alexa-tracking
KASKUS ×
Get the App View in App
KATEGORI N icon-buat-post BUAT POST
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a096e44dc06bd2b7f8b456f/kapan-dewasa-suporter-sepak-bola-indonesia

Kapan Dewasa, Suporter Sepak Bola Indonesia?Past Hot Thread

Quote:Kapan Dewasa, Suporter Sepak Bola Indonesia?

Masih dalam rangka ulang tahun ke-18 KASKUS, ane juga mau ikutan bikin tulisan bertemakan
"Bring The Best In You"

emoticon-Bola emoticon-Bola emoticon-Bola

Sepak bola itu salah satu hal yang ga bisa dipisahin sama Indonesia. Mau sering rusuh kek, pas Indonesia lagi kena hukuman FIFA kek, ga peduli gimana kondisinya, tapi tetep aja segala sesuatu yang berkaitan sama sepak bola itu ga pernah sepi kalo di Indonesia

Salah satu faktor yang bisa membuat sepak bola jadi begitu besar dan penting di Indonesia ini, jelas karena para suporter. Tapi, suporter-suporter yang selalu mati-matian ngebela tim kesayangannya ini menurut ane perlu banget dikasih yang namanya arahan dan didikan yang cukup keras

Kapan Dewasa, Suporter Sepak Bola Indonesia?

Kayaknya bukan berita baru lagi kalo suporter sepak bola di Indonesia itu terkenal rusuh, sering buat onar, dan segala macemnya. Meskipun dalam beberapa tahun terakhir hal-hal kayak gitu semakin lama semakin berkurang, dan itu adalah sebuah tanda yang sangat bagus

Ane berharap banget, semua suporter sepak bola di Indonesia bisa benar-benar menjadi dewasa, dengan meninggalkan sikap-sikap yang selama ini menurut ane masih sangat kekanak-kanakan, kayak beberapa di bawah ini

Quote:One Minutes Silence

Kapan Dewasa, Suporter Sepak Bola Indonesia?

Pasti kita semua pernah melakukan mengheningkan cipta, paling ngga sekali seminggu pas jaman sekolah dulu, dan itu bisa kan kita diam dan benar-benar hening? Terus kenapa pas lagi one minute silence sebelum pertandingan, masih banyak suporter yang ga bisa hening dan menghargai esensi dari one minute silence?

Ane masih inget banget, pas nonton semifinal leg pertama Piala AFF 2016 antara Indonesia vs Vietnam, sebelum pertandingan ada one minute silence buat menghormati para pemain Chapecoense yang meninggal karena tragedi kecelakaan pesawat. Tapi yang terjadi waktu itu, masih banyak suporter Indonesia yang ga diem, dan justru nyanyi lagi "Mengheningkan Cipta" emoticon-Cape d... (S)

Belajar Menghargai

Kapan Dewasa, Suporter Sepak Bola Indonesia?

Momen menyanyikan lagu kebangsaan di stadion sepak bola sebelum pertandingan di mulai itu jadi salah satu bagian terfavorit ane kalo lagi nonton langsung di stadion. Tapi di saat yang bersamaan ane juga ngerasa malu banget, karena sangat sering suporter kita tidak menghargai lagu kebangsaan negara lain. Jangankan untuk diam dan berdiri, masih banyak yang menyoraki lagu kebangsaan negara lain saat dikumandangkan. Apa kita mau kalau Indonesia Raya disoraki saat dinyanyikan?

Salah satu negara yang bisa kita contoh adalah Filipina dan Malaysia, karena kebetulan ane pernah nonton langsung timnas Indonesia waktu main di dua negara tersebut. Dan ternyata mereka masih lebih dewasa dengan menghormati Indonesia Raya saat dikumandangkan

Legowo alias Lapang Dada

Kapan Dewasa, Suporter Sepak Bola Indonesia?
Foto hanya ilustrasi, untuk menghindari tersinggungnya salah satu kelompok suporter yg ada

Namanya pertandingan sepak bola, pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Nah, disitu deh tingkat kedewasaan suporter bisa kelihatan. Kalau memang mereka sudah dewasa, rasa kecewa karena tim yang dibela kalah ga gitu aja diluapkan dengan cara yang anarkis. Mulai dari lempar botol ke lapangan, ngerusak fasilitas stadion, atau yang lebih parah lagi, nerobos masuk ke lapangan buat memukul atau tendang pemain lawan atau wasit yang memimpin pertandingan.

Kalo pemandangan kayak gini masih suka keliatan, menurut ane kemajuan sepak bola Indonesia akan terus terhambat nih Gan Sis. Kecewa boleh, anarkis jangan. Kita harus legowo alias lapang dada dengan hasil pertandingan yang ada


Kalau tiga hal itu bisa kita kurangi secara perlahan sampai benar-benar hilang, ane rasa kualitas sepak bola di Indonesia perlahan juga akan bangkit. Fanatisme orang Indonesia yang sudah sangat terkenal soal sepak bola ane rasa bakal semakin terkenal jika hal-hal negatif tersebut terus berkurang

Semoga

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
umur 30an
ya itulah bray bedanya suppoter negara
yang masyarakatnya BERADAB dan yang BIADAB emoticon-Leh Uga

Kapan Dewasa, Suporter Sepak Bola Indonesia?
mungkin besok om
emoticon-Entahlah
di Inggris sepakbola udah jadi hiburan bre kalo dimari sepakbola harga diri emoticon-Jempol
Kadang pas mengheningkan cipta sebenarnya bisa diem (mulutnya), tp tangannya masih bunyiin terompet, nabuh drum emoticon-Hammer2
kapan2 lah itu gan
Suporter ya Indonesia ia,,, emhh, masih lama keknya bre emoticon-Wink
gak ngejamin sih suporter yg udah terkenal sekalipun
tetap aja pekok kalo liat tim nya kalah emoticon-Kiss
supporter indo emang norak emoticon-Wakaka
entahlah bre
Gak mungkin
generasi micin.......
sups jaman now
Disaat tanding dalam negeri, masing2 supporter saling menjunjung tinggi tim kesayangan mereka, bahkan sampai mencela supporter lain saking 'gila' nya sama tim kesayangannya.

Tapi saat lawan negara laen, semua bersatu buat mendulung negara ini. Good.
Tapi saat balik lagi ke liga dlm negri(cmiiw) yaa balik lagi dr awal saling mengumpat mencela dll emoticon-Cape d...
mo sampe kapan jg ttp aja sama
Mejeng pejwan dulu bree emoticon-Cool
Quote:Original Posted By dagdigdug1
mo sampe kapan jg ttp aja sama


Sleding satu satu dong bang emoticon-Leh Uga
mejeng di pejwan dolo
Gembok dulu yaa bray, pindah ke page sebelah emoticon-Malu