alexa-tracking
KASKUS ×
Get the App View in App
KATEGORI N icon-buat-post BUAT POST
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59dde065dc06bdb2628b4567/beredar-isu-vampir-pbb-tarik-staffnya-di-malawi

Beredar isu vampir, PBB tarik staffnya di MalawiPast Hot Thread

Beredar isu vampir, PBB tarik staffnya di Malawi
Spoiler for Perkenalan dari ane
Halo agan - sistah yang kece, baik hati dan rajin menabung
emoticon-I Love Indonesia


Quote:Malawi sekarang lagi dilanda isu kemungkinan adanya vampir gan!!emoticon-Takut
Sampai-sampai PBB menarik staffnya karena ada insiden ini nihh
Menarik buat disimak nihh.. kuy dilihat dibawah!


Beredar isu vampir, PBB tarik staffnya di Malawi
Ilustrasi tokoh vampir
© Français /Pixabay

Quote:Ini bukan plot sebuah film fiksi. Setidaknya lima orang tewas akibat rumor tentang adanya "vampir" di selatan Malawi, Afrika. Sekelompok orang main hakim sendiri terhadap korban yang dituding minum darah manusia sebagai bagian dari ritual.

Malawi merupakan salah satu negara termiskin di dunia, sehingga PBB dan sejumlah lembaga nonprofit aktif di sana. Sekretaris Jenderal PBB, bahkan punya perwakilan di bagian selatan Afrika itu, untuk memonitor program kemanusiaan yang sudah berlangsung bertahun-tahun.

Departemen Keselamatan dan Keamanan PBB, pada Selasa (10/10/2017), melaporkan terpaksa mengungsikan sejumlah stafnya dari dua distrik, Phalombe dan Mulanje, karena insiden main hakim sendiri yang dilakukan sekelompok orang bersenjata.

"Distrik-distrik ini sangat terpengaruh oleh cerita tentang pengisapan darah dan kemungkinan adanya vampir," demikian laporan Departemen Keselamatan dan Keamanan PBB (UNDSS) yang dilansir Reuters (h/t Antaranews).

Sekelompok orang bersenjata nekat memblokir jalan, dan memburu siapa saja yang mereka tuding sebagai "vampir" sejak pertengahan September lalu. BBC melaporkan, Pemerintah Malawi menerapkan "jam malam" selama 10 jam sehari di beberapa wilayah terdampak, yang berlaku justru mulai pagi pukul 07.00 hingga 17.00 waktu setempat.

UNDSS menyatakan rumor vampir tampaknya berasal dari negara tetangga Mozambik, meskipun tidak jelas apa pemicunya. UNDSS akan terus memantau situasi ini dengan ketat untuk memastikan semua staf PBB yang terkena dampak dapat kembali ke lapangan sesegera mungkin.

Presiden Malawi, Peter Mutharika, mengutuk tindakan main hakim sendiri itu, dan menyebutnya telah "mengkhawatirkan dan membuat orang menderita". Ia juga menyatakan situasi tersebut sangat memprihatinkan Presiden dan seluruh pemerintah.

Praktik ilmu hitam--layaknya santet yang dikenal di Indonesia--sudah lama jadi masalah di salah satu negara termiskin di dunia itu. Pada 2002, rumor serupa pernah muncul, ditambah isu bahwa pemerintah Malawi bersekongkol dengan para penghisap darah untuk mengumpulkan darah bagi lembaga internasional yang bekerja di sana.

Beredar isu vampir, PBB tarik staffnya di Malawi
Tangkapan layar peta Malawi, Afrika
/Google Maps

Selain isu vampir, dalam catatan Amnesti Internasional, di Malawi juga berkembang mitos terhadap pengidap albino. Anak-anak albino jadi korban penculikan dan pembunuhan, karena bagian tubuhnya dipercaya menjadi syarat untuk menguasai ilmu hitam.

Pada kasus 2002, rumor vampir ini merebak lantaran seorang penyiar radio membuat wawancara dengan warga yang mengklaim pernah diserang oleh vampir. Panik oleh rumor tersebut, satu orang tewas karena dilempari batu oleh massa yang main hakim sendiri.

Sang Penyiar pun ditangkap polisi. Polisi membantah klaim warga yang mengaku telah diserang "vampir". Dikisahkan The Guardian, hakim lantas membebaskan penyiar bernama Maganizo Mazeze itu karena tak terbukti menyiarkan informasi palsu.

"Persinggahan selama di penjara (saat ditahan polisi) justru telah memperkuat niat saya untuk mengungkap isu yang selama ini ditutupi pemerintah," ujar Tuan Mazeze dalam pembelaannya di pengadilan.

Dilaporkan Newsweek, belum pernah ada bukti bahwa vampir di Malawi itu benar adanya. Namun kepercayaan meluas terhadap adanya praktik ilmu hitam, menimbulkan ketakutan massal terhadap manusia yang melakukan ritual meminum darah manusia.

Adapun mitos tentang manusia penghisap darah untuk bertahan hidup, telah berkembang sejak ribuan tahun lalu. Tahayul yang lebih sering diangkat ke dalam film fiksi tersebut mulai populer di Eropa pada Abad Pertengahan (abad ke-5 sampai abad ke-15), saat ada wabah menyerang.

Kematian mendadak akibat wabah penyakit menular yang belum bisa dijelaskan pada masa itu, diduga menjadi penyebab utama. Hingga akhir 1800-an, masih ada warga yang menggali kuburan kerabatnya untuk mengambil jantung dan membakarnya, karena percaya dengan tahayul itu.


Quote:Ini serem banget sihh... sampai ada kelompok bersenjata ngeblokir jalan buat nyari tuu vampirr emoticon-Takut
Ini semua gara-gara banyaknya ilmu hitam di Malawi gan! , sehingga banyak yang masih percaya kalau vampir itu beneran ada.



SEMOGA INFO INI BERMANFAAT
emoticon-Jempol


Quote:emoticon-Hot News Buat liat informasi menarik lainnya seperti artikel di atas bisa liat Di marihemoticon-cystg
Jangan lupa rate bintang 5, tinggalin komentar dan bersedekah sedikit cendol buat ane dan ane doain agan makin ganteng dan cantik deh emoticon-Malu (S)
SUMUR:
Beritagar.id



Quote:Jangan lupa kunjungi thread ane yang lain gan emoticon-I Love Kaskus (S)
Lever kamu akan rusak jika konsumsi ini terlalu banyak
Riset mengatakan, botox punya manfaat untuk testis pria gan!
Ungkap misteri Lawang Sewu, dari dua perempuan hingga lorong terlarang yang horor
Kenapa bisa nangis saat mengiris bawang? ini alasannya...
The Weeknd bakalan jadi karakter Superhero di Marvel gan! emoticon-Cool
Duh! Etika mahasiswa milenial sudah pudar
Keseringan mencium parfum bisa bahaya untuk kesehatan
[Najwa Shihab] Berbincang dengan mbak Metro 001, "Sudah waktunya pertualangan baru"
Manfaat olahraga sangat penting untuk pasien kanker
Menakar kekuatan tentara Indonesia [+lokadata]
Android butuh 2,5 tahun untuk tiru Face ID iPhone X
Ternyata psikopat diwariskan dari faktor genetik gan!
5 langkah menolong orang yang kena ayan atau kejang-kejang
Hukuman cambuk di Aceh, lebih baik ditutupi atau di hapus?
8 Tempat menarik di dunia yang tak bisa dikunjungi
Ternyata ini alasan kenapa orang Indonesia bertubuh pendek
Waspada malaria super tahan terhadap obat mulai mewabah di Asia Tenggara
Menebak kelanjutan teror Pennywise dalam It Chapter 2, Masuk gan!
Pengen punya pulau pribadi? 4 pulau ini bisa disewa gan..
ini gan karet "grafena" yang katanya sekuat baja
Bisakah teknologi menghidupkan manusia tak bernyawa
2 Hal Yang Pantang Dilakukan Bagi Pemilik Mobil Matic




Beredar isu vampir, PBB tarik staffnya di Malawi

Beredar isu vampir, PBB tarik staffnya di Malawi
benarkah ?
ih atut di cipok vampir emoticon-Betty
hmm hoax kah bre
vampirnya yg ngisep darah atau yg loncat2 tangan kedepan ? emoticon-Bingung
maho bawah ane antusias bgt pngen liat ganteng ganteng vampir emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
btw bukannya banyak nyamuk atau kutu penghisap darah ya bre disana emoticon-Cool

tipu-tipu pake isu vampir emoticon-Lempar Bata
Bisa aja beneran gan
Jaman sekarang mang masi ada bre?emoticon-Bingung
beredar isu vampir di PBB malawi menolak vampiremoticon-Takut (S)
PBB takut sama vampir masak sih emoticon-Leh Uga
Mungkin negarany rusuh sndiri jadi PBB gak mau dkorbanin bgituan emoticon-Big Grin
malawi tidak takut, malawi menolak vampir. mungkin gara2 nonton twilight kali ya. jadi vampirnya orang kulit putihemoticon-Ngakak
Ya bisa jadi sih, namanya orang pake ilmu hitam, macem2 pula syarat nya. Ga sah jauh2, di sini indo jg ada... Intinya dimana2 ada

Cmiiw
oke lah ..
Yang bener aja kali bre, memalam kek gini gambar nya horror kek gitu mana malam Jum'at lagi... emoticon-Hammer
emoticon-Ngakak pada takut juga sampe2 amerika juga narik orang2nya yg disana emoticon-Big Grin
vampire...?
ciyus...?

Beredar isu vampir, PBB tarik staffnya di Malawi
mau dong di sedot vampir...
ah ah ah...

crootttt...
kalo vampirnya ganteng kayak robert pattinson pasti banyak cewe indo yang rela kesana untuk diisep darahnya