alexa-tracking
Kembali ke Versi Lama
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 18 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5a4891ffc1cb17d5658b4568/menjawab-flat-earth-101-mengungkap-kebohongan-propaganda-bumi-datar---part-3
31-12-2017 14:30
MENJAWAB FLAT EARTH 101, MENGUNGKAP KEBOHONGAN PROPAGANDA BUMI DATAR
MENJAWAB FLAT EARTH 101, MENGUNGKAP KEBOHONGAN PROPAGANDA BUMI DATAR.


Quote:
UPDATEI!!!!
THREAD INI SUDAH ADA VERSI YOUTUBE NYA. SILAHKAN DITONTON.


Jangan lupa, kalau setuju dan suka klik Like & Shareemoticon-2 Jempol
Kalau mau nonton bagian selanjtnya klik Subscribe emoticon-Shakehand2


VIDEO SAYA YANG LAIN
Episode Berikutnya


MENJAWAB FLAT EARTH 101, MENGUNGKAP KEBOHONGAN PROPAGANDA BUMI DATAR - Part 3


Quote:
PENDAHULUAN
Halo, selamat pagi, siang, sore, malam Gan, Bro, Sis, Bray dan apapun panggilannya. Belakangan ini muncul fenomena di Indonesia orang-orang yang meyakini bahwa bumi datarseperti piring. Dan orang-orang ini merasa bangga dan merasa dirinya sebagai orang yang tercerahkan. Orang yang lepas dari pembodohan sains modern yang didoktrin oleh guru-guru di sekolah. Mereka merasa dirinya bagian dari perjuangan melawan konspirasi besar para elit dunia yang disebut sebagai Globalist. Mereka adalah agen-agen yang menyebarkan kebangkitan kesadaran global atas dogma sains yang menyesatkan. Begitu pikirnya.

Kepercayaan bahwa bumi datar atau Flat Earth di era modern sudah ada sejak lama di Amerika dan Eropa dan booming sekitar tahun 2013 dengan banyaknya video di youtube yang dibuat oleh aktivis Flat Earth. Di Indonesia sendiri baru ramai belakangan ini. Dan yang mebuat banyak orang percaya adalah seri video Flat Earth101. Video berbahasa indonesia dan kemungkinan besar dibuat orang Indonesia. Yang membuat miris, banyak orang-orang bertitel sarjana ikut-ikutan percaya dan men-share video ataupun kepercayaan Flat Earth. Kemungkinan besar lebih banyak lagi orang yang terpengaruh dan percaya oleh video tersebut, hanya saja mereka tidak menunjukkannya karena takut dibully, dibilang goblok dll.
Saya tidak menyalahkan atau menganggap bodoh orang-orang yang menonton video tersebut lalu terpengaruh. Mungkin ilmu IPA yang didapat di sekolah tidak disertai pemahaman, hanya sekedar hafalan. Maka ketika menonton video tersebut yang seolah-olah menyajikan fakta-fakta dan logika-logika, dan disajikan secara menarik mereka menganggapnya lebih benar. Yang disayangkan adalah jika mereka berhenti disitu dan tidak mau melakukan cross check atau tabayyun dengan mencari informasi lebih lanjut.
Saya sendiri karena bacaan dan tayangan dokumenter konspirasi, terus terang dulu pernah mempercayai hal-hal ini : David Copperfield menggunakan bantuan Jin sehingga bisa terbang. Pendaratan Bulan adalah Palsu. Pelaku Bom Bali bukan Imam Samudera, tetapi Agen CIA dengan bom micronuklir. Itu adalah proses belajar yang harus kita lewati. Proses agar kita bisa berfikir secara ilmiah.
Namun bagi sebagian orang, ketika mereka mendapatkan suatu keyakinan, mereka tidak mau berubah. Meskipun ditunjukkkan fakta yang bertentangan dengan keyakinan itu. Bagi Flat Earther die hard saat ditunjukkan bukti-bukti bumi bulat kebanyakan jawabannya adalah :
- Tonton dulu videonya, jangan asal ngebacot
- Haha, pasti belum nonton videonya nih
- Belum nonton kok udah bilang hoax. Tonton dulu biar nyahok
Dan semacam itu.
Intinya mereka menganggap video itu adalah referensi maha benar. Kalau nonton itu pasti tersadarkan. Dan orang yang tidak ikut-ikutan percaya bumi datar pasti dituduh belum melihat video Flat Earth 101.
untuk itu, saya membuat thread ini khusus untuk menjawab seri video Flat Earth 101 secara runut dan menyeluruh.


Quote:
Thread ini saya buat khusus untuk menjawab argumen-argumen dan klaim serta kebohongan Flat Earth 101. Kadangkala berseliweran di media sosial orang yang men-share video Flat Earth 101 dengan salah satu kutipan argumennya. Cukup merepotkan jika mengomentari satu satu. Maka dengan thread ini mudah-mudahan dengan satu komentar berisi link ke Kaskus ada argumen pembanding yang menyeluruh terhadap pengaruh Video Flat Earth 101.
Jika anda menganggap isi thread ini bermanfaat dan sejalan dengan pandangan anda, Saya mempersilahkan untuk meng-copas sebagian atau seluruh isi thread ini ke media internet lain baik itu blog, facebook, dan lain-lain.


Quote:
Pada akhirnya, saya tetaplah manusia biasa. Bukan orang yang tahu segalanya. Mungkin ada beberapa data atau argumen yang saya kemukakan salah. Saya terbuka untuk kritik dan diskusi yang ilmiah.


Baiklah, mari kita tonton videonya bersama-sama lalu kita komentari klaim-klaimnya.

Video 1 : Bangkitnya Kesadaran


Quote:
Video pertama adalah pembuka, isinya rangkuman dari argumen-argumen yang akan dijabarkan pada video selanjutnya. Jadi tidak perlu banyak dikomentari pada video pertama ini karena belum terlalu detail.
Inti dari pendahuluan di video pertama adalah teori bumi berbentuk bulat adalah sebuah kebohongan. Tapi coba dipikir, jika memang bumi bulat adalah sebuah kebohongan, berapa ratus ribu orang yang harus berbohong? Seluruh 17 ribu pegawai NASA harus berbohong, juga lembaga antariksa seluruh dunia baik Rusia, China, Perancis, Jepang termasuk pegawai LAPAN di Indonesia. Seluruh kontraktor yang berhubungan dengan lembaga antariksa, pembuat roket dan satelit. Ribuan pilot di seluruh dunia. Tentara yang KATANYA bertugas menjaga Kutub Selatan, dan masih banyak lagi.
Mengapa tak satupun membocorkan rahasia? Bukankah mereka bisa dapat uang banyak dengan memeras pembuat kebohongan? Atau kalau takut diancam keselamatannya, mengapa tidak ada yang masih punya hati nurani dan membuat wasiat yang membongkar kebohongan bumi bulat lalu dipublikasikan setelah meninggal sebagai penebus “dosa” kebohongan?


Quote:
Menit 20:10
Klaim FE : Foto-foto bumi dari luar angkasa yang dirilis NASA yang menunjukkan bumi berbentuk bulat semuanya adalah hasil dari CGI. Kalau dikumpulkan foto-foto bumi yang dirilis NASA dari tahun 1975 sampai 2015 terlihat bahwa artist yang membuat CGI NASA tidak konsisten, karena warna bumi berbeda-beda. Juga terdapat foto bumi dimana beberapa bagian awan hasil copy paste. Ada juga video yang menunjukkan bayangan kamera, artinya video tersebut dibuat di studio dengan menggunakan maket. Pertanyaanya, adakah foto bumi yang bukan hasil CGI? Silahkan anda cek sendiri, jawabanya adalah : TIDAK ADA!

Jawaban : Kalau yang dimaksud adalah foto bumi ‘seluruh badan’ memang tidak banyak. Kenapa? Karena untuk bisa memotret bumi secara keseluruhan maka harus dari jarak yang sangat jauh. Rata-rata ketinggian orbit satelit tidak memungkinkan memfoto bumi secara keseluruhan, namun hanya sebagian seperti ini.
Foto bumi dari ISS
Foto bumi


Tapi bukan berarti foto bumi utuh yang asli tidak ada. Yang terkenal adalah foto bumi dari Apollo 17, juga ada beberapa foto dari lunar orbiter Kaguya milik jepang dan dari satelit Russia.
foto bumi


Lalu kalau dibilang foto bumi tidak konsisten warnanya, ya jelas lah beda-beda warnanya karena difoto oleh dengan kondisi pencahayaan yang berbeda, menggunakan kamera beda, settingan kamera juga beda, jarak juga berbeda beda. Tapi pasti secara umum warna foto bumi adalah kebiru-biruan, ada foto yang biru kusam, ada yang biru jernih. Tapi nggak ada foto bumi warna pink.
Beberapa elemen awan sama persis dan hasil copy paste? Sayangnya di video tidak ditunjukkan link foto tersebut sehingga tidak bisa kita analisa bersama-sama.
Ada bayangan kamera? Itu sih bukan bayangan kamera, tapi pantulan matahari. Kalau mau membuktikan, cobalah naik motor atau sepeda di pagi hari di pinggir sawah yang daunnya masih basah. Maka pantulan sinar matahari akan berada tepat di bayangan kepala kita di daun-daun padi yang basah tadi, dan selalu mengikuti kita saat bergerak.


Quote:
Menit 21.45
Klaim FE : Ada ribuan (tepatnya 2.271) satelit di angkasa, dan ada ribuan teleskop di bumi. Apakah kita bisa melihat ribuan satelit tersebut dengan teleskop? Jawabanya adalah : TIDAK!
Semua foto satelit adalah CGI.
Silahkan anda lihat publikasi video NASA, judulnya : NASA TV Video File 2015. (You*tube.com/watch?v=Q_1SvFPeW6U)
Silahkan anda cari, adakah foto satelit yang bukan CGI, tetapi foto dari teleskop? Jawabannya adalah : TIDAK ADA!

Jawaban : Foto satelit dari teleskop? Jawabannya ADA! Tapi memang tidak bagus untuk ditampilkan.
foto satelit


Saya kasih tau, nggak usah pake teleskop, beberapa satelit bisa dilihat dengan mata telanjang. Satelit low orbit yang orbitnya tidak geostasioner kadang bisa terlihat di malam hari. Sejak kecil tahun 90 an saya sudah sering melihatnya.
Bagaimana cara melihatnya? Pada malam hari yang cerah lihatlah ke langit. Jika beruntung anda akan melihat benda kecil bercahaya mirip seperti bintang. Bedanya kalau bintang diam, ini bergerak dengan kecepatan konstan. Tidak terlalu cepat, karena kalau sangat cepat dan membentuk garis itu berarti meteor. Juga tidak berkedip-kedip karena kalau berkedip-kedip berarti itu pesawat terbang dengan lampu navigasinya. Itu adalah satelit yang kebetulan terkena sinar matahari dan memantulkannya sehingga bisa terlihat dari bumi sebagai titik kecil bercahaya.

Perihal NASA TV Video File 2015, silahkan dilihat sendiri secara utuh. Memang ada banyak animasi terutama saat satelit berada di luar angkasa. Kenapa tidak video asli?
Lha kalo mau bikin video asli, terus siapa yang merekam? Agar bisa merekam maka harus meluncurkan satu roket lagi yang biayanya milliaran dollar. Atau satu roket diisi dua satelit dimana yang satu tugasnya merekam video satelit satunya. Biayanya juga milliaran. Padahal video itu juga nggak penting-penting amat. Maka animasi CGI dipakai sekedar untuk memberi gambaran yang terjadi disana.
Tetapi kalau kegiatan astronot dari pesawat ulang-alik sedang memperbaiki stasiun luar angkasa ISS atau teleskop Hubble maka videonya asli karena memungkinkan merekam dengan kamera asli. Masih tidak percaya? Kan itu bisa dipalsukan kayak di film Gravity atau Interstellar? Pesawat ulang-alik sudah ada sejak tahun 80an. Coba aja lihat kualitas film luar angkasa hollywood masa itu. Apakah sudah serealistis Gravity dan Interstellar?


Karena Video 1 hanya berisi pendahuluan, langsung saja kita lanjut ke Video 2.

Cek dibawah ya Gan.

UPDATE :
Bantahan Video 2 sampai 9 ada di Page One. Untuk Bantahan Video 10 dan seterusnya ada di halaman-halaman belakang. Untuk lebih mudahnya silahkan langsung klik link dibawah ini :
VIDEO 10 Ada di Page 45
VIDEO 10 : People Power VS Elit Global

Video Episode Bonus : Kubah Langit Selatan dan Tafsir Telur Burung Onta
Episode Bonus : Kubah Langit Selatan dan Tafsir Burung onta
Jawaban Episode 11, Part 1
Jawaban Episode 11, Part 2

FAQ (Frequently Asked Question)
FAQ 1 : Jika bumi berputar, mengapa pesawat ke barat dan ke timur waktu tempuhnya sama?
FAQ 2 : Kalau gravitasi ada, mengapa balon bisa terbang?
FAQ 3 : Mengapa tidak bisa melihat lengkungan horison di pantai?

Buat kaum FE yang suka bawa-bawa agama dan Ayat Al Quran (kliping oleh agan Adityajt26)
Buat kaum FE yang suka nanya perhitungan gerhana (credit to agan Widya Poetra)
Kelemahan Model Bumi Flat Earth
Kelemahan Model Bumi Flat Earth
1
Kutip
Balas
Tampilkan isi Thread
Halaman 54 dari 194
13-02-2018 06:59
Quote:Original Posted By akubukanjoni


sebenernya ane bukan bahas fe ge atau nastak/bungnya tapi kaskusnya. kaskus jadi tempat bully padahal bisa jadi yg dibully itu yg benar/menang. ane liat di bp isinya tukan bully nasbung & di sini isinya tukang bully fe.


Bukan di bully gan, tapi ini lebih diarahkan ke ilmu yg benar,

FE vs ge udh ada dari dulu bgt, ga cuma baru2 ini, cuma karena makin kesini makin ngaco, ngayal makin kesana kesini, ya harus di lurusin lagi itu waham mereka.

Kita ngomong pake bahasa science, mereka balas dengan logic yg sangat amburadul,

Kita ngomong pake bahasa simple, mereka jawab dengan ngasal

Sedikit FE yg bener-bener ngelakuin eksperimen, ya begitulah kira2
Diubah oleh L0mbart
0
Kutip
Balas
13-02-2018 08:10
Quote:Original Posted By L0mbart


Bukan di bully gan, tapi ini lebih diarahkan ke ilmu yg benar,

FE vs ge udh ada dari dulu bgt, ga cuma baru2 ini, cuma karena makin kesini makin ngaco, ngayal makin kesana kesini, ya harus di lurusin lagi itu waham mereka.

Kita ngomong pake bahasa science, mereka balas dengan logic yg sangat amburadul,

Kita ngomong pake bahasa simple, mereka jawab dengan ngasal

Sedikit FE yg bener-bener ngelakuin eksperimen, ya begitulah kira2


FE itu, kayak lo tukang nasi goreng, ngajarin ke tukang seblak soal Tindakan medis sama pasien kanker, ya kagak bakal nyambung sampe dunia kiamat emoticon-Leh Uga

gw udah liat dan amati selama beberapa saat ini, rupanya akun2 penyebar FE memanfaatkan kebodohan dan ketidaktahuan orang orang awam dengan bumbu2 konspirasi untuk mendapatkan keuntungan

bayangin kagak menarik apa coba soal konspirasi sementara lu miskin dan hidup dalam kemelaratan dan butuh sesuatu untuk disalahkan atas penderitaan hidup lo emoticon-Wakaka

mau lihat mereka, lo survey saja para penggemar FE di Instagram, sungguh Kaum yang menyedihkan emoticon-Mewek
0
Kutip
Balas
13-02-2018 08:36
Quote:Original Posted By hengkik
sudah ngalah aja deh ? iya iya bumi itu datar kuq, sekarang minta buktinya dong foto atau video yg mengkondisikan bumi itu datar, kuq dari dulu belum pernah kasih bukti


paling kita yang disuruh buktiin emoticon-Hammer2

Quote:Original Posted By akubukanjoni
fe di kaskus posisinya mirip nasbung yg dibully sana sini tapi ternyata malah mereka yg menang.


seriously?
kalo soal pemilu mah pasti ada menang dan kalah.

lah sains mah beda bung. pembuktian secara empiris ditambah bisa disimulasikan dengan benda sehari-hari itulah sains.

lah FE?
kalo ga beda pendapat, ya saling serang antar FE sendiri. mungkin ente perlu kroscek lebih dalam FE sendiri gimana sama anggotanya.

jangankan anggota, ibarat kroco sama dedengkotnya aja saling sikut. noh si bosdar aja kaga mau unjuk publik.

ironi diatas ironi

Quote:Original Posted By akubukanjoni
nasbungkan emang menang, nastak dipenjara. bisa jadi itu terulang di fe.


NOPE. seperti kata Pandji di salah satu episode "Juru Bicara World Tour" 16 Desember 2016 (kalo gw ga salah inget. ente bisa liat cuplikannya di Fanspage Waktu Indonesia Shitposting) yang ente bisa liat sendiri di link berikut :

https://www.facebook.com/WIShitposti...5879761733873/

NB : ini sekedar cuplikan. dan ada pembahasan soal sains dan agama di bagian akhir video tersebut.


Quote:Original Posted By akubukanjoni


sebenernya ane bukan bahas fe ge atau nastak/bungnya tapi kaskusnya. kaskus jadi tempat bully padahal bisa jadi yg dibully itu yg benar/menang. ane liat di bp isinya tukan bully nasbung & di sini isinya tukang bully fe.


kita bisa ramah disini. tapi ya....
ente udah ramah sama orang, ngejelasin dengan cara sesimpel mungkin, tapi tetap saja orang tersebut sulit diajak kerjasama....

sebagian orang mungkin masih bisa 'elus dada'.

tapi ada juga mungkin yang emang udah kesel sama kelauan manusia yang ga tau diuntung tersebut. ya kali-kali sleding mungkin bisa biar ada shock therapy nya sedikit.
0
Kutip
Balas
13-02-2018 09:28
ko jadi bawa bawa nastak dan nasbug ya emoticon-Ngakak
0
Kutip
Balas
13-02-2018 11:27
Quote:Original Posted By dijeres
ko jadi bawa bawa nastak dan nasbug ya emoticon-Ngakak


lah, disebelah malah GE sampe di kafir2in gan, ga ngerti gw emoticon-Wakaka

wkwkwkwkw
0
Kutip
Balas
13-02-2018 11:29
Quote:Original Posted By dijeres
ko jadi bawa bawa nastak dan nasbug ya emoticon-Ngakak


kehabisan bahan jadi bawa yang lainemoticon-Ngakak
0
Kutip
Balas
13-02-2018 11:38
Quote:Original Posted By L0mbart
lah, disebelah malah GE sampe di kafir2in gan, ga ngerti gw emoticon-Wakaka

wkwkwkwkw


Sekarang elon musk lg luncurin spaceX. Nunggu fe ers pada komen itu adalah cgi yang nyata emoticon-Hansip
0
Kutip
Balas
13-02-2018 11:50
Quote:Original Posted By dijeres


Sekarang elon musk lg luncurin spaceX. Nunggu fe ers pada komen itu adalah cgi yang nyata emoticon-Hansip



kalau pake logicnya FE

1. roket cuma sampe ketinggian 500km ga akan bisa lebih karena bakal nabrak kubah / firnamen bumi, dan belum ada satupun benda / manusia yg bisa tembus kubah bumi

2. kenapa masih bisa keliatan padahal udah lewat dari 500km?? dari itu adalah hasil hologram yg ditembak dari bumi !! persis hologram yg dipake buat hologram ISS

3. nah yg terakhir yg diupload dan mereka liat di youtube adalah murni CGI !!!!!

puja kerang ajaiibb wululululululululullu
Diubah oleh L0mbart
0
Kutip
Balas
13-02-2018 12:07
mana nih fe'ers emoticon-cystg kita2 pengen ngebully emoticon-Hansip
0
Kutip
Balas
13-02-2018 13:18
Quote:Original Posted By L0mbart



kalau pake logicnya FE

1. roket cuma sampe ketinggian 500km ga akan bisa lebih karena bakal nabrak kubah / firnamen bumi, dan belum ada satupun benda / manusia yg bisa tembus kubah bumi

2. kenapa masih bisa keliatan padahal udah lewat dari 500km?? dari itu adalah hasil hologram yg ditembak dari bumi !! persis hologram yg dipake buat hologram ISS

3. nah yg terakhir yg diupload dan mereka liat di youtube adalah murni CGI !!!!!

puja kerang ajaiibb wululululululululullu


Video amatir punya org yg mampir kesana jg mereka berani bilang CGI? emoticon-Leh Uga
0
Kutip
Balas
13-02-2018 13:27
Quote:Original Posted By urtin3


Video amatir punya org yg mampir kesana jg mereka berani bilang CGI? emoticon-Leh Uga


iya gan, semua CGI

giliran foto drone ditempel stiker google aja pada percaya semua wwkwkwkwkw emoticon-Wakaka
0
Kutip
Balas
13-02-2018 14:28
Quote:Original Posted By xyzmk2
fakta flat earth mengenai Falcon Heavy
yang punya ide siapa?
SpaceX
yang meluncurkan siapa?
SpaceX
yang hoax cgi dsb siapa?
NASAA!!!


MENJAWAB FLAT EARTH 101, MENGUNGKAP KEBOHONGAN PROPAGANDA BUMI DATAR - Part 3

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
0
Kutip
Balas
13-02-2018 16:15
Quote:Original Posted By Rival666


MENJAWAB FLAT EARTH 101, MENGUNGKAP KEBOHONGAN PROPAGANDA BUMI DATAR - Part 3

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka


Jadi spaceX = NASA ? emoticon-Bingung
0
Kutip
Balas
13-02-2018 16:28
Quote:Original Posted By 121Z4


Jadi spaceX = NASA ? emoticon-Bingung


spaceX = NASA
lapan = NASA

semua space agency yg ada di https://en.wikipedia.org/wiki/List_o...space_agencies adalah NASA
0
Kutip
Balas
13-02-2018 19:06
Quote:Original Posted By Rival666
MENJAWAB FLAT EARTH 101, MENGUNGKAP KEBOHONGAN PROPAGANDA BUMI DATAR - Part 3

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka


Itu akun bossdarling lainnya. Meski ada bossdarling, tapi dia multiple akun untuk mendorong anak2nya biar sebodoh dia emoticon-Wkwkwk

Ini valid dari sumber mantan admin disanaemoticon-Malu
0
Kutip
Balas
13-02-2018 20:16
Si batamiharjing kaga keliatam di fb
0
Kutip
Balas
13-02-2018 22:55
Quote:Original Posted By Rival666


MENJAWAB FLAT EARTH 101, MENGUNGKAP KEBOHONGAN PROPAGANDA BUMI DATAR - Part 3

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka


Bukannya nyari2 alesan knp roketnya SpaceX ternyata cuma cgi, ini malah cuma ngomong2 sinis aja. Ga rame ah emoticon-Cape d...
0
Kutip
Balas
14-02-2018 01:56
Dari semua forum medsos, yutup, hanya satu yang bisa saya simpulkan dengan pasti yaitu : para kaum bumi bulat senangnya cuma menghujat , menghina,melecehkan dll. Padahal bumi BULAT yang kalian tahu juga itu baru KATANYA . Kalian tuh tahu bumi bulat baru KATANYA (kata NASA) . Dan kalian para orang bumi bulat mati2an membela NASA? Apa untungnya buat kalian? Mendingan sama2 buktikan saja kalau air itu melengkung atau datar ? Itu saja deh yang paling realistis .. gak perlu membahas yang lain dulu (takut gak ke otak kan).
0
Kutip
Balas
14-02-2018 03:23
Quote:Original Posted By sakawww
Dari semua forum medsos, yutup, hanya satu yang bisa saya simpulkan dengan pasti yaitu : para kaum bumi bulat senangnya cuma menghujat , menghina,melecehkan dll. Padahal bumi BULAT yang kalian tahu juga itu baru KATANYA . Kalian tuh tahu bumi bulat baru KATANYA (kata NASA) . Dan kalian para orang bumi bulat mati2an membela NASA? Apa untungnya buat kalian? Mendingan sama2 buktikan saja kalau air itu melengkung atau datar ? Itu saja deh yang paling realistis .. gak perlu membahas yang lain dulu (takut gak ke otak kan).


Menganut NASA gimana? Membully kayak gimana? Contohkan aje ye itu antara emang gak punya dasar seperti yang cara lu ngomong atau karena inkrudeliti lu sendiri?

Air tidak melengkung karena lu gak punya skala dan gak maen otaknya. Silahkan diliat



Lu pahamin dulu seberapa luas sih bumi itu menurut sains moderen? Kalau emang kagak inget, silahkan buka buku kelas 3 sd tentang tata surya.

Dan lu paham skala gak sih? Pernah diajarin tentang seberapa kecilnya manusia bagi bumi? Sekarang saya tanya adakah kamu sudah mengukur 0,00000002 cm pada benda sepanjang 10 cm? Tau artinya tidak signifikan ukuran manusia dibanding dengan bumi itu sendiri?

Kalau gak punya bayangan tidak signifikan itu seperti apa, silahkan lu cari foto bumi manapun yang memperlihatkan adanya pesawat terbang maupun perumahan. Terus coba main ke bandara seberapa besar pesawat itu bagi manusia. Nah lu juga bayangin jarak pandang manusia dan kelengkungan yang lu cari itu serta yang mampu manusia liat itu seperti apa? Ini ane kasih ilustrasi di bawah

MENJAWAB FLAT EARTH 101, MENGUNGKAP KEBOHONGAN PROPAGANDA BUMI DATAR - Part 3

Yang lu dapat pengajaran bumi datar, justru menunjukkan kalau lu punya dua kesalahan. Pertama kesalahan akal sehat karena lu nganggap akal sehat berdasar panca indra dan mengabaikan fakta lainnya seperti skala. Yang kedua adalah kesalahan personal akibat otak lu gak nyampe. Lu gak mampu untuk menalar dan dianggap sulit untuk menalar.

NASA tidak pernah memberikan ajaran seperti ini, malah justru berdasar ilmuwan besar di abad pertengahan.

Beda banget sama bumi datar diajarkan oleh satu orang yang orang tersebut sering bolos kelas 6 sd sampai pembiasan dikata magic sama dia. Dan lu bela mati-matian? Artinya lu butuh cermin biar sadar siapa yang mengkultus kan siapa
0
Kutip
Balas
14-02-2018 03:33
Tambahan: biar dikata keren atau memang gak tau bahasa indonesia bakunya refraksi adalah pembiasan?
0
Kutip
Balas
Halaman 54 dari 194
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2018 Kaskus – The Largest Indonesian Community