Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
4603
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a062830dac13e9f048b4567/roman-sejarah-sinar-jingga-ditanah-blambangan
Dahulu Blambangan adalah sebuah kerajaan berdaulat. sebelum ditaklukkan Majapahit atau mungkin Singasari semasa Ken Arok dan keturunannya berkuasa di sana.
Lapor Hansip
11-11-2017 05:29

[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN

Past Hot Thread
"Dahulu Blambangan adalah sebuah kerajaan berdaulat. sebelum ditaklukkan Majapahit atau mungkin Singasari semasa Ken Arok dan keturunannya berkuasa disana. Majapahit menempatkan Keturunan Empu Kepakisan, yaitu Dalem Kepakisan dari Kediri pada tahun 1265 Caka untuk memerintah Blambangan.
Pembentukan Istana Utara di Panarukan untuk menjaga Bandar pelabuhan Panarukan yang dekat Pelabuhan pelabuhan utama Majapahit. Apalagi sejak Keraton dikuasai Orang orang Majapahit sebagai taklukan, yaitu dari Keluarga Empu Kepakisan. Semakin berkembang saja Keraton Utara itu. Sementara keraton timur berada di Kutalateng, semenanjung Banyuwangi. Disana tinggal keluarga taklukan dari dinasti Blambangan terdahulu.
"





Quote:
ini kisah tentang anak jaman dahulu yang hidup di era
Kerajaan Majapahit.
Jelas ini bukan kisah nyata, ini 100% fiksi!
meski begitu, yang merasa tahu, kenal akan tokoh yang diceritakan. Mohon dengan amat sangat tidak membocorkannya, agar tidak merusak alur cerita.

Bila ada kesamaan kisah hidupnya dengan salah satu tokoh di cerita ini, saya mohon maaf, tidak ada maksud untuk membuka kisah lama Anda.
Saya hanya iseng nulis cerita.

Jadi.. Selamat membaca!

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gimi96 dan 107 lainnya memberi reputasi
102
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 219
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
03-11-2019 09:04
Quote:Original Posted By ipunk3133
untari piye kabare ki emoticon-Embarrassment


Udah meninggal bang, sebelum jingga menyerahkan diri.
Dan akhir'y jingga pun meninggal.
emoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frown




****


@curahtangis bener banget ki, banyak sekali simpang siur dalam sejarah kita
Karena setiap masa beda versi.
Kalau meluruskan juga sulit.
Karena kita g' tau asli'y hanya tau benang merah saja..
emoticon-Nohope
Diubah oleh indahmami
profile-picture
itkgid memberi reputasi
1 0
1
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
03-11-2019 06:02
untari piye kabare ki emoticon-Embarrassment
0 0
0
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
03-11-2019 05:42
CATATAN KECIL


Mendengar nama Minakjingga, otak kita akan langsung menyambungkan dengan tokoh Raja raksasa yang jahat, suka merebut istri orang yang menjadi Raja Blambangan. Lalu mengalirlah tokoh tokoh lain yang baik, seperti kencono wungu dan damarwulan di masa perang Paregreg.
Padahal bila kita telusuri bukti bukti sejarah tokoh tokoh itu. Akan membuat bingung. Tidak ada raja yang bernama Minakjingga di Blambangan. Termasuk Kencono wungu dan pahlawan yang paling tampan, Damarwulan di Majapahit.

-Mungkin nama samaran dari tokoh tokoh nyata.
Perang Paregreg yang menjadi seting waktu kisah Minakjingga. Adalah perang Raja Majapahit, Wikramawardhana dengan Raja Pamotan, Bhre Wirabhumi.
Lalu siapa Kencono Wungu, diceritakan kalau kencono wungu adalah nama samaran Dewi Suhita. Dewi Suhita adalah anak dari Raja Wikramawardhana dengan putri Bhre Wirabhumi. Pernikahan keduanya ini sebagai upaya rekonsiliasi antara kubu Wilwatikta dengan Pamotan paska terbunuhnya Bhre Wirabhumi dalam perang Paregreg. Jadi Dewi Suhita belum lahir disaat perang Paregreg.

Lalu mengapa perang Paregreg dan segala tokoh yang tumpang tindih itu menjadi cerita Minakjingga yang terkenal melebihi tokoh tokoh aslinya? Sampai ada serat Damarwulan. Sampai ada kesenian Janger yang selalu mementaskan kisah Damarwulan. Lalu mengapa Blambangan yang dalam cerita itu diidentikkan dengan Banyuwangi. Padahal jelas, yang berperang adalah Istana barat (Trowulan) berperang dengan istana timur (Pamotan). Blambangan tidak ikut ikut dalam peperangan keluarga itu. Sampai sampai salah satu tokoh yang dibunuh Minakjingga adalah Ronggolawe. Padahal Ronggolawe adalah salah satu tokoh terkenal di jaman Sang Rama Wijaya, pendiri Majapahit. Beda era.

Dari berbagai literatur, kisah Damarwulan Minakjinggo ini berkembang dijaman penjajahan. Kisah ini digunakan untuk memisahkan Raja Blambangan dengan rakyatnya. Wayang beber, wayang klitik, Janger adalah media yang digunakan untuk menyampaikan cerita ini kepada masyarakat. Maka perlahan Rakyat Blambangan mulai membenci kaum istana Blambangan yang digambarkan suka merebut perempuan. Jahat, Raksasa buruk rupa. Dengan begitu dukungan kepada Raja Blambangan mengecil, bahkan berbalik membenci.

Jadi kisah Damarwulan Minakjinggo ini adalah kisah fiktif. Disebarkan secara sistematis oleh pihak pihak yang ingin menguasai tanah Blambangan. Melalui media kesenian dan hiburan, sehingga tanpa sadar, dalam benak rakyat sudah ditanamkan kebencian kepada Raja Blambangan.
Salah satu media propaganda ini adalah kesenian Janger, saya pernah melihat pertunjukannya. Dalam pementasannya yang paling ditunggu tunggu adalah atraksi pertempurannya. Karena dipentaskan keahlian keahlian beladiri para pemainnya, baik tangan kosong maupun senjata tajam. Juga atraksi menjinakkan ular phiton. Dalam pendapat saya, pementasan seperti ini efektif membuat masyarakat yang menonton kagum akan kedigjayaan. Meski tidak menutup permasalahan akan ditantang pendekar lokal yang ingin menunjukkan dirinya lebih digjaya dari para penampil atraksi.
Yang mengherankan lagi. Tokoh tokoh perempuan di pementasan itu diperankan laki laki yang didandani perempuan. Jadi pentas janger Damarwulan pemerannya semua laki laki dan jago beladiri.

Dari kenyataan itu, timbul dugaan, budaya pementas laki laki dalam kesenian Janger dimasa lalu tak lepas dari asal usulnya bahwa pementasan Janger kisah Damarwulan yang mementaskan adalah para prajurit yang menjajah Blambangan. Tujuan mereka adalah:
1. Mendekati rakyat Blambangan lewat kesenian dan hiburan.
2. Mempengaruhi rakyat agar tidak mendukung rajanya yang digambarkan sebagai penjelmaan Raksasa jahat yang suka merebut istri orang.
3. Membuat ciut nyali rakyat Blambangan dengan mementaskan atraksi beladiri tangan kosong maupun bersenjata. Para pementas beladiri ini biasanya kebal senjata. Mereka juga mementaskan keahlian menjinakkan binatang buas, seperti ular phiton raksasa yang dibelitkan ke tubuhnya.

Jadi kisah Minakjinggo ini bukan berdasar sejarah, hanya sebuah karya sastra yang digunakan sebagai propaganda menjatuhkan Blambangan.
itu pendapat saya

kalau pingin baca banyak tentang Blambangan bisa download file ini

ini
Diubah oleh curahtangis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deviay21 dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
02-11-2019 23:21
Matur suksma Ki, cerita atas cerita yang bagus ini. semoga ada lagi cerita cerita dengan tema tema kerajaan
0 0
0
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
02-11-2019 23:17
Maturnuwun kakang atas ceritanya yg luar biasa
0 0
0
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
02-11-2019 22:31
ditunggu updatenya lg ki curah


jgn kentang emoticon-Leh Uga
0 0
0
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
02-11-2019 21:09
@curahtangis secara keadaan mau g' mau harus begitu.
Tapi suka, karena sosok raja bisa baik ma ratna.
emoticon-Mewek
profile-picture
dayoo memberi reputasi
1 0
1
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
02-11-2019 20:52
Itu candi minakjinggo aku tau tempatnya tapi kok gak ada makamnya ya..... Malah berbeda jauh cerita meninggalnya minakjinggo antara cerita dongeng disini sama tulisan KICURAHtangis.hehehehe
0 0
0
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
02-11-2019 17:54
terimakasih ki, sudah menamatkan cerita ini, sudah ngikutin dari awal, dan sempat absen karena di kerjaan belum ada sinyal internet, dan harus baca dari awal lagi,
sekarang kalo suruh baca dari awal rasanya bisa berhari hari.
akankah ada side stori dari cerita ini ki?
0 0
0
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
02-11-2019 16:40
Quote:Original Posted By indahmami
@curahtangis mantep bangetlah Jingga.
Best of the best.
Walau tragis but dia bener2 negarawan dan jiwa kesatria.
emoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frown

Gimana dengan peran Ratna? Bertahan di Wilwatikta. Salah satunya untuk menjaga cita cita Jingga menjaga Blambangan.

Quote:Original Posted By girlarerush
terima kasih untuk dedikasinya selama 2 thn ini berbagi cerita kisah yg menarik dan terbaik, sukses selalu untuk ki curah

Makasih juga yg setia nungguin update yg tidak pasti hehe

Quote:Original Posted By ujianonline
terimakasih atas cerita yang epic penuh dengan makna hidup cerita terindah yang pernah saya baca di kaskus sekali lagi terimakasih ki curah semoga kedepannya bisa di buat novel atau mungkin film

Waah kayaknya agan berlebihan deh. Tapi makasih telah membuat saya senang karena merasa dihargai hehehe

Quote:Original Posted By initialtakumi86
ketika membaca n mengikuti cerita ki curah ini satu yg saya tanamkan kalau ini akan tamat dgn sad endingemoticon-Cool
But it's cool, good storyemoticon-2 Jempol

Wah firasat agan sudah keren hehehe

Quote:Original Posted By phoebiaoelar


Sekalian minta ijin,boleh dibagi ke medsos gak ki tulisannya? Siapa tahu ki curah jadi viral 😍 Sekalian juga minta dukungan agan agan fans jingga. Kita buat viral jingga yuk 😄😄

Disebar di medsos ndak apa apa. Kalau masalah viral. Saya rasa tidak mungkin gan. Cerita ini bukan genre yang suka dibaca netizen. Tidak suka baca tulisan panjang panjang. Dan saya lebih suka bersembunyi di balik layar.

Quote:Original Posted By hyu81
lho kok udah tamat...
okelah kalo kisah jingga dg pemerintahan majapahit tamat gpp,
tp untuk petualangan jingga lanjut aja hehe

gk rela klo trit ini the end emoticon-Mewek

Ha-ha-ha maksudnya jingga dibangkitkan lagi dari kuburnya?

Quote:Original Posted By sekwoor
emoticon-Sorry ending yang mengharukan.
Terima kasih ki curahtangis yang twlah membuat para reader di sink ter kiwir- kiwir ( bahasa-nya apaan yakemoticon-Cape d...)selama ini.
Termasuk saya emoticon-Jempolemoticon-Mewek

Bahasa apa itu terkiwir kiwir. Hehehehe

profile-picture
ipunk3133 memberi reputasi
1 0
1
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
02-11-2019 14:03
emoticon-Sorry ending yang mengharukan.
Terima kasih ki curahtangis yang twlah membuat para reader di sink ter kiwir- kiwir ( bahasa-nya apaan yakemoticon-Cape d...)selama ini.
Termasuk saya emoticon-Jempolemoticon-Mewek
0 0
0
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
02-11-2019 13:46
lho kok udah tamat...
okelah kalo kisah jingga dg pemerintahan majapahit tamat gpp,
tp untuk petualangan jingga lanjut aja hehe

gk rela klo trit ini the end emoticon-Mewek
0 0
0
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
02-11-2019 08:24
ketika membaca n mengikuti cerita ki curah ini satu yg saya tanamkan kalau ini akan tamat dgn sad endingemoticon-Cool
But it's cool, good storyemoticon-2 Jempol
0 0
0
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
02-11-2019 07:55
terimakasih atas cerita yang epic penuh dengan makna hidup cerita terindah yang pernah saya baca di kaskus sekali lagi terimakasih ki curah semoga kedepannya bisa di buat novel atau mungkin film
0 0
0
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
02-11-2019 07:36
terima kasih untuk dedikasinya selama 2 thn ini berbagi cerita kisah yg menarik dan terbaik, sukses selalu untuk ki curah
0 0
0
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
02-11-2019 07:30
@curahtangis mantep bangetlah Jingga.
Best of the best.
Walau tragis but dia bener2 negarawan dan jiwa kesatria.
emoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frown
profile-picture
kontraktor.ping memberi reputasi
0 1
-1
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
02-11-2019 07:27
Quote:Original Posted By dozenazedo
terimakasih ki curah... 😘

Sama sama gan doz hehehe

Quote:Original Posted By putrobajang
matur sembah nuwun paman curahemoticon-Betty

Terimakasih sudah setia baca cerita ngawur ini

Quote:Original Posted By dozenazedo
setelah mengikuti selama 2 tahun... ending yang sedih.... terimakasih ki curah 😘

Sama sama gan doz

Quote:Original Posted By ulululu00
emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek

Cup cup cup

Quote:Original Posted By Harno001
Suwun ki, akhirnya tamat
Tapi jangan dulu emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Mewek

Lha kok jangan dulu ?

Quote:Original Posted By ellmmoo
Terimakasih ki curtang
Sebenernya berharap bisa lebih panjang dan happy ending buat jingga
Makasih sudah menyajikan bahan bacaan yang menyenangkan
Ditunggu karya selanjutnya

Lebih sering orang idealis tidak bertahan lama di dunia gan. Baik dulu maupun sekarang.

Quote:Original Posted By arya1923
Bakal kangen nungguin update dah emoticon-Turut Berduka

Rasa rindu itu akan pupus seiring waktu

Quote:Original Posted By phoebiaoelar
Terima kasih ki curah. Ending yang bijak dan penuh tanggung jawab dari ki curah.🙏🙏🙏

Sebetulnya dulu endingnya lebih memilukan. Tapi takut pada ngamuk para reader setianya. Jadi tak buat lebih halus.

Quote:Original Posted By Rakrian705
Ending cerita tidak seperti yg diharapkan.... emoticon-No Hope terimakasih ki curah semoga sehat selalu dan kami nantikan cerita selanjutnya masih berlatar sejarah tentunya emoticon-Shakehand2

Sebetulnya arahnya sudah jelas gan. Jingga tak bisa pulih tanpa lencari. Tinggal nunggu momen saja. Ia tidak makan dan minum sejak lencari tewas.

Quote:Original Posted By kantonghan
yaah kok tamat 😥
terimakasih ki curah sudah menamatkan kisah yang begitu epik ini
semoga sehat selalu ki

Capek gan dah 2 tahun dikejar update.

Quote:Original Posted By idner69
makasih ki curah...smga bikin bacaan yg berkualitas lain'a....


ditunggu karya selanjutnya...

Istirahat dulu gan. Nyelesaikan projek yang terbengkalai dulu

Quote:Original Posted By pasiksak
terimakasih ki curah 🙏🙏

Sama sama gan pasik

Quote:Original Posted By indahmami
Yahh..
Tamat dengan mengenaskan..
emoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frown



Makasih ki curah, walau nyesek tapi aku padamu.
emoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frown

Jingga merelakan dirinya sebagai tumbal demi rekonsiliasi antara raja dan ranggapane.

Quote:Original Posted By daftarmasuk
Terima kasih banyakm paman curaht. tidak terasa 2 tahun cerita ini menemani. terus berkarya paman. saya menunggu karya paman selanjutnyaa emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-Kiss (S) emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer

Makasih juga telah setia nyimak tulisan ini. Awalnya gak yakin akan dibaca.

Quote:Original Posted By koncoplex
Terima kasih atas cerita yg sangat menghibur kami Ki Curah. Semoga akan ada karya2 apik selanjutnya. Salam damai.

Terima kasih kembali gan

Quote:Original Posted By erman123
Ditunggu kisah-kisah ngawur yang lainnya gan
emoticon-Cendol Gan

Ha-ha-ha enak bikin cerita ngawur gan. Gak pusing.

Quote:Original Posted By putuhendra
salut buat ki curah. ditunggu karya2 berikutnya... 🍻🍻🍻

Makasih gan putu

Quote:Original Posted By prayudo23
terimakasih ki curah
emoticon-2 Jempol
ditunggu cerita lainnya

Sama sama gan yudo

Quote:Original Posted By itkgid
Akhirnya, akhir yang sebenarnya sudah bisa diduga. tapi penuh plot twist yg membingungkan juga.
ditunggu karya berikutnya gan. emoticon-Rate 5 Star

Ini karena tarik ulur readernya hahaha jadi harus sering bongkar pasang alur cerita.

Quote:Original Posted By mahadang
terimakasih ki curah..
di tunggu kisah legenda versi ngawur yg lain

Oke tapi kayaknya mau ganti genre aja kalau nulis lagi.

Quote:Original Posted By sevenblades
Suwun Ki atas cerita yang sangat seru untuk dibaca ini.

Akhirnya, Jingga bebas dari penderitaannya dan bersatu kembali dengan Lencari...

Itulah keinginan Jingga. Ia tidak bisa jauh dari Lencari.

Quote:Original Posted By gendutcoy
Ki ditunggu kisah2 bertema sejarah

Sebetulnya nulis cerita sejarah banyak mengganggu batin. Karena bisa jadi fitnah bagi tokoh sejarah itu sendiri. Itu yang sering membuat saya berkali-kali ingin menghapus trit ini. Takut jadi dosa.

Quote:Original Posted By lombokjowo
Ki....kami tunggu kisah2 selanjutnya,utamanya yg berhubungan dengan sejarah,majapahit,,,pajang,,,mataram ato yg lain...dari banyak kisah/cerita yg sy ikuti,produk ki curah ini yang paling joss (menutut sy).
Jadi trimakasih untuk cerita jingga ini ki....

Kita tunggu kisah2 selanjutnya ki....cendol dawet ki....

Makasih gan sekarang mau santai dulu. Keliling keliling ke trit lain yang bagus.

Quote:Original Posted By Aanaja
makasih ki curah atas semua waktu dan dedikasinya selama ini untuk memberikan cerita yg sangat menarik ini....salutttt

Makasihdah dengan sabar nunggu update yang angin anginan hehehe

Quote:Original Posted By satriyokaskus
yah tamaaaaat 😟

Iya gan dah tamat

Quote:Original Posted By yayadniluh
Kisah yang sering ditunggu tunggu tamat, jadi sedih Ki. tapi Terimakasih atas dedikasinya Ki. Waktu dan tenaga untuk memberikan cerita yang sangat menarik ini. Sekali lagi Terimakasih Ki.

Sama sama niluh. Kalo dipanjang panjangin entar malah pada kabur readernya hehehe

Quote:Original Posted By marsupilami50
Mantap Ndoro.... Ditunggu kisah dan cerita selanjutnya...

Wah gak yakin tulisan selanjutnya akan lebih baik hehehe

Quote:Original Posted By mbahpipix
terima kasih ki @curahtangis , benar-benar cerita yang penuh rasa. Semoga dikesempatan yang lain dapat membuat cerita yang tak kalah hebatnya.

Makasih gan. Semoga. Cuma masih belum ada ide yg detail.

Quote:Original Posted By masfaber
Makasih ki @curahtangis

mesti sedih dengan ending nyaa..

Sedih dan senang itu hanya rasa. Seperti rasa rasa yang lain saat kita menikmatinya

Quote:Original Posted By yuniharto
terima kasih ki curah... cerita yang luar biasa...

Terimakasih kembali gan

Quote:Original Posted By pasir_berbisik
Wahhh kok tamat. Bikin side story soal adiknya jingga dong paman.

Hahaha bisa kayak kho ping ho dong

Quote:Original Posted By ayahuik
terima kasih dedikasi ki curah selama ini dengan cerita sejarah majapahit dengan versi cerita yang dibuat senyaman mungkin buat pembaca selama ini kurang lebih 2tahun mengikuti cerita ki curah tidak ada bosan dan habisnya cerita yang ada.. hari ini taman sudah jingga dan lencari dalam pelukan sanubari kami pembaca setia.. sukses selalu buat ki curah semoga di beri kesehatan selalu.. kami tunggu cerita sejara versi selanjutnyaemoticon-Recommended Seller

Terimakasih telah setia memberi masukan dan kritikan selama ini. Terimakasih juga atas doanya.

Quote:Original Posted By chappl1n
hadeeeh, emng enakan sad ending ya, biar ngga kaya ftv, mantep lah ini, makasih ya ki.....

Hahaja sabar gan.

Quote:Original Posted By Surie8
Meskipun endingnya tak sesuai ekspektasi tp ceritanya luar biasa. Kasian jingga matinya menggenaskan. Tp jingga akhirnya bkl ketemu lencari.

Itu sudah keinginan jingga. Dengan tidak makan dan minum, tidak melawan saat diserang. Melepaskan para pelindungnya. Ia hanya disibukkan menolong raja dan ratna

Quote:Original Posted By brigadexiii
yaah, udh tamat 😁😁 d tunggu crita roman sejarah lainnya ki

Kayaknya masih lama gan kalo nulis sejenis

Quote:Original Posted By kucing_pilek
ki curah jahat..😭😭😭, jingganya kok mati..??tapi mantab ceritane..semoga ada cerita jingga" yang lain..terima kasih atas dedikasinya selama 2 thn ini..semangat n tetap berkarya yo ki..laros jenggirat

Lha enakan mati bersama lencari
atau jadi mayat hidup yg selalu merasa bersalah, kesepian dan diganggu urusan Majapahit?

Quote:Original Posted By iw4n.4wan
terima kasih ki curah...sedih ceritanya selesai...

Sama sama gan iwan

Quote:Original Posted By west1973
"Sayonara Pangeran Jingga & RA. Lencari " emoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka

Saya nulisnya sering nangis kalau udah bab keduanya gan hahaha

Quote:Original Posted By uthap19jhojho
Sedihnya ndobeel ki, sedih karena udah tamat, sama sedih karena si rangga masih tenang-tenang aje. hiiicks

Ya orang seperti itu yang cocok menjalankan dunia seperti itu.

Quote:Original Posted By wahyujayasagita
TERIMA KASIH KI CURAH ATAS CERITANYA, SEMOGA DIJADIKAN NOVEL

Wah kayaknya ndak gan. Males

Quote:Original Posted By muncak
terima kasih ki curah yang telah memberikan kami kaskuser bahan bacaan bagus seperti ini.

Sama sama gan

Quote:Original Posted By zhackyy
Cerita yang menarik, ngepost dulu buat kenang²an sebelum di gembok emoticon-Leh Uga

Ya ya ya silahkan gan

Quote:Original Posted By nuraispitriani
terimakasih atas dedikasi ki curah selama ini, terimakasih telah meluangkan waktu pikiran dan tenaga ki curah untuk merampungkan cerita ini

Sama sama gan. Kalau gak didukung reader sih dah lama tak close gan hehehe

Quote:Original Posted By jhonbill_meneh
Terima kasih ki curah 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

Sama sama kang jhon

Quote:Original Posted By toxcher
Terima kasih atas novelnya yang apik...,semoga masih ada kisah yg diluar mainstream seperti ini

Semoga gan.

Quote:Original Posted By ganyolfc
Terimakasih Ki untuk semuanya...
Sedih akhirnya...

Santai gan. Entar kalo dah sarapan dah seneng lagi hehehe

Quote:Original Posted By gaban05
Terima kasih Ki emoticon-Angkat Beer


Sama sama gan

Quote:Original Posted By rocket92
Terima kasih banyak ki curahtangis sudah menemani dengan cerita yang sarat makna ini

Sama sama gan rocket92

Quote:Original Posted By hyronice
matur nuwun ki curah...emoticon-thumbsup emoticon-shakehand

Sama sama gan hyronice

Quote:Original Posted By Azmat.zone
Maturnuwun ...

Inggih gan

Quote:Original Posted By K3MPROS
Matur sembah nuwun..
Sakalangkong..
Grazie a tutti..
Makasong Gaseh Beh..

Semoga Ki Curah sekeluarga senantiasa sehat dan sukses bahagia dunia akhirat aamiin...

Aamiin makasih doanya. Semoga agan juga demikian.

Quote:Original Posted By makan.sederhana
terima kasih ki curah thread nya yang sangat menghibur banyak pelajaran positif yang bisa di petik..


semoga jadi thread legend

Bisa jadi legen aja. Jangan sampai jadi tuak atau arak. Hehehe

Quote:Original Posted By basundara
Terimakasih ki curah.. di tunggu ceritanya yang lain..

Makasih gan basundara.

Quote:Original Posted By denubhan
setelah 2 tahun hari hariku ditemani Jingga
suwun ki

Sami sami gan

Quote:Original Posted By thahar23
Mesuwor

Artinya apa gan hehehe

Quote:Original Posted By kamandaka494
trimakasih ki curah..
terimakasih atas cerita yang menghibur saya dan semua fans berat jingga...
semoga ada kisah lain yang sedang kicurah persiapkan(ngarep banget biar bisa nunggu update kayak kemaren2).
salam seger waras untuk Ki Curah Tangis.
🙏 Rahayu

Makasih dah setia selama ini menunggu update.
Kan sekarang dah lega gak harus gelisah nunggu update hehehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dayoo dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
01-11-2019 22:53
trimakasih ki curah..
terimakasih atas cerita yang menghibur saya dan semua fans berat jingga...
semoga ada kisah lain yang sedang kicurah persiapkan(ngarep banget biar bisa nunggu update kayak kemaren2).
salam seger waras untuk Ki Curah Tangis.
🙏 Rahayu
0 0
0
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
01-11-2019 21:23
Mesuwor
0 0
0
[ROMAN SEJARAH] SINAR JINGGA DITANAH BLAMBANGAN
01-11-2019 21:10
setelah 2 tahun hari hariku ditemani Jingga
suwun ki
0 0
0
Halaman 1 dari 219
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
mau-gak-jadi-istriku
Stories from the Heart
olivia
Stories from the Heart
kamu-hujan-yang-kunantikan
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Stories from the Heart
kembalikan-jari-telunjukku
Stories from the Heart
Stories from the Heart
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia