others
Batal
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
2
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5abdb28c98e31b23268b4568/ini-dia-10-daftar-minuman-khas-asli-indonesia
Referensi Foto Budaya Indonesia Hay gan dan sista, kalian tahu gak apa-apa saja minuman khas asli Indonesia, mulai dari Sabang hingga Marauke? Kalau belum tahu mari kita cari tahu apa-apa saja sih minuman khas yang ada di negara kita ini, Indonesia. Yuk gan dan sista baca terus artikel ini untuk mencari tahu apa saja minuman asli dari Indonesia ini. 1. Bajigur Bajigur merupakan minuman tradisional
Lapor Hansip
30-03-2018 10:44

Ini Dia 10 Daftar Minuman Khas Asli Indonesia

icon-verified-thread
Ini Dia 10 Daftar Minuman Khas Asli Indonesia
Referensi Foto Budaya Indonesia

Hay gan dan sista, kalian tahu gak apa-apa saja minuman khas asli Indonesia, mulai dari Sabang hingga Marauke? Kalau belum tahu mari kita cari tahu apa-apa saja sih minuman khas yang ada di negara kita ini, Indonesia. Yuk gan dan sista baca terus artikel ini untuk mencari tahu apa saja minuman asli dari Indonesia ini.

1. Bajigur

Bajigur merupakan minuman tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat. Biasanya para penikmat bajigur ini dinikmati dengan makanan tradisional juga loh, iya itu ubi rebus, kacang rebus dan klepon. Minuman hangat dan manis ini terbuat dari beberapa campuran serbuk alami yang terdiri dari bandrek, gula aren dan santan, untuk menambah cita rasa dan kenikmatan rasanya. Selain itu untuk menambah kembali rasa yang lebih nikmat, para pecinta minuman bajigur ini biasanya menambahkan sedikit rempah-rempah berupa, jahe merah, bubuk vanili dan sedikit garam yodium.

Selain nikmat untuk diminum, ternyata dibalik kenikmatan minuman tradisional bajigur ini juga memiliki khasiat tersendiri, yang baik untuk menjaga kestabilan tubuh kita. Bajigur ini juga berkhasiat untuk menghangatkan tubuh kita dimusim dingin dan juga bisa untuk meredakan sakit perut juga demam.

2. Sekoteng

Sekoteng, minuman tradisional juga asli dari indonesia yang berasal dari daerah Jawa Tengah ini, ternyata minuman ini beradaptasi dan peranakan dari tradisi Cina dan Jawa loh, nah agan dan sista pasti kaget mendengarnya kan ? Sekoteng minuman ini jika di nikmati akan terasa hangat di perut, rasa hangat yang dimiliki sekoteng ini berasal dari ramuan jahe dan gula merah yang direbus. Biasanya masyarakat Jawa menyebut minuman khas ini dengan sebutan (nyokot weteng) yang arti dari bahasa itu mengigit perut, hal itu karena rasa hangat yang ditimbulkan sekoteng tersebut.

Nah, bahasa sekoteng ini juga berasal dari bahasa Hokkian yaitu Su Ko Thung yang artinya sup empat buah-buahan yang telah dijemur dulu hingga kering. buah tersebut terdiri dri, kacang amandeh, Biji Teratai , buah jail dan buah klengkeng.

Minuman ini jika di negeri asalnya sudah dikonsumsi sejak kerajaan Qin pada masa 221 SM hingga 206 SM, dikarenakan karna terdapat khasiat pada empat buah-buahan tersebut. Sementara itu jika di Indonesia, sekoteng dicampur dengan kacang tanah, kacang hijau juga potongan roti dan juga pacar cina.

Ini Dia 10 Daftar Minuman Khas Asli Indonesia
Referensi foto Budaya Indonesia (Bir Pletok)

3. Bir Pletok

nah kalian pasti sudah sering dengar dengan minuman bir pletok ini ya kan gan dan sista, saya rasa dengan minuman ini sudah tak asing lagi didengar.

Bir Pletok ini sudah ada sejak Indonesia di zaman penjajahan Belanda loh gan dan sista, pada masa itu kumpulan orang-orang Belanda sangat gemar minum-minum seusai melaksanakan aktivitas mereka diluaran sana, tujuan mereka untuk menghangatkan tubuh jika sudah malam hari, oleh karenanya masyarakat setempat yang menyaksikan kebiasaan itu mulai mengadaptasikan minuman ini yang disebut Bir Pletok.

Karena orang-orang Betawi pada gak mau minum-minuman keras karena larangan agama. Orang Betawi pun mengaptasi apa yang dirasakan setelah meminum bir, rasa hangat setelah minum bir dari sanalah ide-ide ramuan pembuatan bis pletok moncul dikalangan masyarakat Betawi.

Dengan bahan kayu secang untuk pewarna bir pletok, jahe, cabe jawa, pala, cengkeh, kapulaga, duan pandan, sere wangi, gula, lada, kayu manis dan daun jeruk. Dan bir pletok pun tercipta, kemudian bahan tadi direbus kemudian di saring untuk mengambil ampas ramuan yang telah diracik tadi.

Nah kenapa orang Betawi menyebutnya bir pletok, sebutan itu diambil dari bahasa bunyi bambu yang berbunyi pletok, selain dari bunyi bambu, kata pletok itu juga muncul dari campuran es batu yang saat dituangkan kedalam gelas.

4. Wedang Ronde

Wedang Ronde, paling nikmat di suguhkan pada cuaca dingin, dan paling cocoknya saat musim hujan deh, paling pas dinikmati wedang rondenya. Dan ternyata wedang ronde ini juga berasal dari makanan tradisional cina, Tangyuan.

Tangyuan ternyata sudah ada sejak dinasti Sung. Ternyata tangyuan ini juga memiliki ceritanya tersendiri, dari literatur seorang dayang yang merindukan kedua orangtuanya dan hingga dayang tersebut terjatuh depresi lalu ada seseorang yang menolong dayang itu dengan beragam syarat yang harus berhasil membuat tangyuan dengan sebanyak mungkin.

Ini Dia 10 Daftar Minuman Khas Asli Indonesia
minuman isotonik Lahang minuman khas indonesia

5. Lahang

Lahang merupakan minuman isotonik khas minuman tradisional Indonesia, minuman isotonik ini yang terbuat dari cairan manis yang terbuat dari sari tebu, bit, sorgum, mapel atau juga getah yang berasal dari tandan aren juga air kelapa.

Minuman isotonik khas Indonesia ini sangat baik untuk mengantikan cairan tubuh yang hilang karbohidrat dan elektrolit pada tubuh kita.

Masyarakat Pasundan menyebutkan, proses pembuatan lahang ini tidaklah mudah, karena harus melewati beberapa tahapan yang harus diproses. Pertama cairan harus dikumpulkan dengan cara pengendapan beberapa hari, proses pengendap itu harus dilakukan di dalam bambu selama beberapa hari, setelah semua selesai dan sudah mengendap baru bisa di konsumsi.

6. Es Cendol

Es Cendol minuman khas Indonesia dari daerah Banjarnegara, atau dengan sebutan Dawet Ayu ini merupakan minuman asli dari Banjar.

Es Cendol yang bahan bakunya terbuat dari tepung beras, es yang diserut, gula merah cair dan dicampur santan. Minuman ini pas banget untuk menghilangkan dahaga panas dikala musim kemarau dengan terik matahari yang begitu menyengat, namun obat menghilangkan gerah tersebut bisa terobati dengan es cendol ini.

Es cendol ini diciptakan oleh seniman Banjar pada tahun 1980 lalu dan kemudia dipopulerkan oleh group seni Calung yang terkenal di residenan Banyumas pada era 1970-1980.

7. Bandrek

Bandrek, minuman penghangat badan ini siapa yang tidak mengenalnya, minuman satu ini sangat identik di kota Bandung meski pun asal usulnya tidak diketahui secara pasti.

Bahan baku bandrek itu sendiri terbuat dari beragam rempah-rempah yang ada di Indonesia, seperti cengkeh, jahe, pal, lada hitam dan gula aren. Bandrek, selain dapat menghangatkan tubuh dan banyak yang percaya bahwa bandrek dapat menghilangkan sakit tengorokan dan juga batuk yang melanda.

8. Es Doger

Minuman ini adalah minuman tradisional asli Indonesia, es ini terdiri dari serutan es dan di campur dengan tapai, ketan hitam, cincau,susu dan sirup, es doger ini juga sangat membantu menghilangkan dahaga di kala musim kemarau. Es doger ini pun sangat mudah kita temui dimana-mana.

Minuman ini berasal dari daerah Cirebon, pada dasarnya es ini bernama es serut dan hanya memiliki sedikit variasi campuran. Kata masyarakat setempat, pada masa dulu minuman ini hanya di jual disaat hanya melegakan tengorakan saja,

9. Selendang Mayang

Agan dan sista apakah kalian pernah mendengar minuman yang satu ini ? iya, selendang mayang, minuman ini khas dari Betawi ya gan dan sista, minuman ini juga jarang kita temui di pasaran dan terbilang cukup langka ya gan dan sista.

Minuman selendang mayang ini baru disajikan masyarakat Betawi ketika di acara tertentu saja, jika acara biasa masyarakat tidak ada menyajikan minuman selendang mayang ini.  Bahan baku pembuatan selendang mayang ini terbuat dari tepung beras dan kuahnya terbuat dari daun pandan gula merah, gula pasir dan sedikit garam.

Ini Dia 10 Daftar Minuman Khas Asli Indonesia
es teler minuman khas Indonesia

10. Es Teler

Es teler minuman yang sangat enak di santap ketika panas hari dan minuman ini juga sangat mudah kita jumpai.

namun ada satu fakta yang gak banyak orang mengetahui asal usul es teler ini, konon katanya es teler ini bermula dari sebuah mimpi seorang bapak-bapak yang mengadu nasib di kota metropolitan Jakarta. Bahan campuran es ini juga cukup lumayan banyak campuran buahnya, mulai dari buang anggur, alpukat, kelapa muda, klengkeng, pepaya dan mangga.
Polling
1 Suara
Bagaimana tangapan anda tentang minuman khas indonesia ini ? 
profile-picture
aldysadi memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ini Dia 10 Daftar Minuman Khas Asli Indonesia
02-08-2019 18:26
kurang lengkap gan
emoticon-Sundul
0 0
0
Ini Dia 10 Daftar Minuman Khas Asli Indonesia
22-01-2020 17:00
Wedang ronde fav aku banget palaagi klo musim hujan huhu nikmatnyaa.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia