Masuk KASKUS

atau masuk dengan

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f9738896bde600368b4568/mengapa-jakarta-berpaling-dari-ahok

Mengapa Jakarta Berpaling dari Ahok?

Mengapa Jakarta Berpaling dari Ahok?

Koran Sulindo – Hal pertama yang bisa menjadi pelajaran dari hasil Pilkada DKI Jakarta adalah latar belakang etnis dan agama kandidat masih berpengaruh besar pada pemilih pada bagian terbesar penduduk ibu kota.

Sekitar 1 tahun lalu, kelompok muslim garis keras sudah melayangkan penolakan pada Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) yang Cina Kristen itu memenangkan Pilkada.

Memang, ada beberapa isu lain yang menyerang Ahok, misalnya korupsi di Rumah Sakit Sumber Waras, atau kebijakannya yang keras menggusur kawasan kumuh di sekitar bantaran kali yang dihuni orang-orang miskin kota. Namun, tak ada yang bisa mengundang kepedulian banyak orang di kota yang mayoritas penduduknya beragama Islam itu selain isu agama.

Ingatlah, unjuk rasa dengan jumlah orang yang banyak, baru terjadi setelah tuduhan orang Belitung Timur Provinsi Bangka itu sebagai penista agama tersebar di dunia maya. Status di media sosial dan meme yang melabeli Ahok sebagai “Penista Agama” terus berkembang tak bisa dihentikan.

Imaji Ahok, seorang Cina non muslim yang menista agama mayoritas menimbulkan dampak signifikan pada keputusan para pemilih.

Akhirnya terjadilah. Pada hitung cepat hasil Pilkada Rabu (19/4) sore, mungkin mengejutkan bagi banyak orang, pasangan Ahok-Djarot Saiful Hidayat hanya mendapat 43 persen suara, bahkan turun dari capaian putaran pertama lalu. Pesaingnya, Anies Baswedan-Sandiaga Uno memenangkan pertarungan dengan 57 persen.

Banyak yang tak menduga perolehan suara dua pasang kandidat itu begitu jauh.

“Fakta bahwa isu etnik dan agama adalah faktor utama yang mepengaruhi pilihan warga metropolitan Jakarta mengkhawatirkan. Fakta ini mungkin memberi inspirasi pada politisi memakai isu itu sebagai alat politik, tak peduli dampak sosial pada kerukunan masyarakat Indonesia,” kata Dr Johanes Herlijanto, yang sekarang sedang studi di Indonesia Study Programme pada ISEAS Yusof Ishak Institute di Singapura, dalam tulisannya di channelnewsasia.com.

Dalam kasus ini, polarisasi dari pertarungan brutal Pilkada Jakarta tak hanya membagi ibu kota menjadi muslin dan non muslim, tapi juga muslim garis keras dengan muslim moderat yang mendukung Ahok.

Pola politisasi agama yang terbukti sukses ini, mungkin akan makin sering dipertontonkan di perpolitikan Indonesia. [DAS]

Sumber : http://koransulindo.com/mengapa-jaka...ing-dari-ahok/
Muslim KTP kaleee
benar gan
jauh sebelum ahok dituduh menista agama
fpi dan banyak warga muslim sudah berulangkali mendemo dan menolak ahok bahkan sampai gubernur tandingan lahir

intinya sih warga muslim belum bisa menerima perbedaan
hmmm..
entah kenapa juga ya
Mereka butuh suasana baru emoticon-Leh Uga
mungkin butuh didikan baik
Mengapa Jakarta Berpaling dari Ahok?
Rakyat Jakarta adalah orang2 intelek dan berpendidikan tinggi,
tentulah mereka tahu mana yang terbaik buat mereka, menurut mereka sendiri yang punya hak pilih, bukan netizen dari daerah antah berantah sebagai penggembira, seperti saia

emoticon-I Love Indonesia
jangankan jakarta, lihat noh amerika bijimane yg katanya negara adidaya...emoticon-Stick Out Tongue
jakarta sudah memilih, pemilih ahok ya itu itu saja

putaran 1 42 %, putaran 2 42 %

ya udah gak ada beda, nastak kok nyolot gak terima

pergi sana jgn ganggu pemerintahan sekarang

emoticon-Ngakak (S)
intinya mah ahok digoyang "isu sara" ,,,
emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S)
karena ahok TIDAK pernah dipilih rakyat jakarta. yang dipilih adalah JOKOWI emoticon-Hammer2

Quote:Original Posted By 1945kitamerdeka
Mengapa Jakarta Berpaling dari Ahok?


sabar mbok....
akibat kena tanduk simbok :
Mengapa Jakarta Berpaling dari Ahok?

pathetic emoticon-Hammer2
Mengapa Jakarta Berpaling dari Ahok?
masih dalam suasana terguncyang ya ?
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Bagi sempaker, kakau Ngo Hok nggak jadi gubernur, itu artinya warga belum bisa menerima perbedaan.


emoticon-Ngakak
Politisasi Agama mmg paling cakep. Senggol dikit, yg ga sholat aja lgsg khatam Qur'an tiba2. emoticon-Hammer2
dari awal siapa suruh ahok dampingi jokowi

aneh,,yang ngajak ribut duluan siapa yang disalahin rakyat
Milih yang seagama dan satu ras itu wajarlah

Putaran pertama 42 s.d 43 %, kedua ya akan sama aja

Sisanya ya milihnya karena faktor agama dan ras saja

Yang penting bisa tidak gubernur terpilih menjalankan janjinya

Nanti juga kaum marjinal akan dilupakan, mereka cuma diingat ketika masuk masa pemilu
Quote:Original Posted By jakartanistan
benar gan
jauh sebelum ahok dituduh menista agama
fpi dan banyak warga muslim sudah berulangkali mendemo dan menolak ahok bahkan sampai gubernur tandingan lahir
intinya sih warga muslim belum bisa menerima perbedaan


njeenk kalo bacot pake dasar dong...emoticon-Angkat Beer
menurut gue bukan karena sentimen agama, atau karena ahox kristen ya soalnya di kota2 atau di daerah lain juga ada kepala daerah yang non muslim kok....
rakyat jakarta sebetulnya fine2 saja dengan ahox terbukti dengan popularitas dia yg diatas 70% namun ulah congornya yg bermain di "area sensisitif" itulah yg membuat para pemilih muslim yg notabene mayoritas di jakarta mulai ragu ( swing voters ) dan akhirnya dipolitisasi atau dimanfaatkan oleh para politikus2 yg berada di kubu sebelah....
bakal banyak pilkadut yg ngadopsi politisasi cem jakarta kayaknya nih ntar emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin