alexa-tracking
KATEGORI kategori N icon-buat-post BUAT POST
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a51e9c3c1cb173d6b8b4567/himilcopenjelajah-cartago-pada-masa-kuno
Past Hot Thread

Himilco:Penjelajah Cartago pada masa kuno

Himilco:Penjelajah Cartago pada masa kuno


Gambar atas:Perkiraan rute yang di layari Himilco pada zaman Kuno


SELAYANG PANDANG

Rekonstruksi modern sebuah kapal dagang Fenisia.


Himilco (transliterasi Yunani dari Fenisia ' 'HMLK,' atau 'Himilk,' yang berarti 'anak ratu...adalah Navigator Kartago dan penjelajah yang hidup pada puncak kekuasaan Kartago pada akhir abad ke-6 SM....Himilco adalah penjelajah pertama yang diketahui dari Laut Mediterania yang mencapai pantai barat laut Eropa .sumber yang hilang dari petualangannya dikutip oleh penulis Romawi. Referensi tertua untuk pelayaran Himilco adalah penyebutan singkat di buku Natural History (2.169a) oleh sarjana Romawi Pliny the Elder . Himilco dikutip tiga kali oleh Rufus Festus Avienus , yang menulis Ora Maritima ,sebuah catatan puisi tentang geografi di abad ke-4 Masehi.Himilco berlayar ke utara di sepanjang pantai Atlantik yang kini Spanyol , Portugal , Inggris dan Perancis . Dia mencapai barat laut Perancis , dan juga wilayah suku Oestrimini yang tinggal di Portugal mungkin untuk perdagangan timah yang akan digunakan untuk membuat perunggu dan untuk logam mulia lainnya.

Rekaman pelayaran dari Cartago Himilco mencatat pulau-pulau Albion dan Ierne..Himilco tidak (menurut Avienus) yang pertama berlayar di samudera Atlantik utara;menurut Avienus, Himilco mengikuti rute perdagangan yang digunakan oleh Tartessians dari Iberia selatan..Himilco menggambarkan perjalanannya sebagai cukup mengerikan, berulang kali melaporkan monster laut dan rumput laut..mitos ini di ciptakan Himilco untuk mungkin mencegah Yunani mengikuti jejak kartago pada rute pelayaran baru yang mereka jelajahi untuk mencegah persaingan dagang.

Himilco adalah nama dari pemberian bahasa latin....berasal dari nama Fenesia yakni CHIMILKAT....Himilco bukan yang pertama untuk berlayar di Samudera Atlantik utara(menurut Avienus)...Avienus melaporkan bahwa Tartessians - penduduk asli Zaman Besi Andalusia - mengunjungi pulau Oestrumnidan untuk berdagang dengan penduduknya;kemudian, pedagang Kartago perjalanan sepanjang rute yang sama.catatan Avienus menawarkan beberapa petunjuk untuk menemukan Oestrumnides: mereka berada di dua hari berlayar jarak dari Irlandia...pulau yang di maksud menjadi perdebatan....Kandidat yang paling mungkin adalah Brittany, yang kaya akan bijih dan dikelilingi oleh beberapa pulau kecil.

Himilco, oleh karena itu, tidak berlayar ke perairan asing. Dia tahu apa yang dia cari (timah dan logam mulia lainnya) dan tahu di mana menemukannya. Avienus menyatakan bahwa Himilco menulis bahwa butuh waktu empat bulan untuk mencapai Oestrumnides.Kemungkinan bahwa Himilco juga mengunjungi Helgoland, empat bulan dari Cádiz. Ini adalah tempat di mana orang dahulu menemukan amber dan mungkin telah menjadi tujuan sekunder ekspedisi Himilco . Avienus tidak menyebutkan pelayaran utara, tapi keheningan(referensi) ini tidak membuktikan bahwa Himilco tidak mengunjungi laut Utara

PULAU ALBION YANG DI CATAT HIMILCO

Tempur antara pasukan Brutus dan raksasa yang dipimpin oleh Gogmagog. -abridged Historia Regnum Britannae ; British Library MS Harley 1808, fol. 8.


Albion ( Yunani Kuno : Ἀλβιών ) adalah nama tertua pulau Britania Raya . Hari ini, masih kadang-kadang digunakan puitis untuk merujuk ke pulau...masa Avienus dan phytheas menulis,pulau Britania tak di sebut Britania...tapi Albion.Nesos Iernōn kai Albiōnōn "pulau-pulau Iernians dan Albiones".Demikian juga, Pytheas (ca. 320 SM ), secara langsung atau tidak langsung dikutip dalam kutipan yang masih hidup dari karya-karyanya di kemudian oleh penulis lain nya, berbicara tentang Albion dan Iernē(Inggris dan Irlandia)...Nama Albion digunakan oleh Isidore dari Charax ( abad ke-1 SM - abad ke-1 AD) [12] dan kemudian oleh banyak penulis klasik. Pada abad ke-1, nama mengacu tegas ke Inggris.

Teks Pseudo-Aristotelian Di Universe (393b) memiliki:

Ἐν τούτῳ γε μὴν νῆσοι μέγισται τυγχάνουσιν οὖσαι δύο, Βρεττανικαὶ λεγόμεναι, Ἀλβίων καὶ Ἰέρνη

"Ada dua pulau yang sangat besar di dalamnya, yang disebut Kepulauan Inggris, Albion dan Ierne" (Inggris dan Irlandia).

.Pliny the Elder , dalam bukunya Natural History (4.16.102) juga memiliki:

"Itu sendiri bernama Albion, sementara semua pulau yang akan segera kita bahas secara singkat disebut Britanniae".

Dalam karyanya abad ke-2 Geografi , Ptolemy menggunakan nama Ἀλουΐων ( Alouiōn , "Albion") bukan nama Romawi Britannia ...Pada 930, raja Inggris Æthelstan menggunakan gelar Rex et primicerius totius Albionis regni ("Raja dan kepala seluruh wilayah Albion").Keponakannya, Edgar the Peaceful, menamakan dirinya Totius Albionis imperator augustus "Kaisar Augustus dari semua Albion" pada tahun 970.

Legenda tanah Albion menceritakan tanah Albion penduduk asli nya dahulu berupa raksasa....atau pendiri tanah ini bernama Albion.....menurut buku dari abad ke 12 Sejarah Raja-Raja Britania ( "The History of The Kings of Britain") oleh Geoffrey dari Monmouth ..di pengasingan Brutus dari Troy diberitahu oleh dewi Diana;Bahwa ada terletak di luar batas galia sebuah pulau yang di huni beberapa raksasa.pulau itu di janjikan buat pemerintahan nya.Brutus ini di yakini sebagai raja pertama Inggris.Geoffrey melanjutkan untuk menceritakan bagaimana yang terakhir dari bangsa raksasa dikalahkan, yang terbesar disebut Goëmagot dilemparkan di atas tebing oleh Corineus.

PULAU YANG DI CATAT HIMILCO:LERNE

Situs Megalith di Poulnabrone irlandia berdiri ribuan tahun sebelum Himilco mencapai Irlandia


Pulau yang di maksud adalah Irlandia zaman modern...jadi pelayaran Himilco sudah mencapai Irlandia kuno.menurut Pliny, seorang penjelajah bernama Himilco dikirim “untuk mengeksplorasi bagian-bagian terpencil Eropa.” Sayangnya, sumber tulisan asli Himilco tentang pelayarannya hilang. Pliny tidak menyebutkan apa-apa tentang ekspedisi kecuali bahwa hal itu terjadi.

Avienus tidak meninggalkan kita catatan dari awal pelayaran Himilco ini. Di mana ekspedisi berasal tidak diketahui,Jika ekspedisi itu tidak diketahui, tapi apakah Himilco memulai di Carthage atau beberapa pelabuhan lain, dia bisa menduga bahwa dia mungkin memulai di Gadir.Para pelaut Gadir berlayar mencari ikan di Atlantik dan akan memiliki banyak pengetahuan tentang kondisi laut dan teknik pembuatan kapal yang akan sangat berharga bagi Himilco.

Kehadiran timah di pulau-pulau akan menjadi menarik bagi Kartago. Bahkan, timah kemungkinan motivasi utama untuk eksplorasi laut oleh pelaut Kartago itu.Herodotus pernah menulis:

Quote:Namun, saya tidak dapat berbicara dengan pasti mengenai daerah-daerah marjinal yang terbentang ke arah barat di Eropa ... Saya juga tidak yakin akan keberadaan Kepulauan Cassiterides, yang darinya kita mendapatkan timah kita ... Apalagi, terlepas dari semua usaha saya untuk meneliti masalah ini, Saya tidak dapat menemukan siapa pun yang bisa mengatakan bahwa dia benar-benar melihat sendiri bahwa ada laut di sisi yang jauh dari Eropa.Bagaimanapun, ujung-ujung dunia adalah sumber timah dan amber yang datang kepada kita(Herodotus, The Histories)


Sebelum Himilco mendarat di irlandia pulau ini telah ribuan tahun di huni dengan kebudayaan Megalith nya.Pada saat Himilco, budaya bangunan megalit dipindahkan atau diserap oleh budaya Celtic yang baru saja tiba dari daratan Eropa.Pulau itu dalam masa transisi dari Zaman Perunggu sampai Zaman Besi, dan senjata besi diperkenalkan.Tidak diketahui berapa lama ekspedisi Himilco tetap ada di Irlandia, atau apa yang mereka capai di sana.Tapi deskripsi yang diberikan Avienus menunjukkan bahwa apa yang mengikuti perjalanan ke Pulau Kudus(irlandia) mungkin sangat tidak menyenangkan Di gambar kan bahwa Himilco berkata laut tak dapat di lewati selama 4 bulan.tak ada angin yang dapat menggerak kan perahu.banyak rumput laut mengapung hingga menyemak menghalangi kapal.Himilco mengatakan kerap menemui monster-monster laut.

apa dampak dari ekspedisi ini? warisan utamanya tampaknya telah membuka perdagangan timah pantai untuk pedagang Kartago.Alih-alih membeli timah dari kapal pengangkut asing ke daratab kartago, Carthage bisa membeli timah langsung dari tambang, mengirimkannya kembali ke Laut Tengah , memotong rantai distribusi, dan menghasilkan keuntungan lebih besar.

TIMAH MENJADI SALAH SATU INCARAN EKSPEDISI HIMILCO

Wilayah Brittany dalam peta


Di Brittany dan Cornwall, ekonomi lokal berpusat di seputar pertambangan timah, dengan permukiman besar bermunculan di dekat tepian penambangan timah.Diodorus Siculus menggambarkan proses penambangan di Cornwall pada abad 1 SM:

Quote:Penduduk Inggris yang tinggal di sekitar tanjung yang dikenal sebagai Belerium sangat ramah terhadap orang asing dan telah mengadopsi cara hidup yang beradab karena hubungan mereka dengan pedagang dari bangsa lain.Mereka yang bekerja di pertambangan timah....... mereka mengerjakan timah itu menjadi potongan-potongan seukuran jari telunjuk dan membawanya ke sebuah pulau yang terbentang di Inggris dan disebut Ictis;karena pada saat pasang surut wilayah antara pulau ini dan daratan menjadi kering dan mereka bisa membawa timah dalam jumlah banyak ke pulau itu di gerobak mereka ... Di pulau Ictispara pedagang membeli timah penduduk asli dan membawa dari seberang Selat sampai Galatia atau Gaul;dan akhirnya, berjalan kaki melewati Gaul selama tiga puluh hari, mereka membawa barang dagangan mereka ke punggung bukit Rhone.( Diodorus Siculus, The Library of History )


HIMILCO BER BANGSA APA?

Kartago


karena Himilco tinggal di cartagene maka dia adalah bangsa Fenisia(Phoenician).Bangsa Fenisia (bahasa Belanda: Fenicië, bahasa Inggris: Phoenicia). Mereka hidup di wilayah Timur Tengah, atau sekarang di Lebanon & Suriah yang merupakan daerah pesisir laut.

Bangsa Fenisia terkenal dengan sebutan “middlemen” yaitu sekelompok orang yang membawa suatu barang di suatu negara ke negara lain. Bahkan mereka juga yang mengenalkan papyrus ke negara lain. Mereka juga membuat suatu kapal yang unik, yang sangat terkenal, kapal itu memiliki layar dan juga dayung, dan di bag depan kapal, terdapat bentuk kepala naga. Layar tersebut berfungsi untuk menggerakkan kapal ketika angin sedang bertiup, lalu dayung itu berguna untuk menggerakkan kapal ketika angin sedang tidak bertiup, dan tentu saja dayung tersebut digerakkan oleh manusia. Satu hal lagi, di dalam kapal terdapat banyak kargo. Kargo tersebut digunakan untuk barter, ada banyak barang-barang untuk dipertukarkan, dan konon katanya bukannya tidak mungkin untuk memasukkan pelayan ke dalam kargo. Pada saat itu mereka sudah memulai menggunakan kayu cedar untuk membuat kapal.

Bangsa Fenisia mempunyai tiga kota penting, atau tepatnya 4 kota penting, meskipun satu kota tersebut terletak di Tunisia, yaitu Kartago, kota dagang. Di sana orang-orang Fenisia berdagang. Lalu 3 kota penting lainnya yaitu Tirus, Sydon, dan Byblos. Yang sekarang masih ada di Lebanon, walaupun sudah mengalami banyak perubahan. Di Byblos mereka membangun pelabuhan yang sangat besar.

Bangsa Arab lebanon contoh nya masa modern kini baik muslim maupun kristen membawa DNA Fenesia...."Anda bisa menjadi Muslim atau Kristen dan membawa tanda tangan Fenisia," kata Pierre Zalloua, seorang ilmuwan Lebanon yang telah melakukan penelitian untuk melacak asal genetik masyarakat Timur Tengah.Dia mencatat bahwa populasi di seluruh garis pantai timur Mediterania - Suriah, Lebanon dan wilayah Palestina - berbagi banyak genetik yang sama kata Zalloua, yang penelitiannya telah dipublikasikan dalam American Journal of Human Genetics dan Annals of Human Genetics.

Setidaknya 30 persen dari Lebanon, tanpa memandang agama, memiliki genetik "cap" yang menyandang tanda Fenisia, katanya kepada AFP.

"Itu sangat mengejutkan untuk menemukan bahwa setelah ribuan tahun masih ada begitu banyak jejak gen Phoenician," tambah Zalloua, yang mengumpulkan sampel DNA untuk melacak silsilah.

"Ini menunjukkan bahwa kita semua tidak begitu berbeda satu sama lain.

GAMBARAN ZAMAN KUNO HIMILCO

Agar para agan bisa membayang kan betapa kuno nya zaman Himilco hidup dan betapa ia mengarungi laut zaman kuno saya kasih gambaran nih gan.....Himilco seperti yang tertulis di atas hidup pada sekitar abad ke 6 SM....Pada masa Abad itu Runtuh kerajaan Yehuda,abad itu sezaman dengan Cyruz agung yang memerintah Persia,pada abad ini dalam sejarah versi Alkitab sudah dan sedang di turun kan para Nabi....pada abad ini lahir filsuf dan ahli matematika Yunani Phytagoras.nah......itu gambaran betapa tua nya zaman kuno ketika Himilco mengadakan penjelajahan ke laut Atlantik.adakah penjelajah yang lebih tua yang melayari atlantik yang tercatat selain Himilco?silahkan di share gan emoticon-Cendol Gan


REFERENSI




HOT THREAD ANE YANG LAIN GAN










pertamax di thread sendiri emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om!
baru tau inggris dulu dihuni raksasa.... sekalian menjelaskan asal usul stone henge kah?
Quote:Original Posted By anak manis
baru tau inggris dulu dihuni raksasa.... sekalian menjelaskan asal usul stone henge kah?


itu mungkin Mitos yang di ciptakan orang-orang zaman dulu gan entah yang mungkin bermukim di Gaul(prancis) atau Albion(Britania)..CMIIW
Hebat juga ya zaman segitu udah berani berlayar jauh dari asalnya.

Quote:Original Posted By anak manis
baru tau inggris dulu dihuni raksasa.... sekalian menjelaskan asal usul stone henge kah?


soal raksasa itu seperti salah tafsir atau mitologi saja.

stonehenge dibuat oleh penduduk yang jauh lebih tua dengan tinggi badan yang relatif sama. kita tahu dari sisa bekas-bekas pekerjaan dan beberapa sisa alat kerja mereka pada situsnya. disinyalir alat-alatnya digunakan oleh manusia biasa. kalau memang raksasa maka mereka hanya perlu menyeret batu dan angkat saja bersama-sama. tetapi nyatanya tidak, ada sistem katrol kuno, gelondongan kayu sebagai alas geser, dsb-nya.


Quote:Original Posted By Arzal
Hebat juga ya zaman segitu udah berani berlayar jauh dari asalnya.


yes Phoenician adalah bangsa pertama yang memiliki keahlian membuat kapal laut yang mumpuni dan memiliki navigator kelas dunia pertama. mereka asalnya dari mediteran sekitaran levant tetapi akhirnya berani keluar hingga ke arah afrika utara, chartago hingga afrika barat, dan juga eropa sekitaran portugal hingga inggris.
Quote:Original Posted By Arzal
Hebat juga ya zaman segitu udah berani berlayar jauh dari asalnya.


mungkin sudah ada individu2 lain yang melakukan nya tetapi tidak di catat mungkin

Quote:Original Posted By rossdeleon


soal raksasa itu seperti salah tafsir atau mitologi saja.

stonehenge dibuat oleh penduduk yang jauh lebih tua dengan tinggi badan yang relatif sama. kita tahu dari sisa bekas-bekas pekerjaan dan beberapa sisa alat kerja mereka pada situsnya. disinyalir alat-alatnya digunakan oleh manusia biasa. kalau memang raksasa maka mereka hanya perlu menyeret batu dan angkat saja bersama-sama. tetapi nyatanya tidak, ada sistem katrol kuno, gelondongan kayu sebagai alas geser, dsb-nya.




yes Phoenician adalah bangsa pertama yang memiliki keahlian membuat kapal laut yang mumpuni dan memiliki navigator kelas dunia pertama. mereka asalnya dari mediteran sekitaran levant tetapi akhirnya berani keluar hingga ke arah afrika utara, chartago hingga afrika barat, dan juga eropa sekitaran portugal hingga inggris.


mungkin soal raksasa bisa jadi benar kadang dongeng beercerita dari kejadian nyata.....Sebelum Himilco mencapai Albion Stone heage tampak nya sudah ada ribuan tahun sebelum nya

Quote:o begitu ya sejarahnya, aye baru tau dimari
Fenisia itu nenek moyang dari bangsa Portugis ya gan?
masih pejwan emoticon-Traveller
Ok sip baca dolo emoticon-Ngacir
nenek moyang tunisia
komen dulu baca kemudian edit menyusulemoticon-Traveller

Orang zaman dulu ketika berlayar menggunakan navigasi apa gan?

Apakah sudah menemukan alat untuk memandu perjalanan mereka atau sama seperti nelayan jaman dulu yang menggunakan rasi bintang saat berlayar?
lama mana gan sama viking?


HT done emoticon-Angkat Beer
emoticon-Cool
owh jadi gt ya sejarahnya...baru tau nih...bisa nambah ilmu lagi...nice info gan..
top,emoticon-Cendol Gan
Menambah wawasan,
hilmico ini sedjaman kah dengan hanno.....? sama sama navigator dan dari kartago djoega hanja kalaoe tidak salah hanno menoedjoe afrika...
Wokey gan
Anak Ratu ini, gan. emoticon-Matabelo
mampir di trit purbakala

ane gemvok skalian ya bre...