alexa-tracking
Kembali ke Versi Lama
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5a7729a3dac13e343e8b4567/merdeka-yang-kedua-kalinya-timor-leste-1975-amp-2002
04-02-2018 22:41
Merdeka yang Kedua Kalinya (Timor Leste 1975 & 2002)
Past Hot Thread
Assalamualaikum WR WB


Merdeka yang Kedua Kalinya (Timor Leste 1975 & 2002)

Kawasan yang kita kenal sebagai Timor Leste sekarang ini adalah wilayah yang dulunya penuh sengketa dan pernah beberapa kali berganti kekuasaan salah satunya adalah pendudukan Indonesia. Timor Leste dulunya adalah wilayah jajahan Portugis, sejak terjadinya Kudeta di Portugis (1974) yang mengharuskan wilayah jajahan Portugis yang sebelumnya berstatus provinsi di luar negeri agar dilepaskan. Tak cuma Timor Timur, tetapi juga Angola, Cape Verde, Guinea Portugis, Mozambik, Sao Tome, dan Principe di Afrika, Makau di Cina, serta India Portugis dibebaskan menentukan nasibnya, terjadi ketidakstabilan di Timor Timur yang mengakibatkan terjadinya serangkaian perang Saudara. Ditengah-tengah perang Saudara muncul kelompok yang paling dominan yang menamakan dirinya Fretelin salah satu saingannya adalah União Democrática Timorense (UDT) yang kerap menjadi kontradiksi Fretelin. Fretelin sendiri adalah kependekan dari Frente Revolucionária de Timor-Leste Independente yang dapat diartikan gerakan pertahanan yang berjuang untuk kemerdekaan Timor Timur. 28 November 1975 di deklarasikan oleh Fretelin sebagai hari jadi negara Timor Leste. Pada masa ini Timor Leste merdeka sebagai negara dan diakui oleh Portugis. Namun hal ini mendapat tentangan dari Amerika dan Australia yang memiliki kepentingan atas Teluk Timor yang kaya akan minyak. Atas desakan dari Amerika Serikat dan Australia, Indonesia melakukan invasi ke Timor Leste yang baru saja merdeka pada tanggal 7 Desember 1975 dengan bantuan perenjataan dari Amerika Serikat. Operasi ini dinamakan operasi Seroja.

Invasi yang dilakukan oleh Indonesia secara singkat berhasil memukul mundur kekuatan Fretelin yang minim persenjatan dan belum siap. Kota Dili sebagai Ibukota dapat dikuasai oleh Indonesia yang secara sistematis mengahiri negara baru tersebut. suksesnya operasi Seroja menjadikan Timor Leste sebagai provinsi Indonesia dengan nama Timor Timur. Gerombolan Fretelin kabur dan menjadikan hutan sebagai basis operasi gerilya yang sesekali mengacaukan dan menyerang TNI. sering kali gerombolan Fretelin menyerang kota dan melakukan penjarahan terutama merebut senjata milik TNI yang digunakan untuk melawan balik. Taktik Gerilya yang diterapkan oleh Fretelin menyebabkan mereka sulit di tumpas bahkan sampai merdeka penuh lewat referendum. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan kestabilan politik Indonesia sendiri, menurut adam malik, Menlu Indonesia saat itu berkata “Menginvansi dan menganeksasi Timor Portugis kedalam NKRI akan menjadi masalah ibarat duri dalam daging” namun perkataaanya tidak dihiraukan olej penguasa ORDE pada waktu itu.

Merdeka yang Kedua Kalinya (Timor Leste 1975 & 2002)

Kay Rala Xanana Gusmão, atau yang dikenal dengan xanan gusmao adalah salah satu pejuang ikonik yang sangat di hormati di dalam Fretelin. Pria kelahiran Laeia ini dulunya adalah seorang pemain Sepak Bola dan juga wartawan. memutuskan diri untuk berjuang dan bertempur bersama Fretelin merupakan jalan hidup sebenarnya baginya. 1978 ia menjadi pentolan bagi Falintil yaitu organisasi sayap militer Fretelin. Gusmao banyak bertempur di dalam hutan, menyabotase, dan melakukan pengrusuhan, hal ini yang menjadikannya buronan yang menjadi prioritas penangkapan. FALINTIL terdiri dari 2.500 tentara reguler, 7000 yang memiliki beberapa militer Portugis pelatihan, dan 10.000 yang telah mengikuti kursus instruksi militer singkat, dengan total 20.000. jumlah ini kemungkinan bisa bertambah akibat dukungan penuh warga timor yang saat itu tidak menghendaki adanya Indonesia.

Selain melalui gerakan gerilya dan perlawanan fisik, Fretelin dengan langkah diplomatik mulai melobi pihak asing untuk mengakui dan membantu perjuangan bangsa Timor meraih kemerdekaan. Hal ini dibuktikan dengan lahirnya CNRT (Dewan Pertahanan Nasional Rakyat Timor) tahun 1998 di Pinichi (Portugal). mereka aktif memperjuangkan kemerdekaan Timor melalui perwakilannya di Portugis. organisasi sayap fretelin ini sedikit banyak berperan aktif dalam terselenggaranya referendum nantinya.

Merdeka yang Kedua Kalinya (Timor Leste 1975 & 2002)

Pembantaian Santa Cruz

kekalutan yang dihadapi TNI menjadikan TNI semakin beringas dan waspada terhadap segala pergerakan Fretelin yang dianggap sebagai GPK (gerakan Pengacau Keamanan). Setiap warga Timor harus elewati pos pemerikasaan dan diawasi penuh oleh TNI. pada tahun 1991, di Santa Cruz para pemuda melakukan unjuk rasa untuk peringatan invasi Indonesia dengan melakukan aksi damai sekaligus mengibarkan bendera Fretelin dan meneriakan kemerdekaan. Dianggap sebagai pemberontak TNI melakukan penembakan secara brutal terhadap masa yang mengakibatkan 250 orang tewas. Hal ini dianggap sebagai pelanggaran HAM berat yang mengakibatkan Amerika menarik dukungannya atas invasi Timor.

Merdeka yang Kedua Kalinya (Timor Leste 1975 & 2002)

Menuju referendum

Stabilitas Timor Timur menjadi tidak terkendali setelah beredar kabar dan kampanye anti-Indonesia di berbagai kota di timor timur yang menyebabkan terjadinya banyak kerusuhan.TNI melakukan oprasi pemulihan kondisi dan keamanan dengan melakukan pemberantasan dan melakukan peperangan intens dengan kubu fretelin yang membuahkan hasil tertangkapnya Xanana Gusmao pada 20 November 1992. setelah itu ia dijatuhi tahanan Politik selama 7 tahun sampai tahun 1999 dibebaskan. Fretelin yang merupakan kelompok dominan di Timor Timur banyak mendapatkan dukungan dari mayoritas rakyat Timor. pada mei 1996 terjadi reformasi yang menandai berahirnya Orde Baru. hal ini dimanfaatkan oleh Fretilin untuk melakukan kampanye kemerdekaan melalui pemukiman-pemukiman dan ahirnya mendapat dukungan penuh rakyat, hanya sebagian saja yang menentang namun mayoritas mendukung kemerdekaan. akibat memburuknya situasi akibat terjadinya kerusuhan dan lonjakan inflasi yang terlampau tinggi mendorong pemerintah untuk bergerak cepat untuk menyelesaikan permasalah. untuk mengatasi krisis Presiden saat itu B.J Habibie memutuskan untuk menggelar Referendum yang membebaskan rakyat Timor untuk memilih, ikut Indonesia atau merdeka. melalui Kofi Annan, Sekretaris Jendral PBB pada 27 Januari 1999 dirumuskan referendum damai yang dipimpin oleh PBB.

438,968 suara, sebanyak 344.580 atau 78,50 persen rakyat Timor Timur memilih opsi kedua. Mereka menolak otonomi khusus dan memilih berpisah dengan Indonesia. Sedangkan sisanya sebanyak 94.388 suara atau 21,50 persen memilih menerima otonomi khusus dan bergabungnya Timor Timur ke Indonesia. dengan ini mengakibatkan lepasnya Provinsi ke 27 lepas dari Indonesia.

Pasca Referendum
setelah menang dalam proses referendum ahirnya kedaulatan Timor di berikan kepada PBB selaku pihak yang akan melakukan transisi kekuasaan sementara. namun selama proses transisi sering terjadi kekacauan yang disebabkan oleh milisi pro Indonesia terutama bekas Partai Apodeti yang pro Indonesia. mereka melakukan penyerangan dan pengrusakan terhadap beberapa pemukiman dan juga objek lainnya yang dianggap pro kemerdekaan. puncaknya adalah terjadi Pembantaian di rumah Manuel Carrascalão terjadi pada tanggal 17 April 1999 di Dili, Timor Timur, ketika milisi pro-Indonesia Aitarak yang dipimpin oleh Eurico Guterres menyerang rumah tokoh kemerdekaan Manuel Carrascalao dan membantai 12 orang. Pasukan indonesia terkesan melakukan pembiaran dan ahirnya PBB mengirim Pasukan perdamaian untuk menegakan stabilitas keamanan yang bernama pasukan INTERFET (international Force for East Timor) yang dipimpin oleh Australia. tujuannya adalah untuk melakukan penjagaan selama masa transisi dan melucuti semua senjata milik milisi, baik Fretelin maupun Aitarak.

selain itu terjadinya eksodus rakyat Timor yang tidak menghendaki negara timor leste dengan memasuki wilayah Timor bagian barat Indonesia. setelah dilakukan persetujua dilakukan penarikan pasukan TNI yang sebelumnya telah menurunkan bendera Merah Putih digantikan bendera PBB yang melakukan transisi. Timor Leste secara resmi bergabung sebagai anggota PBB pada tanggal 20 Mei 2002. selain itu Indonesia juga melakukan pengakuan secara resmi dengan melakukan hubungan bilateral dan saling membuka kedutaan Besar.


Sejatinya Timor Timur adalah sebuah wilayah yang merdeka yang di caplok wilayahnya oleh Indonesia yang kalap akibat hasutan Amerika Serikat yang ahirnya harus menelan pil pahit akibat melakukan penjajahan dan agresi yang sejatinya Indonesia juga pernah merasakannya. JAS MERAH

SUMBER
SUMBER 2SUMBER 3
0
Kutip
Balas
Urutan
Terlama
Halaman 1 dari 11
05-02-2018 22:27
jadi penasaran, dr semua provinsi yg ada di Indonesia slama ini, berapa yg mantan negara dan berapa yg memisahkan diri?
0
Kutip
Balas
06-02-2018 08:04
Jd tahun 70an di portugis ada revolusi anyelir
Timor leste yg merupakah salah satu jajahan portugis memproklamirkan kemerdekaan
Namun Pak Harto memerintahkan integrasi timtinke nkri
Jadinya ya timles masuk indonesia dan diubah namanya jd timtim
Pemimpin fretilin ini kebanyakan dijadikan tapol sama pak harto
Tapi atas desakan pbb th 1999 dilakukan voting pilih ikut nkri atau merdeka
Eh ternyata milih merdeka, akhirnya merdeka deh
Sebenarnya nkri yg rugi, krn menggelontorkan dana besar buat bangun timtim
0
Kutip
Balas
06-02-2018 08:11
Quote:Original Posted By 442tactician
jadi penasaran, dr semua provinsi yg ada di Indonesia slama ini, berapa yg mantan negara dan berapa yg memisahkan diri?


Negara sebelum adanya nkri banyak benget
Yg pisah cuman timtim aja sih
0
Kutip
Balas
06-02-2018 08:55
timles memang sejatinya bukan nkri.nkri senasib jajahan belanda,sementara timles jajahan portugis
0
Kutip
Balas
06-02-2018 09:50
Terlepas dari apapun motif Pak Harto menganeksasi Timorleste, di tahun 75 masih masa perang dingin. Indonesia tidak mau ada negara komunis di halaman belakang Indonesia jika Fretillin menang.
Indonesia dan Australia takut jika Timles jadi proxy Soviet atau RRT.
Setau ane Opsus ali moertopo awalnya menganjurkan utk mendukung partai anti Fretilin utk menginstall pemerintahan pro indonesia bukan utk menginvasi nya. cmiiw
0
Kutip
Balas
10-02-2018 19:03
Jd inget warga korban timur-timur yg tinggal deket rmh ane emoticon-Berduka (S)
0
Kutip
Balas
10-02-2018 19:05
jadi ingat pak Ali Alatas, salah satu diplomat terbaik Indonesia.
konon, karena isu timtim ini pak Ali gagal maju jadi sekjen pbb.
0
Kutip
Balas
10-02-2018 19:05
ap d buku sejarahny anak sekolah sono, d tulis indonesia sbagai penjajah ya ??emoticon-Bingung
Diubah oleh mas.markues
0
Kutip
Balas
10-02-2018 19:06
Mejeng dl di trit merdeka emoticon-Merdeka
0
Kutip
Balas
10-02-2018 19:07
Jd inget jaman dulu, nonton tv isi beritanya tentang timles mulu emoticon-Big Grin
0
Kutip
Balas
10-02-2018 19:08
gara2 habibi lepasin
0
Kutip
Balas
10-02-2018 19:09
sekarang terpuruk setelah lepas dari indo emoticon-Big Grin
0
Kutip
Balas
10-02-2018 19:09
Quote:Original Posted By mas.markues
ap d buku sejarahny anak sekolah sono, d tulis indonesia sbagai penjajah ya ??emoticon-Bingung


iya juga ya bre... emoticon-Bingung
0
Kutip
Balas
10-02-2018 19:10
Australia yang diuntungkan dari merdekanya timles karna berhasil nguasai gas alamnya
0
Kutip
Balas
10-02-2018 19:10
Alm. Bapak Mertua ane (TNI-AL) dulu pernah ikut berjuang di kapal laut merebut timor timur dari penjajah, sampe kepalanya ketembak.
Untungnya beliau selamet gan..

Sekarang malah rakyat timor memilih berpisah dari Indonesia dan merubah nama negaranya jadi timor leste...


emoticon-Mewek
Diubah oleh setiapmenit
0
Kutip
Balas
10-02-2018 19:11
wah 2 kali merdeka ya
0
Kutip
Balas
10-02-2018 19:11
Nasib timtim pas lepas dari indonesia gimana makin miskin atau jadi makmur ????
0
Kutip
Balas
10-02-2018 19:11
Quote:Original Posted By sunan.kalijodo
sekarang terpuruk setelah lepas dari indo emoticon-Big Grin


Gak ada apa apanya bre
0
Kutip
Balas
10-02-2018 19:11
Owh ternyata mamarika main mata sama pakde... Baru tau ane gan... Makasih pelajaran sejarah nya
0
Kutip
Balas
10-02-2018 19:12
btw nice info nya bre
0
Kutip
Balas
Halaman 1 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2018 Kaskus – The Largest Indonesian Community