tel Aviv sebagai berikut;

Iran

Anggaran pertahanan: USD6,3 miliar.
Personel militer aktif: 534.000 orang.
Pesawat militer: 505 unit.
Tank tempur: 1.650 unit.
Aset angkatan laut: 398 unit.

Israel

Anggaran pertahanan: USD20 miliar.
Personel militer aktif: 147.000 orang.
Pesawat militer: 596 unit.
Tank tempur: 2.760 unit.
Aset angkatan laut: 65 unit.

Data statistik senjata belum jadi jaminan memenangkan peperangan. Dalam kasus konfrontasi militer, kualitas senjata dan peralatan militer menjadi perhitungan utama. Dalam hal itu, Israel kemungkinan lebih unggul, terlebih Iran sudah lama terseok-seok karena terkena embargo negara-negara Barat.

Bahkan, jika terjadi konfrontasi, pasukan Israel tidak mungkin akan melancarkan serangan darat terhadap Republik Islam Iran mengingat rasio populasi antara kedua negara berbeda jauh, yakni Iran sebanyak 82 juta jiwa. Sedangkan Israel 8,3 juta jiwa.

Strategi yang kemungkinan besar diambil Israel adalah menggunakan Angkatan Udara dan mungkin serangan rudal Angkatan Laut-nya.

Bagi Iran sendiri juga akan sulit untuk menyerang Israel melalui darat. Opsi yang kemungkinan diambil Teheran adalah melakukan serangan rudal besar-besaran terhadap Israel dari wilayah Iran dan menggunakan gerakan anti-Israel seperti Hizbullah Lebanon dan Hamas di Gaza sebagai proksi di lapangan.

Angkatan Udara

Pesawat tempur Republik Islam Iran sebagian besar sudah ketinggalan zaman. Di antaranya; jet tempur F-4 dan F-5 yang dirancang pada 1950-an, F-7, pesawat MiG-21 Soviet, F-14, Su-20, Su-24, Su-25 dan MiG-25 yang dikembangkan pada 1970-1980-an. Selain itu, banyak pesawat tempur Iran tidak layak untuk dinas aktif.

Kompleks industri militer Iran memproduksi sejumlah pesawat tempur domestik, termasuk Azarakhsh, Saeqeh, Tazarv. Namun, menurut beberapa pengamat, beberapa pesawat itu dirancang atas dasar model asing yang sudah usang.

"Angkatan Udara (Iran) pada dasarnya terdiri dari pesawat-pesawat AS tua dan (pesawat terbang) yang berhasil diperoleh Iran," kata pensiunan pejabat Angkatan Udara Israel, Jenderal Israel Baharav pada Sputnik, yang dilansir Jumat (25/5/2018).

"Saya percaya bahwa Angkatan Udara Iran dapat diperhitungkan hanya jika (Israel) harus beroperasi di wilayah udara Iran," ujarnya.
Jenderal tersebut ragu bahwa pesawat Iran akan melakukan operasi militer di wilayah Israel.

"Jarak yang sangat jauh dan faktor-faktor lain memainkan peran," katanya. "Mereka (militer Iran), tentu saja, dapat mencoba, tetapi kemampuan pesawat mereka sangat terbatas dalam hal menyelesaikan tugas semacam itu. Misil mereka menimbulkan ancaman yang lebih besar bagi kita (Israel) daripada penerbangan mereka."

Di pihak Israel, militernya memiliki F-15, F-16, dan F-35 buatan Amerika Serikat. Armada udara Israel dibangun dengan partisipasi langsung para ilmuwan dan ahli khusus negara tersebut. Menurut pakar penerbangan, Angkatan Udara Israel adalah salah satu dari lima angkatan udara terkuat di dunia, bersama dengan AS, Rusia, China, dan Inggris.

Angkatan Laut

Iran dilaporkan memiliki 21 kapal selam mini Ghadir-class yang dirancang khusus untuk berlayar di perairan dangkal Teluk Persia. Selain itu, Teheran mengoperasikan tiga kapal selam diesel-listrik Kilo-class yang dibeli dari Rusia pada 1990-an. Data ini berasal dari laporan The National Interest.

Sebagai perbandingan, Angkatan Laut Israel memiliki enam kapal selam diesel-listrik Dolphin-class yang dikembangkan dan dibangun oleh Howaldtswerke-Deutsche Werft AG. Kapal-kapal selama itu dilengkapi dengan rudal jelajah yang mampu membawa hulu ledak nuklir. Ini secara signifikan meningkatkan potensi strategis Israel yang memastikan keunggulannya atas kekuatan angkatan laut dari negara-negara Timur Tengah.

Senjata Nuklir

Bukan hal baru lagi bahwa Israel dicurigai sebagai negara dengan kekuatan nuklir di Timur Tengah. Negara Yahudi ini dilaporkan memiliki 100 hingga 500 hulu ledak nuklir.

Selain itu, Israel juga telah mengembangkan rudal balistik sendiri sejak 1963. Pada tahun 1989 Tel Aviv berhasil menguji rudal balistik Yericho-2 yang mampu menyerang target pada jarak 800-1.500 kilometer.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) juga memiliki sarana udara pengirim senjata nuklir termasuk F-16 dan A-4N Sky Hawk. Israel adalah satu-satunya negara di Timur Tengah yang diyakini mampu melakukan serangan nuklir melalui darat, laut atau udara.

Adapun ancaman yang ditimbulkan oleh rudal Iran, Tel Aviv berpotensi menahan serangan Iran karena memiliki sistem pertahanan Iron Dome. Sistem ini telah berulang kali menunjukkan efisiensinya ketika mencegat roket Hizbullah dan Hamas. Saat diuji coba, Iron Dome berhasil menahan serangan yang lebih kuat.
profile-picture
profile-picture
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 29
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
24-11-2018 18:33
udah jelas menang israel lah
kalo militer israel dirasa kurang, tinggal angkat telpon, trump akan kasi tambahan pasokan militer nya ke israel
amerika terkenal sebagai negara yg pasokan militer nya tak ada habis habisnya
ngajak ribut israel sama aja ngajak ribut amerika
usai sukses serang pearl harbour, salah satu jenderal terkenal jepang ungkapkan kekhawatirannya jika jepang baru saja membangunkan macan tidur (amerika)
israel itu ibaratnya proxy nya amerika, israel bertugas menjaga agar amerika tetap lelap dalam tidur nya, biarin israel yg ribut sama negara lain, gitu kasarnya.
0 0
0
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
24-11-2018 17:06
sebaiknya hati -hati lawan israel krn tertulis di Zakaria 2:8, melawan israel berarti berperang melawan Allah, bangsa manapun berarti akan kalah
Diubah oleh davidato
1 4
-3
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
24-11-2018 13:23
numpang nyimak gan emoticon-Traveller
0 0
0
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
02-06-2018 22:23
Quote:Original Posted By kudo212
ga akan perang, sudah berkali-kali drama seperti ini diulang-ulang. karena memang iran-israel itu aslinya kawan akrab. cuma depan media aja saling berantem

justru gw kasihan sama us. kok maunya digoblokin israel. dulu perang iran-irak, israel yg ngelobi us supaya mau jual sucad buat iran.

pas kejadian stuxnet juga gitu, us sudah sukses menghambat pengembanga nuklir iran, eh sama israel dibocorin, jadilan iran rombak total sistemnya dan bikin pengembangan yg lebih masif dari sebelumnya

yg terbaru jcpoa, sampe akirnya embargo iran yg berlangsung puluhan tahun bisa lepas. dan sekarang sampe dapet full support dari eropa.

smua hal yg dilakukan us untuk menghambat iran akhirnya dihancurkan sama israel. jadi bullshit itu yg bilang iran-israel musuhan emoticon-Traveller


wih bener-bener sulit ditebak, siapa si yang mempermainkan dunia ini ya bray?

jangan-jangan bener, demon vs angel?
0 0
0
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
02-06-2018 22:19
Quote:Original Posted By Dash Bulletdzin
Palingan ujung-ujungnya pada salvo bom nuklir. Trus Ameriki dan Russia ikutan salvo juga, dunia langsung kiamat. Habis perkara.
M.A.D. Mutually Assured Destruction


the end buat bumi ini
0 0
0
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
02-06-2018 21:59
Quote:Original Posted By atx1990


wkwkw.. ya emang gtu.. di Quran juga udah disebutin kok... bsok Israel dan kaum yahudi yang nghancurin itu Nabi Isa dan para mujahidin.. soalnya Dajjal ngumpetnya di sana


Dajjal makhluk apa seh ???
0 0
0
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
02-06-2018 21:31
Quote:Original Posted By dvd777
Semua etnis juga kalah kalau akhir zaman.
Kiamat


wkwkw.. ya emang gtu.. di Quran juga udah disebutin kok... bsok Israel dan kaum yahudi yang nghancurin itu Nabi Isa dan para mujahidin.. soalnya Dajjal ngumpetnya di sana
0 0
0
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
01-06-2018 21:35
Quote:Original Posted By anakbola11
Kalah argumen.. ahahaha emoticon-Ngakak


Lah, mana jawaban lu tong?

Berarti bener lu masih bocah.
Lagi ngatain diri sendiri ya?
Iya deh gw paham lu lagi ngatain diri sendiri kalah argumen.
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
Diubah oleh tokoalshop
0 0
0
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
01-06-2018 19:59
Palingan ujung-ujungnya pada salvo bom nuklir. Trus Ameriki dan Russia ikutan salvo juga, dunia langsung kiamat. Habis perkara.
M.A.D. Mutually Assured Destruction
0 0
0
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
01-06-2018 19:49
...yang menang penontonnya....!emoticon-Wakaka
0 0
0
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
01-06-2018 19:45
Quote:Original Posted By 15dreka19


Iya gan, walaupun jumlah pasukan dan alutsistanya iran lebih banyak, tetep aja kualitasnya kemungkinan jauh di bawah pasukan dan alutsista israel. Kualitas pasti mengalahkan kuantitas, percuma punya banyak pasukan sama alutsista tapi kualitasnya jelek


nvm gan...
Diubah oleh chromie
0 0
0
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
01-06-2018 19:38
Quote:Original Posted By anakbola11

Btw itu 3 kapal perang iran cukup menenggelamkan negara israel.. emoticon-Cool


yg boneng gan?

0 0
0
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
01-06-2018 19:36
Quote:Original Posted By HineiMaTov


Persia sdh lenyap...Israel sampai sekarang msh ada


israel bukannya sempat lenyap lebih dari 2000 taon
0 0
0
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
01-06-2018 19:24
Quote:Original Posted By tokoalshop
Kalah argumen?
Kalah argumen dimana gw dri elu?
Bego.

Statement tergoblok.
Gw tanya sama elu, faktor apa yg bisa menguatkan argumen lu bahwa CUKUP DENGAN 3 KAPAL PERANG IRAN BISA MENGHANCURKAN ISRAEL?

Gw balikin sndri argumen lu yg goblok itu.
Silahkan jawab.


Kalah argumen.. ahahaha emoticon-Ngakak
0 0
0
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
01-06-2018 17:52
Quote:Original Posted By anakbola11
Dongoklah.. dungulah... kenapa bela iranlah... id lu inilah..

Ciri2 org kalah argumen..
Gak bs matahin argumen malah nyerang hal remeh temeh.. gak penting...

Btw 3 kapal perang Iran cukup menenggelamkan Israel negara kecil yg bs nya lawan rakyat palestina yg modal batu... hahaha emoticon-Ngakak


Kalah argumen?
Kalah argumen dimana gw dri elu?
Bego.

Statement tergoblok.
Gw tanya sama elu, faktor apa yg bisa menguatkan argumen lu bahwa CUKUP DENGAN 3 KAPAL PERANG IRAN BISA MENGHANCURKAN ISRAEL?

Gw balikin sndri argumen lu yg goblok itu.
Silahkan jawab.
0 0
0
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
01-06-2018 17:37
Quote:Original Posted By tokoalshop
Itu dia,, tapi sayangnya ada manusia dongo yg berargumen Iran bakal menang mudah lawan israel.

Nih penampakan argumen dongonya

Menurut ente ni orang dongo gak? 😁

Sok pinter, sok ilmunya uda paling perfect,, tapi bacot asal keluar aja dri congornya,, jadi kelihatan dungu banget


Dongoklah.. dungulah... kenapa bela iranlah... id lu inilah..

Ciri2 org kalah argumen..
Gak bs matahin argumen malah nyerang hal remeh temeh.. gak penting...

Btw 3 kapal perang Iran cukup menenggelamkan Israel negara kecil yg bs nya lawan rakyat palestina yg modal batu... hahaha emoticon-Ngakak
0 0
0
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
01-06-2018 16:24
Quote:Original Posted By roger_more2
di zaman nabi2 bani israel lagi jaya aja...israel..kagak ada apa2 sama persia emoticon-Wakaka


Persia sdh lenyap...Israel sampai sekarang msh ada
0 0
0
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
01-06-2018 16:12
Quote:Original Posted By batachisrael


Saudara jauhnya (Yahudi) amat banyak, silahkan dicoba, tetapi resiko ditanggung sendiri jika sampai sangkakala dibunyikan untuk memanggil semua saudara yang 'hilang'. emoticon-Takut (S)









yahudi dimari masi sibuk protes UMR..mana ada dana buat berangkat...emoticon-Wakaka

Diubah oleh roger_more2
0 1
-1
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
01-06-2018 13:21
Quote:Original Posted By 15dreka19
Mungkin dia kira, perang itu asalkan kuantitasnya banyak pasti menang. Maklumin aja gan, kayanya dia masih bocah😂


Spertinya begitu gan.
Kelihatan banget memang bocahnya.
Dijelasin pn ttp bebal, terakhir statement konyolnya ttg 3kapal perang it yg bikin ane ngakak banget.
Dia pngen terlihat pinter pdhal dia gk sadar sedang memperlihatkan kedunguannya
0 0
0
Siapa Menang jika Iran-Israel Perang? Ini Komparasi Militernya
01-06-2018 12:30
Menang israel secara geografis udah jelas koq.
Memangnya negara yg dilintasi rudal lag marah.
Kalau iran pakai bajaj bisa soalnya kalau belok hanya supir dan tuhan yg tau.
0 0
0
Halaman 1 dari 29
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia