News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
279
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a06f41714088dd5138b456d/aliran-kepercayaan-muncul-di-ktp-mui-negeri-ini-mundur-ke-zaman-batu
Pencantuman aliran kepercayaan di kolom agama Kartu Tanda Peduduk (KTP) telah menimbulkan polemik. Ketidaksukaan dan intoleransi terhadap ajaran kepercayaan di luar lima agama resmi negara pun muncul kepermukaan. Salah satunya dilontarkan oleh anggota Komisi Hukum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anton Tabah Digdoyo. Anton memandang aliran kepercayaan sebagai hal negatif yang tak boleh berkembang di
Lapor Hansip
11-11-2017 19:59

Aliran Kepercayaan Muncul di KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu

Pencantuman aliran kepercayaan di kolom agama Kartu Tanda Peduduk (KTP) telah menimbulkan polemik. Ketidaksukaan dan intoleransi terhadap ajaran kepercayaan di luar lima agama resmi negara pun muncul kepermukaan.

Salah satunya dilontarkan oleh anggota Komisi Hukum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anton Tabah Digdoyo.

Anton memandang aliran kepercayaan sebagai hal negatif yang tak boleh berkembang di Indonesia. Pasalnya, NKRI adalah negara beragama bukan negara penghayat aliran kepercayaan.

“Keputusan MK itu menandakan negeri ini mundur ke zaman batu, animisme-dinamisme bakal tumbuh subur lagi di Indonesia, di era sains yang semakin maju," ujar Anton dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/11).

Menurut Anton, rezim Orde Baru tak pernah menginginkan aliran kepercayaan berkembang.Bahkan, Presiden Soeharto saja, pernah mengatakan kepadanya bahwa aliran kepercayaan pada akhirnya harus hilang dan menginduk ke agama-agama yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Salah satu tujuan pembentukan MUI oleh saat Presiden Soeharto memimpin, ujar Anton, adalah untuk menghindari kesetaraan antara agama dan aliran kepercayaan.

"Jadi dengan disahkannya aliran kepercayaan setara dengan agama ini. Berarti MUI dan lembaga-lembaga agama telah kalah," tegasn mantan ajudan Pak Harto itu.

Anton pun berharap pemerintahan Joko Widodo-Jusu Kalla segera menyadari potensi konflik akibat putusan MK tersebut.

Menurutnya, kemajemukan bangsa Indonesia tak perlu ditambah rumit lagi dengan memberi ruang bagi aliran kepercayaan.

"Bangsa Indonesia ini sangat majemuk, namun karena dilegalkannya aliran kepercayaan, justru makin rentan konflik horizontal," pungkasnya.

https://www.jawapos.com/read/2017/11...-ke-zaman-batu

0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 15 dari 15
Aliran Kepercayaan Muncul di KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu
17-11-2017 23:24
Quote:Original Posted By minesport


Sunat itu hanya untuk keturunan dan budak abraham 😂
Ada gak di bukumu? gak akan ada, karena Tuhanmu beda sama tuhan abraham. ... Nah gw tanya, loe sunat karena loe keturunan atau budak abraham? 😂




Kejadian

17:9 Lagi firman Allah kepada Abraham: "Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.
17:10 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;
17:11 haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu.
17:12 Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu.
17:13 Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal.


Nah jangan ngeles ya emoticon-Leh Uga


emoticon-Wkwkwkwk
emang anak Abraham ada berapa ?

0 0
0
Aliran Kepercayaan Muncul di KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu
17-11-2017 23:35
Quote:Original Posted By KaisarIndonesia


emoticon-Wkwkwkwk
emang anak Abraham ada berapa ?



Udah bisa jawab belum, loe sunat berdasarkan apa?
0 0
0
Aliran Kepercayaan Muncul di KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu
18-11-2017 00:24
Quote:Original Posted By minesport


Udah bisa jawab belum, loe sunat berdasarkan apa?

Tau gak arti sunat ?

0 0
0
Aliran Kepercayaan Muncul di KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu
18-11-2017 00:26
Quote:Original Posted By KaisarIndonesia

Tau gak arti sunat ?



😂 gak berani jawab dia 😂
Kami tau apa itu sunat karena kitab kami lengkap tentang apa itu sunat 😂 bukan kayak kalian yang tuhannya gak tau apa itu sunat 😂

Jadi, apa dasar loe sunat? 😂
0 0
0
Aliran Kepercayaan Muncul di KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu
18-11-2017 00:40
Quote:Original Posted By minesport


😂 gak berani jawab dia 😂
Kami tau apa itu sunat karena kitab kami lengkap tentang apa itu sunat 😂 bukan kayak kalian yang tuhannya gak tau apa itu sunat 😂

Jadi, apa dasar loe sunat? 😂


emoticon-Wkwkwk
Ditanya anak Abraham ada berapa aja gak tau
Disunat juga kagak emoticon-Ngakak
Lu bilang Di kitab lo bahwa sunat itu buat keturunan ibrahim padahal
1. Orang yang gak ada hubungan darah ama ibrahim juga asal lahir di rumah Ibrahim harus disunat Contohnya anak Abimelek dan Sarah yang bernama Isaac
2. Orang yang dibeli (budak)/ pengikut Abraham juga disunat
3. Benih asli Abraham (Ismail) disunat
4. Anak-anak Abraham yang lain juga di sunat
5. Orang asing yang ikut agama musa harus disunat.

eh lu malah belain Simon dan levi yang ngebantai bani sechem yang disunat dengan hati ngikutin ajaran Abraham dengan anggapan bahwa sunat atau khitan itu khusus buat benih Abraham. Padahal jelas Tuhan nya Abraham mengutuk perbuatan dua bersaudara itu. emoticon-Traveller



0 0
0
Aliran Kepercayaan Muncul di KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu
18-11-2017 00:47
Quote:Original Posted By KaisarIndonesia


emoticon-Wkwkwk
Ditanya anak Abraham ada berapa aja gak tau



Anak Abraham berapa? Gak usah tanya bray ,.. baca 😂 ..


Quote:

Disunat juga kagak emoticon-Ngakak
Lu bilang Di kitab lo bahwa sunat itu buat keturunan ibrahim padahal
1. Orang yang gak ada hubungan darah ama ibrahim juga asal lahir di rumah Ibrahim harus disunat Contohnya anak Abimelek dan Sarah yang bernama Isaac
2. Orang yang dibeli (budak)/ pengikut Abraham juga disunat
3. Benih asli Abraham (Ismail) disunat
4. Anak-anak Abraham yang lain juga di sunat
5. Orang asing yang ikut agama musa harus disunat.

eh lu malah belain Simon dan levi yang ngebantai bani sechem yang disunat dengan hati ngikutin ajaran Abraham dengan anggapan bahwa sunat atau khitan itu khusus buat benih Abraham. Padahal jelas Tuhan nya Abraham mengutuk perbuatan dua bersaudara itu. emoticon-Traveller






Udah gw bilang dari tadi .. yang disunat itu keturunan dan budak abraham, 😂 Jadi udah bisa jawab belum, apa dasar loe disunat? 😂
0 0
0
Aliran Kepercayaan Muncul di KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu
18-11-2017 00:57
Quote:Original Posted By minesport


Anak Abraham berapa? Gak usah tanya bray ,.. baca 😂 ..





Udah gw bilang dari tadi .. yang disunat itu keturunan dan budak abraham, 😂 Jadi udah bisa jawab belum, apa dasar loe disunat? 😂

Hahahhaha baca cuma secuil isi kitab bible lu yang lain lu nafikkan, emang cocoklah disebut anjing

0 0
0
Aliran Kepercayaan Muncul di KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu
18-11-2017 01:02
Quote:Original Posted By KaisarIndonesia

Hahahhaha baca cuma secuil isi kitab bible lu yang lain lu nafikkan, emang cocoklah disebut anjing



Udah gw baca bray 😂 Itu bahkan ayatnya dibawah ada 😂 Makanya gw tanya loe, loe sunat dasarnya apa bray? 😂 dasarnya nabi palsu?😂


Kejadian

17:9 Lagi firman Allah kepada Abraham: "Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.
17:10 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;
17:11 haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu.
17:12 Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu.
17:13 Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal.

0 0
0
Aliran Kepercayaan Muncul di KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu
18-11-2017 01:16
Quote:Original Posted By minesport


Udah gw baca bray 😂 Itu bahkan ayatnya dibawah ada 😂 Makanya gw tanya loe, loe sunat dasarnya apa bray? 😂 dasarnya nabi palsu?😂


Kejadian

17:9 Lagi firman Allah kepada Abraham: "Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.
17:10 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;
17:11 haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu.
17:12 Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu.
17:13 Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal.



Orang yang lahir dirumah mu belum tentu ada hubungan daging ama Abraham, kok ente gak baca apa tulisannya kurang gede ?

0 0
0
Aliran Kepercayaan Muncul di KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu
18-11-2017 01:28
Quote:Original Posted By KaisarIndonesia


Orang yang lahir dirumah mu belum tentu ada hubungan daging ama Abraham, kok ente gak baca apa tulisannya kurang gede ?



Jadi loe mau bilang loe sunat karena loe lahir dirumah abraham?😘
0 0
0
Aliran Kepercayaan Muncul di KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu
18-11-2017 01:53
Quote:Original Posted By minesport


Jadi loe mau bilang loe sunat karena loe lahir dirumah abraham?😘


emoticon-Ngakak
Mau lahir di rumah abraham atau tidak, selama Percaya Kepada Keesaan Allah dan mau disunat berarti sudah termasuk kedalam keturunananya Ibrahim.
Sudah dijelaskan ama Yohanes Pembaptis, jangankan manusia, batu saja bisa dirubah Allah menjadi keturunan Abraham asal mengikuti Keimanan Abraham dan menjalankan Perintah Allah

0 0
0
Aliran Kepercayaan Muncul di KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu
18-11-2017 02:34
Quote:Original Posted By KaisarIndonesia


emoticon-Ngakak
Mau lahir di rumah abraham atau tidak, selama Percaya Kepada Keesaan Allah dan mau disunat berarti sudah termasuk kedalam keturunananya Ibrahim.



😂 musa keturunan abraham, masak gak baca ayat2nya 😂
Mana ayatnya yang ngkmong gitu? 😂Adam percaya pada keesaaan allah, tapi gak disunat 😂

Quote:Original Posted By KaisarIndonesia



Sudah dijelaskan ama Yohanes Pembaptis, jangankan manusia, batu saja bisa dirubah Allah menjadi keturunan Abraham asal mengikuti Keimanan Abraham dan menjalankan Perintah Allah




Sekarang loe percaya sama ayat2 bible? 😂 Jadi loe disunat karena loe adalah batu yang dirubah allah jadi keturunan abraham? 😂


Dari tadi gak bisa jawab kenapa dia disunat 😂
0 0
0
Aliran Kepercayaan Muncul di KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu
18-11-2017 08:08
Quote:Original Posted By minesport


😂 musa keturunan abraham, masak gak baca ayat2nya 😂
Mana ayatnya yang ngkmong gitu? 😂Adam percaya pada keesaaan allah, tapi gak disunat 😂

Sekarang loe percaya sama ayat2 bible? 😂 Jadi loe disunat karena loe adalah batu yang dirubah allah jadi keturunan abraham? 😂

Dari tadi gak bisa jawab kenapa dia disunat 😂


Gua disunat karena memang sudah perintah Allah lewat Al qur'an ddan Al Hadits.

وَإِذِ ابْتَلَى إِبْرَاهِيمَ رَبهُ بِكَلِمَاتٍ فَأَتَمهُن قَالَ إِني جَاعِلُكَ لِلناسِ إِمَامًا قَالَ وَمِنْ ذُريتِي قَالَ لَا يَنَالُ عَهْدِي الظالِمِينَ

“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Rabb-nya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: “Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia”. Ibrahim berkata: “(Dan saya mohon juga) dari keturunanku”. Allah berfirman: “JanjiKu (ini) tidak mengenai orang-orang yang lalim”. [al Baqarah : 124].


Tau gak imam ?
Imam itu adalah orang yang diikuti oleh kaumnya emoticon-Traveller

ثُم أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ أَنِ اتبِعْ مِلةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا ۖ وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ

Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah millah Ibrahim yang hanif" dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.

Soal percaya ama bible, kan memang Kaum muslimin harus percaya terhadap kitab yang 4, Taurat, Zabur, Injil dan Alqur'an.
Yang jadi masalah adalah ke tiga kitab sebelumnya sudah banyak diedit isinya.

Jeremiah 8:8 Bagaimanakah kamu berani berkata: Kami bijaksana, dan kami mempunyai Taurat TUHAN? Sesungguhnya, pena palsu penyurat sudah membuatnya menjadi bohong.





0 0
0
Aliran Kepercayaan Muncul di KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu
18-11-2017 23:06
Quote:Original Posted By KaisarIndonesia


Gua disunat karena memang sudah perintah Allah lewat Al qur'an ddan Al Hadits.

وَإِذِ ابْتَلَى إِبْرَاهِيمَ رَبهُ بِكَلِمَاتٍ فَأَتَمهُن قَالَ إِني جَاعِلُكَ لِلناسِ إِمَامًا قَالَ وَمِنْ ذُريتِي قَالَ لَا يَنَالُ عَهْدِي الظالِمِينَ

“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Rabb-nya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: “Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia”. Ibrahim berkata: “(Dan saya mohon juga) dari keturunanku”. Allah berfirman: “JanjiKu (ini) tidak mengenai orang-orang yang lalim”. [al Baqarah : 124].


Tau gak imam ?
Imam itu adalah orang yang diikuti oleh kaumnya emoticon-Traveller

ثُم أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ أَنِ اتبِعْ مِلةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا ۖ وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ

Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah millah Ibrahim yang hanif" dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.



Tetapi gak bisa menjawab kenapa loe sunat, karena kitabmu cuma bilang menuruti abraham .. Dan kitab kalian gak punya ayat2 lengkap ttg abraham 😂 Dan gak menjawab loe sunat karena loe keturunan atau budak?




Kejadian

17:9 Lagi firman Allah kepada Abraham: "Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.
17:10 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;
17:11 haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu.
17:12 Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu.
17:13 Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal.

Quote:

Soal percaya ama bible, kan memang Kaum muslimin harus percaya terhadap kitab yang 4, Taurat, Zabur, Injil dan Alqur'an.
Yang jadi masalah adalah ke tiga kitab sebelumnya sudah banyak diedit isinya.

Jeremiah 8:8 Bagaimanakah kamu berani berkata: Kami bijaksana, dan kami mempunyai Taurat TUHAN? Sesungguhnya, pena palsu penyurat sudah membuatnya menjadi bohong.







Jika kalian bilang sudah diedit, kenapa tuhan kalian tidak menurunkan aslinya? Kalau perintah sunat sudah diedit, kenapa gak ada ayat ttg apa itu sunat di kitabmu bray? Tuhanmu lupa?

Sederhana nya Tuhanmu bukan tuhan abraham
0 0
0
Aliran Kepercayaan Muncul di KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu
19-11-2017 07:15
Quote:Original Posted By minesport


Tetapi gak bisa menjawab kenapa loe sunat, karena kitabmu cuma bilang menuruti abraham .. Dan kitab kalian gak punya ayat2 lengkap ttg abraham 😂 Dan gak menjawab loe sunat karena loe keturunan atau budak?




Kejadian

17:9 Lagi firman Allah kepada Abraham: "Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.
17:10 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;
17:11 haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu.
17:12 Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu.
17:13 Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal.



Jika kalian bilang sudah diedit, kenapa tuhan kalian tidak menurunkan aslinya? Kalau perintah sunat sudah diedit, kenapa gak ada ayat ttg apa itu sunat di kitabmu bray? Tuhanmu lupa?

Sederhana nya Tuhanmu bukan tuhan abraham


Emang perintah Allah untuk agama Islam cuma yang ada di Al Qur;an doang, wkkk bego lu, Padahal Selian Al QUr'an ada juga yang namanya hadits dan ente gak bakalan nyampe sampe situ.



0 0
0
Aliran Kepercayaan Muncul di KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu
19-11-2017 11:11
Quote:Original Posted By KaisarIndonesia


Emang perintah Allah untuk agama Islam cuma yang ada di Al Qur;an doang, wkkk bego lu, Padahal Selian Al QUr'an ada juga yang namanya hadits dan ente gak bakalan nyampe sampe situ.





hadits apa bray? hadits ttg ayat2 yg dimakan kambing .. atau hadits ttg budak mesir?

btw jadi loe gak tau dasar loe sunat? berarti sah ya .. tuhanmu bukan tuhan abraham 😂
0 0
0
Aliran Kepercayaan Muncul di KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu
19-11-2017 15:53
Quote:Original Posted By minesport


hadits apa bray? hadits ttg ayat2 yg dimakan kambing .. atau hadits ttg budak mesir?

btw jadi loe gak tau dasar loe sunat? berarti sah ya .. tuhanmu bukan tuhan abraham 😂

Kalau Tuhan umat islam beda dengan Tuhan ABraham kenapa kami disunat emoticon-Wkwkwk
Justru tuhan kamu lah yang meragukan, emang ada Abraham bilang manusia pantas menjadi tuhan ?



0 0
0
Aliran Kepercayaan Muncul di KTP, MUI: Negeri Ini Mundur ke Zaman Batu
19-11-2017 17:47
Quote:Original Posted By KaisarIndonesia

Kalau Tuhan umat islam beda dengan Tuhan ABraham kenapa kami disunat emoticon-Wkwkwk
Justru tuhan kamu lah yang meragukan, emang ada Abraham bilang manusia pantas menjadi tuhan ?





Justru itu pertanyaannnya.. tuhan abraham jelas hanya memerintahkan keturunan dan budak abraham yang disunat.. nah kalian disunat karena apa? Karena keturunan atau budak abraham? emoticon-Big Grin

Jelas tuhan kalian gak tau soal perjanjian abraham dan tuhannya abraham emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 15 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia