alexa-tracking
KATEGORI kategori N icon-buat-post BUAT POST
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aa5c9e560e24b8f718b4567/dna-berubah-di-luar-angkasa-kedua-astronot-kembar-ini-membuktikannya
Past Hot Thread

DNA Berubah di Luar Angkasa, Kedua Astronot Kembar Ini Membuktikannya


DNA Berubah di Luar Angkasa, Kedua Astronot Kembar Ini Membuktikannya
KOMPAS.com - Perjalanan ke luar angkasa diketahui memang membawa dampak pada tubuh astronot. Salah satu dampak yang paling terlihat adalah tinggi badan para astronot yang bertambah.

Namun, selama ini juga ada dugaan bahwa DNA para astronot berubah setelah melakukan perjalanan antariksa tersebut. Kini, para peneliti telah memastikannya.

Hal ini dikonfirmasi setelah astronot badan antariksa Amerika Serikat (NASA) bernama Scott Kelly kembali ke bumi setelah tinggal selama satu tahun di stasiun luar angkasa internasional (ISS). Tujuh persen dari gen Scott tidak kembali normal ketika mendarat di bumi.

Scott Kelly sendiri menjadi subyek penelitian karena punya saudara kembar yang juga menjadi astronot di NASA bernama Mark Kely. Karena kondisi keduanya ini, mereka menjadi subyek penelitian paling tepat untuk memastikan perubahan gen dan DNA setelah perjalanan luar angkasa.

Temuan ini didapatkan oleh para peneliti setelah Scott tinggal di ISS dari Maret 2015 hingga Maret 2016. Selama waktu tersebut, Mark tinggal di bumi.

Waktu Scott tinggal di ISS ini termasuk panjang, mengingat saat ini para astronot hanya menghabiskan 6 bulan sebagai waktu standar.

Ini pula yang mendorong para peneliti mempelajari apa yang terjadi pada tubuh Scott. Mereka mengamati Scott secara psikologis dan fisiologis dan membandingkannya dengan keadaan Mark.

Para peneliti juga melihat berbagai protein dan mengevaluasi kognisi saudara kembar tersebut. Mereka menghubungkan perjalanan ruang angkasa dengan tekanan kekurangan oksigen, peningkatan peradangan, dan pergeseran nutrisi.

Semua hal itu mempengaruhi ekspresi gen pada tubuh seseorang. Dengan kata lain, gen dan DNA astronot akan berubah saat pergi ke luar angkasa.

Dirangkum dari Newsweek, Jumat (09/03/2018), biasanya, beberapa perubahan ini akan kembali normal beberapa jam setelah astronot mendarat ke bumi.

Sayangnya, itu tidak terjadi pada Scott. Bahkan, setelah 6 bulan pendaratannya, DNA Scott masih terpengaruh.

Pada 2017 lalu, para peneliti menemukan bahwa kepingan kromosom (tepatnya telomer atau bagian ujung DNA) Scott Kelly menjadi lebih panjang selama di luar angkasa. Pengujian lebih lanjut mengkonfirmasi perubahan ini dan mengungkapkan bahwa sebagian besar telah memendek hanya dalam waktu dua hari setelah ia mendarat.

Setelah mendarat, 93 persen gen Scott kembali normal, kata peneliti. Tapi, perubahan 7 persen tersebut bisa mengindikasikan perubahan gen jangka panjang yang terkait sistem kekebalan tubuh, perbaikan DNA, jaringan pembentukan tulang, kekurangan oksigen, hingga peningkatan karbon dioksida.

Penelitian tentang saudara kembar ini nantinya akan digabung menjadi laporan ringkas. Laporan tersebut rencananya akan dirilis pada akhir tahun ini oleh NASA.

Penelitian ini diharapkan bisa menginformasikan pemahaman tentang tubuh manusia di luar angkasa.



Penulis: Resa Eka Ayu Sartika
Editor: Resa Eka Ayu Sartika
Sumber: Newsweek,




Sumber = https://sains.kompas.com/read/2018/03/11/211109923/dna-berubah-di-luar-angkasa-kedua-astronot-kembar-ini-membuktikannya

Mantap...saatnya kita buka mata, bukan perang opini, SARA dll...
terpapar kah?
Diluar negri orang udh mikir gimana ke bulan, gimana otak atik dna, disini malah ributin mca, isis, ngincer para ulama, ampe kiamat ga bakal maju sdm di indonesia, mudah2an 2019 lahir pemimpin yang jauh lebih baik, yang mencintai para ulama dan ummat nya bukan malah memfitnah, mengkriminalisasi, dan mendzolimi..
Amiin
Quote:Original Posted By xaruduy
Diluar negri orang udh mikir gimana ke bulan, gimana otak atik dna, disini malah ributin mca, isis, ngincer para ulama, ampe kiamat ga bakal maju sdm di indonesia, mudah2an 2019 lahir pemimpin yang jauh lebih baik, yang mencintai para ulama dan ummat nya bukan malah memfitnah, mengkriminalisasi, dan mendzolimi..
Amiin


kalo lahir tahun 2019 mimpinnya tahun 2050 duy.
Quote:Original Posted By xaruduy
Diluar negri orang udh mikir gimana ke bulan, gimana otak atik dna, disini malah ributin mca, isis, ngincer para ulama, yang jelas2 konspirasi yahudi dan zionis untuk mengadu domba, memperburuk citra negara islam, kemudian menjajah nyabuntuk merebeut kekayaan alam minyaknya negara2 islam, ampe kiamat ga bakal maju sdm di indonesia, mudah2an 2019 lahir pemimpin yang jauh lebih baik, yang mencintai para ulama dan ummat nya bukan malah memfitnah, mengkriminalisasi, dan mendzolimi..
Amiin


betul duy, lanjutkan 1 periode lagi. emoticon-thumbsup emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By micin.batangan


kalo lahir tahun 2019 mimpinnya tahun 2050 duy.


bukan lahir beranaknya sob, tapi lahir dari rakyat untuk terpilih menjadi pemimpin yang baru bagi NKRI
Quote:Original Posted By asher001
Mantap...saatnya kita buka mata, bukan perang opini, SARA dll...


dari kemarin juga sudah buka mata, tapi di indonesia itu sedang euforia identitas agama .... jadi sara akan terus berlanjut emoticon-No Hope
tuh yg pengen punya badan tinggi, bisa dicoba diluar angkasa
Quote:Original Posted By xaruduy
Diluar negri orang udh mikir gimana ke bulan, gimana otak atik dna, disini malah ributin mca, isis, ngincer para ulama, ampe kiamat ga bakal maju sdm di indonesia, mudah2an 2019 lahir pemimpin yang jauh lebih baik, yang mencintai para ulama dan ummat nya bukan malah memfitnah, mengkriminalisasi, dan mendzolimi..
Amiin


Mantap betul emoticon-Recommended Seller


Kalau TGB menurut ente bagaimana duy? emoticon-Hansip
Quote:Original Posted By ntapzzz


Mantap betul emoticon-Recommended Seller


Kalau TGB menurut ente bagaimana duy? emoticon-Hansip


Tak
Guna
Banget
Negara lain baru sampe bulan

Negara lain udah dari dulu ke bulan,bahkan udah belah bulan emoticon-Ngakak
Jadi.. Alien itu makhluk bumi yang kelamaan tinggal di angkasa? Sehingga akhirnya dnanya berubah?

Quote:Original Posted By xaruduy
Diluar negri orang udh mikir gimana ke bulan, gimana otak atik dna, disini malah ributin mca, isis, ngincer para ulama, ampe kiamat ga bakal maju sdm di indonesia, mudah2an 2019 lahir pemimpin yang jauh lebih baik, yang mencintai para ulama dan ummat nya bukan malah memfitnah, mengkriminalisasi, dan mendzolimi..
Amiin


Jokowi gmn duy? Kan dia bolehin abu bakar baasir jadi tahanan rumah,, ,trs sering maen ke ponpes??
Gmn? Ane bingung ni
Tubuh menyesuaikan dengan lingkungan sekitar. Ini menjelaskan teori evolusi.
Quote:Original Posted By xaruduy
Diluar negri orang udh mikir gimana ke bulan, gimana otak atik dna, disini malah ributin mca, isis, ngincer para ulama, ampe kiamat ga bakal maju sdm di indonesia, mudah2an 2019 lahir pemimpin yang jauh lebih baik, yang mencintai para ulama dan ummat nya bukan malah memfitnah, mengkriminalisasi, dan mendzolimi..
Amiin


astajim, wowo akbar tanjung emoticon-Angkat Beer
yg pengen punya titid panjang... dicoba noh ke luar angkasa gak usah pake celana emoticon-Big Grin
hmm newtype kah? emoticon-Ultah
Quote:Original Posted By xaruduy
Diluar negri orang udh mikir gimana ke bulan, gimana otak atik dna, disini malah ributin mca, isis, ngincer para ulama, ampe kiamat ga bakal maju sdm di indonesia, mudah2an 2019 lahir pemimpin yang jauh lebih baik, yang mencintai para ulama dan ummat nya bukan malah memfitnah, mengkriminalisasi, dan mendzolimi..
Amiin


Bacot
DNA Berubah di Luar Angkasa, Kedua Astronot Kembar Ini Membuktikannya
hmm kalo telomer tambah panjang bakal banyak horang kaya tetarik tuh.
bisa buat nambah umur.