Masuk KASKUS

atau masuk dengan

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58c80b80d9d77005058b4567/batik-itu-proses-bukan-motif

Batik Itu Proses Bukan MotifPast Hot Thread

Spoiler for HT, thank you kaskuser
Batik Itu Proses Bukan Motif


Demen pake batik dan bangga memakai batik karena sudah mencerminkan cinta Indonesia. Apalagi kalau motif kemeja batiknya tuh unik, dan berkelas. Pertanyaannya ente beli di mana? Langsung di pengrajin atau toko batik yang udah punya nama atau justru di luar negeri? Tahu gak kalau batik yang paling nampol kalau ente beli langsung di pengrajin gan? Nape? Karena sebenernya batik tuh bukan motif, batik itu proses. Yups proses jiwa seni berbicara. Karena untuk membuat sebuah batik ada teknik pengerjaan yang cukup panjang

Spoiler for ngemplong

Ini nih tahap paling awal. Pertama-tama kain mori kudu dicuci dulu, tujuannya untuk menghilangkan kanji, dilanjut dengan pengeloyoran yaitu memasukkan kain mori ke minyak jarak/kacang yang sudah ada di dalam abu merang supaya kain jadi lemas, ini supaya daya serap lain terhadap zat warna lebih tinggi. Setelah itu kain diberi kanji lagi, dan dijemur, dan baru masuk proses pengemplongan yaitu kain mori dipalu untuk menghaluskan lapisan kain agar mudah dibatik
Spoiler for pic

Batik Itu Proses Bukan Motif

Spoiler for nyorek

Proses menjiplak pola di atas kain mori dengan cara meniru pola motif yang sudah ada. Proses ini awalnya dibuat di atas kertas roti lebih dulu, baru dijiplak sesuai pola di atas kain mori, menggunakan canting dan malam. Terkadang ada pembatik yang menambahkan motif lain di luar pola yang sudah ada.
Spoiler for pic

Batik Itu Proses Bukan Motif

Spoiler for ngiseni

Proses mengisi pola dengan berbagai macam bentuk, menambahkan isian di dalam pola yang sudah direngreng pada kain mori. Proses ini sama rumitnya dengan rengreng
Spoiler for pic

Batik Itu Proses Bukan Motif

Spoiler for nembok

Proses ini adalah proses menutupi bagian-bagian yang tidak boleh terkena warna dasar, dengan canting tembok
Spoiler for pic

Batik Itu Proses Bukan Motif

Spoiler for medel

Proses pencelupan kain yang sudah dibatik menggunakan pewarna secara berulang-ulang sehingga mendapatkan warna yang diinginkan.
Spoiler for pic

Batik Itu Proses Bukan Motif

Spoiler for ngerok

Menggunakan lempengan logam, mengerok malam pada kain secara hati-hati lalu dibilas dengan air bersih, baru diangin-anginkan
Spoiler for pic

Batik Itu Proses Bukan Motif

Spoiler for mbironi

Proses menutupi warna biru dan pola yang diiseni berupa cecek atau titik dengan malam. Ada juga yang menyebutnya proses ngrining, proses mengisi bagian yang belum diwarnai dengan motif tertentu, dilakukan setelah proses pewarnaan dilakukan.
Spoiler for pic

Batik Itu Proses Bukan Motif

Spoiler for menyoga

Menggunakan soga sejenis kayu untuk mendapatkan warna coklat, caranya dengan mencelupkan kain dalam campuran warna coklat
Spoiler for pic

Batik Itu Proses Bukan Motif

Spoiler for nglorod

Proses akhir dalam pembuatan selembar kain batik tulis atau batik cap yang menggunakan malam. DI tahap ini biasanya dilakukan oleh pekerja khusus pelorodan untuk melepaskan cairan malam. Dengan cara mencelupkan kain ke dalam air mendidih, setelah diangkat baru kain dibilas dengan air bersih dan diangin-anginkan sampai kering.
Spoiler for pic

Batik Itu Proses Bukan Motif


Ribet kan gan? Makanya ente termasuk ane sih mesti kudu banget hargain batik termasuk pengrajin. Jangan bangga cuma make doang, coba ente sesekali deh maen ke kampung batik. Atau nyoba salah satu prosesnya pasti ribet. Makanya satu lembar batik yang dibuat dengan proses ribet kayak di atas tuh harganya naudzubileh gan.

Tapi kalau ente ga mau pusing, mendingan beli aja produk sepatu handmade batik atau tas, dan fashion batik lain tapi inget gan jangan beli yang model print, karena ente sama aje gak hargain karya pengrajin. Usahakan beli batik tulis atau cap deh. Kalau duit ente banyak boleh beli tulis, kalau gak cukup minimal beli batik cap deh. Soalnya batik print itu yang produksi kebanyakan dari luar dan pake mesin cetak. Batik yang asli tuh gak menggunakan mesin tapi alat tenun bukan mesin alias ATBM

Spoiler for sumber

ulasannya bagus gan
ternyata prosesnya panjang ya
wah panjang nih prosesnya, beda ama batik cap
Quote:Original Posted By celanaman
ulasannya bagus gan
ternyata prosesnya panjang ya


ayo hatein mod trit bagus ini emoticon-I Love Indonesia
Iya pasti beda lah ama yang buatan pabrik
Harganya juga beda bry hehehe
Hmm batik itu proses ya, bukan hasilnya emoticon-Smilie
Post pertama gw di trit HaTe...
Yang mau traktir bilang...

:Cool

Btw klo motiv batik itu unik2 apalagi yang pake cantegan...
Judulnya bikin bingung
Bikin batik itu perlu proses yang lama
yang jelas batik tangan itu mahal emoticon-Nohope

Quote:
Mampir Gan:

emoticon-rainbow Euro Dan Copa America Akan Digelar Bersamaan emoticon-rainbow
emoticon-rainbow Disponsori Go-Jek, Liga 1 Akan Berganti Nama emoticon-rainbow
emoticon-rainbow MotoGP 2017: Jadwal Race & Daftar Nama Pembalap emoticon-rainbow
emoticon-rainbow Nikita Mirzani Lagi-lagi Tak Pakai Bra Saat Diperiksa Polisi emoticon-rainbow

proses batik nggak semudah yg dibayangin emoticon-2 Jempol
Bersyukur di kelilingi tetangga yang usaha batik. Jadi tambah tau.. Thanks atas info lebihnya..
batik bagus2 gan modelnya, budaya indonesia juga emoticon-Jempol

https://kask.us/inANo
Sing batik tulis regane mahal Gan
Kalo ane banyak duit, belinya ya pasti batik tulis
Batik yang sekarang dipake malahan batik 50rb an yang dijual pasar
emoticon-Ngakak
Oooh jd bgono to emoticon-Cendol Gan
I love batik emoticon-Big Kiss
Batik emang classy
Ane demen banget pake batik dari dulu.
Sebelum adanya Hari Batik Nasional, ane sering diledekin kl pake batik. Biasanya diledek dengan pertanyaan: "Mau kemana, pak RT?" atau "Abis dari kondangan ya?"
Ane cuek aja, lah wong beneran suka sama motif kain batik.

Setelah baca trit TS, ane baru tau kenapa kain batik tulis itu mahal. Proses pembuatannya ga mudah sih..

Btw, sampe saat ini ane blm punya kain batik tulis. Jujur aja: Belum kebeli. emoticon-Ngakak
makanya kalo yg asli tulis gt harganya mahal. kapan itu ane tanya jarik harganya 800an ke atas kalo yg tulis
Lah emang iya... Teruuus... emoticon-Big Grin
mantap gan emoticon-terimakasih
sipdahh, buat batik gak mudah ya gan .. emoticon-tempted emoticon-2 Jempol
-GEMBOK FOR PAGE ONE.