Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
3
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58b66ff09252336f068b456a/mendaki-kinabalu---sengsara-dan-serunya-part-1
Kalau misalnya ada ngajak untuk naik gunung Kinabalu, apa yang pertama melintas di pikiran? “Wuih keren!” “Hah? Kan tinggi banget, bisa nggak ya gw?” “Mau .. tapi…” “Lo yakin gw bisa?” kalo itu semua yang melintas di kepalamu.. TOSS! Sama dong. :ceyem Gimana nggak penuh keraguan, namanya saja WET TRAVELER, pastinya kami hampir selalu basah-basahan di laut, sepertidiving dan surfi
Lapor Hansip
01-03-2017 13:53

Mendaki Kinabalu - Sengsara dan Serunya part 1

Mendaki Kinabalu - Sengsara dan Serunya part 1

Kalau misalnya ada ngajak untuk naik gunung Kinabalu, apa yang pertama melintas di pikiran?

“Wuih keren!”

“Hah? Kan tinggi banget, bisa nggak ya gw?”

“Mau .. tapi…”

“Lo yakin gw bisa?”

kalo itu semua yang melintas di kepalamu.. TOSS! Sama dong. :ceyem

Gimana nggak penuh keraguan, namanya saja WET TRAVELER, pastinya kami hampir selalu basah-basahan di laut, sepertidiving dan surfing.

Meskipun penuh keraguan tapi gw tau kalau gw akan MENYESAL kalau nggak nyoba. Kinabalu itu merupakan gunung tertinggi di Sabah, Malaysia bagian Borneo dan juga tertinggi di Malaysia.

Mendaki Kinabalu - Sengsara dan Serunya part 1

Pengalaman mendaki gw sangat minim. Yang tertinggi itu Rinjani, gw daki beberapa abad yang lalu (hiperbola dikit biar seru). Nah, Kinabalu ini lebih tinggi daripada Rinjani di 4.095 mdpl.

Nah, mendaki Kinabalu, meskipun tingginya ga main-main, tapi nggak perlu jadi seven summiter dulu yang pengalamannya udah bertahun-tahun. Pendaki pemula yang doyan pantai macam saya ini pun bisa ternyata.

Tapi ya itu tadi, memang ada hal-hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu supaya pendakian lancar jaya tanpa hambatan berarti. Berikut tips-tips dan info dasaranya yaaa :


Berlatih fisik dari sebulan sebelumnya.
Nggak perlu yang heboh-heboh sampai jungkir balik dan angkat beban, tapi cobalah untuk jogging secara teratur karena otot jantung yang baik benar-benar menolong saat trekking di ketinggian. Selain itu juga otot paha dan betis yang baik juga diperlukan. Nah, jogging bisa memnuhi semua kebutuhan ini.emoticon-Traveller

Daftar pendakian jauh-jauh hari.
Beda dengan gunung-gunung di Indonesia, Kinabalu membutuhkan ijin untuk mendakinya, karena memang hanya dibatasi 135 pendaki saja perhari. Semua ini karena keterbatasan tempat menginap di check point sebelum summit, juga untuk memudahkan pengawasan (mereka ketat banget masalah waktu untuk melewati gate-gate yang udah ditentukan), dan pastinya juga dengan membatasi jumlah pendaki mereka bisa lebih menjaga kebersihan dan keindahan alamnya. Jadi jangan buang sampah sembarangnan yaa.. Sebaiknya menggunakan jasa travel yang terpercaya seperti Basecamp Adventure Indonesia yang bisa membantu mengurus semua perijinan dan lain-lain.

Mendaki Kinabalu - Sengsara dan Serunya part 1

Bawaan yang simple.
Enaknya mendaki gunung Kinabalu, bawaan kita nggak perlu heboh seperti membawa tenda, kompor atau sleeping bag yang biasanya lumayan menghabiskan volume dan bikin sakit pinggang. Mereka juga menyediakan porter yang biayanya tergantung berapa berat beban tas yang akan dibawa ( kemarin karena kita menghabiskan 2 malam di Laban rata harga porternya 13 RM per kilogram). Nah backpack yang kita bawa sendiri juga sebaiknya nggak lebih dari 6 kilo, berisi kebutuhan pribadi seperti jaket tambahan, windbreaker, jas ujan, makanan kecil dan tempat minum.



- Trekking pole
Yang gw tau dari Abex, jangan malu pake trekking pole kalau masih mau mendaki sampai 25 tahun kedepan. Kenapa? Karena tekanan pada lutut itu luar biasa besar, apalagi saat turun. Jangan takut dibilang kaya nenek-nenek naik gunung. Dan setelah gw ngalamin dan rasain sendiri saat menggunakan trekking pole, emang ngebantu banget! Plus nggak perlu malu karena sebagian besar turis pendaki yang mendaki disana juga menggunakan trekking pole (sstt.. kalo pake dua katanya bisa cepet ngurusin badan looh)



- Head lamp
Head lamp ini akan menolong banget saat mendaki menjelang summit, dimana kedua tangan akan dibutuhkan untuk menggenggam tali. Yes, ada nada tali yang menolong para pendaki untuk mejaga keseimbangan diatara terpaan angin kencang.

Mendaki Kinabalu - Sengsara dan Serunya part 1

penting! Guide yang bertanggung jawab untuk group kita bisa melarang kita meneruskan pendakian atau menyuruh kita turun apabila dilihat kurang persiapan atau sakit.

Ok, cerita Wet Traveler muncak bakalan di posting pada thread mendatang, stay tune gan!!



Ceki2 juga video2 kita yang lain di YouTube Channel Wet Traveler

Get connected dengan tim Wet Traveler

Gemala Hanafiah (professional surfer)
Instagram : @g_hanafiah
Twitter : @g_hanafiah
blog : www.gemala.me

Muljadi Pinneng Sulungbudi (professional underwater photographer)
Instagram : @pinneng
Twitter : @pinneng
blog : www.pinneng.meMendaki Kinabalu - Sengsara dan Serunya part 1
Diubah oleh wet.traveler
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mendaki Kinabalu - Sengsara dan Serunya part 1
01-04-2017 09:37
nonton videonya ah
0 0
0
Mendaki Kinabalu - Sengsara dan Serunya part 1
14-07-2017 13:37
10 Tempat Ikonik Ini Surganya Pecinta Fotografi. Hasil Gambarmu Bisa Jadi Luar Biasa Keren Tanpa Perlu Filter!

Pernah nggak sih kamu suka ngiri liat temen-temen ngeshare foto selfie pake latar belakang yang keren abis? Terus pas tanya ternyata lokasinya ada di luar negeri sonoh. Hm. Mikir-mikir kok ada juga sih temen kamu yang sering bolak-balik luar negeri, tapi perasaan fotonya biasa aja? Apa karena efek kamera atau gimana?
Nah ternyata gini lho sob, emang ada tempat-tempat tertentu yang kalau kamu ambil gambar disitu hasilnya bisa luar biasa oke. Ada juga yang walaupun tempatnya bagus, tapi pas jepret sana jepret sini kok ya biasa aja.
Kalau kamu pengen hasil gambar oke coba deh foto di tempat-tempat ini dijamin mantab abis hasilnya!

Antartika
Venesia – Italia
Pegunungan Andes – Peru
Stonehenge – Inggris
Taj Mahal – India
Easter Island
Ta Prohm – Kamboja
Serengeti – Tanzania
Pyramids of Giza – Mesir
Papua New Guinea


https://www.upstation.id/2017/07/14/...-perlu-filter/
0 0
0
Mendaki Kinabalu - Sengsara dan Serunya part 1
10-10-2017 22:56
Keren nih... Videonya juga mantap...
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Outdoor Adventure & Nature Clubs
salju-terakhir-di-bumi-khatulistiwa
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia