News
Batal
KATEGORI
link has been copied
98
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/598d864aa09a39077a8b4569/ternyata-segini-modal-bisnis-sapi-kurban
Saat menjelang Idul Adha, mulai banyak masyarakat yang berburu hewan kurban, baik sapi maupun kambing. Larisnya permintaan tersebut dimanfaatkan pedagang hewan musiman
Lapor Hansip
11-08-2017 17:26

Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban

Past Hot Thread
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban


Jakarta - Saat menjelang Idul Adha, mulai banyak masyarakat yang berburu hewan kurban, baik sapi maupun kambing. Larisnya permintaan tersebut dimanfaatkan pedagang hewan musiman yang umumnya sudah membuka lapak 2 atau 3 minggu sebelum Lebaran.

Yanto, salah seorang di antaranya. Dirinya membangun kandang sementara dari terpal dan bambu di Jalan Raya Klender, Jakarta Timur. Menurutnya, modal berdagang sapi kurban sendiri sebenarnya cukup besar.

"Modalnya besar, taruhlah saya ada 100 ekor sekarang. Satu ekor sapinya Rp 20 juta. Berarti berapa tuh miliarnya," ujar Yanto kepada detikFinance, Jumat (11/8/2017).

Menurut dia, modal tersebut tentulah disesuaikan dengan jumlah dan berat sapi yang dijual. Semakin sedikit sapinya, tentu modalnya lebih kecil. Harga Rp 20 juta per ekor, menurutnya, adalah harga sapi pembelian yang memiliki berat kisaran 400 kg.

Menurut Yanto sapi yang dijual para pedagang musiman bisa merupakan sapi yang dibeli dari pasar hewan, atau membelinya langsung dari peternak.

"Belinya dari banyak daerah. Carinya di Jawa Timur dan Jawa Tengah, Malang, Banjarnegara, Cilacap, Magetan. Banyaklah," ujar Yanto.

Selain perlu modal besar untuk memborong sapi, pedagang hewan kurban musiman juga perlu menyediakan sewa tempat, dan biaya pakan selama kurang lebih 2 atau 3 pekan tergantung lama waktu membuka kandang.

"Itu juga perlu beli rumput. Dapatnya susah sampai Karawang. Harga rumput saya enggak hitung berapa. Karena ada yang urusin semua. Belum sewa tempat juga kita sekarang agak susah," ujar Yanto yang enggan menyebut tarif sewa lahan di Klender yang luasnya seperempat lapangan sepak bola untuk 100 ekor sapinya.

"Kalau modal kan relatif. Susah hitungnya tepatnya kalau sapinya beda-beda juga harganya dari peternak. Taruhlah satu sapi Rp 20 juta," imbuhnya.

Dia menuturkan, sapi-sapi tersebut rata-rata selalu habis saat jatuh Idul Adha.

"Kalau sapi setiap tahun hampir pasti habis. Kalau pun tidak habis paling 2 ekor atau 3 ekor. Biasanya tak jual dengan harga diskon," ungkap Yanto. (idr/hns)

Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban

Jakarta - Meski Idul Adha masih sekitar 3 pekan lagi, beberapa pedagang hewan kurban sudah mulai membuka kandang di sudut Jakarta. Seperti di Jalan Raya Klender, Jakarta Timur. Pedagang hewan musiman tersebut tersebar di beberapa tanah kosong dari Cipinang hingga Pondok Kopi.

Yanto, salah seorang pedagang hewan kurban di Klender mengatakan, ini merupakan hari pertamanya memulai berjualan sapi jelang Idul Adha tahun ini. Sapi-sapi yang berjumlah 100 ekor, ditempatkan ditempatkan di kandang sementara yang terbuat daru terpal plastik dan bambu.

Yanto mengaku menjual sapi di kisaran harga dari yang termurah seharga Rp 16,5 juta untuk bobot sekitar 300 kg, dan yang termahal yakni Rp 45 juta dengan berat sapi di atas 400 kg.

Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
Sapi kurban Foto: Muhammad Idris/detikFinance


"Paling murah itu ya saya jual Rp 16,5 juta itu paling kecil, jenisnya bisa sapi Bali atau sapi Madura. Kalau yang paling mahal itu Limosin, saya jualnya Rp 45 juta. Beratnya kalau Limosin rata-rata di atas 400 kg. Saya kurang tahu persis kalau berat persisnya, kelihatan kok harga dari ukuran saja," jelas Yanto.

Menurut Yanto, harga sapi sekarang naik sekitar Rp 1 juta dibandingkan tahun lalu.

"Ya sampai naiknya kira-kira Rp 1 juta per ekor, kalau saya malah banyak yang enggak sampai Rp 1 juta per ekornya. Tahun ini enggak banyak naiknya, kalau dulu-dulu bisa di atas (Rp 1 juta)," terang Yanto .

Yanto membawa 100 ekor sapi dari berbagai jenis seperti Sapi Madura, Sapi Bali, dan Sapi Limousin. Saat ini, baru sekitar 30 sapi yang baru datang, dirinya pun masih sibuk memasang tenda terpal untuk kandang sapi-sapinya tersebut.

Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
Sapi Idul Adha Foto: Muhammad Idris/detikFinance

Menurutnya, para pembeli hewan kurban sendiri umumnya menyukai sapi yang harganya dijual kisaran Rp 25 juta. Beberapa pembeli yang memesan dalam jumlah banyak biasanya berasal dari pengurus Masjid.

Harga kambing

Sementara itu, Andi, pedagang lainnya mengaku permintaan hewan kurban paling tinggi pada seminggu sebelum Idul Adha. Saat ini, pencari hewan kurban masih terbilang sepi.

"Ini belum ramai. Nanti pas seminggu baru mulai pada cari. Kayak panitia kurban masjid carinya seminggu sebelum (Lebaran). Kalau kambing saja sudah lebih dari 20 sehari nanti. Sekarang masih sepi, paling satu dua orang yang beli," tutur Andi.

Sementara untuk harga kambing dibanderolnya seharga Rp 1,4 juta sampai yang termahal Rp 16 juta per ekor. Kambing-kambingnya tersebut didatangkannya dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

Tahun ini harga kambing naik antara Rp 200.000-Rp 500.000/ekor.

"Itu kalau yang kecil harganya Rp 1,4 juta. Beratnya sekitar 25 kg. Yang mahal itu kambing jenis etawa itu di saya bisa Rp 16 juta. Tapi memang besar sih, kebetulan tidak di kandang ini, tapi di kandang satunya lagi," ujar Andi. (idr/hns)

Bentar lagi Idul Adha, enak nih buat anak kos bisa makan daging lagi emoticon-Ngakak

Sumber
Sumber
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
11-08-2017 17:31
Alhamdulillah, semoga kaskuser muslim Bp raya bisa berkurban semua di Idul Adha iniemoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
11-08-2017 17:34
Quote:Original Posted By satriagujis
Alhamdulillah, semoga kaskuser muslim Bp raya bisa berkurban semua di Idul Adha iniemoticon-I Love Indonesia


amin emoticon-2 Jempol
0 0
0
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
11-08-2017 17:35
Pantesan kaya2
0 0
0
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
11-08-2017 17:41
sesuai lah harga segitu d jakarta
0 0
0
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
11-08-2017 17:46
Untung hewan qurban ga kena pajak

Jd ga mahal" banget harganya emoticon-Ngacir
0 0
0
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
11-08-2017 17:48
sapi emang mahal gan.
0 0
0
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
11-08-2017 17:54
Qurbanin nasbung2 yg goblok aja biar makin damai negara ini. Kalo nastak diekspor aja ke singapur. Biar negara dapat devisa sektor nonmigas
0 0
0
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
11-08-2017 17:55
Mana ada pedagang langsung bayar cash ke peternak emoticon-Big Grin
Setau ane paling peternak di DP 5jt buat sapi seekor, tar sisanya dibayar setelah idul adha.
Dan ga ada pedagang kurban rugi, walaupun dagangan nyisa paling dijual kiloan ke jagal, itu juga itungan impas emoticon-Big Grin
0 0
0
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
11-08-2017 18:03
jualanya jangan bikin kotor trotoar ya...
0 0
0
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
11-08-2017 18:05
kasihan

ketika hidup, disuruh membajak sawah
diperah susunya

kemudian dibunuh

sapi kalo hendak disembelih, keluar air mata loh
0 0
0
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
11-08-2017 18:33
Quote:Original Posted By nurul.arifin
kasihan

ketika hidup, disuruh membajak sawah
diperah susunya

kemudian dibunuh

sapi kalo hendak disembelih, keluar air mata loh


Ya gmn lagi bre, emg udah kodratnya sebagai hewan ternak buat dikonsumsi dan dimanfaatkan emoticon-Big Grin
Diubah oleh mosalah11
0 0
0
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
13-08-2017 16:41
Hmm mau jual sapi ah
0 0
0
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
14-08-2017 12:27
Kalo sudah musimnya, bisa lah meraup keuntungan besar...
0 0
0
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
14-08-2017 12:28
bisnis yang menggiurkan
0 0
0
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
14-08-2017 12:33
wah mahal amat yah

tapi kalo di mari masih mending sih.
0 0
0
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
14-08-2017 12:34
mayanlah bisnisnya tapi kalo ga diniati yah udh lepas
0 0
0
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
14-08-2017 12:35
Quote:Original Posted By nurul.arifin
kasihan

ketika hidup, disuruh membajak sawah
diperah susunya

kemudian dibunuh

sapi kalo hendak disembelih, keluar air mata loh


ayam ama lele juga nangis loh kalo mau dibikin pecel
0 0
0
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
14-08-2017 12:36
pejwan?
0 0
0
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
14-08-2017 12:39
gembok
0 0
0
Ternyata Segini Modal Bisnis Sapi Kurban
14-08-2017 12:41
Harga daging sapi mahal
0 0
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia