alexa-tracking
KASKUS ×
Get the App View in App
KATEGORI N icon-buat-post BUAT POST
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f9ad281a9975e72a8b4574/maria-walanda-pejuang-emansipasi-perempuan-dari-timur-indonesia

Maria Walanda, Pejuang Emansipasi Perempuan dari Timur IndonesiaPast Hot Thread

Selamat Hari Kartini!

emoticon-Maaf Aganwati

Perjuangan emansipasi perempuan ternyata bukan hanya digeluti oleh RA Kartini. Jauh di Minahasa, Sulawesi Utara, ada Maria Walanda Maramis yang mendorong kesadaran perempuan untuk berorganisasi. Meski ia mengakui bahwa ia terinspirasi oleh Kartini, tapi ia menolak disebut Kartini-nya Minahasa.

Maria Walanda, Pejuang Emansipasi Perempuan dari Timur Indonesia
Lahir di Kema, Sulawesi Utara pada 1 Desember 1872, adik dari A. A. Maramis (Menteri Keuangan RI di awal kemerdekaan) ini hanya bersekolah hingga sekolah dasar di Sekolah Melayu Maumbi.

Ternyata di Minahasa saat awal abad 20an, anak-anak perempuan nggak boleh lanjut sekolah setelah lulus SD. Mereka wajib tinggal di rumah, ngerjain pekerjaan "khas perempuan" sambil nunggu dilamar laki-laki pilihan orang tua. Maria pun tergerak, menurutnya perempuan harus dapat pendidikan yang layak dan baik, bahkan setinggi mungkin meski tetap ngehormatin adat dan kebiasaan.

Meski hanya mendapat pendidikan hingga tingkat SD, pergaulan dengan teman-teman Belanda membuat Maria memiliki wawasan yang luas. Maria berteman dengan seorang pendeta bernama Ten Hove serta kalangan elit Belanda lainnya. Melalui pertemanan tersebut, Maria mulai bercita-cita memajukan taraf hidup wanita di Sulawesi Utara.

Maria Walanda, Pejuang Emansipasi Perempuan dari Timur Indonesia

Waktu umurnya 18 tahun, Maria menikah dengan guru SD di Manado bernama Yoseph Frederik Calsung Walanda. Dia mulai menulis tentang isi pikirannya ke surat kabar Tjahaja Siang tentang pentingnya pendidikan untuk perempuan sehingga bisa jadi istri sekaligus ibu yang lebih baik juga buat keluarga.

Mulai dari mendirikan organisasi Percintaan Ibu Kepada Anak Temurunnya (PIKAT) sampai mendirikan sekolah gratis untuk anak perempuan bernama Huishound School Pikat, juga Sekolah Kejuruan Putri lengkap dengan asramanya. Organisasi ini mengajarkan keterampilan dasar bagi para wanita seperti cara merawat bayi, beberapa jenis pekerjaan tangan, teknik memasak, merapikan rumah, menjahit, dan sejumlah keterampilan lainnya

Maria Walanda, Pejuang Emansipasi Perempuan dari Timur Indonesia

Perjuangannya berhasil sampai pada tahun 1921, perempuan berhak memberikan suaranya dalam pemilihan anggota parlemen lokal Minahasa Raad. Perjuangan Maria untuk memperoleh hak di bidang politik bahkan dampaknya lebih besar. Kaum perempuan dapat dipilih jadi anggota di badan perwakilan rakyat saat itu, termasuk Minahasa Raad, Locale Raad dan Gemeentse Raad.

Maria Walanda, Pejuang Emansipasi Perempuan dari Timur Indonesia

22 April 1924, Maria meninggal dunia di usia 51 tahun. Namanya selalu harum di masyarakat Minahasa yang selalu menggelar peringatan setiap tanggal kelahiran Maria, 1 Desember. Sama kayak Kartini, Maria Walanda Maramis juga diberi gelar pahlawan nasional oleh pemerintah.


Sumur - Sumur
Hmm...

Maria Walanda, Pejuang Emansipasi Perempuan dari Timur Indonesia
Setelah ditela'ah dg bijak disertai budi pekerti yg luhur serta rasa tepo seliro yg berkepanjangan...
banyak pahlawan wanita, tapi yang paling eksis Kartini ya?
setelah baca trit pahlawan wanita keknya perjuangan RA Kartini kok paling gak greget ya?
bener gak sih?emoticon-Bingung
gue malah kagak kenal brur emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By cctvkamarmandi
setelah baca trit pahlawan wanita keknya perjuangan RA Kartini kok paling gak greget ya?
bener gak sih?emoticon-Bingung


Memang benar.
RA kartini terkesan "dikarbit"
Padahal perjuangan RA kartini cuman begitu aja, toh cuman memperjuangkan wanita jawa. Jawanya juga gak semua jawa.
Memang banyak kok yg bilang kartini "dikarbit"

eneng lauren gimana bre? bisa dikatakan pejuang wanita? emoticon-Cool emoticon-Cool
Ini dia wanita hebat, wanita dermawan
emoticon-Matabelo
Maria Walanda, Pejuang Emansipasi Perempuan dari Timur Indonesia
baru tau ini emoticon-Smilie
Maria Walanda, Pejuang Emansipasi Perempuan dari Timur Indonesia

emoticon-Selamat
dulu ma banyak pahlawan perempuan nya, sekarang aja nya perempuan nya sok semua nya
ya kan gan^^
teman ane nih
jadi kangen sm dia
beru tau tokoh yang satu ini emoticon-Embarrassment
sosok wanita yg br'wawasan luasemoticon-I Love Indonesia
Mantep bre
Ternyata ada lagi tokoh wanita yang amat menginspirasi selain bu kartini emoticon-Belo
baru tau nih bre
Quote:Original Posted By dtvaganza
Ternyata ada lagi tokoh wanita yang amat menginspirasi selain bu kartini emoticon-Belo

Ia bre baru tau jg nih
Quote:Original Posted By kartini
teman ane nih
jadi kangen sm dia

Ada ibu kita kartini nih emoticon-Selamat
Kira2, wanita lain, selain Kartini dan Maria, pada zaman itu pemikirannya gimana yaa gan?

Entah ada yang memang sama sepemikiran Kartini dan Maria, wanita itu ada hak juga utk melanjutkan pendidikan tanpa dia di rumah.

Atau ada beberapa juga setelah tamat SD, udah bodo amat. Artinya gak kepikiran sama depan.

Ane rasa sih keduanya ada salah satu emoticon-Cool
Cihuy... emoticon-Leh Uga

Manusia yang lain silahkan buka lembaran baru...
Maria Walanda, Pejuang Emansipasi Perempuan dari Timur Indonesia