alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
1.67 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/593ab0cac1d77029518b4569/masyarakat-sipil-teken-petisi-tolak-tni-masuk-ruu-terorisme
Lapor Hansip
09-06-2017 21:29
Masyarakat Sipil Teken Petisi Tolak TNI Masuk RUU Terorisme
Nasional
Jumat, 09/06/2017 20:30
Masyarakat Sipil Teken Petisi Tolak TNI Masuk RUU Terorisme
Reporter: Tiara Sutari , CNN Indonesia
Sebarkan:

Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Koalisi Masyarakat Sipil mengajukan petisi penolakan terhadap rencana pelibatan militer dalam revisi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Petisi itu ditandatangani oleh 140 masyarakat sipil dan juga 28 organisasi masyarakat sipil di Indonesia.

Koalisi masyarakat sipil menolak pelibatan Tentara Nasional Indonesia lantara menganggap peran militer dalam menangani terorisme sudah diatur dalam UU No. 34 Tahun 2004 tentang TNI.

"Kami memandang alangkah lebih baik jika pelibatan TNI dalam penanganan terorisme cukup mengacu pada Undang-Undang TNI saja," kata anggota Presidium Jaringan Solidaritas Korban Untuk Keadilan (JSKK), Sumarsih di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (9/6).
Lihat juga:
Polri Siap Bagi Tugas dengan TNI untuk Berantas Teroris
Pada Pasal 7 ayat 2 dan ayat 3 UU TNI disebutkan, tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan: (b) Operasi militer selain perang, yaitu untuk, (3) mengatasi aksi terorisme; ayat (3) Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dilaksanakan berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara.

"Kalau dilihat dari pasal itu, Presiden kan sudah memiliki otoritas dan landasan hukum untuk melibatkan militer di ranah terorisme, jadi tidak usah dilibatkan lagi dan dimasukan secara khusus ke Undang-Undang Terorisme," kata dia.
Lihat juga:
Tangani Terorisme, TNI Harus Tunduk Peradilan Umum
Menurut Sumarsih, pelibatan militer untuk membantu aparat kepolisian dalam mengatasi terorisme harusnya hanya bersifat membantu saja. Bahkan kata dia, pelibatan ini pun sifatnya hanya sementara.

"Dengan kata lain, pelibatan militer itu merupakan last resort yang dapat digunakan Presiden jika seluruh komponen pemerintah lainnya khususnya kepolisian sudah tidak dapat lagi mengatasi aksi terorisme," kata dia.
Lihat juga:
BNPT Jadi Ujung Tombak Penanggulangan Terorisme
Sumarsih mengatakan, daripada memaksakan kehendak dengan memasukan militer dalam Undang-Undang Terorisme, sebaiknya DPR dan Pemerintah segera membentuk aturan tentang tugas dan bantuan militer untuk membantu pihak kepolisian saat suasana genting, salah satunya menangani aksi kejahatan berbasis teror.

"Untuk apa ribut-ribut memaksa (TNI) masuk dan memberi wewenang secara utuh, kenapa tidak buat saja aturan pasti terkait TNI yang boleh bantu pihak Polri, misal suasana bagaimana, ukuran kegentingan, jadi tidak akan berebut lahan kerjaan," kata Sumarsih.
http://m.cnnindonesia.com/nasional/20170609202413-12-220729/masyarakat-sipil-teken-petisi-tolak-tni-masuk-ruu-terorisme/

{==========}

Mestinya yang protes para teroris....lha ini kok malah sipil?

emoticon-Hammer2
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 6
09-06-2017 21:55
bronis juga sipil emoticon-Ngakak
bravo TNI emoticon-army
0
09-06-2017 21:57
Yang kontra biasanya sih pro teroris. Kalau gak ya terlalu kolot dengan undang-undang (persis bigot yang fanatik sama ayat). Kalau keduanya bukan, ya berarti cuma ikut-ikutan. emoticon-Big Grin
0
09-06-2017 21:57
Quote:Original Posted By n4z1
Setuju gw kalau TNI masuk ikut hancurin teroris.

Biar cepet!

emoticon-Recommended Seller


Ada puh kesatuan khususnya.. bahkan ada yg spesifik teror... Sat GulTor 81 dari kopasus... pasti terlibat lah ini TNI.
0
09-06-2017 21:57
Quote:Original Posted By gulungantikar
kasihan juga nih ane sama TNI . sejak era reformasi.. kok nggak pernah diberi peran apa-apa dalam membangun dan mengamankan negara ini,
Serasa jadi anak tiri di negara sendiri.emoticon-Embarrassment

soalnya brownies ngerasa diinjek2 pas di ABRI emoticon-Big Grin
0
09-06-2017 21:59
Quote:Original Posted By johanbaikatos


Ada puh kesatuan khususnya.. bahkan ada yg spesifik teror... Sat GulTor 81 dari kopasus... pasti terlibat lah ini TNI.


Nah kan? Sat Gultor udah jelas2 buat hantam teroris?

Apa lagi yang nahan2?
0
09-06-2017 21:59
Quote:Original Posted By bowobutoijo
Yang kontra biasanya sih pro teroris. Kalau gak ya terlalu kolot dengan undang-undang (persis bigot yang fanatik sama ayat). Kalau keduanya bukan, ya berarti cuma ikut-ikutan. emoticon-Big Grin


yg terlalu kolot pasti dukung2 aja toh
Itu kalo hidup zaman orba
0
09-06-2017 22:01
Harus bisa bedain ya masy sama masy yang itu emoticon-Embarrassment
0
09-06-2017 22:01
masyarakat sipil yang mana?

binaan mereka yang ga mau kuenya terbagi ya?

emoticon-Ngakak
0
09-06-2017 22:04
paling kerjaan polkis nih, biar lobsternya kagak di bagi2. atau bisa ketauan nnti siapa pencipta teroris sbenernya klo TNI gabung. wkwkwk
emoticon-Ngakak
0
09-06-2017 22:08
Quote:Original Posted By n4z1
Nah kan? Sat Gultor udah jelas2 buat hantam teroris?

Apa lagi yang nahan2?


ya itu Puh, agak susah saya bilangnya disini... yg pasti ada yg merasa tumpang tindih dengan kewenangan TNI, ada yang bilang sebetulnya sudah jadi 1 dengan kewenangan presiden, puh, banhak pihak sih yang bicara. Tapi satu Puh, Indonesia butuj UU sekelas National Security Act.
0
09-06-2017 22:09
Quote:Original Posted By siebensunde


Si Gatot bentar lagi pensiun, tenang aja .. gak bakal kedengaran lagi namanya setahun mendatang.

Pasti masih kedengaran gan. Dia itu lagi tebar pesona ke nasbung dongok emoticon-DP. Liat aja komentarnya. Di Rosi dia denial kalau DI/TII yang ingin mendirikan khilafah itu BAJINGAN. Setelah didesak rosi baru ngaku kalau DI/TII emang bajingan emoticon-Ngakak. Sama komentar terbarunya. Bilang orang luar kagum dengan aksi bela islam. Ehh gw nggak pernah nemu berita luar tentang hal positif bela islam emoticon-Leh Uga. Dia mau masuk politik emoticon-DP
0
09-06-2017 22:10
pantek .... pasti bibit" teroris semua tuh ....

udah jelas yg hasilnya bagus TNI ,,,, masih aja pengen sama polkis buang" uang aja cooook

emoticon-fuck
0
09-06-2017 22:12
gue cuma ngasih tau, tu petisi kayak angin kentut, bau doank wkwkwkw
Diubah oleh disuruh.mikir
0
09-06-2017 22:12
Quote:Original Posted By gulungantikar
kasihan juga nih ane sama TNI . sejak era reformasi.. kok nggak pernah diberi peran apa-apa dalam membangun dan mengamankan negara ini,
Serasa jadi anak tiri di negara sendiri.emoticon-Embarrassment


karna 32th negara kita dikuasai wareng ijo.mulai dari mentri jaksa agung,hakim agung,dhewan,gubernur bupati,sampe lurah pun "dibina" babinsa. emoticon-Ngakak
0
09-06-2017 22:15
Bener tuh, TNI harusnya ikut dilibatkan buat ngatasin terorisme/radikalisme. Paling gak di bagian intelejen lah
0
09-06-2017 22:16
sipil jurusan kuliahan gw gan..

kita bikin gedung kaga bikin petisi2an
emoticon-Ngakak
0
09-06-2017 22:17
Coba lihat di UK pas terror jembatan kemarin, gak cuma polisi yg turun, SAS ikutan turun, sama jg dgn teror di paris 2015, GIGN ikutan turun, bukan hal yg aneh klo militer turun dlm pemberantasan teroris, kan sdh terlaksana di operasi tinombala yg dimulai awal tahun lalu, hasilnya sukses besar, yg aneh itu orang2 yg menentang militer turut serta dlm usaha pemberantasan teroris, saat ada bom meledak dan jatuh korban jiwa polisi dibully, giliran mau dibantuin militer malah pada gak setuju emoticon-Big Grin
0
09-06-2017 22:17
mau polisi atau tentara, yang jelas teroris haruslah diberantas! jangan persulit penumpasan teroris!
aparat tolong awasi orang-orang yang neken petisi ini, patut dicurigai mereka terafiliasi dengan jaringan teroris
0
09-06-2017 22:18
pasti ulah nastak dan polisi2 yg g demen sama gatot. diliat dr komen2nya udah diatas udah jelas.
0
09-06-2017 22:25
gara" si kere hore anjing garis keras ribut 1 negara
0
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.