alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58ae0a3c642eb64d508b4569/cabe-tiongkok-dan-india-serbu-jatim-ini-kata-gus-ipul
Lapor Hansip
23-02-2017 05:01
Cabe Tiongkok dan India Serbu Jatim, Ini Kata Gus Ipul
Quote:


Cabe Tiongkok dan India Serbu Jatim, Ini Kata Gus Ipul


SURABAYA - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur menemukan cabe rawit merah kering impor asal Tiongkok dan India beredar di pasar-pasar tradisional di Jawa Timur.

Hasil investigasi yang dilakukan, cabe impor ini ditemukan di Pasar Wage dan Pasar Ngemplak Kabupaten Tulungagung serta beberapa daerah lain di sekitar Tulungagung.

"Disperindag telah melakukan investigasi sesuai arahan Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tata Niaga Kementerian Perindustrian," kata Wakil Gubenrnur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam keterangan persnya, Rabu (22/2/2017).

Dari hasil investigasi ini, cabe rawit kering atau biasa disebut dengan cabe kresek ini dipasok ke pasar tradisional dari Surabaya dan Cirebon. Pasokan biasanya dilakukan dengan menggunakan sebuah truk besar berkapasitas 4-5 ton perminggu.

Cabe rawit kering yang dari Tiongkok diketahui bermerk MEY, sedangkan yang dari India menggunakan merk dagang PJ. Untuk cabe yang dari India, dibeli pedagang pasar Rp 58 ribu perkilogram kemudian dijual lagi ke masyarakat Rp 70 ribu perkilogram.

Sedangkan untuk cabe yang dari Tiongkok dibeli pedagang pasar Rp 42 ribu perkilogram dan dijual lagi ke masyarakat Rp 50-60 ribu perkilogram.

"Cabe ini biasanya disukai para pedagang kaki lima misalnya para penjual bakso dan soto," ujar Gus Ipul.

Terkait temuan ini, Disperindag Jawa Timur telah melakukan beberapa langkah diantaranya dengan melakukan identifikasi serta pengawasan terhadap supliyer dan pedagang yang memasok cabe tersebut ke pasar trandisional.

Selain itu, Disperindag juga melakukan uji kelayakan di Balai Besar POM Surabaya. "Kami juga telusuri rantai distribusinya," kata Gus Ipul.

Selama ini, cabe rawit kering sebenarnya tidak terlalu laku dijual di pasaran Jawa Timur karena harga jual cabe biasanya tak sampai Rp 20 ribu perkilogram. Namun meningkatnya harga cabe hingga lebih dari Rp 100 ribu perkilogram menjadikan cabe rawit kering impor akhirnya masuk ke Jawa Timur.

Dari identifikasi awal, cabe dari Tiongkok dan India ini sebenarnya masuk ke Jawa Timur melalui jalur resmi dan mengantongi izin dari Kementerian Perindustrian.

"Karena ini cabe kering maka izinnya di Kemendag, kalau cabe basah izinnya ke Kementerian Pertanian," ujar Gus Ipul.
Sementara itu, hingga saat ini harga cabe rawit di pasaran memang masih cukup tinggi karena target panen cabe di Jawa Timur pada musim panen kali ini hanya menghasilkan 16 ribu ton cabe dari target 25 ribu ton. (fai)


sumber



cabe tiongkok bisa lebih murah...

emoticon-Belo

0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
23-02-2017 05:03
ane pgn import istri dari tiongkok emoticon-Malu
0
23-02-2017 05:10
terima kasih china, berkat cabemu, konsumen terutama kaum tipiser bisa nyambel lagi emoticon-Ngakak
0
23-02-2017 05:14
Quote:Original Posted By oroochimaru
terima kasih china, berkat cabemu, konsumen terutama kaum tipiser bisa nyambel lagi emoticon-Ngakak


yg penting pedesnya asli...

emoticon-Big Grin
0
23-02-2017 05:30
Cara bedainnya gmn dgn cabe lokal?
0
23-02-2017 05:38
jangan jangan cabe plastik?
emoticon-Takut
0
23-02-2017 05:44
ada merknya.. emoticon-Leh Uga
0
23-02-2017 05:48
Ane jarang bgt beli cabe rawit, tinggal petik aj di blkng rmh
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
23-02-2017 05:57
kran impor masih bolong2 emoticon-Matabelo
0
23-02-2017 05:59
Harga cabe lokal pernah tembus ampe 200 rbu/kg
Ya siapa yg mau beli bree.
0
23-02-2017 06:05
Mana nih, g ada yg ngaku kalo impor cabe
Swasembada katanya emoticon-Leh Uga
0
23-02-2017 06:37
di cek dulu itu cabe bisa murah gitu

jangan jangan bahannya sintetis

emoticon-Ngakak
0
23-02-2017 06:52
Rakyat disuruh nanem cabe diketawain.

Cabe impor diketawain.

Bertani cabe nggak mau.


Ente sehat?
0
23-02-2017 06:53
Quote:Original Posted By fullmoonmadness
di cek dulu itu cabe bisa murah gitu

jangan jangan bahannya sintetis

emoticon-Ngakak


malah enak cabe2 an donk......200 rb udah dapet 55 kg....wkwkwkwk
0
23-02-2017 06:55
bisa bikin oseng mercon lagi

katanya lbh pedas
0
23-02-2017 06:56
Quote:Original Posted By nubihart


malah enak cabe2 an donk......200 rb udah dapet 55 kg....wkwkwkwk


cabe cabean 200k mah kelas kos kosan bre emoticon-Embarrassment
0
23-02-2017 06:57
apa kagak berbakteri ya, atau malah disusupi biar membodohi para pemakanya.
kaya nasbung yg asal makan aja gak tau isinya apa, woh kandungan gizi aja kagak tau.
0
23-02-2017 06:59
swasembadakkk importtt...


emoticon-Big Grin
0
23-02-2017 07:00
Napa harus impor cabe?
0
23-02-2017 07:05
inikah hasil dari bibit cabe berbakteri, yang membuat gagal panen?. Trus mau gak mau harus import
Diubah oleh exneomalas
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.