News
Batal
KATEGORI
link has been copied
22
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58f84791620881ea658b456a/ahok-dituntut-pidana-percobaan-ini-pengertiannya
Jakarta - Jaksa menuntut hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaan selama 2 tahun terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Gubernur DKI Jakarta itu dinilai melangar pasal 156 KUHP. Lalu apa yang dimaksud dengan hukuman pidana percobaan? Berdasarkan KUHP yang dikutip detikcom, Kamis (20/4/2017), hukuman pidana percobaan diatur dalam Pasal 14 a ayat 1 KUHP. Pasal itu berbunyi: Apabila hakim m
Lapor Hansip
20-04-2017 12:30

Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya


Jakarta - Jaksa menuntut hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaan selama 2 tahun terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Gubernur DKI Jakarta itu dinilai melangar pasal 156 KUHP. Lalu apa yang dimaksud dengan hukuman pidana percobaan?

Berdasarkan KUHP yang dikutip detikcom, Kamis (20/4/2017), hukuman pidana percobaan diatur dalam Pasal 14 a ayat 1 KUHP. Pasal itu berbunyi:

Apabila hakim menjatuhkan pidana paling lama satu tahun atau pidana kurungan, tidak termasuk pidana kurungan pengganti maka dalam putusannya hakim dapat memerintahkan pula bahwa pidana tidak usah dijalani, kecuali jika di kemudian hari ada putusan hakim yang menentukan lain, disebabkan karena si terpidana melakukan suatu tindak pidana sebelum masa percobaan yang ditentukan dalam perintah tersebut di atas habis, atau karena si terpidana selama masa percobaan tidak memenuhi syarat khusus yang mungkin ditentukan lain dalam perintah itu.

Secara singkat, pidana percobaan (voorwaardelijke) yaitu terdakwa Ahok tidak perlu menghuni penjara selama 1 tahun, asalkan dalam 2 tahun ke depan Ahok berkelakuan baik.

Lalu bagaimana mulai menghitung kapan dimulainya masa pidana percobaan?

"Masa percobaan dimulai pada saat putusan telah menjadi tetap dan telah diberitahukan kepada terpidana menurut cara yang ditentukan dalam undang-undang," ujar pasal 14 b ayat 3 KUHP.

Bagaimana bila dalam 2 tahun ke depan Ahok berbuat pidana? Maka Ahok langsung dipenjara selama 1 tahun ditambah hukuman atas pidana yang baru dibuatnya. Ahli hukum R Soesilo menyebutkan:

Hukuman itu tidak usah dijalankan, kecuali jika kemudian ternyata terhukum sebelum masa percobaan berbuat peristiwa pidana atau melanggar perjanjian yang diadakan oleh hakim kepadanya, jadi putusan penjatuhan hukuman tetap ada, hanya pelaksanaan hukuman itu tidak dilakukan.

Kini tuntutan telah diajukan jaksa. Tapi yang menentukan vonis ada di palu hakim.

https://news.detik.com/berita/d-3479...-pengertiannya

Masih nunggu pledoi, replik, duplik, baru deh ketok palu. Kira2 dalam 2 tahun AHOX bisa berubah kah? Semoga PILKADA dan kasus ini membuat orang ini berubah dan banyak belajar mengatur ucapan emoticon-Wink
Diubah oleh Rocketman133
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 12:34
ringan ya, ada apa?emoticon-Embarrassment
0 0
0
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 12:36
Quote:Original Posted By .Xbot.
ringan ya, ada apa?emoticon-Embarrassment


"TIDAK ADIL! KEBERPIHAKAN!! KEBAL HUKUM!!!"
Udh dikasih menang jg si bibib g akan puas sampa ahok dipancung emoticon-Big Grin
0 0
0
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 12:42
Quote:Original Posted By .Xbot.
ringan ya, ada apa?emoticon-Embarrassment


ya jelas lah ringan...

orang saksi kalian abal2...

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
0 0
0
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 12:43
berarti ahok tdk dipenjara selama 1th asalkan 2th kedepan berkelakuan baik tidak melanggar hukum ??

0 0
0
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 12:47
harus jadi basuki nih biar gag kna masalah lagi
ahoknya dipensiunin dulu
0 0
0
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 12:50
Yaudahlah..jelas ini kasus politik
Banyak penista2 lain dibiarinin aja, ahok doang yg diblow up
0 0
0
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 12:57
biasanya ketok palu cuma 2/3 tuntutan yg dikabulkan... cmiiw emoticon-Malu
0 0
0
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 12:58
syarat berlaku gan, kalo dia melanggar lagi malah makin parah nanti hukumannya
0 0
0
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 13:00
Lawong 2 tahun kedepan nganggur si ahok .tinggal anteng aja maen ama anak nya jd kelewat wkwkkw .2019 muncul lg wkwkkw
0 0
0
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 13:01
Mungkin saatnya ahok harus berubah total dari cara bicaranya yg suka kebablasan emoticon-Shakehand2
0 0
0
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 13:03
Quote:Original Posted By .Xbot.
ringan ya, ada apa?emoticon-Embarrassment


Orang sebenarnya kaga bersalah di korbanin doang buat nyenengin sumbu pendek
0 0
0
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 13:03
tuh kan gw bilang juga apa emoticon-Embarrassment
0 0
0
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 13:04
Quote:Original Posted By dani.laksono
berarti ahok tdk dipenjara selama 1th asalkan 2th kedepan berkelakuan baik tidak melanggar hukum ??



Betul

Wong ini sidang lawakan aja kok
0 0
0
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 13:07
Quote:Original Posted By hydrocodone


Orang sebenarnya kaga bersalah di korbanin doang buat nyenengin sumbu pendek


bukan dikorbanin buat nyenengin, tapi dikorbanin biar pilkada kalah, yang menang kan si oke oce nih, pasti bakalan stop deh yang laporin si ahok ke polisi, soalnya uda ga ada kepentingan apa2 lagi.

terbukti kan cuma dituntut ringan doang...
coba klo pilkada kemaren si ahok menang, di tuntut hukuman mati kayanya emoticon-Ngakak
Diubah oleh Luminus
0 0
0
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 13:10
ntar juga bebas kok...
semua orang pun tahu, ini cuma permainan politik dengan mengunakan agama sebagai alat.
Diubah oleh yemmi75
0 0
0
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 13:11
Ringan gan....cb di pelajari..runtutan kejadianny
...dipahami peristiwa,dibaca alurny...ahok bebas,bs dia nyalon di tmpt lain,atau jadi org pntng di pemerintahan...bs kpk,jaksa agung,mendagri..
Lgiannn menang di dki ssh gan,disitu aga sibeye ama prabowoh...yg sm sm ngg suka ama megawati..tau sndirilah..sbnrny pilkada dki,sdh kelar ketika putaran pertama berakhir...sdh bs diliat sp pemenang pilkadany..
Diubah oleh konstols
0 0
0
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 13:12
mantab...... panjang jiwo


klo dah kelar 2 tahun ngejalanin dan bersikap dan berkelakuan baik boleh nyalon lagi ga????

emoticon-Shakehand2
0 0
0
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 13:16
Nunggu bibib skrg...tp kok udh ga ada beritanya ya?pdhl kasusnya ada 10 lbh tuh
0 0
0
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 13:16
Wew tukang riview op buat trid.
Udh gk laku kali ni sidang, udh kalah pemilu.
Ketok bebas mungkin saja
0 0
0
Ahok Dituntut Pidana Percobaan, Ini Pengertiannya
20-04-2017 13:24
rehat dulu aj...sambil ngeliatin Asu pusing di tuntut janji2 nyah...dan pusing bgm cara realisasikannya...

combo pusing deh...
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia