gilbertagungAvatar border
TS
gilbertagung
Iklan-iklan Televisi Indonesia Terbaik 2017




Iklan. Kita menjumpainya hampir di setiap tempat. Televisi, radio, papan reklame, situs internet, bahkan penyangga untuk penumpang ojek dalam jaringan. Iklan yang menjadi salah satu komponen penting dalam pemasaran sebuah produk pula yang menjadi tumpuan utama pendapatan bagi media massa di Indonesia maupun dunia. Stasiun televisi bahkan menjadikan jumlah iklan yang ditayangkan dalam jeda komersial sebuah acara sebagai acuan kesuksesan sebuah acara, terlepas dari kualitas acara tersebut. Ada begitu banyak iklan yang ditayangkan di televisi Indonesia setiap tahunnya. Entah iklan baru ataupun iklan lama yang direvisi atau ditayangkan kembali.
Pada tahun 2017 yang tinggal menyisakan kurang dari 2 bulan ini, sudah cukup banyak iklan yang mondar-mandir di televisi untuk menarik minat pemirsa. Di antara iklan-iklan tersebut, terdapat beberapa iklan yang bagus dan sempat menjadi viral di internet. Minami Creative Works telah memilih 7 iklan terbaik di Indonesia tahun 2017. Apa sajakah itu?

Klik gambar untuk menuju sumber gambar

Aqua - Ngomong Jepang

Sejak 2014, Aqua gencar melakukan kampanye untuk mengajak masyarakat agar tidak gagal berkonsentrasi dengan meminum air putih. Kampanye ini dilakukan dengan meluncurkan sejumlah iklan dengan berbagai versi namun memiliki satu premis yang sama, orang-orang yang mengalami kejadian konyol karena tidak konsentrasi akibat kurang meminum air putih dan mengalami dehidrasi. Slogan yang digunakan adalah "Ada AQUA?"
Versi ini mulai muncul di televisi pada Januari 2017 lalu. Dalam iklan ini, sekumpulan pegawai hotel mempersiapkan diri untuk menyambut delegasi dari berbagai negara yang akan menginap di hotel tersebut. Tibalah delegasi dari Jepang. Si pegawai laki-laki ditawari rekan perempuannya sebotol Aqua, namun ia menolak.
Saat delegasi Jepang naik lift, tiba-tiba listrik padam dan mereka langsung panik. Bos berusaha menenangkan anggota delegasi dan bertanya pada anak buahnya, "Ada yang bisa ngomong Jepang?". Si laki-laki dengan polos mengajukan diri. Ketika teman-temannya menunggu bagaimana ia bisa berbahasa Jepang, ia dengan polosnya berteriak di depan lift "Jepang". Semua terdiam, termasuk para anggota delegasi.
Dari segi bahasa, kejadian ini sebenarnya terjadi karena kesalahan si bos. 'Kan si bos cuma tanya apa ada yang bisa ngomong Jepang, bukan yang bisa bahasa Jepang.

U Mild - Sepanjang Jalan Kenangan


U Mild, sebuah merek rokok produksi Sampoerna, menjadikan persahabatan antar lelaki sebagai tema utama iklan mereka sejak 2015.
Pada Februari 2017, U Mild meluncurkan iklan baru yang menampilkan para lelaki yang sedang melakukan berbagai aktivitas seperti touringdengan motor gede, panjat tebing, dan sebagainya sambil menyanyikan lagu berjudul "Sepanjang Jalan Kenangan" yang kini dipopulerkan oleh The Rain.
Iklan ini memiliki 2 versi ending. Ending versi pertama adalah konser musik dan ending versi kedua adalah nonton bareng pertandingan sepakbola.

Bukalapak - Cincai

Salah satu situs perdagangan dalam jaringan atau eS E N S O Rmerce, Bukalapak, meluncurkan sebuah iklan yang dirilis menjelang Imlek 2568, pengujung Januari 2017 lalu. Dalam iklan ini, seorang ibu-ibu dengan pakaian khas wanita Cina (dalam iklan lain, ia diperkenalkan sebagai Bu Linda) menyanyikan lagu dengan aksen yang sangat kental. Video dari lagu ini yang diunggah ke YouTube menjadi viral dan ditonton 13,7 juta kali hingga saat ini.

Goodmood - Pilihan


Pada Mei 2017, Suntory memperkenalkan produk minuman terbaru yang disebut "Goodmood". Iklan pun diluncurkan dalam 2 versi. Yang satu mengenai nasib buruk yang menimpa seorang pekerja kantoran setelah memilih minuman yang kurang tepat yang ditampilkan dengan teknik rewind(mundur) dan yang satu lagi mengenai keberuntungan yang menghampirinya karena memilih Goodmood. Pesan dari iklan ini adalah pilihan yang tepat membuat suasana hati menjadi bahagia dan akhirnya mendatangkan keberuntungan.

Sprite - Nyatanya Pas

Mulai akhir Juli 2016, Sprite mengubah kampanyenya dari semula banyak menampilkan citra anak muda yang keren dan melakukan aktivitas yang melelahkan seperti bermain bola basket menjadi lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari. Dengan Cak Lontong sebagai naratornya, Sprite memiliki slogan baru yaitu "Nyatanya Nyegerin".
Pada awal Juli 2017, Sprite meluncurkan kemasan baru, yaitu botol 250 ml dengan slogan "Nyatanya Pas". Menariknya, iklan yang diluncurkan menampilkan kekonyolan orang-orang melakukan apa yang dikatakan Cak Lontong secara literal. Misalnya, ketika Cak Lontong berkata "Pas di dompet" (Harganya terjangkau), orang tersebut malah mencoba memasukkan botol Sprite ke dalam dompetnya.

Google Indonesia - Dia

Pada Maret 2017, Google Indonesia meluncurkan sebuah iklan untuk mempromosikan kemampuan mesin pencari Google dalam mencari sebuah lagu hanya dengan liriknya saja. Dalam iklan tersebut, seorang lelaki penasaran dengan lagu yang ia dengar hampir di mana-mana. Ketika temannya menanyakan apa judul lagu tersebut, ia tidak tahu. Ia pun mencari dengan bantuan Google dan diketahuilah bahwa lagu tersebut adalah lagu dari Anji berjudul Dia. Videonya telah ditonton sebanyak 6,3 juta kali di YouTube.

Indoeskrim - Kisah Legenda Nusantara

Pada Juli 2017, Indoeskrim membuat sebuah video iklan yang viral. Dengan gaya khas sinetron kolosal, iklan ini sukses membuat orang tertawa. Ceritanya adalah sepasang pangeran dan putri yang bertengkar bahkan sampai berkelahi karena masalah makanan. Ibu mereka, Ratu Tara, mencoba memisahkan namun tidak bisa. Kekonyolan dimulai ketika Ratu Tara menelepon sang suami, Raja Nusa, dengan ponsel ber-casingemas. Lebih kocaknya lagi, sang raja sedang menaiki seekor elang yang dibuat dengan animasi 3D dan tampak agak lucu. Dengan bantuan GPS, Raja Nusa mencapai tempat kedua anaknya berkonflik dan menawarkan Indoeskrim Nusantara untuk mencairkan suasana. Akhirnya, semua orang menikmati es krim tersebut, termasuk para prajurit istana.


Demikian iklan-iklan Indonesia terbaik tahun 2017. Iklan bukan hanya menjadi alat untuk mempromosikan sebuah produk, namun juga membantu membangun citra produk, sebagai rekaman mengenai hal-hal yang sedang naik daun pada suatu masa, dan sebagai kritik sosial. Dengan 2017 yang masih menyisakan sekitar 8 minggu lagi, masih dimungkinkan adanya iklan bagus yang tak masuk ke thread ini. Anda dapat menambahkan iklan bagus lain yang belum masuk ke daftar di atas dengan syarat harus merupakan iklan yang ditayangkan pertama kali pada tanggal atau setelah tanggal 1 Januari 2017 dan merupakan iklan baru. Minami Creative Works juga membuka polling mengenai iklan terbaik 2017 di antara 7 iklan di atas menurut kaskuser yang akan dibuka hingga Senin, 1 Januari 2018. Satu lagi, Minami Creative Works ingin mengucapkan Selamat Ulang Tahun yang ke-18 untuk KASKUS.emoticon-Selamat 3 tahun kebersamaan saya dengan KASKUS, mendapatkan Hot Thread satu demi satu, dan menemukan berbagai teman baru lewat KASKUS, mewarnai pertualangan saya di forum ini. Semoga di sisa tahun 2017 dan tahun 2018, industri periklanan Indonesia semakin termotivasi untuk menghasilkan iklan-iklan yang berkualitas dan patut dikenang. Terima kasih telah membaca dan semoga hari Anda menyenangkan.

UPDATE
Polling sudah usai. Inilah hasilnya.



Referensi I

Apresiasi dari Kaskuser








Polling
Poll ini sudah ditutup. - 208 suara
Apakah Iklan Indonesia terbaik 2017 menurut agan?
Aqua - Ngomong Jepang
17%
U Mild - Sepanjang Jalan Kenangan
10%
Bukalapak - Cincai
9%
Goodmood - Pilihan
6%
Sprite - Nyatanya Pas
17%
Google Indonesia - Dia
9%
Indoeskrim - Kisah Legenda Nusantara
32%
Diubah oleh gilbertagung 17-09-2018 01:18
0
39.2K
148
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.