alexa-tracking
KATEGORI kategori N icon-buat-post BUAT POST
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a8533ac582b2e31448b456d/vandalisme-situs-majapahit-pada-masa-penjajahan-yang-jarang-diketahui
Past Hot Thread

Vandalisme Situs Majapahit Pada Masa Penjajahan yang Jarang Diketahui

Majapahit adalah sebuah kerajaan yang pernah berdiri di wilayah Indonesia, banyak yang menganggap kalau kerajaan Majapahit sendiri ialah awal mulanya penyatuan wilayah yang kini disebut Indonesia, kerajaan bercorak Hindu inipun runtuh pada awal abad 15.

Nah itulah ulasan singkat mengenai Kerajaan Majapahit, namun pasti kalian pasti bertanya-tanya emoticon-Amazedkemanakah perginya semua bukti adanya istana/ keraton atau situs Kerajaan Majapahit tersebut. Sudah banyak candi yang diketemukan, tapi mengapa tidak ada yang berupa istana/ keraton Majapahit?emoticon-EEK! . Jawabannya cukup simpel sebenarnya, dan mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang apa yang terjadi sesudah Majapahit runtuh dan kondisi situsnya.
Vandalisme Situs Majapahit Pada Masa Penjajahan yang Jarang Diketahui

Sebenarnya setelah kehancuran Majapahit, para penghuni istana tersebut hanya pindah saja tapi istananya masih dalam kondisi yang bisa dilihat (masih layak walaupun ada beberapa kerusakan). Setelah ditinggalkan, sebenarnya belum ada warga yang kembali menempati di sekitar istana, semua bangunan istana setelah ditinggalkan masih utuh. Kelenyapan sendiri terjadi dimulai pada masa penjajahan belanda, dan kali ini ane mau buat thread tentang hal tersebut.emoticon-Big Grin

Vandalisme Situs Majapahit Pada Masa Penjajahan Belanda

Vandalisme Situs Majapahit Pada Masa Penjajahan yang Jarang Diketahui

Seperti yang kita ketahui Belanda telah menjajah Indonesia selama 350 tahun, dalam perjalanannya menjajah tersebut Belanda juga memanfaatkan yang namanya bisnis rempah serta hasil alam lainnya, karena pada saat itu harga hasil alam di pasar Eropa sangat mahal dan diburuemoticon-Genit . Dan pada abad 18, permintaan dan harga gula naik sehingga Belanda mengekspansi juga bisnis dalam produksi gula di Hindia Belanda.
Staff RnD Belanda di Pabrik Gula

Akhirnya tempat yang paling banyak memiliki pabrik gula di Hindia Belanda ialah Karesidenan Surabaya (Saat ini Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, dan sekitarnya), tak main-main pula produksi dari puluhan pabrik yang sebagian besar ada di Sidoarjo, Mojokerto, dan Jombang ini mampu memproduksi 5 juta pikul dengan nilai ekspor sebesar f.500 juta gulden.

Jadi apa hubungannya dengan Vandalisme situs Majapahit? Sabar dulu gansisemoticon-Big Grin , baca penjelasan awal biar mengerti...emoticon-thumbsup

Di Mojokerto terdapat 12 pabrik gula, dimana diantaranya yang paling tinggi produksinya ada di PG. Brangkal, PG. Gempolkrep (masih ada sampai sekarang) dan PG. Bangsal. Industri gula ini dimulai dari pendirian Suiker Fabriek Sentanen Lor (Sekarang lokasi di Kota Mojokerto) tahun 1823. Selain gula tadi, ada pula 20 Onderneming (Perkebunan) di kawedanan Jabung (temen ane ada yang tinggal disini gan) yang menghasilkan kopi, karet, dan teh.
Pabrik Gula Bangsal, foto tahun 1910-an

Tentu saja sebagai industri yang sangat menguntungkan, Suikerfabriek (Pabrik Gula) dibangun dengan skala besar dengan arsitektur megah dan kokoh. Para konglomerat pemilik Suikerfabriek tak hanya menguasai tanah sawah dengan sistem sewa saja, mereka juga memiliki kekuasaan politik besaremoticon-Roll Eyes (Sarcastic) . Contohnya saja uang/ keuntungan milik taipan gula kenamaan Gerald Eschauzier mampu untuk membeli kebijakan pemerintah Hindia Belanda, hal tersebut termasuk mencopot pejabat yang merintangi usahanyaemoticon-army . Dikarenakan suikersyndicaat (sindikat gula) sangat diperhitungkan di daerahnya.

Lalu apa hubunganya dengan Vandalisme situs Mahapahit?emoticon-Gila , jawabannya ialah pembangunan Suikerfabriek itu sendiri. Diketahui jika pembangunan Suikerfabriek dinilai cukup cepat, para konglomerat atau pemodal yang mendirikan Fabriek tersebut menggunakan batu bata kuno peninggalan Majapahit sebagai bahan bangunannyaemoticon-Hammer . Hal ini tidak lain tanpa alasan, karena batu bata kuno itu dinilai lebih kuat dari batu bata biasa, serta jika menggunakannya akan cukup murah (tinggal ambil) dan simpel (tidak perlu waktu buat batu bata).emoticon-No Hope
Situs yang Sudah Diambil Batanya

Akhirnya jutaan kubik batu bata diambil dari reruntuhan sisa peninggalan Majapahit, yang kemudian mereka gunakan untuk membangun Suikerfabriek. Lalu bagaimana pengawasan pejabat atau pemerintah Hindia Belanda saat itu? Mereka tentu tahu, tapi tidak mau tahu karena seperti yang ane jelaskan diatas kalau sebenarnya mereka sudah 'dibeli'.emoticon-Marah

Kemungkinan besarnya, Suikerfabriek yang berada di sekitar Trowulan memakai batu bata Majapahit seperti Suikerfabriek di Mojoagung, Sumobito, Dinoyo, Brangkal, Bangsal, Tangunan, dan lainnya. Tak hanya dari situs peninggalan istana/ keraton tapi juga bata dari pemukiman kuno warga Majapahit di desa Jiyu, Trowulan.emoticon-Blue Guy Bata (L)
Situs yang Telah Diambil Batanya

FB Sanders, direktur sekolah menak (Priyayi) di Mangkasar menulis dalam bukunya bernama Ilmu Bumi Tanah Hindia Nederland, di dalam buku tersebut ada kalimat seperti berikut "Di daerah negeri Modjokerto, dekat negeri Modjoagoeng masih ada bekas keraton keradjaan Madjapahit. Banjak batoe robohan keraton itoe telah diambil orang digoenakan akan membakalkan fabriek goela, dll". Itu adalah bukti, dan yang paling menusuk adalah kata dll yang merupakan ada bangunan lain yang mendirikan menggunakan batu bata situs Majapahit.

Jadi jelas kalau orang Belanda lah yang memulai perusakan situs Majapahit tersebut, sehingga kita tidak bisa lagi menemukan bekas atau sisa dari istana/ keraton Majapahit beserta pemukiman kuno para warganya.emoticon-Blue Guy Bata (L)

Dan mungkin ini merupakan alasan kenapa banyak bangunan Belanda yang kuat dan kokoh,emoticon-Big Grin
Sebagai penjelasan akhir disini ane mau menjelaskan kalau bukan hanya orang Belanda yang melakukan Vandalisme, masyarakat juga melakukan Vandalisme terhadap situs Majapahit pada sekitaran tahun 1980-an, tapi seperti judul diatas ane tidak akan membahasnya lebih jauh dan mungkin akan buat penjelasan pada Thread berikutnya saja karena belum cukup bukti dan sumber.emoticon-Malu
Bonus : Koran yang Bahas Pendopo, Terjemahin Sendiri

Nah mungkin itu aja ya gansis Thread sejarah ane kali ini, maaf apabila ada kesalahan dan mohon dikoreksi bila ada, dan semoga mampu menambah wawasan kalian. Btw ane mohon sama kalian juga bila ada bangunan bersejarah jangan sampai kena rusak lah, itu merupakan warisan leluhur yang wajib kita jaga dan lestarikan.emoticon-Jempol Agar nantinya bisa buat foto-foto gan, hehe emoticon-Motret

Sumber : Pak Ayuhanafiq, Ahli Sejarawan Mojokerto
Vandalisme Situs Majapahit Pada Masa Penjajahan yang Jarang Diketahui

Jangan lupa untuk Komen, Share, Rate, Cendolin juga kalo bisa untuk Thread ini ya gansis. Bila agan dan sista minat, kalian bisa baca Thread sejarah ane lainnya di bawah ini dan tunggu Thread ane selanjutnya wakaka.
Sejarah Rel Kereta Api Mojokerto Bagian Timur yang Menuju ke Pasuruan
Kesono NV, Pabrik Tenun Terbesar Sekaligus Kota Kecil yang Akhirnya Gagal Berdiri
Akar Mulanya Politik Uang di Tanah Jawa yang Sudah Jadi Kebiasaan
Inilah 8 Peraturan Rumah Tangga di Jepang yang Cukup Aneh dan Jarang Didengar
Vandalisme Situs Majapahit Pada Masa Penjajahan yang Jarang Diketahui
trus sisa2 tuh batu sekarang pada kemana tuh? beberapa kan psti ada yg ukiran kyk gmbr ts yg dibawah
Quote:Original Posted By liamonters
trus sisa2 tuh batu sekarang pada kemana tuh? beberapa kan psti ada yg ukiran kyk gmbr ts yg dibawah


Dulu sisa-sisanya ada di Museum Mojokerto, tapi museum tsb sudah dibongkar. Lalu ada jg yg dipindahkan ke Museum Trowulan, dan sebagian lagi di Belanda.
coba misal Majapahit tidak hancur. pasti ada yg jagain tu situs. emoticon-Hammer (S)
Budaya belanda yang dibawa ke indonesia emang nggak ada yang bener emoticon-Turut Berduka

Quote:Original Posted By 442tactician
coba misal Majapahit tidak hancur. pasti ada yg jagain tu situs. emoticon-Hammer (S)


Bisa jadi si gan, tapi keluarga istana malah pindah
Ane kutuk jadi HT :monggo
Quote:Original Posted By beyoungcarerock
Ane kutuk jadi HT :monggo


Kutuk sepuasnya ganemoticon-Ngakak
Ngomongin vandalisme
Di candi badut sama org2 gak bertanggungjawab di tulisin pake aksara jawa
Padahal bangunannya dr batu
Dasar generasi perusak situs sejarah
wah... sajang djoega ja... padahal sampai sekarangpoen di groep groep fb wilwatikta masih diperdebatkan letak istana/keraton madjapahit
Quote:Original Posted By andhikul
wah... sajang djoega ja... padahal sampai sekarangpoen di groep groep fb wilwatikta masih diperdebatkan letak istana/keraton madjapahit


emoticon-Big Grin kagak ribet tuh pakai ejaan bahasa indo jadul?emoticon-Wakaka
Dulu waktu belanda menemukan bekas kerajaan majapahit udah jadi hutan belantara tentunya situsnya masih ada meski kemungkinan besar sudah rusak, selain belanda ada juga masyarakat sekitar memanfaatkan batu bata bakas kerajaan tapi tentunya kemungkinan penyumbang terbesar hilangnya bekas runtuhan adalah dibuat pabrik gula.
Sungguh miris sebenarya kerjaan sebasar majapahit bisa musnah, mungkin dengan teknologi moderen masih bisa ditemukan pondasi kerajaan yg tersisa
Quote:Original Posted By konco.dewe
Dulu waktu belanda menemukan bekas kerajaan majapahit udah jadi hutan belantara tentunya situsnya masih ada meski kemungkinan besar sudah rusak, selain belanda ada juga masyarakat sekitar memanfaatkan batu bata bakas kerajaan tapi tentunya kemungkinan penyumbang terbesar hilangnya bekas runtuhan adalah dibuat pabrik gula.
Sungguh miris sebenarya kerjaan sebasar majapahit bisa musnah, mungkin dengan teknologi moderen masih bisa ditemukan pondasi kerajaan yg tersisa


nah bener banget nih kata ente gan. dulu pas belanda datang itu masih ada, tapi batanya diambilin trus. dan berlanjut pada masyarakat sekitar tahun 1980 an.
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

pram dlm novelnya yg berjudul arus balik menyentil bhw sisa2 bangunan/patung2 majapahit bnyk yg dirusak atau dibuang ke laut oleh tentara2 kerajaan Islam yg muncul pasca runtuhnya Majapahit.

ternyata ada ulah penjajah juga.
Quote:Original Posted By namakuhiroko
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

pram dlm novelnya yg berjudul arus balik menyentil bhw sisa2 bangunan/patung2 majapahit bnyk yg dirusak atau dibuang ke laut oleh tentara2 kerajaan Islam yg muncul pasca runtuhnya Majapahit.

ternyata ada ulah penjajah juga.


Novel itu benerkah? prasaan bawa patung ke laut cukup jauh dan berat ntuh patung, dan misalnya patung perunggu, perak, dan emas malah dibawa penjajah kayak Belanda sama Jepang, soalnya kemaren ada penemuan lokasi harta karun di Filipina yg hartanya dari Indo, terus ane juga lihat ada patung perunggu sampai emas di foto jadul milik Belanda.

Btw oh ya itukan novel, ngapain dianggap serius emoticon-Wakaka
ane baru tau kalo di trowulan juga diambilin sama belanda.

btw kayanya gak hanya di jawa aja gan. kata dosen ane bata bata candi muara jambi (di provinsi jambi) juga diambil buat ngebangun kantor pemerintahan
waduh, kok tega ya..
Ane kira vandalisme itu coret2 tempat umum bre
WADUH BANYAK MALING YA
Mejeng pejwan dulu bre