alexa-tracking
others
Batal
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a448f8be052274b408b4567/test-post-behind-story-kisah-gen-8-akb48
Lapor Hansip
28-12-2017 13:30
Test post: Behind Story kisah gen 8 AKB48
Selamat pagi / siang / sore / malem bro & sist ! Apa kabs ?! Kalo ane si baek-baek aje, cuman dompet lagi sekarat butuh di infus..... ame duit ๐Ÿ˜… . Wiiih, udah lama banget ye ane kaga mampir dimari buat ngacauin dunia peridolan ๐Ÿ˜‚ , bukan karena ane ngilang tanpa kabar biar dikangenin ame ente pade :v , tapi lagi ada banyak banget kerjaan tong ! maklum lah sebagai pria paling teladan se-RT sendiri selalu dibutuhin ame banyak orang, dari pak RW, karang taruna, kepala sekolah group Shinwa ampe ketua Akatsuki juga minta bantuan ane :v wkwk.

Well, kali ini ane muncul dengan membawa sebuah topik yang cukup berat, beerraaaatttt banget kek sempak agung herkules ๐Ÿ˜จ . Mungkin ga banyak dari kalian yang tahu dengan kisah ini karena udah lama banget sih. Sekitar tahun 2009-2012 dunia idol 48 dibuat heboh sama kasus "genocide" member kenkyuusei AKB. Ane sendiri tau berita ini dari sohib ane yang di Nippon, ane penasaran sendiri terus nyari di matome (forum online jepang) dan ternyata jadi trending juga, ga cukup sulit lah nyari beritanya, cuman kalo fans dari luar Jepang mungkin cukup sulit karena kendala bahasa. Sumpah ane kaget beud dah denger beritanya ! hampir 11-12 lah kagetnya kek waktu nemuin pacar ane lagi selingkuh sama temen sendiri, padahal ane gapunya pacar ๐Ÿ˜ญ . Rasa kasian ada, kesel ada, puas juga ada, liat aja ntar di artikel untuk tau alesan kenapa ane ngerasa kek gitu.

Oh iye, ini adalah request dari agan Vian yang kalo imlek namanya jadi lamVian *lah . Agan ini penasaran sama sepak terjang generasi ke-8 di AKB dan ingin mencari kebenaran apa yang terjadi sama generasi ke-8.


Dont worry uyeee bro Vian, dengan mempertaruhkan nama Via Vallen sebagai ratu dangdut, ane bakalan kupas tuntas sejarah yang terlupakan ini ! Wahai anak muda, ingatlah kata-kata sang Proklamator, bung Karno : JAS MERAH , JANGAN PERNAH SEKALIPUN MELUPAKAN SEJARAH !! :') *Duh setelah pidato kenegaraan tadi bikin tenggorokan aus emoticon-Frown( Mungkin ada yang kesel gara-gara requestnya di lompatin, sebelumnye ane ucapin sorry bro ๐Ÿ˜ž. Kenapa ane milih request agan Vian dulu ? Karena ane paham bener kasus ini jadi ga perlu banyak riset dulu buat nuangin isi otak ane ke blog. Kalian juga kalo mau request info, artikel, misteri atau apapun tentang 48 Grup bisa tulis dimari ye ๐Ÿ˜Ž


Nikorun :*
Sebenarnya, meskipun diselimuti pro dan kontra, generasi ke-8 AKB ini ane sebut sebagai " Gorgeous Squad " , kenapa ? Liat aja wajah-wajah membernya, cantik-cantik men ! *meskipun ada 1-2 yang blunder :v Ane sendiri ngaggumin Komitan ame Nikorun. Mungkin cukup skeptis ye kalo ane nilai member cuman dari tampang doang, tapi ane yakin mereka bisa sanggup bersaing ame generasi sebelumnya. Cuman sayang banget mereka berdua dan 9 member lainnya harus graduate atau lebih tepatnya "dipaksa graduate" dari AKB dalam 3rd Kenkyuusei Selection (4 dari 15 member gen 8 "graduate murni" ) karena mereka memiliki "issue" yang menjadi pergunjingan manajemen dan juga fans, apakah itu ??

Nnnaaahhhh penasaran kan ? Yaudah kalo penasaran ma, sukuurriin luu :v *jitak
Baiklah kalau begitu, spesial untuk kalian, jangan tercengang dan jangan terpukau dengan tulisan ane ini yang mantips & wawaaawww ini.......

DOUZO !
Summary : AKB48 Generation 8




โฉ Sesi Audisi :

(Tes Pertama) Verifikasi Berkas : 12 April 2009
(Tes Kedua) Wawancara dengan User : 19 April 2009
(Tes Ketiga / Final Test) Tes Kemampuan dan Keahlian

โฉ Member yang lolos seleksi :
Di tampilkan ke publik pada Bulan Mei 2009

Berjumlah 15 member :

Komatsu Mizuki, Nishikawa Nanami (Setelah gagal di 3rd KS, bergabung ke Nogizaka), Asai Madoka, Ishii Ayaka, Ishibe Aya, Kaku Grace, Komizu Nanami, Sakamoto Rio, Sugiyama Miku, Tomite Ami, Miki Nikoru, Imai Yurie, Muranaka Satomi (Awalnya Satomi lolos gen 4, kemudian graduate dari group karena gagal di 1st Kenkyuusei Selection, lalu doi join kembali dengan AKB di generasi 8) , Ueki Asaka dan Sano Yuriko.

Member yang gagal lolos seleksi :

โ— Toyoda Saki (Kemudian bergabung ke AKB sebagai generasi ke-11).

โ— Yokoyama Yui (Sebenarnya Yuihan daftar gen-8, tapi karena kondisi badannya lagi ga fit, dia mutusin buat ga berangkat audisi ke Tokyo. Lalu dia kembali coba daftar AKB dan berhasil masuk dengan generasi ke-9 dan menjadi pilar penting AKB jilid 2 dengan mempunyai peran sebagai....... ? Ya, tukang es kapucino cingcau emoticon-Frown( )

The Story of Generations 8 : Darkest point of AKB48 in History


Sano Yuriko, Eks gen 8 AKB48 yang kemudian aktif di Grup Lovely Doll

Dibalik gemerlapnya nama AKB48 di dunia entertain dewasa ini, ternyata eh ternyata AKB pernah mengalami periode yang kelam (sebelum insiden Iwate) ketika mereka membuat generasi ke-8. Setelah pembentukannya, manajemen memutuskan untuk mengahpus bersih generasi ini dan bahkan tidak ada satu member pun dari gen 8 ini yang dipromosikan ke main Team (AKB48 Team A, K, B). Ini terjadi karena AKS (manajemen AKB48) berada dalam posisi dan keadaan yang sangat rumit, rumit sekali kek nyari daster di toko semen *rumit banget tuhaaaan emoticon-Frown(


Staff AKB jaman now ini mah, kecuali yg pake topi oranye tu :v Woi kerja lu malah foto-foto di teater -_-


Nah ini baru Staff jaman old yang punya Perdol (peraturan Idol :v) bahwa kuota member AKB hanya 48 orang saja.


Setelah mempromosikan member-member gen-7 ke Team reguler AKB (A,K dan B) dengan memperkenalkan sistem yang baru saja dijalankan oleh AKS ( yaitu Team Shuffle , dihelat ketika AKB48 Bunshin no Jutsu Tour / 2009 Team Shuffle pada 23 Agustus 2009 lalu), jumlah keseluruhan anggota member Team reguler bertambah menjadi 48 orang. Manajemen memiliki standar sendiri bahwa kuota untuk member inti dari AKB adalah 48 ORANG ! , dan itu artinya ke-15 member kenkyuusei gen-8 AKB yang baru saja dibentuk bulan April 2009 ini nasibnya "terkatung-katung" . Perlu kalian ketahui, pada awal AKB dibentuk, manajemen memutuskan bahwa jumlah member di grup akan terbatas sebanyak 48 member saja, kuotanya terhitung sangat banyak sekali di zaman itu dan banyak yang berpendapat bahwa akan memakan waktu cukup lama untuk bisa memenuhi target memiliki 48 member reguler, lalu ditambah fakta bahwa grup AKB ini baru seumur jagung, daya tarik mereka dimata publik masih rendah.


Pentolan Original dari Team A, K ame B : Enak jamanku toh ?

Kesabaran yang ternyata berbuah manis, perlahan tapi pasti, jumlah kuota 48 member itu akhirnya terpenuhi. Lalu ke 48 member ini di bagi kedalam 3 Grup (Gen 1, 2 dan 3 merupakan root dari Team A, K, dan B. Sedangkan Gen 4, 5, 6 dan 7 di random sesuai skill masing-masing.) , tiap Grup memiliki 16 member reguler AKB48. Karena target manajemen telah terwujud, maka akan sangat sulit bagi para member kenkyuusei baru untuk bisa menembus jajaran member reguler. Sejak member terakhir AKB yang graduate kala itu, Mika Saeki (Gen ke-4 AKB / Grad : 23 Agustus 2009) *Team B Holic pasti tau ni member :v hingga konser " AKB48 Bunshin no Jutsu Tour / AKB104 Senbatsu Members Sokaku Matsuri " digelar, tidak ada satupun member AKB yang graduate ( September 2009 - Juni 2010 ), itu artinya para member kenkyuusei gen-8 AKB tidak bisa di promosikan yang lalu kemudian mereka "dibuang" sebagai member Kenkyuusei Selection generasi ke 3.

================================*******===================================

nb. Oh iye, sebelum kita masuk kedalam inti dari artikel, ane bakalan jelasin dulu apa itu Kenkyuusei Selection biar ga bingung.

โงซ Apa itu Kenkyuusei Selection ?
Kenkyuusei Selection adalah sebuah ujian / skrining untuk para kenkyuusei / trainee untuk mendapatkan kompetensi di AKB48 dan kemudian bisa naik rank ke team reguler. Kek pantokhir di TNI lah :v jadi kalo lu pengen masuk team reguler, ya harus lulus seleksi ini dulu. Kalo kaga lulus-lulus ? Kenkyuusei selamanya kek Kaotan :v . Dalam beberapa kesempatan, Kenkyuusei Selection ini kadang disebut " ใ‚ปใƒฌใ‚ฏใ‚ทใƒงใƒณ่ฉฆ้จ“ / Selection Test " dan " Kenkyuusei Audition " . Sebelumnya tes ini hanya dilakukan oleh AKB saja, tapi seiring berjalannya waktu,NMB dan SNH pun memasukan tes ini kedalam " kurikulum " pengajarannya.

โงซ Apa yang menjadi latar belakang Kenkyuusei Selection ini dibuat ?
Tes ini dibuat untuk memaksa anggota kenkyuusei untuk graduate dari AKB. Maksudnya apa ? Mayumi Natsu ( pelatih koreografi AKB) pernah mengatakan, " Ini dilakukan demi kebaikan mereka " . Dunia Idol itu keras, didikannya pun harus lebih keras lagi, jika tidak mampu bersaing silahkan keluar , mungkin itulah moto dari Kenkyuusei Selection ini.

Sebelum Kenkyuusei Selection ini dibuat, jika tim pelatih menolak untuk mempromosikan para member kenkyuusei ke tim reguler , maka mereka akan terus menjadi kenkyuusei selamanya dan kembali berlatih lagi hingga pelatih mengatakan lulus. Jadi jangan heran kalo ada member yang 2-3 tahun tetep berkutat di kenkyuusei ga naek-naek pangkat. Manajemen juga bisa langsung mencoret nama kalian jika pas awal tampil ketika tes dimulai tidak memberikan kesan yang baik pada juri. Selain itu, tidak peduli seberapa bagus nyanyian atau tarian kalian saat audisi, jika kalian dinilai jelek dan tidak pantas untuk AKB oleh manajemen ya selesai, jalan menuju tim reguler AKB musnah.

Dan juga, ketika team reguler kapasistasnya sudah full lalu tidak ada satu pun member reguler yang graduate, maka para kenkyuusei ini tidak dapat dipromosikan. Sebaliknya, dari sisi member reguler, jika ada banyak member kenkyuusei yang tidak kuat dengan tekanan ini dan memutuskan untuk graduate, maka member reguler yang "tidak terkenal" atau biasa-biasa saja akan didesak untuk "keluar" dari Team dalam bentuk graduate oleh manajemen. Kenapa ? Karena jika kenkyuusei ini seluruhnya graduate, maka minat para gadis muda diluar yang ingin join AKB akan berkurang. Noro Kayo (Gen-1 AKB48 / SDN48) bahkan menamakan sistem ini dengan sebutan "ใจใ“ใ‚ใฆใ‚“ๆ–นๅผ " ( Tokoroten hoshiki / Metode Conveyor ) *ada lagunya kan ? :v

โงซ Overview Kenkyuusei Selection

โฉ Penyelenggaraan Kenkyuusei Selection ini tidak menentu. Jadi, sebagai member kenkyuusei, kalian harus langsung lulus ketika KS dihelat agar bisa langusng dipromosikan ke Team reguler, jika tidak maka harus menunggu KS di gelar lagi.

โฉ Jika lolos Kenkyuusei Selection (KS), maka kalian akan masuk kedalam " Team Kenkyuusei " (Sebagai Back up member Main Group) dan untuk yang tidak lolos, langsung graduate dari AKB. Akan tetapi, bagi yang gagal KS ini, jika mereka masih penasaran ingin join AKB masih bisa ikut audisi lagi dan akan secara otomatis langsung ke babak final KS. Contohnya adalah Fujimoto Sara (Gen-4 (KS1) - Gen-9 (KS4)) dan Muranaka Satomi (Gen Ke-4(KS1) - Gen-8 (KS3)).

โฉ Kriteria penilaian untuk audisi pertama tidak hanya dilihat dari penampilan di stage saja (menguasai stage atau tidak, gugup tidak jika berada diatas panggung), tapi juga cara manajemen waktu dan tindakan mereka selama menjadi kenkyuusei. Lanjut ke audisi tahap kedua, mereka akan di interview selama 5 menit oleh wanser *kalo yang pengalaman ngelamar gawe pasti tau :v . Dalam tahap ini para kenkyuusei harus mempromosikan dirinya sendiri dihadapan juri dengan yakin, juri juga akan menanyakan aktifitas dan hal-hal lainnya untuk menilai kepribadian dan sifat mereka.
Selanjutnya juri akan memberikan 1-2 lagu AKB kepada member peserta KS dan diminta untuk menyanyikan lagu itu plus koreo nya dihadapan juri. Para juri akan menilai bagaimana para peserta ini menunaikan ibadah umroh tugasnya itu, lalu kemudian 5 orang juri akan mengakumulasi jumlah penilaian mereka. Popularitas peserta di mata fans juga akan dimasukan sebagai nilai plus. Berdasarkan dari data-data ini, tim juri akan mengevaluasi apakah layak atau tidak untuk diangkat sebagai member reguler AKB.
โฉ Hingga Desember 2017 ini, sejak Kenkyuusei Selection terakhir (KS ke-6 tahun 2012) digelar, manajemen tidak mengadakan Selection ini lagi mengingat pada fakta bahwa pada bulan Agustus 2013, AKB48 Team 4 dibentuk dengan membawa konsep 16 member per-team. Dengan membawa konsep ini, maka artinya member Team A, K dan B yang jika digabungkan berjumlah 48 member dengan berstandar pada perdol (peraturan idol) yang dibuat manajemen AKB HILANG, dan ini seperti menjadi gerbang bagi munculnya sistem pengrekrutan member AKB yang semakin "membabi buta" dengan diadakannya Draft Kaigi, pembentukan Team 8, Otona AKB dan AKB Byte. Semua generasi ke-14 AKB dipromosikan ke Team 4 tanpa harus melalui Kenkyuusei Selection. Dan hal ini juga berlaku pada member kenkyuusei gen-15 AKB yang langsung di promote ke team reguler AKB tanpa seleksi.

โฉ Dalam sister group domestik, SKE, HKT, NGT dan STU tidak menerapkan sistem Kenkyuusei Selection ini. NMB pernah menyelenggarakan KS untuk mengaudisi kenkyuusei generasi ke-5 mereka, dari 12 orang hanya 2 orang yang tidak lolos, mereka adalah Yamane Suzuha (Kemudian join Gen-8 SKE) dan Nakamura Izumi (kemudian join Gen-16 AKB).
โฉ Untuk Group Kaigai / Overseas, SNH48 pada awal debut mereka melakukan sistem Kenkyuusei Selection. Pada Bulan April 2013, 6 bulan setelah pembentukan SNH48, anggota Gen-1 SNH diaudisi dalam KS ini, sebanyak 4 peserta dinyatakan tidak lolos seleksi. Selain itu, ada juga 2 peserta yang diberikan tenggang waktu hingga 2 bulan untuk mengikuti KS karena tidak memenuhi syarat, tapi tetep tidak lolos. Pada bulan September 2013 pun untuk generasi ke-2 SNH tetap diberlakukan sistem ini.

Ringkasan 3rd Kenkyuusei Selection :


โ‡จ Jadwal Pelaksanaan : 30 November 2009
โ‡จ Peserta : Kenkyuusei Generasi ke-8 dan Kandidat Kenkyuusei Generasi ke-9 (Total : 27 peserta)
โ‡จ Tujuan : Audisi untuk mengisi Kenkyuusei Team AKB48.
โ‡จ Kandidat / Peserta yang lolos : 17 Peserta (Diumumkan pada 1 December 2009) ;
Generasi ke-8 : Yuri Imai , Asami Ueki , Yuriko Sano.
Generasi ke-9 : Ishiguro Atsuki, Ito Ayaka, Oba Mina, Kinumoto Momoko, Shimazaki Haruka, Shimada Haruka, Takamatsu Eri, Takeuchi Miyu, Nakamura Mariko, Nagao Mariya, Fujimoto Sara, Mori Anna, Yamauchi Suzuran, Yokoyama Yui.
โ‡จ Peserta yang tidak lolos : 10 Peserta ;
Generasi Ke-8 : Asai Madoka, Ishibe Aya, Ishii Ayaka, Kaku Grace, Komizu Nanami, Miki Nikoru, Muranaka Satomi, Sakamoto Rio, Sugiyama Miku, Tomite Ami

Dalam 3rd Kenkyuusei Selection yang diselenggarakan pada bulan November 2009 hingga Desember 2009, 10 dari 13 member kenkyuusei gen-8 di drop-out dan "dipaksa" untuk pergi dari AKB. Ke-10 member itu adalah : Asai Madoka, Ishibe Aya, Ishii Ayaka, Kaku Grace, Komizu Nanami, Miki Nikoru, Muranaka Satomi, Sakamoto Rio, Sugiyama Miku dan Tomite Ami. Ini adalah pemandangan yang sangat langka, dimana ada banyak siswa KKS yang di pulangkan ketika mengikuti seleksi ( banyak yang mengatakan bahwa pemusnahan masal gen-8 ini awalnya dipicu oleh kelakuan member-member nya yang buruk, contoh seperti kasus Nishikawa Nanami yang diberitakan berkencan dengan ikemen wota ). Lalu kemudian, dari 3 sisa member gen-8 yang lolos Kenkyuusei Selection ini, Yuri Imai dan Ueki Asami memilih untuk mengundurkan diri dan menyisakan hanya seorang Yuriko Sano saja. Akan tetapi, Sano gagal dalam Kenkyuusei Selection ke-5 yang digelar pada Oktober 2010 dan otomatis graduate. Pada akhirnya, tidak ada satupun kenkyuusei dari Generasi ke-8 AKB yang dipromosikan menjadi member reguler.
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
ยฉ 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.