Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
150
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b05ac981cbfaa883c8b4567/coc-gl-jamu---minuman-tradisional-yang-kini-mulai-jarang-peminatnya
Indonesia merupakan negara yang masih kental dengan alamnya, budayanya, bahasanya, dan lain sebagainya. Negara yang juga kaya akan keanekaragaman hayati sampai-sampai ada liriknya yang selama ini kita kenang dalam lagu ciptaan band legendaris Koes Ploes - Kolam Susu. Betapa tidak, Tongkat, kayu, dan batu; - pun bisa jadi tanaman di negeri kita ini.
Lapor Hansip
24-05-2018 01:02

[COC GL] JAMU - Minuman Tradisional Yang Kini Mulai Jarang Peminatnya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Quote:
[COC GL] JAMU - MINUMAN TRADISIONAL YANG KINI MULAI JARANG PEMINATNYA


Indonesia merupakan negara yang masih kental dengan alamnya, budayanya, bahasanya, dan lain sebagainya. Negara yang juga kaya akan keanekaragaman hayati sampai-sampai ada liriknya yang selama ini kita kenang dalam lagu ciptaan band legendaris Koes Ploes - Kolam Susu. Betapa tidak, "Tongkat, kayu, dan batu" - pun bisa jadi tanaman di negeri kita ini.

Berbicara mengenai keanekaragaman hayati, kita pasti ingat dengan minuman tradisional kita. Ya, Jamu merupakan sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Belakangan populer dengan sebutan herba atau herbal.

Jamu dibuat dari bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan, kulit batang, dan buah. Ada juga menggunakan bahan dari tubuh hewan, seperti empedu kambing, empedu ular, atau tangkur buaya. Seringkali kuning telur ayam kampung juga dipergunakan untuk tambahan campuran pada jamu gendong.

Belakangan ini, jamu setidaknya perlahan mulai kembali dikenal oleh kalangan muda-mudi. Sudah mulai ada komunitas/kalangan yang gencar untuk mengingatkan kembali tradisi leluhur ini. Bahkan di antaranya ada yang sukses meng-endorse-kan minuman tradisional ini hingga mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah. Meski begitu, hal ini masih belum sebanding dengan jamu pada era 90-an ke bawah, generasi orang tua kita kebanyakan yang masih muda pada zamannya.

Ada beberapa alasan mengapa penurunan ini bisa terjadi, di antaranya:

Quote:
  1. Masih Dianggap Kuno
    Quote:
    [COC GL] JAMU - MINUMAN TRADISIONAL YANG KINI MULAI JARANG PEMINATNYA

    Jamu seringkali diasumsikan sebagai minuman orang tua atau minuman kuno. Mengapa? Karena metode seduhnya yang dianggap kuno dan juga kebanyakan penjualnya ada masyarakat yang sudah berpengalaman (kebanyakan sudah berumur).
    Namun, jamu kini perlahan sudah mulai merangkak menuju modernisasi. Salah satunya konsep Cafe Jamu yang sempat dicetuskan oleh J. Sofyan Hidayat, Founder dan Ketua Yayasan Sentra Jamu Indonesia.

  2. Varian Rasa
    Quote:
    [COC GL] JAMU - MINUMAN TRADISIONAL YANG KINI MULAI JARANG PEMINATNYA

    Pahit..!!!
    Memang ada benarnya jika jamu umumnya pahit, namun tidak semuanya memiliki rasa yang pahit. Kita pasti mengenal Sinom, Kunir Asem, Beras Kencur, Teh Rosela, dan lain sebagainya yang notabene memiliki rasa yang manis atau asam, dan itu juga termasuk ke dalam varian jamu.
    Bahkan sekarang sudah ada yang mengenalkannya dengan nama Mocktail Jamu. Jamu yang dicampur buah-buahan ini dipopulerkan oleh kedai jamu di Jakarta Selatan bernama Suwe Ora Jamu.

  3. Minim Pemasaran
    Quote:
    [COC GL] JAMU - MINUMAN TRADISIONAL YANG KINI MULAI JARANG PEMINATNYA

    Tidak seperti dulu, sudah jarang ada penjual jamu yang sering lewat di depan rumah. Toko Jamu Tradisional pun juga semakin jarang kita temui, terutama di kota besar. Anak-anak muda pun jadi kurang tertarik untuk mendatangi toko-toko jamu yang sulit untuk ditemui.

  4. Inovasi
    Quote:
    [COC GL] JAMU - MINUMAN TRADISIONAL YANG KINI MULAI JARANG PEMINATNYA

    Kita tentu kenal dengan Matcha dan Liang Tea. Kedua minuman tersebut merupakan salah satu minuman tradisional asal Jepang dan Cina yang sudah mendunia. Hal ini disebabkan karena banyaknya varian yang disuguhkan untuk minuman ini dan juga kemasannya yang menarik.
    Meski sudah ada beberapa inovasi dari beberapa jenis jamu, namun gaungnya masih belum begitu terasa di kalangan anak-anak muda kebanyakan.



Nah! Ternyata tidak mudah untuk membuat generasi muda kini melestarikan budaya ini. Meski begitu, sudah mulai ada beberapa, bahkan dari kalangan muda yang ikut gencar mensosialisasikan perihal ini.

Sudah sepantasnya untuk kita, generasi muda ikut serta melestarikan warisan leluhur ini. Selain itu, jamu juga menyehatkan karena tanpa bahan kimia maupun pengawet. Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah dari sekarang!


 Akhir kata,

 - Salam Sehat -


Sumur



Diubah oleh Rayhand1996
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 8
[COC GL] JAMU - MINUMAN TRADISIONAL YANG KINI MULAI JARANG PEMINATNYA
31-05-2018 17:06
ane masih konsumsi tiap hari kok Gan
0 0
0
[COC GL] JAMU - MINUMAN TRADISIONAL YANG KINI MULAI JARANG PEMINATNYA
31-05-2018 18:36
jamu masih ada yah yg alami
banyakan yg udah terstandar
0 0
0
[COC GL] JAMU - MINUMAN TRADISIONAL YANG KINI MULAI JARANG PEMINATNYA
31-05-2018 20:40
kan udah ada sido munculemoticon-Malu
0 0
0
[COC GL] JAMU - MINUMAN TRADISIONAL YANG KINI MULAI JARANG PEMINATNYA
01-06-2018 12:11
Quote:Original Posted By Rayhand1996

Kalau itu Ane setuju, Gan. Karena apa yg dikonsumsi oleh si ibu pasti akan berpengaruh dengan kualitas ASI-nya dan tentu kesehatan bayinya.


Yup betul sekali gan, maka dari itu seorang ibu yang masih menyusui anaknya harus banget memperhatikan asupan gizi dari makanan yang dikonsumsinya. Selain memperbanyak minum jamu daun pepaya, makan sayuran daun katuk juga bagus banget untuk memperbanyak produksi ASI untuk si bayi.
0 0
0
[COC GL] JAMU - MINUMAN TRADISIONAL YANG KINI MULAI JARANG PEMINATNYA
01-06-2018 19:09
Quote:Original Posted By adiman0
knapa bre ?
jamu ada yg gak pahit kok emoticon-Ngakak (S)
ada tuh jamu jahe uenak teenan gan emoticon-Cendol Gan


jamu kuat ? emoticon-Ngakak
0 0
0
[COC GL] JAMU - MINUMAN TRADISIONAL YANG KINI MULAI JARANG PEMINATNYA
01-06-2018 19:23
Quote:Original Posted By Rayhand1996
Iya bener, Gan!!
Tinggal kita gimana mau ngenalin ke generasi yg lebih muda biar lebih tahu minuman asli kita. Mudah-mudahan jamu semakin dikenal dan dicintai lagi seperti dulu. Hehehe.....
emoticon-Shakehand2


jamu buat ane bermanfaat bgt buat tubuh
dulu sih ane minumnya buyung upik emoticon-Cool

bini ane masih rutin minum jamu
0 0
0
[COC GL] JAMU - MINUMAN TRADISIONAL YANG KINI MULAI JARANG PEMINATNYA
01-06-2018 22:08
Quote:Original Posted By faizalakbar19
jamu kuat ? emoticon-Ngakak


kuat apa tuh ? emoticon-Malu (S)
0 0
0
[COC GL] JAMU - MINUMAN TRADISIONAL YANG KINI MULAI JARANG PEMINATNYA
03-06-2018 00:06
Beberapa hari kemaren sempet minum beras kencur dan temulawak kok , masih banyak di kampung halaman ane emoticon-Blue Guy Smile (S)
0 0
0
[COC GL] JAMU - MINUMAN TRADISIONAL YANG KINI MULAI JARANG PEMINATNYA
04-06-2018 12:55
jamu ya seger
apalagi klo yg jualannya demplon..
bukannya pait tapi manis





__________________________________________________________________________________________
[COC GL] JAMU - MINUMAN TRADISIONAL YANG KINI MULAI JARANG PEMINATNYA
0 0
0
[COC GL] JAMU - MINUMAN TRADISIONAL YANG KINI MULAI JARANG PEMINATNYA
04-06-2018 16:07
biasanya sih minum stmj ketimbang jamu pait
0 0
0
Halaman 8 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia