alexa-tracking
KASKUS ×
Get the App View in App
KATEGORI N icon-buat-post BUAT POST
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59b8046a12e2579e4b8b4568/kenapa-bintik-hitam-di-tubuh-disebut-quottahi-lalatquot

Kenapa bintik hitam di tubuh disebut "Tahi Lalat"Past Hot Thread

Quote:

Kenapa bintik hitam di tubuh disebut "Tahi Lalat"

Sebenernya mbah juga bingung bintik hitam ko disebut tahi lalat, liat lalat modol juga mbah belum pernah anehh ?

Tapi kalu bintiknya lebar dibilang tompel padahal kan mirip tahi kerbau, hadeuhh ada2 aja ya yang ngasih nama tuh bintik pada tubuh.

Dalam istilah medis, tahi lalat disebut sebagai nevus. Nevus merupakan kata dari bahasa latin yang berarti tanda lahir. Tanda lahir digunakan untuk membedakan satu manusia dengan manusia lainnya, dan umumnya ada sejak masih bayi.

Lalu bagaimana bisa nevus yang berarti tanda lahir, diadopsi sebagai tahi lalat dalam bahasa Indonesia? Menurut dokter spesialis kulit dari RS Mayapada, dr Armansjah Dara Sjahrudin, SpKK, MKes, belum ada penjelasan pastinya.

"Tahi lalat itu kayaknya sebutan di Indonesia saja dan asal-muasalnya saya kurang tahu. Tapi dalam dunia kedokteran namanya nevus," ungkap dr Dara.

Ada yang menyebut istilah tahi lalat muncul karena bercak cokelat dan kehitaman mirip dengan 'jejak' atau kotoran yang ditinggalkan lalat di makanan. Ada juga yang mengatakan tahi lalat mirip dengan lalat yang hinggap di tubuh jika dilihat dari kejauhan.

Tahi lalat adalah bintik kecil berwarna cokelat atau agak kehitaman di atas permukaan kulit yang terbentuk dari pengelompokan sel-sel penghasil zat warna kulit bernama melanosit. Selain berwarna cokelat atau agak gelap, warna tahi lalat juga ada yang sama persis dengan warna kulit. Bentuknya ada yang bulat, oval, menonjol, atau datar. Tekstur permukaan tahi lalat juga bervariasi, ada yang halus atau kasar, bahkan beberapa di antaranya ada yang ditumbuhi bulu.

Orang-orang yang berkulit lebih terang biasanya akan memiliki tahi lalat lebih banyak daripada mereka yang berkulit lebih gelap. Sebagian besar tahi lalat mulai tumbuh selama 30 tahun pertama kehidupan seseorang dan sebagian lainnya sudah ada sejak lahir.

Jika Anda memiliki anggota keluarga yang memiliki banyak tahi lalat atau memiliki tahi lalat dengan ciri-ciri tertentu, maka Anda pun berisiko mengalami hal yang sama. Selain itu, Anda juga dapat lebih mudah memiliki tahi lalat jika sering terpapar sinar matahari.

Dalam kehidupan seseorang, tampilan atau jumlah tahi lalat bisa saja berubah. Salah satu penyebab hal ini adalah perubahan hormon. Contohnya adalah jumlah tahi lalat yang meningkat saat usia remaja dan tahi lalat yang menghilang ketika seseorang memasuki usia 40 tahun ke atas. Pada wanita hamil, warna tahi lalat akan cenderung berubah menjadi lebih gelap.

Apakah Tahi Lalat Berbahaya?

Tahi lalat ada yang berbahaya dan ada juga yang tidak berbahaya. Meski tidak berbahaya, sebagian orang menjadi tidak percaya diri karena memiliki tahi lalat yang bentuknya mengganggu penampilan. Selain itu, kadang-kadang tahi lalat juga bisa mengganggu keleluasaan, misalnya ketika bercukur (apabila tahi lalat tumbuh di wajah) dan ketika berpakaian (apabila tahi lalat kerap tersangkut di baju yang akan kita kenakan).

Sedangkan yang dimaksud dengan tahi lalat berbahaya adalah tahi lalat yang menjadi gejala dari jenis kanker kulit ganas bernama melanoma. Penampilan tahi lalat melanoma berbeda dengan tahi lalat normal. Tahi lalat melanoma memiliki tepian kasar dan tidak rata, bentuknya tidak simetris, terdiri dari campuran dua atau tiga warna atau lebih, serta berdiameter lebih besar (melebihi 6 mm). Tahi lalat sejenis ini akan terasa gatal dan kadang-kadang mengeluarkan darah.

Pengobatan Tahi Lalat

Sebagian besar tahi lalat yang ada pada tubuh sebenarnya sangat tidak perlu mendapatkan penanganan medis. Pengobatan hanya diperlukan jika tahi lalat mengganggu penampilan dan kenyamanan, atau bersifat kanker.
Tahi lalat yang hanya mengganggu penampilan dan kenyamanan biasanya cukup ditangani dengan bedah kecil. Dalam hal ini, dokter akan mengangkat tahi lalat Anda hingga rata dengan permukaan kulit, lalu menutup luka tersebut dengan teknik cauterisation menggunakan energi panas.

Sedangkan pada kasus tahi lalat kanker (melanoma), pengobatan akan disesuaikan dengan tingkat keparahan kondisi.

Kenapa bintik hitam di tubuh disebut "Tahi Lalat"

Dibalik kepercayaan manusia terhadap Tahi lalat dari zaman dahulu hingga sekarang.


1. Zaman Yunani Kuno

Orang Yunani kuno percaya bahwa tahi lalat dan tanda lahir dapat memprediksi nasib seseorang. Bahkan, Melampus, juru tulis Raja Ptolemeus I, menulis traktat perkiraan nasib seseorang secara keseluruhan berdasarkan letak tahi lalat. Rupanya, tahi lalat di pipi berarti kekayaan masa depan yang besar. Sementara, mereka yang memiliki tanda lahir di bagian belakang tenggorokan hidupnya akan berakhir dipenggal.

2. Kekaisaran China

Dalam pengobatan China klasik, ada sebuah tradisi moleomancy, yaitu ramalan berdasarkan tahi lalat dan tanda lahir. Nasib baik atau buruk bisa dilihat dari tanda khusus ditentukan dari sembilan titik di wajah, yang merupakan titik kemakmuran. Termasuk juga ukuran dan warna tanda lahir. Tahi lalat paling mudah dilihat dan dianggap sebagai peringatan atau pengingat nasib dan keberuntungan.

3. Romawi kuno

Bagi masyarakat romawi kuno, kulit mulus tanpa cacat adalah simbol kecantikan. Tahi lalat, bintik-bintik, dan tanda lahir dianggap sebagai masalah. Karena itu, wanita Romawi berusaha untuk menghapus atau memudarkan menggunakan abu yang terbuat dari siput.

4. Era Renaissance

Orang-orang di zaman Renaissance memiliki ide yang terbilang aneh seputar tahi lalat. Salah satunya adalah Quack Richard Sanders yang menciptakan 'sistem' yang ia klaim dapat digunakan untuk mencari tahu orang-orang yang memiliki tanda lahir yang sama.
Saat itu, tanda lahir diyakini dapat menggambarkan kepribadian. Jadi, jika Anda dapat menemukan letak tahi lalat dan tanda lahir seseorang, maka bisa diketahui apakah kelak ia akan jadi suami, teman atau mungkin mitra bisnis yang baik atau tidak.

5. Abad ke-18

Pada abad ke-18, mouches yang artinya terbang, merupakan 'noda' yang jadi tren di kalangan wanita. Noda yang dibuat pada wajah ini seperti tanda kecantikan dan sangat populer di kalangan wanita Eropa Barat. Begitu banyak para desainer mulai mengembangkannya. Bahkan ada yang membuat ukuran besar dan mouches terlihat seperti seseorang yang ditarik oleh empat ekor kuda.

6. Era Victoria

Pada era Victoria berkembang frenologi, atau 'ilmu' yang menganalisis kepala seseorang untuk mengetahui kepribadian, kecerdasan, dan karakter secara keseluruhan. Bahkan ada moleoscopy, sub-genre khusus yang diklaim mampu mengidentifikasi ciri-ciri karakter berdasarkan letak tahi lalat. Misalnya, jika ada tanda lahir atau tahi lalat di sisi kanan dahi mereka dianggap sangat cerdas dan kompeten. Jika tahi lalat ada di sisi kiri dahi, mungkin Anda tipe orang yang boros.

7. Era 1950an

Pada era 1950an, tahi lalat dianggap sebagai simbol seksualitas. Seperti Marilyn Monroe, ia memiliki tahi lalat besar di bagian sebelah kiri dekat dengan bibirnya. Lalu, Madonna dan Cindy Crawford juga memiliki tahi lalat dekat bibir. Dulu, tahi lalat dekat bibir dianggap penanda seseorang yang memiliki sensualitas tinggi.

Referensi

sumber

oh begitu banyak bener mitos tahi lalat....
Calon hate nih.. liat tahi kutu
untung tai lalat. coba kalo tai brontosaurus
Karena bentuknya kecil2 & warnanya dari jauh item2 kyk lalat atau lalat buah.
Coba kl bentuknya gede2 & warnanya ijo kekuningan, ntar disebutnya tai kuda. emoticon-Ngakak
tai lalatx
Bawah ane mungkin tau kenapa dinamakan tahi lalat. Bukan tahi tirex emoticon-Ngakak (S)
Kalo bintik merah namanya bisul bray emoticon-Cape d...
Konon katanya rata2 para pemilik tahi lalat adalah orang yg mudah bersyukur gan emoticon-Cool
syukur2 cuman tahi lalat, bukan tahi kebo emoticon-Entahlah
Taik aja di permasalahin
atas ane tai lalatnya penuh sebadan emoticon-Leh Uga
Kalo tai gajah gede dung tainya emoticon-Leh Uga
mungkin karena kecil dan imut emoticon-Malu (S) . jd disebut tahi lalat..

klo yg bawah ane, tai nya gede,bau,mencret,blobor kemane maneemoticon-Big Grin soalnya demen makan beling dia emoticon-Ngakak
Kalo tai kebo nutupin seluruh muka donk yah???
emoticon-Leh Uga
Hmm Ane ada juga tahi lalat

Karena penasaran dengan tai lalat
Orang jaman dulu bikin mitos tainya nempel dikulit bre emoticon-Leh Uga

Kenapa bintik hitam di tubuh disebut "Tahi Lalat"
lalatnya kurang ajar nih.
tubuh orang ditaikin.
hmmmmm....
klo mo boker di jamban dung jangan disembarang tempat apalagi di atas tubuhnya orang
emoticon-Mad (S)
kalo tahi naga bisa berabe bos
emoticon-Leh Uga
emoticon-Wow Kenapa juga disebut TAHI lalat ya breh, bukan lalat nemplok emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak
buset, jadi tau filosofi tahi lalat sekarang gua