Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59fd2227c0d77058578b4567/managed-or-unmanagerd-switch
Mengapa harus Managed Switch? Apa bedanya dengan switch biasa? Apa keunggulannya? Hal ini pasti menjadi pertanyaan ketika PROLiNK menyuguhkan 16/24 port Managad Ethernet Switch PCSE1650M dan PCSE2450M. Berikut penjelasan singkat mengenai perbedaan managed switch dan unmanaged switch. 1. Switch Unmanaged biasanya lebih murah dari switch manageable. Hal ini wajar karena kemampuan switch unmanaged ha
Lapor Hansip
04-11-2017 09:12

Managed or Unmanagerd Switch?

Mengapa harus Managed Switch?
Apa bedanya dengan switch biasa? Apa keunggulannya?
Hal ini pasti menjadi pertanyaan ketika PROLiNK menyuguhkan 16/24 port Managad Ethernet Switch PCSE1650M dan PCSE2450M. Berikut penjelasan singkat mengenai perbedaan managed switch dan unmanaged switch.

1. Switch Unmanaged biasanya lebih murah dari switch manageable.
Hal ini wajar karena kemampuan switch unmanaged hanya terbatas pada fungsi dasar yaitu fungsi Address Learning dan fungsi penerus/penyaring data. Switch manageable umumnya lebih mahal namun kehandalannya sebanding dengan harga jenis switch ini.

2. Pengaturan switch
Switch unmanageable hanya bisa meneruskan data, switch jenis ini tidak bisa diatur-atur, semua pengaturan pada switch sifatnya tetap dan tidak bisa diubah-ubah.
Switch manageable bisa diatur atau dikonfigur sedemikian rupa agar mampu meningkatkan performa switch dalam meneruskan data. Switch manageable juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang digunakan untuk mengatur lalu lintas data.

3. Virtual LAN
Switch jenis manageable dilengkapi sebuah fitur yang sangat popular dan juga sangat bermanfaat yaitu Virtual LAN atau VLAN. VLAN merupakan fitur dari switch yang membuat atau mengijinkan beberapa segment LAN untuk menggunakan sebuah hardware switch secara bersama-sama.
Prinsipnya adalah VLAN mengelompokan port-port dari sebuah hardware switch secara logika dimana port-port tersebut dikelompokan berdasarkan segment LAN. Jadi biasanya satu switch hanya bisa dipakai oleh satu LAN namun dengan VLAN sebuah switch bisa dipakai oleh lebih dari satu LAN dan lalu lintas datanya pun tidak saling bercampur meskipun menggunakan hardware yang sama. Hal ini tidak terdapat pada switch unmanage.

4. Redundancy
Dalam networking Redundancy adalah kemampuan untuk menyediakan jalur cadangan selain jalur utama dan ketika jalur utama terputus, proses data transfer melewati jaringan backup.
Fungsi Redundancy pada switch manage bisa diatur secara otomatis, ketika terjadi masalah link utama maka link backup langsung mengambil alih fungsi link utama. Pada switch unmanage Redundancy tidak bisa diterapkan secara otomatis seperti pada Manage switch.

5. Prioritas lalu lintas data
Switch unmanaged tidak bisa mengatur prioritas lalu lintas data mana saja yang lebih dahulu atau diutamakan untuk dikirim, semua jenis data prioritasnya sama, tidak ada yang lebih istimewa.
Pada switch jenis manage, prioritas terhadap jenis data mana yang dikirim terlebih dahulu bisa dilakukan. Misalnya data yang berisikan percakapan atau suara bisa lebih diprioritas dari pada data jenis lainnya.

6. Fungsi monitoring
Pada switch jenis unmanage tidak ada fungsi monitoring terhadap kondisi switch. Switch unmanage dipasang dijaringan tanpa bisa dicek melalui network apakah switch tersebut On atau Off. Pengecekan hanya bisa dilakukan dengan memastikan bahwa data yang terkirim ke tujuan melalui switch tersebut telah sampai.
Switch jenis manage, fungsi monitoring bisa dilakukan dengan mengkonfigur IP address dan mengecek melalui IP address, bisa juga melalui protocol SNMP ataupun program monitoring jaringan lainnya
Sumber : http://www.norisanto.com/

Jl. Tuanku Tambusai no. 285D Pekanbaru
sales@proshopnusantara.com
082170888899/0761-8401692
Managed or Unmanagerd Switch?
0
Masuk untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia