@adamleo879
Biasanya para tuners gk menjelekan tuner2 lain. Mrk milih no comment drpd nyela tuner lain. Karena bagi mrk bukti akan berbicara tanpa hrs menjelek2an yg lainnya. Kita tau ada beberapa tuner yg namanya udh terkenal disini, apakah mrk saling menjatuhkan satu sama lain? Setau saya malah mereka suka berdiskusi satu sama lain.
Kalo tuning om adamleo879 memang lebih bagus drpd remap ya tinggal sebutkan aja kelebihannya apa dan buktinya tanpa hrs menjatuhkan para tuner remap. Bagi semua pemilik kendaraan kan dikasih pilihan. Mau remap atau tuning di om. Bedanya yah silahkan dilihat dan dipelajari. Apakah remap atau tuning om tidak baik? Menurut saya 22nya bagus2 aja. Tapi ya hati2 milih tunernya, cari yg ngerti dan berpengalaman spy mobilnya gk bermasalah. Dengan anda menjelekan remap maka gk cuma ahli remap yg kesal tp customernya jg kesal. Krn byk dr mereka yg merasa mobilnya gk bermasalah dan puas.
Menurut saya, mrk yg nyari remap ya krn menginginkan power yg lebih besar agar mobil makin kencang. Soal warranty kembali menjadi konsekuensi masing2. Di sisi om adamleo879 mungkin stylenya beda dengan cara tuning yg berbeda. Jd yg mau nyari power besar ya silahkan remap atau piggyback krn terbukti kan dr video dan dynonya bahwa itu yg menghasilkan power besar. Kl ada yg mungkin nyarinya ke arah yg lain ya silahkan aja cari tuner yg mengarahnya sesuai hati.
Disaat ada tuner baru yg muncul pasti dipertanyakan dulu awalnya. Om claim berbagai macam awalnya. Sampai akhirnya terjadi pembuktian melalui drag race dan hasilnya semua bs liat. Kemudian anda claim bs bikin mobil lbh stabil dan tidak limbung dan mengajak pembuktian di tol. Menurut saya ini gk perlu di tol tp di circuit aja biar lebih aman krn bukan nyari korban kecelakaan. Atau om lakukan aja sendiri dengan bbrp camera utk memperlihatkan kemampuan mobil pas std dan stlh dituning om. Lalu mengenai claim anda jd AWD. Pembuktiannya bukan di medan light offroad yg dimana sebagian besar mobil 2WD jg bs lewat asalkan ground clearance nya memadai. Cara lebih mudah buat aja video komparasi sebelum dan sesudah tuning dgn mobil melayang alias ban gk ada yg nyentuh jalan. Kalo 4 ban berputar ya artinya jadi AWD.
Kalo memang tuningan om mampu melakukan itu semua dan terbukti, saya yakin semua jg mau dituning ke tempat om. Mungkin bukan nyari powernya tp utk bs mendapatkan kestabilan dan AWD nya. Jadi jgn lah saling mencela. Kita ini sudah dewasa. Gunakan data dan fakta utk menjelaskan dan jangan gunakan opini dr customer aja. Itulah kenapa tuner2 banyak menggunakan dyno sbg tolak ukur biarpun gk setiap dyno hasilnya sama krn perbedaan kalibrasinya. Tp setidaknya bs dibuktikan before and afternya secara jelas.
Saya perhatikan selama ini pembuktian om hanya dgn video tanpa pembuktian before dan after. Lalu ditopang dgn testimonial customer. Lebih baik pembuktiannya diperjelas dgn before dan after menggunakan metode yg netral dan kompetitif.
Utk power gunakan dyno atau racelogic. Utk kestabilan gunakan circuit atau slalom di area yg aman menggunakan cone. Utk AWD gunakan metode mobil ngambang.
Ini tujuannya spy gk ricuh begini om. Saya yakin om kl buktinya jelas gk akan ada yg menentang.
Semoga saran saya ini bisa diterima dgn lapang dada. Kalo merasa saya kepinteran dan ngajarin om yah monggo. Saya cmn ngebantu utk bs meleraikan dan agar kita semua bs menjadi sahabat. Amin ya. ๐