gatra.com
TS
gatra.com
Bank BTN Siapkan 10 Rumah Kreatif BUMN

Jakarta, GATRAnews - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) telah menyatakan kesiapannya untuk mendukung program Kementerian BUMN dalam pendirian Rumah Kreatif BUMN (RKB). Bank BTN telah menyiapkan 10 RKB yang seluruhnya difasilitasi dengan layanan digital banking.

 
"Potensi bisnis di 10 wilayah yang kami siapkan RKB  harus benar-benar menjadi media untuk masyarakat dalam menjalankan bisnis dengan mudah dan cepat. Kami siap menjadikan 10 RKB  ini nantinya akan menjadi unggulan karena benar-benar dapat mendorong ekonomi masyarakat setempat dengan cepat," ujar Direktur Utama Bank BTN Maryono dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/12).
 
Ia menjelaskan hal itu usai mendampingi Menteri BUMN dalam acara peresmian Rumah Kreatif BUMN yang dibangun Bank BTN di Bitung. Menurut Maryono RKB memang disiapkan untuk membantu masyarakat dalam menjalankan bisnisnya.
 
"Kami melakukan pendampingan dan memberikan sentuhan layanan digital agar bagaimana bisnis itu menjadi mudah dan cepat. BTN sudah siapkan itu di 10 RKB yang kami bangun di 10 wilayah di Indonesia," jelasnya.
 
RKB BTN di Bitung akan menjadi rumah bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan tidak sekadar informasi, tapi juga konsultasi, pendidikan dan bimbingan untuk bisa meningkatkan bisnisnya dan memasarkan produknya lewat e-commerce.
 
Selain di Bitung menurut Maryono,  Bank BTN juga mendirikan RKB yang disebar di Medan, Sumatera Utara, Palembang, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bantul, DI Yogyakarta, Brebes, Jawa Tengah, Jember, Jawa Timur, Kotawaringin Kalimantan Tengah, Manokwari Selatan, Papua Barat, Palopo Sulawesi Selatan. Dengan yang di Bitung jumlah RKB yang dibangun oleh Bank BTN ada 10.
 
RKB akan menjadi sinergi BUMN dalam program pelatihan, pembinaan, pembiayaan UMKM. Dengan RKB maka, UMKM disiapkan tidak hanya dapat menjual produknya di Indonesia tapi juga ke pasar internasional lewat e-Commerce yang digawangi oleh Blanja.com.
 
“Kami harap dengan RKB, kualitas standarisasi produk, dan pemanfaatan digital dalam pengembangan usaha UMKM bisa meningkat,” kata Maryono.
 
Untuk mendukung pembinaan UMKM di RKB, materi kurikulum disiapkan dan ditempatkan di Pustaka Digital (PaDi) pada setiap RKB. Dengan demikian, pembinaan UMKM tidak hanya dilakukan secara langsung namun juga lewat PaDi.
 
UMKM menjadi sasaran utama  Bank BTN seperti yang diamanatkan Pemerintah, sebab bisnis tersebut secara kolektif  mewakili 99% dari jumlah total bisnis di Indonesia, 97% lapangan kerja dan 57% PDB tahunan Indonesia (data OECD 2011).
 
Dengan peranan UMKM yang strategis dalam ekonomi Indonesia maka diperlukan keterlibatannya dalam ekonomi digital. Studi yang dilakukan Deloitte, perusahan konsultan ekonomi dan Bank Dunia mengungkap dengan meningkatkan keterlibatan UMKM secara digital bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 2%.
 
“Dengan peranan UMKM yang strategis, BTN akan membantu UMKM terlibat dalam ekonomi digital karena dampaknya akan signifikan terhadap perekonomian Indonesia,” kata Maryono.
 
 
Reporter: Didi Kurniawan

Sumber : http://www.gatra.com/nusantara/sulaw...h-kreatif-bumn

---


- Bank BTN Pacu Peningkatan Pengembang Baru
0
1.4K
0
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gatra.com
Gatra.com
icon
36.1KThread423Anggota
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.